bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis Gone for Good, Misteri Kekasih yang Hilang

Kehilangan orang tersayang tentu menjadi hal yang sangat menyakitkan. Terlebih lagi saat orang yang dicintai tersebut menghilang begitu saja tanpa memberikan sebuah alasan hingga keberadaannya pun menjadi misteri. Hal inilah yang dialami oleh tokoh Guillame dalam serial Gone for Good.

Berikut review dan sinopsis dari serial Gone for Good, serial yang akan mengajakmu mengungkap teka-teki mengenai hilangnya seorang wanita bernama Judith Conti.

Baca Juga: 20 Film Misteri Terbaik di Dunia yang Penuh Teka-Teki

Sinopsis

Gone for Good_
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Drama, misteri, thriller
  • Produksi: Calt Studio
  • Sutradara: David Elkaim, Vincent Poymiro
  • Pemeran: Finnegan Oldfield, Nicolas Duvauchelle, Guillaume Gouix

Serial produksi Prancis ini diangkat dari novel best seller karya penulis Harlan Coben. Gone for Good memiliki total episode sebanyak 5 episode, dengan durasi rata-rata setiap episode sekitar 45 menit.

Serial ini dikisahkan dengan alur maju mundur dan dimulai dengan adegan pembunuhan mantan kekasih Guillaume, Sonia dan menghilangnya kakak dari Guillaume, Fred.

Bertahun-tahun kemudian, Guillaume telah bekerja sebagai pekerja sosial dan menjalin hubungan dengan Judith Conti. Saat sang ibu meninggal dunia, Guillaume melamar Judith. Namun Judith justru menghilang tiba-tiba di hari tersebut. Guillaume mencoba mencari kemana perginya Judith bersama rekan kerjanya, Daco.

Pencarian Guillaume membawanya kembali pada masa lalunya. Ia bertemu dengan Ines, adik dari Sonia yang kini telah dewasa. Dari Ines, ia mengetahui jika Sonia juga memiliki teman yang bernama Judith Conti. Sementara itu, Ines juga tengah berjuang untuk melepas bayang-bayang Sonia yang selama bertahun-tahun selalu menghantuinya.

Guillaume sempat kesulitan mencari Judith karena ia dan Judith bersepakat untuk tidak mengungkit masa lalu mereka selama menjalin hubungan.

Namun Guillaume mendapat kabar dari pihak kepolisian bahwa seorang bernama Judith Conti ditemukan tewas. Ia juga menerima kabar mengenai masa lalu Judith yang dikatakan sebagai pelacur dan sempat terlibat pembunuhan.

Seorang wanita yang mengaku sebagai ibu dari Judith kemudian menemui Guillaume dan bertanya mengenai anak Judith yang bernama Alice. Hal tersebut membuat Guillaume semakin bingung.

Namun, saat ia mendatangi pemakaman Judith Conti, mayat yang mereka sebut Judith Conti tersebut nyatanya bukanlah sosok Judith kekasihnya yang menghilang.

Dengan bantuan Daco yang mengorbankan diri untuk kembali mengorek masa lalunya saat masih menjadi anggota Nazi, Guillaume mencari tahu tentang Judith dan Alice.

Ia kembali menemukan fakta bahwa gadis bernama Alice tersebut dibawa oleh sosok laki-laki yang tampak seperti Fred, kakaknya yang menghilang sepuluh tahun lalu dan diyakini keluarganya telah meninggal.

Perlahan, Guillaume pun menemukan satu persatu fakta yang rupanya saling berkaitan. Judith Conti yang tewas merupakan istri dari sang kakak, Fred. Sementara kekasihnya bernama asli Nora.

Ia sempat diselamatkan oleh Fred dari mantan suaminya yang ingin membunuhnya. Fred kemudian memberi Nora identitas Judith agar bisa kabur dari kejahatan pembunuhan tersebut.

Nora yang sering mendengar cerita Guillaume dari Fred dan Alice kemudian sengaja melamar di tempat kerja Guillaume hingga mereka pun berpacaran.

Fred yang masih hidup kemudian menemui Guillaume untuk menyelesaikan semua permasalahan tersebut, termasuk memburu Kessler dan Ostertag, mantan temannya yang terlibat penembakan di hari kematian Sonia.

Fakta lain pun terungkap saat Guillaume dan Fred mencoba menyelamatkan Nora yang diculik Ostertag. Selama ini, Guillaume meyakini jika pembunuh Sonia adalah Ostertag, namun di malam tersebut, justru Fred yang membunuh Sonia sebelum ia melarikan diri dari kejaran Ostertag. Guillaume pun kemudian menembak Fred dengan pistol yang ia pegang.

Alur Maju Mundur yang Penuh Misteri

Alur Maju Mundur yang Penuh Misteri_

Cerita dalam serial Gone for Good diceritakan dengan alur cerita maju mundur di setiap episodenya. Sepanjang serial ini, penonton akan banyak disajikan adegan kilas balik yang akan menjelaskan bagaimana kisah tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Adegan kilas balik ini ditampilkan cukup banyak, bahkan perpindahan antar scene sering kali diisi dengan alur cerita yang kembali mundur. Jalan cerita yang ditampilkan secara maju mundur ini akan membuat serial ini menjadi penuh misteri dan teka-teki.

Penonton seolah diajak untuk mengurai semua teka-teki tersebut dari sudut pandang si tokoh utama, Guillaume. Seiring dengan banyaknya adegan kilas balik yang terjadi, misteri yang di awal terasa aneh pun mulai masuk akal dan pada akhirnya semua peristiwa menjadi saling terkait.

Tak hanya dari alur cerita yang dikisahkan secara maju mundur saja, nuansa teka-teki dan misteri dari serial ini juga terasa dari sinematografi hingga tata suara yang digunakan. Pada banyak adegan, serial ini banyak memperlihatkan visual yang terasa kelam dan gelap dengan tata suara yang terasa dramatis.

Dengan alur maju mundur yang penuh dengan adegan kilas balik, pastikan kamu memperhatikan dengan jelas keterangan tahun dan lokasi yang ditunjukkan pada awal scene di setiap adegan agar kamu bisa benar-benar memahami jalan cerita serial ini.

Setidaknya, film ini mengisahkan lima kurun waktu yaitu masa tahun 1995, masa tahun 2010, masa tahun 2015, masa tahun 2017, dan masa kini.

Karakter-Karakter dengan Permasalahan Kompleks

Karakter-Karakter dengan Permasalahan Kompleks_

Serial Gone for Good memiliki banyak karakter-karakter dengan kepribadian dan permasalahan yang kompleks. Masing-masing episode dari serial ini juga diberi judul dengan masing-masing karakter, mulai dari Guillaume, Ines, Daco, Nora, dan Fred. Pada masing-masing episode tersebut akan diceritakan latar belakang dari setiap tokoh tersebut.

Masing-masing karakter utama ini akan menceritakan kembali bagaimana kehidupannya hingga mereka sampai di kehidupan yang sekarang. Saat mendalami latar belakang setiap karakter, kamu akan melihat bagaimana tokoh-tokoh ini memiliki kepribadian dan permasalahan masing-masing yang begitu kompleks.

Pada setiap episode, kamu seolah hanya melihat permasalahan dari setiap karakter ini. Namun uniknya, karakter-karakter yang mulanya tidak saling berkaitan ini akan dihubungkan oleh satu hal setelah kamu mendengar cerita dari masing-masing tokoh dan kisah mereka pun akan menjadi satu kesinambungan cerita.

Plot Twist Tak Terduga dan Cerita Tak Tertebak

Plot Twist Tak Terduga dan Cerita Tak Tertebak_

Sebagai serial ber-genre misteri, Gone for Good cukup banyak memasukkan unsur plot twist di sepanjang episodenya. Hingga episode akhir serial ini, kamu akan mendapat banyak kejutan yang tak terduga di awal cerita ini dimulai. Jalan cerita yang dikisahkan di episode awal akan berubah seiring dengan terungkapnya teka-teki hingga episode akhir.

Jalan cerita yang tak bisa ditebak ini akan memuaskan kamu yang menyukai film atau serial bergenre misteri. Dengan mengikuti setiap episode serial ini, kamu seolah ikut menyusun setiap kepingan puzzle saat mencari Judith Conti. Namun di akhir cerita, kamu justru akan mengungkap misteri lain yang jauh lebih besar.

Itulah review dan sinopsis dari serial Gone for Good, serial Prancis bergenre misteri yang akan mengajakmu mengungkap teka-teki mengenai hilangnya sosok kekasih dari Guillaume. Apakah kamu sudah selesai menonton serial ini? Bagaimana tanggapanmu setelah melihat episode akhir serial ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

Gone for Good
Rating: 
3.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram