bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Gintama The Movie: Shinyaku Benizakura-hen

Pada zaman Edo, seorang pria misterius muncul di hadapan Katsura Kotaro. Dengan memegang pedang yang dikenal dengan sebutan ‘Benizakura’, pria misterius itu membunuh Katsura Kotaro.

Pada keesokan harinya, rumor tentang pembunuhan para ronin semakin menyebar luas. Sementara itu, Gintoki diminta seseorang untuk mencari keberadaan benizakura yang telah menelan banyak korban.

Bagi penggemar manga maupun anime Gintama, pasti sudah tidak asing lagi dengan kisah komedi yang mengambil latar pada zaman Edo dimana Jepang diambil alih oleh alien.

Film anime ini merupakan remake dari cerita ‘Benizakura’ dari serial Gintama. Dengan fokus cerita pada film ini adalah memecahkan misteri pedang benizakura

Berikut ini Bacaterus akan mengulas aksi dari trio Gintoki, Kagura dan Shinpachi yang berusaha memecahkan misteri pedang benizakura dan kematian orang terdekat mereka, Katsura Kotaro. Akankah mereka bertiga bisa mengatasi permasalahan tersebut?

Sinopsis

sinopsis_
  • Tahun Rilis: 24 April 2010
  • Genre: Action, Comedy, Sci-Fi
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Takamatsu Shinji
  • Pengisi Suara: Sugita Tomokazu, Kugiyama Rie, Ishida Akira, Sakaguchi Daisuke, Takamatsu Shinji

Pada suatu malam, Katsura Kotaro dibunuh oleh pria misterius yang menggunakan pedang ‘Benizakura’. Pada keesokan harinya, Elizabeth pergi ke trio Yorozuya dan meminta bantuan mereka untuk menemukan Katsura.

Namun, tiba-tiba ada panggilan untuk Gintoki. Kemudian, Gintoki menyerahkan permasalahan Elizabeth kepada Shinpachi dan Kagura.

Sementara Gintoki pergi ke tempat Murata Tetsuya yang merupakan seorang pembuat pedang. Tetsuya meminta Gintoki untuk mencari pedang benizakura yang telah dicuri seseorang. Dikatakan kalau pedang tersebut merupakan pedang terkutuk yang tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

Di tempat lain, Shinpachi dan Kagura mencari tahu tentang pembunuhan Katsura. Kemudian, Kagura dan Shinpachi berpencar ketika mencari petunjuk tentang pembunuhan Katsura.

Shinpachi bersama Elizabeth, sementara Kagura bersama anjing peliharaannya, Sadaharu. Pada malam hari, Elizabeth dan Shinpachi menunggu berharap bisa bertemu dengan pembunuh Katsura.

Dan benar saja, malam tersebut muncul seorang misterius yang ternyata adalah Nizou, seorang pembunuh yang mengaku telah membunuh Katsura. Pada saat yang bersamaan Gintoki muncul dan melindungi Shinpachi dan Elizabeth.

Namun, Nizo yang menggunakan pedang benizakura cukup membuat Gintoki kewalahan. Pedang tersebut bukanlah pedang biasa; selain akan memancarkan warna khas bunga sakura, pedang tersebut juga bisa mengambil alih jiwa penggunanya.

Saat Gintoki hampir mendapatkan serangan yang lebih fatal, Shinpachi menebas salah satu lengan Nizo. Bersamaan dengan orang-orang yang mulai berkumpul, membuat Nizo melarikan diri. Sementara itu, Kagura dan Sadaharu menemukan petunjuk keberadaan Katsura di kapal milik teroris Shinsuke Takasugi.

Ketika Kagura menyelinap ke kapal teroris tersebut, ia tertangkap oleh bawahan Shinsuke, Kijima Matako. Namun, belakangan diketahui kalau Nizo adalah salah satu dari kelompok Shinsuke yang bekerja sama dengan Murata Tetsuya untuk menyempurnakan benizakura. Kini benizakura sedang dalam proses produksi massal sebagai senjata biologis.

Gintoki yang sedang dalam masa penyembuhan luka-luka, kedatangan Murata Tetsuko yang datang ke tempatnya. Tetsuko meminta Gintoki untuk menghentikan kakaknya, Murata Tetsuya dan menceritakan semua tentang pedang benizakura yang sesungguhnya pada Gintoki. 

Berkat peta yang dibawa oleh Sadaharu, Shinpachi dan Elizabeth berhasil menyusup ke kapal teroris dengan maksud menyelamatkan Kagura.

Elizabeth pergi memimpin kelompok Katsura, sementara  Shinpachi segera pergi menyelamatkan Kagura. Namun, saat Shinpachi berhasil menyelamatkan Kagura, Elizabeth muncul dan ditebas oleh Takasugi. 

Shinpachi dan orang-orang yang berada di sana terkejut ketika Katsura muncul dari dalam Elizabeth dan menebas balik Takasugi.

Di tengah kekacauan antara dua kelompok, terjadi ledakan di dalam pabrik yang menghancurkan semua duplikasi pedang benizakura. Kini, Katsura, Shinpachi dan Kagura harus menghadapi Kijima si penembak ulung dan Takechi sang ahli strategi.

Gintoki diberi pedang baru oleh Tetsuko agar bisa melawan Nezo dan menghentikan kakaknya, kemudian pergi ke kapal miliki Takasugi. Meskipun belum pulih, Gintoki langsung melawan Nizo yang sudah hampir dikuasai oleh benizakura, sehingga hal tersebut membuat Nizo benar-benar kehilangan kendali.

Nizo yang sudah kehilangan kendali tersebut bermaksud menyerang Tetsuko, namun Tetsuya mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan adiknya. Setelah itu, Gintoki melanjutkan pertempurannya dengan Nizo yang semakin menjadi-jadi.

Sementara para alien yang sudah bekerja sama dengan Takasugi mulai bermunculan dan hendak menghancurkan dunia. Akankah Gintoki, Shinpachi, Kagura dan Katsura berhasil mengatasi semua masalah tersebut?

Cerita Aksi Penuh Komedi

cerita aksi_

Bagi yang sedang mencari film aksi tapi ingin tetap terhibur, film ini cocok banget buat kamu tonton. Kalau buat penggemar Gintoki pasti sudah tidak asing lagi dengan alur cerita maupun para karakternya yang sering kali memunculkan komedi di selang-selang aksi yang sedang dilakukan.

Selama 1 jam 35 menit, kamu akan dihibur dengan aksi kocak dari tiga pemain utama, Gintoki, Kagura dan Shinpachi.

Meskipun selalu memperlihatkan adegan yang mengocok perut, tapi ketika adegan pertarungan, mereka tetap bertarung dengan serius dan memperlihatkan aksi pertemupan yang cukup berkesan. Didukung dengan keahliannya masing-masing yang mumpuni dan juga hebat.

Bagi penggemar anime-nya, pasti akan akan melihat perbedaan ketika adegan perkelahiannya yang mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik. Dari segi visualnya memperlihatkan adanya peningkatan yang lebih baik dan adegan pertarungan pun semakin dinamis dan enak ditonton.

Cliffhanger Ending?

cliffhanger ending_

Meskipun Gintoki CS berhasil mengalahkan Nizo dan menghancurkan pedang benizakura, tapi menurut saya alur cerita film ini berakhir dengan cerita yang agak menggantung atau cliffhanger ending. Di akhir cerita hanya diperlihatkan, kalau Takasugi bergabung dengan bajak laut luar angkasa, Amanto. 

Sementara Gintoki dan yang lainnya pergi melarikan diri dari kapal. Sebelumnya Gintoki dan Katsura mengatakan jika mereka bertemu kembali dengan Takasugi, maka saat itu Takasugi adalah musuh mereka. Gintoki CS tidak akan segan-segan kepada Takasugi meskipun mereka adalah teman masa kecil. 

Padahal saya pikir akan ada kisah pertempuran selanjutnya dengan Takasugi. Jadi, apakah di film selanjutnya akan terjadi pertarungan antara Gintoki Cs dengan Takasugi?

Prolog Awal dan Akhir Cerita yang Unik

cerita unik_

Pada film ini menampilkan dua cerita pendek prolog di awal dan akhir yang lucu dan unik. Pada prolog awal, dengan latar belakang bangunan tempat trio Yorozuya bekerja, mereka memperkenalkan diri mereka kepada para penonton. 

Sementara di akhir cerita, menampilkan tentang anggota Shinsengumi yang protes karena mereka hanya muncul sedikit saja di film ini. Selain anggota Shinsengumi, masih banyak karakter pemain lain yang juga ikut protes dan saling berebut akan tampil menjadi pemain utama di film selanjutnya.

Meskipun banyak penggemar Gintama kurang suka dengan film ini, karena hanya menampilkan cerita yang sama persis dengan seri di animenya khususnya pada arc Benizakura. Meski begitu, menurut saya film ini layak untuk ditonton, terlepas dari banyaknya fans Gintama yang kurang suka dengan film ini.

Secara keseluruhan, film ini memiliki alur cerita yang menarik, dengan tingkah dari para pemainnya yang menghibur ditambah lagi dengan sinematografi yang bagus juga.

Kalau kamu tidak mengikuti manga atau animenya sekalipun, menonton film ini tetap akan membuat kamu terhibur, lho. Pastikan untuk menonton sampai akhir cerita ya, supaya bisa melihat adegan lucu dari para pemeran anime Gintama.

Gintama The Movie: Shinyaku Benizakura-hen
Rating: 
3.5/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram