bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Hotel Transylvania: Transformania (2021)

Hotel Transylvania: Transformania yang juga dikenal dengan Hotel Transylvania ke 4 merupakan film besutan sutradara Derek Drymon dan Jennifer Kluska. Film ini menjadi debut penyutradaraan plot panjang kedua sutradara tersebut. Tidak heran kalau film ini banyak menuai sorotan dari berbagai kritikus film.

Film yang seharusnya tayang pada tanggal 1 Oktober 2021 di Amerika Serikat ini akhirnya mundur ke bulan Januari 2022 setelah meningkatnya kasus varian Delta SARS-CoV-2 disana.

Cerita dalam film ini kini berpusat pada si drakula dan kawan-kawannya yang berubah dari monster menjadi manusia. Hal ini bisa jadi permanen dan mereka tidak menginginkannya.

Sinopsis

Hotel Transylvania 4_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Animasi, Comedy
  • Produksi: Columbia Pictures, Sony Pictures Animation MRC
  • Sutradara: Derek Drymon, Jennifer Kluska
  • Pengisi Suara: Andy Samberg, Selena Gomez, Kathryn Hahn, Jim Gaffigan, Steve Buscemi

Hotel Transylvania kini berulang tahun yang ke 125. Seiring bertambah tua umur hotel, Dracula (Brian Hull) pun rasanya ingin pensiun saja dan berniat akan menyerahkan seluruh manajemen hotel kepada anaknya Mavis (Selena Gomez) dan suaminya, Johnny (Andy Samberg) supaya mereka bisa mengurus hotel tanpanya.

Hal itu tak sengaja terdengar oleh Mavis dan langsung menceritakannya kepada Johnny yang lantas menyambut berita itu dengan senang karena ia ingin mendekor habis hotel supaya lebih terlihat friendly. Hal ini akhirnya sampai di telinga Dracula yang langsung berpikir keras bagaimana mencegah Johnny melakukan hal tersebut.

Ini karena Dracula khawatir kalau hotel dirombak total, akan membuatnya jadi hancur dan tidak berfungsi lagi. Intinya Dracula masih belum bisa mempercayakan sepenuhnya kepada menantunya tersebut.

Ia pun akhirnya berbohong dengan mengatakan bahwa ada hukum untuk kepemilikan hotel, hukum tersebut bernama ‘hukum real-estate monster’.

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Animasi Hotel Transylvania (2012)

Hukum abal-abal itu berbunyi bahwa hanya monster sajalah yang bisa mendapat izin untuk memiliki hotel. Mendengar hukum bodong tersebut, Johnny kecewa bukan main. Johnny yang sedih akhirnya dibantu oleh Prof. Abraham Van Helsing (Jim Gaffigan) untuk memecahkan masalah hukum real-estate monster itu.

Prof. Van Helsing menciptakan sebuah sinar yang terbentuk dari kristal langka di sebuah gua wilayah Amerika Selatan. Sinar itu sebelumnya sudah di uji coba kepada kelinci bernama Gigi.

Efeknya adalah merubah monster menjadi manusia, begitu juga sebaliknya. Saat sinar itu dibiaskan pada tubuh Johnny, Johnny pun segera berubah menjadi naga.

Dracula mengetahui hal tersebut dan kaget setengah mati, ia berusaha untuk merubah menantunya itu untuk kembali jadi normal. Tapi Dracula juga secara tidak sengaja terkena sinar tersebut sehingga ia juga berubah menjadi manusia. Tak hanya itu, Dracula juga tak sengaja memecahkan kristal sinar majis sehingga efeknya kemana-mana.

Prof. Van Helsing pun akhirnya memberi tahu Dracula dan Johnny bahwa mereka masih bisa kembali normal dengan mendapatkan kristal baru yang terletak di sebuah gua refleksi di Amerika Selatan. Ingin kembali menjadi normal, Dracula dan Johnny pun berangkat untuk mendapatkan kristal tersebut.

Teman Dracula yaitu Frank (Brad Abrell), Wayne (Steve Buscemi), Griffin (David Spade) dan Murray (Keegan Michael-Key) ikut berubah menjadi manusia karena minum dari air mancur yang terkontaminasi oleh sinar dari kristal yang pecah.

Mavis dan istri dari Van Helsing, Ericka (Kathryn Hahn) langsung mencari Van Helsing setelah mengetahui kabar Dracula dan Johnny dari berita.

Van Helsing pun mengingatkan tentang efek sinar dalam jangka panjang. Apabila manusia berubah menjadi monster, ia akan terus bermutasi dan bisa jadi lebih berbahaya dari monster yang sudah sejatinya tercipta dari awal.

Mengetahui hal ini, semua teman Dracula akhirnya menyusul mereka ke Amerika Selatan untuk menemukan Dracula dan Johnny.

Saat bepergian melalui hutan di Amerika Selatan, hubungan Dracula dan Johnny jadi semakin dekat. Dracula akhirnya mulai mengaku bahwa dia berbohong tentang hukum real-estate monster. Seketika itu juga suasana jadi berubah tidak menyenangkan seperti semula. Johnny yang mendengar hal ini lantas marah luar biasa. 

Johnny lantas percaya kalau Dracula tidak pernah menganggapnya sebagai bagian dari keluarganya. Kemarahan itu memicu Johnny bermutasi lebih cepat dan lebih bahaya sebelum akhirnya ia kabur melarikan diri menjauh dari Dracula.

Mavis yang mengetahui hal tersebut langsung pergi mencari Johnny sementara Dracula dan anggota geng lainnya pergi ke Gua Refleksi. 

Mavis  berhasil menemukan Johnny, tetapi transformasi telah mengubahnya menjadi sangat tidak stabil. Mavis lantas dengan cepat membawanya ke Gua Refleksi di mana mereka akhirnya menemukan kristal yang mereka cari.

Saat Mavis mencoba untuk membuat Johnny berubah menjadi manusia, usahanya gagal karena Johnny masih terlalu marah sehingga tidak bisa mengendalikan dirinya.

Mereka semua akhirnya putus asa; Dracula pun akhirnya membiarkan dirinya ditangkap oleh Johnny. Ia mengaku menyesal, Dracula mengatakan bahwa Johnny itu seperti cerminan dirinya, ia percaya Johnny bisa diandalkan di kemudian hari.

Penyesalan Dracula lantas membuat Johnny tenang dan emosinya kembali stabil sehingga efek sinar dari kristal berhasil membuat dirinya berubah jadi manusia.

Bukan hanya Johnny yang berubah, Dracula dan Frank, Wayne, Griffin dan Murray pun kembali ke wujud aslinya sebagai monster. Saat mereka kembali ke hotel, mereka terkejut karena hotel sudah hancur oleh kelinci yang belum berubah jadi binatang lagi. Gigi pun berhasil dipulihkan, namun hal itu tidak merubah keadaan hotel yang sudah hancur lebur.

Akhirnya Dracula segera memutuskan untuk membiarkan Mavis dan Johnny membangun kembali hotel sesuai keinginan mereka. Satu tahun kemudian, Mavis dan Johnny menunjukkan kepada Dracula, penampilan Hotel Transylvania yang baru dibangun kembali dan Dracula senang juga menikmati hotel barunya itu.

Seputar Hotel Transylvania

Hotel Transylvania 4_Hotel (Copy)

Film Hotel Transylvania yang ke empat ini sukses menampilkan kembali Hotel agung tersebut ke dalam layar kaca. Meski tidak melulu membahas isi hotel atau apapun itu tentang detail hotel, sang penulis skenario yakni Genndy Tartakovsky berhasil membuat cerita bagus yang tetap membawa ‘hotel’ itu kemana-mana oleh para karakter di dalamnya.

Kalau mau dijabarkan, sebenarnya cerita ini berfokus pada Johnny yang ingin sekali mendapatkan perhatian Ayah mertuanya yakni Dracula untuk bisa meneruskan bisnis hotel yang Dracula jalani selama 125 tahun.

Namun Genndy pandai untuk tetap memasukkan inti dari film animasi Hotel Transylvania, yakni hotel itu sendiri meski ceritanya bukan tentang hotel.

Monster dan Manusia

Hotel Transylvania 4_Monster (Copy)

Dalam film ini kita akan menyaksikan bagaimana hubungan antara monster dan manusia terjalin. Saat monster berubah menjadi manusia, monster tersebut akan terus bermutasi dan memiliki jiwa dan sifat seperti manusia pada umumnya; berpikir logis dan mampu bersosialisasi. Hal ini terlihat pada Dracula yang menjadi ‘waras’ dan mampu berpikir jernih.

Namun hal tersebut tidak bisa terjadi pada manusia. Saat manusia berubah jadi monster, akan terjadi sebuah kemunduran ekstrem yang mengakibatkan manusia kehilangan mengendalikan diri, emosi dan pikiran jernih.

Hasilnya ya seperti monster. Mereka hanya bisa memburu tanpa peduli siapa dan apa yang mereka kejar. Hal ini pun terlihat pada Johnny yang berubah jadi naga dan mulai ganas seiring berjalannya waktu.

Akhir dari Franchise Hotel Transylvania

Hotel Transylvania 4_Final (Copy)

Kabarnya film Hotel Transylvania: Transformania atau Hotel Transylvania keempat ini akan menjadi film terakhir dari franchise Hotel Transylvania. Meski demikian sang animator yang juga sutradara film ini yakni Genndy sukses membuat film ini tidak terasa seperti film akhir yang bisa bikin para penggemarnya kecewa. 

Ini menjawab semua pertanyaan para fans film ini, bahwa Hotel Transylvania ke-5 dengan apapun sub-judulnya tidak akan tayang lagi. Wah sayang sekali ya?

Tapi kemungkinan besar itu jalan terbaik karena khawatir kalau ada film yang kelima, dengan setting atau tokoh yang itu-itu saja malah akan membuat para penontonnya jadi bosan dan malah meninggalkannya.

Menurut Bacaterus, ini merupakan langkah paling aman dan paling baik yang diambil oleh rumah produksi Columbia Pictures, Sony Pictures Animation MRC untuk tidak melanjutkan cerita si Dracula, anak perempuannya, Mavis, dan suami Mavis, Johnny yang super drama. Untuk film ini Bacaterus memberi skor 3/5.

Hotel Transylvania: Transformania
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram