Bacaterus / Review Film Korea / Sinopsis & Review Haechi, Kisah Empat Pejuang Penuh Ajaran

Sinopsis & Review Haechi, Kisah Empat Pejuang Penuh Ajaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penyuka drama-drama sageuk atau drama dengan latar belakang Korea di era Joseon pasti sudah khatam dengan Haechi. Bisa jadi ini merupakan salah satu drama favorit Anda? Namun, apabila Anda masih menimbang-nimbang untuk menonton karena tidak begitu yakin dengan plot ceritanya, sinopsis dan review di bawah ini bisa bantu meyakinkan.

Drama ini secara garis besar bercerita tentang pemberontakan terhadap sistem pemerintahan yang korupsi. Ceritanya terdengar familiar, bukan? Premis semacam ini dalam drama sageuk memang bukan hal baru. Akan tetapi, Haechi memiliki sesuatu yang menarik untuk ditawarkan.

Kegagahan Jung Il Woo memerankan karakter seorang pangeran dalam drama ini adalah salah satunya. Selepas wamil, aktor tersebut tetap memperlihatkan kualitas berakting yang dimilikinya. Bukan hanya itu, plot drama ini juga berbeda sebab perjuangan membenahi sistem tidak dilakukan sendirian.

Daripada semakin penasaran, langsung saja simak uraiannya di bawah ini yuk! Setelah membacanya, Anda bisa memutuskan mau menonton Haechi atau tidak.

Sinopsis

Sinopsis Haechi

* sumber: cintamaulida.com

  • Tanggal Penayangan: 11 Februari – 30 April 2019
  • Genre: Drama Saeguk, Sejarah
  • Jumlah Episode: 48 Episode
  • Pemain: Jung Il Woo, Go Ara, Kwon Yul, Park Hoon, Lee Kyoung Young
  • Sutradara: Lee Yong Suk
  • Penulis: Kim Yi Young
  • Produksi: Kim Jong Hak Production
  • Jaringan Penayangan: SBS TV
  • Negara: Korea Selatan

Sistem pemerintahan yang tidak adil, korupsi dan berantakan menggerakkan hati Lee Geum (Jung Il Woo) untuk mereformasinya. Lee Geum sendiri sebenarnya adalah seorang pangeran. Namun, sebab lahir dari wanita kalangan bawah, statusnya tersebut tidak diakui oleh pihak kerajaan.

Kenyataan bahwa Ibu kandung Lee Geum adalah seorang selir dan mantan dayang istana menjadi alasan utama mengapa dia tidak dianggap. Sekalipun memiliki kepintaran, Lee Geum harus menerima nasibnya yang seperti itu.

Keinginannya untuk melakukan reformasi, mendapat dukungan dari tiga orang lainnya. Mereka datang dari latar belakang berbeda namun punya tujuan yang sama. Empat orang tersebut sudah lelah dengan ketidakadilan yang diperlihatkan. Secara kompak mereka bersiap melakukan pemberontakan guna mengganti sistem pemerintahan lama dengan yang baru.

Tiga orang yang nantinya membantu Lee Geum naik tahta dan melakukan pembenahan pada sistem kerajaan adalah Yeo Ji (Go Ara), Park Moon Soo (Kwon Yool) dan Dal Moon (Park Hoon). Masing-masing dari mereka memiliki latar belakang serta keahlian yang berbeda.

Yeo Ji misalnya, dia merupakan seorang detektif wanita dengan semangat yang tinggi untuk menginvestigasi suatu kasus. Kemampuannya dalam seni bela diri dan berbahasa asing adalah kekuatannya.

Berkat hal tersebut dia termasuk salah satu detektif terbaik di Saheonbu. Sayang, dia mendapat tindakan diskriminasi atas gendernya.

Lain lagi dengan sosok Park Moon Soo. Moon Soo sebenarnya berasal dari keluarga bangsawan tapi hidup hanya dengan ibunya. Keadaan yang seperti itu sedikit banyak membuatnya kesulitan untuk mendapatkan pendidikan layak.

Review Haechi

* sumber: www.hancinema.net

Moon Soo berusaha sekuat tenaga mempersiapkan ujiannya untuk menjadi petugas publik. Walau tidak terlalu pintar dan mengalami kesulitan saat ujian, Moon Soo berwatak jujur dan lembut terhadap orang lain.

Kehidupan Moon Soo berbeda dengan hidup yang dijalani Dal Moon. Mereka bagai dua sisi mata uang. Sebab Dal Moon menjalani hidup sesukanya. Keseharian pria itu dihabiskan di jalanan. Walau demikian dia seorang penyamun terkenal yang pandai sekali dalam ilmu bela diri.

Bergabungnya mereka menjadi satu kekuatan adalah angin segar bagi kehidupan yang lebih baik untuk rakyat Saheonbu. Tapi akankah semudah itu mengubah sesuatu yang sudah menjadi seperti tradisi? Sebab kita tahu melawan sistem lalu mengubahnya adalah pekerjaan yang berat.

Mampukah mereka melakukan itu? Keseruan dan keharuan macam apa yang akan dipertontonkan? Temukan jawabannya dengan menonton Haechi secara langsung.

Drama Saeguk yang Membuat Hati Hangat

Drama Saeguk yang Membuat Hati Hangat

* sumber: www.viki.com

Drama bergenre sejarah dan berlatar belakang Korea era Joseon sudah cukup banyak. Ceritanya pun tidak jauh dari pemberontakan dan perlawanan terhadap kekuasaan. Namun, Haechi punya ide yang berbeda dengan mengangkat empat karakter sekaligus sebagai kekuatannya.

Bila pada drama sageuk lain kekuatannya terpusat pada kaisar atau pangeran, drama ini tidak. Walau tujuan akhirnya menaikkan Lee Geum ke atas tahta, tapi kekuatan mereka berkontribusi secara merata. Masing-masing melakukan tugas dengan keahlian yang dimiliki.

Perbedaan antara empat orang tersebut tidak menjadi penghalang. Mereka justru dipersatukan oleh keinginan dan tujuan yang sama. Menyaksikan mereka berjuang dengan caranya masing-masing, akan membuat hati terasa hangat.

Penampilan Para Pemain yang Memukau

Penampilan Para Pemain yang Memukau

* sumber: www.hancinema.net

Bila ada kategori aktor Korea yang langganan memainkan karakter raja atau kaisar rasanya Jung Il Woo masuk sebagai salah satunya. Setidaknya sudah ada dua drama bergenre sageuk lain yang menjadikan Jung Il Woo sebagai pemain.

Sebut saja drama sageuk paling terkenal yang pernah dibintanginya yaitu The Moon that Embrace the Sun (2012). Selain itu, Jung Il Woo juga terlibat dalam drama The Night Watchman’s Journal (2014). Pembawaan Jung Il Woo yang berwibawa menjadi alasan mengapa pria kelahiran 1987 ini cocok untuk peran-peran berlatar kerajaan.

Anda juga akan terpesona oleh akting Go Ara; seorang wanita dengan kekuatan dan tekad kuat untuk melakukan yang terbaik bagi kerajaan. Belum lagi kepiawaian Kwon Yool dan Park Hoon dalam memerankan karakter Moon Soo dan Dal Moon yang membuat drama ini semakin menarik untuk diikuti.

Karakter Lee Gum dalam Drama Lain

Karakter Lee Gum dalam Drama Lain

* sumber: www.netflix.com

Jika Anda pernah menyaksikan drama Korea yang tayang pada 2010 berjudul Dong Yi, di sana ada tokoh anak kecil putra dari Raja Sukjong. Anak tersebut adalah Lee Geum. Drama Haechi boleh dikatakan memiliki keterikatan karakter dan cerita dengan drama Dong Yi.

Lee Geum adalah putra dari Raja Sukjong dan Choi Suk Bin. Suk Bin sendiri merupakan anak seorang petani yang diangkat menjadi selir lalu melahirkan Lee Geum. Jika dalam drama Dong Yi cerita berfokus pada percintaan dan konflik antara ayah dan ibu Lee Geum, drama Haechi mengangkat cerita saat Lee Geum tumbuh dewasa.

Pemilihan Judul Berdasar Filosofi

Pemilihan Judul Berdasar Filosofi

* sumber: www.hancinema.net

Tidak seperti drama sageuk kebanyakan, drama ini memiliki judul yang cukup ringkas: Haechi. Judul tersebut juga tidak menonjolkan salah satu pihak. Rupanya, pemilihan judul untuk drama ini tidak sembarangan dan memiliki makna.

Haechi adalah salah satu makhluk dalam mitologi Korea Selatan. Makhluk tersebut digambarkan berbentuk singa bersisik dan memiliki tanduk di bagian dahi. Hidup di dunia mitologi, Haechi menjadi simbol bagi keadilan dan perlindungan.

Pada zaman Dinasti Joseon, patung Haechi banyak disimpan di pintu masuk atau gerbang sebuah kerajaan. Keberadaan Haechi dipercaya dapat melindungi kawasan tersebut dari sesuatu yang bersifat jahat.

Pemilihan Haechi sebagai judul drama ini boleh dikatakan berdasarkan filosofi. Keempat karakter di dalam ceritanya mewakilkan keberadaan Haechi. Yaitu sosok yang dipercaya dapat melindungi serta membawa kebenaran serta keadilan bagi rakyat.

Drama Sejarah dengan Bumbu Komedi

Drama Sejarah dengan Bumbu Komedi

* sumber: www.kpopmap.com

Menyaksikan Haechi dari episode satu hingga terakhir dijamin Anda tidak akan bosan. Selain terharu dengan kekompakan ke empat tokoh utamanya, adegan-adegan lucu dan tingkah konyol mereka membuat drama ini tampil segar.

Ke empat tokoh utama dalam drama ini tampak berwibawa dan meyakinkan, tetapi bagaimana pun mereka tetap manusia dengan sisi lain di dirinya termasuk kebodohan. Anda akan dibuat tertawa dengan adegan-adegan yang dimainkan Yeo Ji atau Moon Soo.

Drama Haechi bisa jadi salah satu drama yang menghibur. Mengikuti jalan ceritanya memberikan pengalaman lain dalam memahami manusia dan kehidupan. Seperti yang diperlihatkan Lee Geum dan kawan-kawan. Apakah sudah tertarik untuk mulai nyicil nonton drama ini dari episode satu? Kalau begitu selamat menyaksikan!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *