bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Serial I’m Mita, Your Housekeeper

Dikenal juga dengan judul Kaseifu no Mita, I am Mita Your Housekeeper merupakan serial drama Jepang yang tayang pada tahun 2011. Drama ini menjadi salah satu drama Jepang yang paling banyak ditonton pada tahun 2011. Selain itu, drama ini juga sukses menggondol beberapa penghargaan seperti penghargaan Best Drama pada Penghargaan Akademi Drama Televisi ke-71.

Drama ini dibintangi oleh Nanako Matsushima, yang pernah membintangi film horor Jepang, Ring, dan serial drama Great Teacher Onizuka. Ada juga Yumi Shirakawa, Hiroki Hasegawa, Shiori Kutsuna, Taishi Nakagawa, Shūto Ayabe, Miyu Honda, Saki Aibu, dan Sei Hiraizumi. Drama ini merupakan drama keluarga yang dibalut misteri dan suspense. Yuk, baca sinopsis dan review-nya!

Baca juga: Daftar Drama Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Sinopsis

I’m Mita, Your Housekeeper_sinopsis_

Drama ini menceritakan tentang keluarga Asuda yang di dalamnya terdiri dari seorang ayah bernama Keiichi dan empat orang anaknya; dua perempuan dan dua laki-laki. Anak pertama merupakan seorang gadis murid SMA bernama Yui. Sementara anak kedua Kakeru, disusul anak ketiga bernama Kaito dan yang paling bungsu seorang gadis kecil bernama Kii.

Keluarga ini berduka karena ditinggalkan oleh ibunya yang meninggal dunia. Sebagai pengganti ibunya, Yui bertugas menjaga adik-adiknya dan memastikan semua kebutuhan mereka. Suatu hari ayah mereka memberikan kejutan dengan menyewa seorang asisten rumah tangga melalui sebuah agen. Pagi hari itu, di depan rumah mereka muncul seorang perempuan yang mengaku bernama Mita.

Penampilannya tidak memperlihatkan seperti seorang asisten rumah tangga. Dia muncul dengan topi yang menutupi kepalanya, jam tangan berbentuk bulat, sebuah tas kulit berwarna cokelat dan tubuhnya dibalut jaket berwarna cokelat susu. Yang lebih misterius lagi adalah nada bicara Mita yang datar, lebih mirip seorang agen rahasia atau semacamnya.

Sebelum memulai pekerjaan, Mita akan mengikat rambutnya dan dia akan mulai bekerja dengan tenang tanpa membuat kegaduhan sedikit pun. Ada satu hal yang diingatkan oleh agen tempat Mita bekerja, yaitu Mita akan melakukan apa saja yang diperintah oleh majikannya, bahkan jika dia disuruh untuk membunuh sekalipun. 

Namun ada tugas yang tidak bisa dilakukan oleh Mita, yaitu tersenyum dan mengungkapkan masa lalunya. Selama Mita bekerja di rumah tersebut, semua masalah keluarga akhirnya muncul ke permukaan dan mengakibatkan pertengkaran di antara mereka. Dimulai dari kasus meninggalnya Nagiko, istri Keiichi yang awalnya disebutkan meninggal karena kecelakaan.

Ternyata Keiichi menyembunyikan kebenaran tentang kematian istrinya tersebut. Terungkap bahwa istrinya ternyata bukan meninggal karena kecelakaan melainkan karena bunuh diri. Nagiko meninggalkan sebuah surat yang ditujukan pada suaminya. Tak hanya itu, ternyata penyebab Nagiko bunuh diri adalah karena tidak ingin diceraikan oleh Keiichi.

Keiichi sekuat tenaga berusaha menutupi penyebab istrinya bunuh diri, namun akhirnya diketahui oleh anaknya, Yui. Fakta bahwa Keiichi berselingkuh dan meminta bercerai dari Nagiko membuat Yui berang. Dia marah besar pada ayahnya dan mengajak adiknya untuk pergi dari rumah. Mereka akhirnya tinggal bersama sang kakek yang tidak menyukai ayahnya karena kematian Nagiko, anaknya. 

Untuk melampiaskan kemarahan pada ayahnya, Yui menyuruh Mita untuk menyebarkan flyer di kantor ayahnya yang menyebutkan perselingkuhannya. Efeknya, Keiichi didepak dari posisinya dan ditempatkan di kota kecil. Tak hanya itu, Yui pun meminta dirinya memilih antara mereka yang pergi dari rumah atau dirinya yang pergi dari rumah. Akhirnya Keiichi memilih pergi dari rumah.

Setelah kepergian Keiichi, Yui berusaha untuk menjaga adik-adiknya. Tapi ternyata malah muncul masalah yang datang terus-menerus. Mulai dari masalah Kakeru yang berseteru dengan teman-temannya sampai mencoret-coret rumah tetangganya, hingga Keita yang dibully temannya dan menyuruh Mita membunuh temannya tersebut. 

Masalah demi masalah itu akhirnya menyatukan kembali semua anggota keluarga, termasuk Keiichi, sang ayah. Ada andil Mita dalam bersatunya lagi keluarga Asuda. Dampak dari bersatunya kembali keluarga ini, akhirnya membuat Mita membuka masa lalunya dan terungkaplah semua misteri mengenai Mita. Mau tahu siapa Mita sebenarnya? Jangan lupa tonton dramanya di Netflix.

Cara Mengungkap Misteri Mita yang Sedikit Demi Sedikit

I’m Mita, Your Housekeeper_Cara Mengungkap Misteri Mita yang Sedikit Demi Sedikit_

Tokoh Mita yang digambarkan sangat misterius akhirnya memang terungkap. Namun cara drama ini mengungkap siapa Mita sebenarnya menghabiskan sampai 11 episode dan sedikit demi sedikit. Mungkin sebagian penonton ada yang terkecoh dan menebak kalau Mita seorang kriminal atau pembunuh bayaran karena penampilannya. 

Namun para sutradara mengharuskan penonton untuk terus menyaksikan drama ini untuk tahu mengapa Mita tidak bisa tersenyum atau enggan mengungkapkan siapa dirinya. Pertanyaan lain seputar pakaian dan barang yang dibawa Mita juga akhirnya terungkap. Pakaian dan semua aksesoris tersebut ternyata berhubungan dengan masa lalu Mita.

Mungkin penonton tidak akan menyangka ternyata topi, jaket, tas dan jam tangan yang selalu dikenakannya dan tak pernah ganti tersebut berhubungan dengan suami dan anaknya. Menyoal Mita yang tak bisa tersenyum dan kebiasaannya untuk membeli makanan di taman bermain namun tak pernah menyantapnya, akhirnya terungkap di ujung-ujung episode.


Drama ini sukses membuat penonton terus terpaku sampai akhir episode karena penasaran dengan misteri Mita. Untungnya dramanya menarik untuk ditonton sampai akhir.

Drama Keluarga yang Dikemas Seperti Drama Misteri

I’m Mita, Your Housekeeper_Drama Keluarga yang Dikemas Seperti Drama Misteri_

Sebenarnya I am Mita, Your Housekeeper adalah drama keluarga. Akan tetapi cara pengemasannya dibuat seperti drama misteri atau thriller. Tokoh Mita yang misterius serta aksi-aksinya yang membuat jantung berdebar rasanya tak aneh jika membuat penonton terkecoh dengan genre drama ini. Music scoring-nya juga mendukung banget membuat orang jadi tegang saat menontonnya. 

Mungkin beberapa orang menebak ini adalah drama suspense atau thriller, tapi ternyata ini adalah drama keluarga yang bermasalah. Aksi-aksi yang dilakukan Mita selama berlangsungnya drama ini memang membuat penonton jadi tegang dan terhenyak, karena tak menyangka Mita benar-benar menuruti semua perintah majikannya.

Akting Nanako Matsushima yang Memukau

I’m Mita, Your Housekeeper_Akting Nanako Matsushima yang Memukau_

Tokoh Mita Akari diperankan dengan sangat baik oleh Nanako Matsushima. Dia berhasil membuat penonton bertanya-tanya mengenai dirinya. Sikapnya yang dingin dan tanpa ekspresi membuat penonton menebak-nebak siapa Mita sebenarnya dan mengapa dia menjadi seperti sekarang.

Nanako sukses membawakan tokoh Mita Akari yang diceritakan mengalami penderitaan dalam hidupnya. Di akhir-akhir episode, Nanako berhasil memainkan tokoh Mita yang begitu emosional ketika menceritakan tentang keluarganya.

Dibuat Remake Tahun 2013 Menjadi Drama Korea

I’m Mita, Your Housekeeper_Dibuat Remake Tahun 2013 Menjadi Drama Korea_

Kesuksesan drama I am Mita Your Housekeeper menarik pertelevisian Korea, sehingga di tahun 2013 dibuatlah remake-nya dengan judul The Suspicious Housekeeper. Drama remake versi Korea ini dibintangi oleh Choi Ji Woo yang yang berperan sebagai Park Bok Nyeo, tokoh Mita versi Korea. Kalau bagi saya Choi Ji Woo terlalu sendu untuk tokoh Mita yang dingin seperti robot itu.

Meski demikian, terdapat perbedaan di antara kedua drama tersebut. Versi Korea lebih mudah dicerna dan pemirsa bisa terkoneksi dengan ceritanya. Sementara itu, bagi penonton yang belajar tentang budaya Jepang, mereka akan lebih nyaman dan terkoneksi jika menonton drama versi Jepangnya. 

Versi Jepangnya lebih “diam-diam menghanyutkan”, lambat dan cara mengungkapkan ceritanya dibuat sedikit-sedikit dengan emosi yang mendalam. Sementara versi Korea lebih berkesan. 

Drama Kaseifu No Mita atau I Am Mita Your Housekeeper membawa penonton ke dalam transformasi episode demi episode yang mendebarkan dengan cara yang misterius dari keluarga yang tak harmonis.

Tokoh Mita yang penuh teka-teki ini anehnya malah jadi penyelamat keluarga Asada. Drama ini memberikan penggambaran yang akurat tentang kesedihan dan kehancuran sebuah keluarga. 

Meski dramanya terkesan “gloomy”, tapi penonton bisa belajar banyak dari drama ini mengenai keluarga. Jujur, saya termasuk penonton agak susah paham dengan karakter Mita yang rela sampai membunuh orang jika disuruh, karena umumnya perempuan bertindak dengan perasaan. Overall, drama ini worth watching.

I'm Mita, Your Housekeeper
Rating: 
4.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram