bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Hwayi: A Monster Boy, Dibesarkan Oleh Penjahat

Apa jadinya ketika sebuah organisasi kriminal malah mengasuh anak yang mereka culik dan tadinya akan dijadikan alat untuk memeras orang tuanya?

Itulah kondisi yang dihadapi oleh Kim Yoon Seok, Cho Jin Woong, Kim Sung Kyun, Jang Hyun Sung dan Park Hae Joon. Mereka menculik seorang anak dan menyekapnya di dalam sebuah peti kayu yang dikamuflasekan sebagai pot tanaman besar.

Namun, siapa sangka bahwa rencana jahat mereka berantakan sebab sang orang tua si anak tidak muncul dan kini mereka terjebak dengan anak tersebut. Sebagian dari mereka berinisiatif membunuh anak itu, tapi sebagian lagi mengusulkan untuk membesarkannya.

Bagaimana kisah anak yang dibesarkan oleh penjahat paling ditakuti di Korea itu? Simak sinopsis dan ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Suka Nonton? 10 Film Kriminal Korea Ini Jangan Dilewatkan!

Sinopsis

Review Hwayi_Sinopsis_

Anggota Geng Goblin, kelompok penjahat terkenal di Korea, membawa masuk sebuah pot tanaman persegi panjang berukuran besar.

Mereka adalah Seok Tae (Kim Yoon Seok), Ki Tae (Cho Jin Woong), Jin Sung (Jang Hyun Sung), Dong Beom (Kim Sung Kyun), dan Beom Soo (Park Hae Joon). Mereka tengah kebingungan sebab strategi pemerasan yang mereka lancarkan gagal total.

Ketika bagian atas pot itu dibuka, tampak seorang anak meringkuk tak berdaya. Kedua kaki dan tangannya diikat dan wajahnya ditutup karung goni. Anak itu terkulai lemas tapi masih menunjukan tanda-tanda bahwa ia masih hidup.

Itulah anak yang mereka culik. Namun, orang tua mereka tidak kunjung muncul, sehingga anak itu ditinggalkan bersama mereka. Anak yang mereka culik itu kemudian diberi nama Hwayi. Dinamai demikian, lantaran ia ditempatkan di dalam pot pohon Hwayi yang tumbuh subur.

Waktu berlalu dan Hwayi tumbuh dengan baik. Para ayah mendidiknya keterampilan sesuai dengan kemampuan mereka. Gi Tae mengajarkan Hwayi mengemudi, Beom Soo mengajarinya menembak, dan Dong Beom mengajarinya ilmu bela diri.

Sementara Seok Tae, pemimpin mereka yang bersikap dingin mengajarinya untuk menjadi anak yang tangguh. Hwayi beradaptasi dengan kehidupan yang diberikan oleh para ayahnya.

Namun, adakalanya ia merindukan kehidupan seperti remaja seusianya di luar sana, terlebih saat ia bertemu dengan Yoo Kyung (Nam Ji Hyun). Itulah kenapa ia selalu memakai seragam SMA dengan logo sekolah buatan.

Suatu hari, para ayah merencanakan sebuah aksi perampokan, dan kali ini Hwayi dilibatkan. Ia akan membobol pintu depan, setelahnya mereka akan merangsek masuk dan melancarkan aksinya sesuai rencana yang telah disusun.

Aksi perampokan tersebut adalah yang pertama baginya. Di situ pula ia pertama kali membunuh seseorang.

Namun, siapa sangka bahwa keterlibatannya dalam aksi perampokan itu menguak kisah masa lalu Hwayi. Di rumah target perampokan mereka, Hwayi menemukan selembar foto lawas dari pria yang ia bunuh tadi.

Hwayi sempat menyangkal bahwa anak di dalam foto itu hanya mirip, bukan dirinya. Tapi Young Joo (Im Ji Eun) meyakinkan bahwa anak di foto itu memang Hwayi.

Ucapan Young Joo sangat mengejutkan. Itu berarti pria yang ia bunuh adalah ayah kandungnya dan para ayah yang membesarkannya adalah penjahat yang menghancurkan keluarga Hwayi.

Sejak saat itu pemuda itu bersumpah akan balas dendam. Berbekal keterampilan yang mereka ajarkan pada Hwayi, ia menyusun rencana jahat untuk membunuh satu persatu kelima ayah yang membesarkannya.

Film Thriller yang Kental dengan Kisah Emosional

Review Hwayi_Film Thriller yang Kental dengan Kisah Emosional_

Hwayi: A Monster Boy garapan sutradara Jang Joon Hwan merupakan sebuah film yang sarat akan muatan emosi. Di awal film, kisahnya masih terasa menegangkan. Tampak Geng Goblin dikejar polisi yang menyamar sebagai penumpang kereta api.

Namun, dua anggota Geng Goblin itu terlalu cerdik untuk dikelabui. Mereka yang sedang diintai berhasil meloloskan diri dan kembali ke markas mereka di tepi hutan.

Kisah selanjutnya pun tidak jauh berbeda. Jang Joon Hwan masih menggambarkan betapa kelompok penjahat tersebut adalah kelompok penjahat kejam yang tidak segan menghabisi nyawa korbannya. Apalagi kisah tersebut dibalut adegan perkelahian yang banyak menumpahkan darah.

Namun, seiring kisahnya bergulir, muatan emosional mulai ditunjukkan dalam kisahnya. Ini dimulai saat Hwayi dilibatkan dalam aksi perampokan sebuah rumah di kawasan yang akan dikembangkan.

Hati kecil Hwayi menolak ajakan para ayah, namun mereka memaksa dengan dalih usia Hwayi sudah cukup untuk menjajal keterampilan yang telah mereka ajarkan.

Pada bagian ini, ditampilkan pergolakan batin yang dialami oleh Hwayi. Ia tahu perbuatannya salah dan ia ingin berbalik, lalu pergi menjauhi rumah tersebut. Namun, tangan Hwayi tidak berhenti mencungkil pintu agar kuncinya terbuka.

Ini belum seberapa. Ketegangan semakin meningkat saat Hwayi menemukan fakta bahwa dirinya adalah anak dari pria yang ia bunuh. Setelah itu, kisahnya pun semakin terasa emosional.

Kita mungkin sering mendengar bahwa sineas Korea jago menyajikan kisah sentimental yang membuat hati terenyuh. Agaknya kita harus mengakui hal tersebut saat menonton Hwayi: A Monster Boy.

Dengan narasi yang apik, Jang Joon Hwan berhasil memadukan elemen emosional dan thriller ke dalam kisahnya. Ini adalah kekuatan dari Hwayi: A Monster Boy.

Plot Twist di Akhir yang Mengejutkan

Review Hwayi_Plot Twist di Akhir yang Mengejutkan_

Yang menarik dari Hwayi: A Monster Boy adalah kisahnya yang disajikan dengan pace yang terbilang cepat.

Namun, Jang Joon Hwan tetap bisa menggambarkan rasa putus asa, frustrasi, dendam dan marah yang dirasakan Hwayi ketika mendapati ayahnya tewas di tangannya sendiri dan ia ingin membalas dendam pada Seok Tae yang telah menghancurkan keluarganya.

Gaya narasi Jang Joon Hwan sangat menarik. Ia mengangkat satu premis yang mungkin sudah bisa diprediksi alur ceritanya. Namun, ia memberikan plot twist yang membuat penonton merasa dikelabui.

Melihat Hwayi membabi buta membunuhi komplotan penjahat yang telah menghancurkan hidupnya, kita seolah sudah paham bahwa itu adalah cara Hwayi melampiaskan kemarahannya.

Namun, kita tidak akan menyangka bahwa Jang Joon Hwan memberikan plot twist di akhir kisah yang mengejutkan. Kisah yang sedari awal dibuat sederhana dan mainstream pun menjadi terasa segar.

Visual Gelap dengan Suasana Musim Gugur yang Menawan 

Review Hwayi_Visual Gelap dengan Suasana Musim Gugur yang Menawan_

Ada adegan dimana Hwayi dibuatkan sweater dan syal oleh Young Joo, wanita yang berperan sebagai ibu Hwayi di kelompok itu. Di salah satu gambar filmnya pun terlihat Hwayi mengenakan seragam SMA dan ia mengenakan syal berwarna merah yang melingkari lehernya.

Dari hal-hal tersebut kita sudah bisa menduga bahwa film ini dibuat di saat musim gugur. Suasana suram khas musim itu menjadikan visual film ini terlihat menawan sekaligus tampak dramatis.

Jang Joon Hwan juga mengambil suasana jalanan yang dipenuhi daun-daun berguguran dan kabut yang menyelimuti tanah berwarna cokelat basah di sekitar tempat tinggal Hwayi yang jauh dari pemukiman penduduk. Meski tidak banyak, tapi semua itu menambah estetika visual dari film ini.

Yeo Jin Goo Dibanjiri Pujian Karena Aktingnya 

Review Hwayi_Yeo Jin Goo Dibanjiri Pujian Karena Aktingnya_

Hwayi: A Monster Boy adalah salah satu film Korea yang meraih kesuksesan gemilang. Film ini berhasil meraih pendapatan sekitar 14,6 juta Dolar Amerika. Selain itu, sudah banyak penghargaan yang diraih oleh film ini, beberapa di antaranya berhasil diraih oleh protagonis kita, Yeo Jin Goo.

Aktor muda yang mengawali karier sebagai aktor cilik ini sukses memboyong tiga penghargaan untuk kategori Best New Actor dari beberapa ajang penghargaan film bergengsi Korea. Hal ini semakin memperkuat dugaan bahwa ia adalah salah satu aktor yang akan bersinar di masa depan.

Film ini mempertemukan Yeo Jin Goo dengan para aktor yang lebih senior, seperti Jang Hyung Sung, Kim Yoon Seok, dan Park Hae Joon. Akan tetapi kemampuan akting Yeo Jin Goo mampu mengimbangi para aktor-aktor top Korea tersebut.

Ia sukses menggambarkan Hwayi yang tadinya adalah pemuda naif dan lembut menjadi pemuda yang dipenuhi amarah yang sangggup melakukan hal mengerikan. Melihat karakter Yeo Jin Goo, jadi teringat ucapan Seok Tae yang mengatakan bahwa setiap manusia mempunyai monster di dalam dirinya.

Baca juga: Film Terbaik yang Diperankan oleh Yeo Jin Goo

Itulah sedikit ulasan dan sinopsis dari film Hwayi: A Monster Boy. Meskipun film ini tergolong film cukup lama, namun kisah yang diangkatnya masih tetap menarik untuk ditonton dan kisahnya pun relevan dengan kehidupan di zaman ini. 

Apalagi sederet aktor papan atas Korea menjadi magnet yang menarik minat penonton untuk mengikuti kisahnya. Dengan aspek-aspek yang telah disebutkan di atas, rasanya, tidak sayang duduk manis selama 125 menit mengikuti kisah Hwayi.

Hwayi: A Monster Boy
Rating: 
3.9/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram