bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Hot Stove League, Misi Penyelamatan Tim Bisbol

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Hot Stove League merupakan drama Korea bergenre olahraga yang mulai tayang pada pertengahan Desember tahun lalu. Ia mengangkat cerita tentang kegigihan serta kerjasama sebuah tim bernama Dreams yang ingin bangkit dari keterpurukan. Drama arahan sutradara Jung Dong Yoon ini meraih Best Drama pada ajang BaekSang Arts Awards 2020. 

Namgoong Min didapuk sebagai pemeran utama dalam drama ini. Jika Anda termasuk salah satu penggemar aktor tersebut dan menyukai drama-drama tanpa kisah cinta yang terlalu didramatisasi, Hot Stove League adalah jawabannya. Masih ragu untuk memulai episode pertama? Kalau begitu mari baca sinopsis dan reviewnya terlebih dahulu berikut ini. Simak yuk!

Sinopsis

review hot stove league_sinopsis
  • Tanggal Penayangan: 13 Desember 2019 – 14 Februari 2020
  • Genre: Drama, Olahraga
  • Jumlah Episode: 16 Episode
  • Pemain: Namgoong Min, Park Eun Bin, Oh Jung Se, Jo Byung Gyu, Kim Do Hyun, Kim Soo Jin, Yoon Byung Hee, Jo Han Su, Lee Eol
  • Sutradara: Jung Dong Yoon
  • Penulis: Lee Shin Hwa
  • Jaringan Penayangan: SBS
  • Negara: Korea Selatan

Menjadi tim bisbol yang selalu berada di posisi terakhir selama beberapa tahun berturut-turut adalah keadaan yang tidak diinginkan tim manapun, termasuk Dreams. Sayangnya, selama beberapa tahun pula mereka gagal menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan penampilan. Hingga suatu hari Dreams membuka lowongan pekerjaan untuk posisi manajer umum.

Dari beberapa pelamar yang mendaftar, Baek Seung Soo (Namgoong Min) akhirnya terpilih untuk mengisi jabatan tersebut. Riwayat Baek Seung Soo sebagai manajer spesialis tim yang akan dibubarkan adalah alasan utama mengapa dia dipilih oleh pihak perusahaan. Ya, Dreams adalah tim yang tidak memiliki masa depan sebab pihak perusahaan berencana untuk membubarkannya.

Hari pertama Baek Seung Soo bekerja, manajer umum tersebut sudah membuat kehebohan dengan mengeluarkan pemain Dream yang sudah menjadi legenda di sana, Lim Dong Gyu (Jo Han Sun). Keputusannya ditentang banyak orang dan sebagian lagi meragukannya, termasuk manajer operasional, Lee Se Young (Park Eun Bin).

Mengetahui statusnya yang terancam, Lim Dong Gyu tidak terima dan melakukan perlawanan terhadap Seung Soo secara anarkis. Pemain yang beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai pemain tersebut merusak mobil Seung Soo dan mencoba mengancam nyawanya.

Perlakuan yang diterima Seung Soo tidak menggentarkan kakinya sama sekali. Manajer umum tersebut tetap pada keputusannya untuk mengeluarkan Dong Gyu dari Dreams. Setelah melepaskan Dong Gyu, Seung Soo kembali membuat kehebohan dengan mendatangkan Kang Du Ki (Ha Do Kwon).

Du Ki adalah seorang pemukul berbakat yang dulu pernah bermain bersama Dreams. Du Ki dan Dong Gyu adalah rival sepadan, baik personal atau profesional. Ketika itu Du Ki harus pergi meninggalkan Dreams karena bersitegang dengan Dong Gyu.

Usaha demi usaha dilakukan Baek Seung Soo untuk menyiapkan Dreams menjadi tim yang siap bertanding di musim selanjutnya. Namun sayang usahanya ini justru tidak mendapat dukungan dan cenderung dijegal oleh CEO Kwon Kyung Min (Oh Jung Se). 

Meski begitu Seung Soo tetap di jalur yang benar untuk memberikan yang terbaik bagi Dreams. Manajer umum tersebut bahkan tidak peduli jika hal itu mengancam karirnya. Sikapnya yang gigih lambat laun mendapat dukungan dan kepercayaan dari tim manajemen. Mereka kemudian bersatu dan mendukung setiap keputusan Seung Soo.

Seung Soo sendiri memiliki kehidupan pribadi yang perih. Dia merasa bersalah atas keadaan adiknya, Baek Young Soo (Yoon Sun Woo) yang lumpuh dan hanya bisa beraktivitas di atas kursi roda. Baek Young Soo sendiri merupakan mantan pemain bisbol saat duduk di bangku SMA, hingga sebuah cidera mengakhiri karirnya.

Walau tidak bisa lagi berlari di lapangan, Young Soo tetap mencintai bisbol dengan caranya. Lelaki itu diam-diam menjadi analis bisbol yang terkenal di internet. Dia kemudian menjadi bagian dari tim analisis Dreams dibawah manajer Yoo Kyung Taek (Kim Do Hyun). Lalu bisakah dua kakak beradik itu bekerja sama memajukan Dreams dan mengangkat tim tersebut dari keterpurukan?

Akting Namgoong Min yang Menawan

review hot stove league_Akting Namgoong Min yang MenawanSumber: soompi.com

Hot Stove League menjadi drama selanjutnya bagi Namgoong Min setelah sukses berperan dalam Doctor Prisoner (2019). Berperan sebagai seorang manajer umum yang ahli dalam urusan strategi, pria kelahiran 12 Maret 1978 ini tampil menawan. Karakter Baek Seung Soo dibawakan dengan baik sehingga meninggalkan kesan bagi banyak penonton.

Saat menonton drama ini Anda akan dibuat terkesan dengan karakter Baek Seung Soo yang dingin namun hangat. Namgoong Min tidak terlalu banyak tersenyum dalam Hot Stove League, tetapi aktingnya mampu membuat terpesona. Dia berhasil membawakan sebuah karakter yang berwibawa, jenius, cerdik dan berhati hangat.

Tanpa Kisah Cinta Tapi Mengharukan

Hot Stove League bukan drama penuh romansa antara sepasang kekasih. Di dalamnya tidak ada love line antara pemain. Drama ini berisi tentang hubungan naik turun antara rekan kerja, rivalitas antara klub dan keterbatasan serta ego. Namun, dengan plot cerita yang demikian, drama ini tetap bisa terasa mengharukan. 

Setiap episodenya berisi adegan-adegan yang membuat hati para penonton merasa hangat. Entah dari kegigihan Baek Seung Soo atau ketulusan para pemain yang bertahan dan mau berusaha bersama Dreams. Tidak perlu kisah cinta, drama ini sudah terasa manis.

Drama Olahraga yang Ajarkan Banyak Hal

review hot stove league_Drama Olahraga Ajarkan Banyak HalSumber: jiahjava.com

Hot Stove League bukan sekadara tontonan. Konflik cerita di dalamnya memuat nilai-nilai pelajaran yang bisa dijadikan bahan introspeksi diri, terutama soal kegigihan, semangat juang, percaya dan tidak ingin berhenti mencoba. Hal ini dapat dilihat dari semangat Baek Seung Soo untuk memperbaiki Dreams yang begitu terasa sejak episode pertama.

Ditentang banyak pihak, bahkan timnya sendiri, mendapat halangan dari pihak perusahaan, tidak mengendurkan semangat juang Baek Seung Soo. Dia masih mau percaya bahwa Dreams bisa diselamatkan. Selain Baek Seung Soo, karakter Lee Se Young juga sama gigihnya. Merasa bahwa Dreams adalah bagian dari hidupnya, Se Young berada di kapal yang sama dengan Baek Seung Soo untuk kembali memajukan tim tersebut.

Selain itu, para pemain Dreams yang harus bernegosiasi dengan gaji kecil lalu akhirnya menerima, juga memberi pelajaran tersendiri. Seorang pemain veteran seperti Jang Ji Woo (Hong Ki Joon) rela bergaji lebih rendah dibanding pemain lain yang memang lebih bagus secara penampilan di lapangan. Lapang dada, hati yang besar dan cinta bisa Anda rasakan saat menonton Hot Stove League.

Peraih BaekSang Arts Awards 56th (2020)

review hot stove league_Peraih BaekSang Arts AwardsSumber: jiahjava.com

Hadir dengan cerita yang sangat menarik dan penuh pelajaran hidup, bukan suatu kejutan jika Hot Stove League memenangkan penghargaan sebagai Best Drama dalam BaekSang Arts Awards 56th yang digelar 5 Juni 2020. Kerjasama tim antara sutradara, penulis dan para pemain terbukti menghasilkan sebuah karya yang membanggakan.

Pada ajang BaekSang Arts Awards 56th, Hot Stove League bersaing dengan drama-drama berkualitas lain seperti Kingdom 2, Hyena, Crash Landing on You, dan When the Camellia Blooms. Menang di antara judul-judul tersebut tentu merupakan sebuah pengakuan atas kualitas drama arahan Jung Dong Yoon ini.

Jung Dong Yoon sendiri masuk menjadi nominasi untuk Best Director pada ajang yang sama, sementara Namgoong Min dinominasikan sebagai Best Actor. Meski keduanya tidak membawa kemenangan dan harus mengaku kalah dari sutradara Mo Wan Il (The World of the Married) dan aktor Kang Ha Neul (When the Camellia Blooms), mereka tetap sutradara dan aktor yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya.

Rasanya tidak banyak drama Korea bergenre olahraga yang meraih perhatian sebesar Hot Stove League. Namun, melihat jalan ceritanya, konflik dan plot, sangat wajar jika drama ini sukses di pasaran dan meraih penghargaan. Anda bisa membuktikan sendiri jika masih meragukannya. Apakah sudah siap terbawa emosi dan terpesona dengan karakter Baek Seung Soo? Selamat menonton!

Hot Stove League
8.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram