bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Gangnam Blues, Lee Min Ho Jadi Gangster?

Menjalani hidup yang sulit, dua sahabat Jong Dae dan Yong Ki direkrut untuk menyerang sebuah konvensi guna menggagalkan pencalonan presiden. Sejak itu mereka terpisah; Jong Dae hidup bersama seorang mantan gangster untuk mencari Yong Ki, sedangkan Yong Ki menjalani hidup sebagai anggota geng yang cukup dipercaya. 

Setelah tiga tahun terpisah, keduanya bertemu kembali dalam keadaan payah. Jong Dae harus melawan beberapa orang yang menyiksa Yong Ki dan mulai terlibat serta masuk kehidupan para geng. Terutama setelah orang yang menolongnya mengalami kesulitan keuangan.

Jong Dae butuh uang untuk membantunya. Namun, akhir hidup pria ini tak seindah bayangannya. Seperti apa kelanjutan perjalanan Jong Dae? Simak ulasan film Gangnam Blues (2015) berikut ini!

Baca juga: Film Tentang Gangster yang Paling Seru dan Menegangkan

Sinopsis

Review Gangnam Blues_sinopsis_
  • Tahun Rilis: Januari 2015
  • Genre: Action
  • Produksi: m.o. vera Pictures 
  • Sutradara: Yoo Ha 
  • Pemeran: Lee Min Ho, Kim Rae Won, Jung Jin Young, Kim JI Soo

Tahun 1970 dimana kasus korupsi politik terjadi, Gangnam mulai berubah jadi daerah yang maju. Dua orang pemuda yang merupakan teman masa kecil, Kim Jong Dae (Lee Min Ho) dan Baek Yong Ki (Kim Rae Woon) hidup dalam kesulitan. Mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beban yang sudah berat itu diperparah karena gubuk tempat mereka tinggal dihancurkan, digusur.

Di tempat lain, Park Seong Gu (Choi Jin Ho) bersama anggota parlemen Seo Tae Gon (Yoo Seung Mok) dan beberapa lainnya berencana untuk menggagalkan pemilihan presiden. Nam Soon Chun (Jung Chan Woo) sebagai pelaksana diingatkan oleh Kang Gil Su (Jung Jin Young) bahwa jika politisi sudah terlibat, maka itu bukan pertarungan untuk mereka lagi.

Akan tetapi, Nam Soon menolak karena dia membutuhkan izin usaha dari Seo Tae Gon. Kang Gil Su yang secara kebetulan bertemu Jong Dae dan Yong Ki membawa keduanya ke Seoul bersama beberapa pemuda lainnya.

Gil Su memerintahkan mereka untuk merusuh di konvensi dan mengacaukan pemilihan presiden. Atas kejadian itu, Kim Jung Gyu (Eom Hyo Seop) memecat Seo Tae Gon dan mempertahankan Park Seong Gu. Akibat itu pula Jong Dae terpisah dari Yong Ki. 

Tak punya tujuan dan ingin mencari seseorang yang sudah dia anggap sebagai kakak, Jong Dae menawarkan diri bergabung bersama geng pimpinan Gil Su. Gil Su pun menerima dan memperlakukan Jong Dae dengan baik.

Malam itu saat akan tidur, Jong Dae menyelamatkan Gil Su yang diserang tiba-tiba oleh orang dari pihak lawan. Gil Su banyak ditinggalkan anggotanya karena Nam meninggal dan dia diisukan pensiun. 

Tiga tahun kemudian Yong Ki terlihat bekerja untuk Yang Gi Taek (Jung Ho Bin) yang terlihat bekerjasama dengan Park Seong Gu. Dia diminta mengelola Daewang Hotel dan membuat rekannya iri.

Kepemilikan Daewang Hotel ternyata jadi sengketa antara Park Seong Gu dengan Seo Tae Gon. Di sisi lain Jong Dae mengalami masalah dalam pekerjaannya sebagai pengelola tempat hiburan. Jong Dae juga merupakan bagian dari Geng Gimhae Kim.

Gil Su sendiri kini menjadi pemilik binatu. Jong Dae masih tinggal bersamanya dan tak pernah lupa membalas budi. Gil Su juga sedang mengalami kesulitan keuangan; dia tidak bisa mencicil pinjaman, sehingga harus pergi dari tempat usahanya dalam waktu satu minggu.

Dengan berbagai pertimbangan Jong Dae memutuskan meminjam uang pada Min Sung Hee (Kim Ji Soo). Min Sung mengajukan syarat; Jong Dae harus menemui para petani di Gangnam dan menipu mereka untuk mendapatkan tanahnya.

Di sisi lain Kim Jung Gyu berencana menguasai Gangnam dan memindahkan ibukota ke sana dengan memerintahkan Park Seung Gu diam-diam, terutama dari presiden. Min Sung tampak sukses meraup keuntungan dari menipu para pemilik lahan di Gangnam.

Nantinya, tanah-tanah tersebut akan dia jual dengan harga yang lebih tinggi. Setelah puas dengan pekerjaan Jong Dae, wanita itu kembali mempekerjakannya untuk melakukan pekerjaan di Apgujeong.

Malam harinya Jong Dae cemburu melihat Sun Hye (Seol Hyun) bermesraan dengan kekasihnya, Jung Min (Seo Woo Jin). Gadis itu tampak menyembunyikan keadaan Gil Su yang sebenarnya dari sang kekasih. Sun Hye juga akan menunda pernikahan karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. 

Sampai di depan rumah, Jong Dae marah karena usaha Gil Su habis dibakar oleh orang yang datang tempo hari. Dia lalu berjanji akan mengembalikan geng yang dulu dipimpin Gil Su serta melunasi hutang-hutangnya.

Jong Dae terlihat mulai melakukan pekerjaannya di Apgujeong yakni mengambil setumpuk sertifikat tanah. Tiba-tiba sekumpulan preman datang. Jong Dae mengenali pemimpinnya, dia adalah orang yang menyerang Gil Su tiga tahun lalu.

Jong Dae terkejut karena gerombolan anak buah Gi Taek terlihat memukuli orang yang selama ini dia cari, Yong Ki. Tanpa pikir panjang dia pun berusaha menyelamatkan Yong Ki.

Jong Dae lalu membawa dan mengobati Yong Ki di tempat Gil Su. Gil Su memperingatkan Yong Ki untuk tidak menyebut-nyebut Jong Dae sekembalinya ke Myeongdong. Dua sahabat lama itu pun senang bisa bertemu lagi. Yong Ki menawari Jong Dae bergabung bersama gengnya di bawah pimpinan Yang Gi Taek. Lantas apakah Jong Dae bersedia? 

Tumbal Keserakahan dan Persaingan Politik

Review Gangnam Blues_Tumbal Keserakahan dan Persaingan Politik_

Film-film bertema gangster di industri perfilman Korea memang bukan hal baru. Rasanya ia jadi tema yang tidak pernah membuat para sineas bosan untuk menggarapnya. Gangnam Blues (2015) yang dibintangi Lee Min Ho dan Kim Rae Won bercerita tentang perjuangan dua orang pemuda yang kesulitan ekonomi, lalu terpisah dan masing-masing mengadu nasib sebagai bagian dari geng.

Dengan durasi 2 jam 21 menit, kamu akan mendapat alur cerita yang lengkap. Tidak ada alur mundur atau flashback dalam film ini. Dimulai dari kesulitan yang diderita dua sahabat lama Jong Dae dan Yong Ki saat jadi pemulung, direkrut menjadi anggota geng, lalu terlibat semakin jauh dan akhirnya hanya menjadi tumbal keserakahan dan persaingan politik pihak-pihak berkuasa.

Pengkhianatan Sahabat Lama

Review Gangnam Blues_Pengkhianatan Sahabat Lama_

Sama seperti film-film gangster kebanyakan, Gangnam Blues (2015) juga menyelipkan emosi di antara plot-nya. Ia tidak sekadar berisi adegan-adegan pembunuhan tanpa belas kasihan. Sisi emosi yang coba ditampilkan film ini terasa sekali melalui karakter Jong Dae yang dibawakan dengan meyakinkan oleh Lee Min Ho. 

Sebagai seseorang yang tak pernah mendapat perlakuan baik dari orang lain, Jong Dae merasa berhutang budi saat salah satu kepala geng, Kang Gil Su, menolong dan menyelamatkan hidupnya. Walau terlibat bisnis-bisnis kotor, di kepalanya hanya ingin membuat orang yang menolongnya itu keluar dari kesulitan keuangan.

Puncak emosi dari Gangnam Blues (2015) terjadi ketika Yong Ki berkhianat padanya karena sudah membunuh Gil Su. Sisi manusia seorang anggota gangster turut disajikan melalui scene ini. Jong Dae digambarkan penuh kebimbangan saat harus membalas dendam pada Yong Ki. Dia yang sangat kehilangan Gil Su pada akhirnya melepaskan diri dari dendam terhadap sahabat sendiri.  

Adegan Pertarungan yang Brutal

Review Gangnam Blues_Adegan Pertarungan yang Brutal_

Kalau penasaran ingin menonton Gangnam Blues (2015), siapkan diri untuk dua hal. Pertama, hubungan antara karakter yang bertumpuk dan berbelit, sehingga di beberapa bagian terasa membingungkan.

Kedua, adegan perkelahian yang brutal. Pertarungan antara geng dalam film ini tidak dilakukan dengan tangan kosong, melainkan membawa senjata mulai dari balok kayu hingga kapak.

Darah dan luka sudah pasti jadi salah satu yang disuguhkan pada setiap scene penyerangan. Koreografi yang dilakukan Lee Min Ho dan Kim Rae Won ditangkap dari sudut pandang kamera yang pas. Sinematografi pada film ini pun dapat membungkus cerita yang dramatis dengan cukup apik. Tidak ada yang terlalu menonjol atau terasa mengganggu.

Pada akhirnya Gangnam Blues (2015) memenuhi standar kengerian film gangster Korea Selatan yang banyak darah, intrik, pengkhianatan dan keserakahan. Film garapan Yoo Ha ini juga tak lupa melengkapinya dengan emosi dan dramatisasi.

Kalau kamu punya waktu cukup luang sekitar tiga jam dan ingin melihat Lee Min Ho jadi orang susah atau Lee Min Ho berakting berkelahi, agendakan segera untuk menontonnya. Simak juga rekomendasi film gangster Korea lainnya yang tak kalah seru dan menegangkan dari Bacaterus.

Gangnam Blues
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram