bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Haseen Dillruba, Thriller Psikologi India

Ditulis oleh Dhany Wahyudi - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Seorang wanita menjadi tersangka pengeboman di rumahnya yang merenggut nyawa suaminya. Tetapi ternyata banyak misteri yang harus diungkap pihak kepolisian atas kasus ini. Semakin dia jujur, justru fakta yang ada semakin buram. Haseen Dillruba adalah original film Netflix produksi India yang menampilkan kisah psychological thriller memikat nan penuh misteri.

Film yang dirilis pada 2 Juli 2021 ini mengambil inspirasinya dari cerita pendek terkenal karya Roald Dahl, Lamb to the Slaughter, yang terbit pada tahun 1953. Sementara itu, musik dan lagu untuk film ini digarap oleh Amar Mangrulkar dan Amit Trivedi yang dirilis oleh T-Series. Memangnya, setebal apa kabut misteri dari peristiwa tragis ini? Simak review kami sebelum menontonnya.

Sinopsis

Sinopsis & Review Haseen Dillruba, Thriller Psikologi India 1
  • Tahun: 2021
  • Genre: Drama, Thriller, Crime, Mystery, Romance
  • Produksi: Colour Yellow Productions, Eros Worldwide, T-Series Films
  • Sutradara: Vinil Mathew
  • Pemeran: Taapsee Pannu, Vikrant Massey, Harshavardhan Rane

Rani yang sedang berada di depan rumahnya terkejut dengan sebuah ledakan yang terjadi di dalam rumahnya. Dia berlari ke dalam dan menemukan potongan tangan yang diduga adalah milik suaminya. Pihak kepolisian menjadikan Rani sebagai tersangka sementara sambil melakukan penyidikan atas kasus pembunuhan ini.

Lewat serangkaian interogasi di kantor polisi, Rani menceritakan semua pertanyaan inspektur polisi yang mengungkapkan kisah cinta dan pernikahannya dengan Rishu. Semua berawal ketika Rishu dan keluarganya datang melamar ke rumah orang tua Rani. Dalam sekejap, Rishu langsung jatuh cinta dengan Rani, meski ibunya tidak begitu setuju dengan pilihan putranya itu.

Pernikahan pun berlangsung yang disusul kepindahan Rani ke rumah keluarga Rishu. Mungkin belum terbiasa, Rishu seringkali kikuk di depan istrinya. Ibu Rishu pun mulai mengomentari kekurangan menantunya, seperti ketidakpandaiannya dalam memasak dan menyiapkan segala kebutuhan suaminya. Rishu sedikit tersinggung ketika mendengar pembicaraan telepon Rani dengan ibunya.

Perbincangan yang mengarah kepada ketidakmampuannya dalam masalah ranjang, membuat Rishu terluka dan menutup diri. Rani merasa kesepian dan kurang komunikasi karenanya. Ditengah ketegangan hubungan ini, muncul sepupu Rishu bernama Neel yang tampan dan berbadan atletis. Rani terpesona dengan kharisma yang dimiliki Neel dan Neel pun menyadari hal tersebut.

Hidup Rani seakan bergairah kembali dengan rayuan-rayuan Neel, bahkan Rani menjadi rajin membikin teh susu, masakan dan makanan untuk Neel yang dikira ibu Rishu adalah untuk putranya. Suatu hari, Neel ingin dibuatkan makanan dari olahan daging domba yang dinamakan mutton dan Rani yang seorang vegetarian langsung ke pasar membeli daging dan mengolahnya dibantu dengan Rishu.

Selain itu, Rani sudah berjanji kepada Neel untuk meninggalkan Rishu untuknya. Neel panik karenanya dan memilih untuk pergi, meninggalkan luka di hati Rani yang kemudian menceritakan semuanya kepada suaminya. Rishu yang tadinya ingin memulai lembaran baru dengan memperbaiki kesalahannya, menjadi semakin terluka.

Sifat Rishu kepada istrinya berubah. Dia menjadi seperti psikopat yang berkali-kali mencoba untuk membuat Rani celaka, seperti meletakkan sabun di tangga yang membuat Rani terjatuh dan mengakali kompor gas sehingga ketika Rani hendak memasak, kompornya meledak. Rani yang sudah tidak tahan dengan “penyiksaan” ini meminta maaf kepada Rishu dengan ancaman akan bunuh diri jika tidak diterima.

Hati Rishu pun luluh dan dia memaafkan kesalahan Rani. Mereka pun kemudian menjalin tali cinta mereka kembali. Sementara itu, pihak kepolisian mendapatkan sebuah rekaman video yang menampilkan Neel keluar dari belakang rumah dan berenang menjauh di sungai. Rani diminta untuk melakukan tes polygraph. Dengan menginjak paku di sepatunya, Rani berhasil lolos dari tes ini.

Pihak kepolisian melakukan interogasi dengan lebih keras, sampai mengurung dan memukul Rani di tahanan. Tapi setelah semalaman, pihak kepolisian sama sekali tidak bisa membuka suara Rani atas semua pertanyaan yang diajukan.

Kabut misteri pun terbuka menjelang akhir film. Neel datang ke rumah Rani dengan mengancam akan menyebarkan video hubungan intim mereka. Rishu datang dan berkelahi dengan Neel. Rani kemudian memukul kepala Neel dengan sebongkah daging beku yang ternyata membuat Neel tewas. Rishu yang pernah membaca novel yang diberikan oleh Rani dan mencoba melakukan hal serupa dari cerita novel itu.

Rishu kemudian memotong tangannya dan meletakkannya di dekat mayat Neel, kemudian mengakali gas agar meledak dan mengenakan jaket Neel lalu keluar dari belakang rumah dan berenang di sungai. Sementara itu, Rani membawa daging ke pasar untuk dipotong dengan ditemani sopir becak, dan setelah kembali ke rumah, ledakan terjadi.

Setelah kasus ditutup dan lima tahun berlalu, inspektur polisi membaca novel yang sama isi ceritanya dengan kasus yang pernah ditanganinya dahulu. Sang inspektur hanya tersenyum saja menyadarinya. Sementara itu, Rani dan Rishu hidup bersama, meski Rishu harus kehilangan sebelah lengannya.

Alur Cerita Penuh Misteri

Sinopsis & Review Haseen Dillruba, Thriller Psikologi India 3

Haseen Dillruba menyuguhkan kepada kita sebuah cerita menegangkan penuh misteri yang terjadi karena cinta. Adegan di awal film berupa ledakan mungkin membuat kita menyangka jika ini adalah film tentang teroris, tapi tidak bagi yang sudah melihat trailer-nya. Penyidikan kasus pun dimulai sejak saat kejadian yang menyeret Rani, istri dari Rishu, sebagai tersangka utama.

Pihak kepolisian pun melakukan beberapa interogasi kepada Rani yang mengungkapkan kisah cinta dan pernikahannya yang penuh lika-liku bersama Rishu. Lewat beberapa adegan flashback, sedikit demi sedikit misteri pun terkuak, meski kita pun dibuat ragu tentang keabsahan cerita Rani tersebut.

Sekeras apapun usaha polisi untuk mengeluarkan pengakuan jika Rani adalah pelaku pembunuhan atau dalang di baliknya tidak membuahkan hasil, meski sudah melakukan tes polygraph dan sedikit penyiksaan terhadap Rani. Akhirnya, Rani terlepas dari berbagai dugaan dalam kasus yang ditutup tanpa membuahkan hasil ini.

Baca juga: Film India Terbaru dan Terbaik di Tahun Ini

Penuh Konflik dan Intrik Percintaan

Sinopsis & Review Haseen Dillruba, Thriller Psikologi India 5

Kisah cinta mereka awalnya penuh kekikukan yang menghadirkan beberapa adegan yang lumayan lucu dan romantis. Ketika konflik mulai muncul yang membuat Rishu seolah menutup diri dari istrinya ditambah dengan kehadiran Neel dalam rumah tangga mereka, cerita pun mulai memanas.

Pada titik ini, penulis naskah Khanika Dillon sepertinya berusaha menyeimbangkan seluruh konflik yang ada, tapi malah membuat konflik terasa melebar dan nyaris keluar dari nafas cerita yang sudah dibangun dengan baik dari awal film. Kita sudah bisa memahami karakter Rani dan Rishu, sedangkan Neel hadir begitu saja tanpa kedalaman karakter yang menjadikannya sosok satu dimensi.

Memang kisah film berudurasi 2 jam 15 menit ini berasal dari sudut pandang Rani, tapi justru “rasa” cerita ada pada karakter Rishu yang diperankan dengan baik oleh Vikrant Massey. Aktor yang angkat nama lewat serial TV Dharam Veer (2008) dan film A Death in the Gunj (2016) ini berhasil menampilkan karakter yang pintar tapi kaku ketika berhadapan dengan wanita yang tiba-tiba menjadi psikopat saat hatinya terluka.

Makna Cinta Sejati yang Ekstrim

Sinopsis & Review Haseen Dillruba, Thriller Psikologi India 7

Pemahaman cinta sejati yang disuguhkan dalam film yang menampilkan sinematografi yang cukup apik dengan penampilan prima lansekap kota Haridwar ini memang cenderung ekstrim. Menurutnya, jika cinta itu tidak mendorong Anda melakukan perbuatan gila (nekat), maka itu bukan cinta sejati. Oleh karenanya, Rishu berani untuk memotong tangannya demi menyelamatkan Rani dari dugaan polisi.

Begitupun Rani yang juga nekat dalam menyimpan semua fakta dalam-dalam dan berbohong karenanya meski disiksa dan diragukan kejujurannya. Meski Rani dan Rishu pernah melakukan kesalahan masing-masing yang cukup fatal dalam kehidupan berumah tangga, tapi kelapangan dada dan rasa cinta tulus yang tumbuh dan berkembang dalam hati mereka, membuat mereka tetap bersama pada akhirnya.

Haseen Dillruba memiliki pondasi cerita yang baik, meski ketika konflik mulai memanas membuat jalan cerita agak sedikit melebar, tidak menggoyahkan kisah cinta penuh ketegangan ini. Apalagi lagu-lagu dan musik yang disajikan cukup enak untuk didengar. Ingin tahu setegang apa misteri cinta sejati dalam film ini? Tonton sekarang di Netflix, ya!

Haseen Dillruba
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram