bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Drama Forecasting Love and Weather (2022)

Park Min Young dan Song Kang kembali dengan drama terbaru mereka berjudul Forecasting and Love Weather (2022).

Bercerita tentang kesibukan para pekerja di kantor BMKG Korea, drama ini memperlihatkan betapa sebuah prakiraan cuaca harus dianalisis secara saksama sebelum disiarkan pada masyarakat luas.

Selain cerita yang cukup segar itu, drama ini juga memuat hubungan romansa yang terjadi antara Ha Kyung, wanita mandiri berusia 34 tahun yang menjabat sebagai kepala tim.

Dan Si Woo, pemuda berusia 27 tahun, prakirawan dengan insting tajam yang berjiwa muda dan bebas. Penasaran dengan kelanjutan cerita drama ini?

Baca juga: 20 Drama Korea Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2022

Sinopsis

Jin Ha Kyung yang kini menjadi kepala Tim Dua di BMKG Pusat, harus bekerja dengan perasaan berat karena sekantor dengan mantan tunangan yang menyelingkuhinya.

Beruntung dia tidak sendiri karena Si Woo, pegawai dari BMKG Wilayah yang dipindahkan ke Pusat mengalami nasib yang sama.

Hubungan dua rekan kerja yang berbeda usia dan jabatan itu semakin membingungkan karena mereka terlibat cinta satu malam. Bagaimana kelanjutannya kisah mereka?

Episode 1-2

Episode 1-2

Jin Ha Kyung sedang sibuk menyiapkan pernikahannya dengan Han Ki Jun, kekasih yang sudah dipacari selama sepuluh tahun.

Pikirannya menjadi tidak fokus pada pekerjaan sehingga melewatkan peringatan hujan es yang akan terjadi. Akibat kekisruhan yang terjadi di tim BMKG pusat, Kepala Choi, terkena serangan jantung.

Choi lalu mengundurkan diri dan Ha Kyung dipromosikan menggantikannya. Karir Ha Kyung yang mulai naik tidak sejalan dengan hubungan asmaranya. Satu bulan sebelum pernikahan Han Ki Jun kepergok berselingkuh dengan seorang reporter bernama Chae Yoo Jin.

Yoo Jin sendiri adalah kekasih Lee Si Woo, prakirawan yang bekerja untuk BMKG Wilayah. Si Woo memiliki insting yang kuat untuk memprediksi cuaca.

Dia orang pertama yang mengabarkan prediksi tentang hujan es. Sayangnya, prediksi Si Woo kerap dianggap sepele, termasuk prediksinya mengenai hujan lebat yang akan mengguyur beberapa wilayah.

Shin Seok Ho, yang mengakui keakuratan insting Si Woo, berinisiatif menyiarkan kabar tersebut pada masyarakat tanpa persetujuan pimpinan.

Ha Kyung kesal dan menemui Si Woo untuk menegurnya karena berita tentang cuaca buruk memakan anggaran cukup besar sehingga tidak bisa main-main. Tak lama, hujan deras pun turun.

Dua bulan berlalu Ki Jun kini sudah menikah dengan Yoo Jin. Hubungan Ha Kyung dan Ki Jun yang kandas menjadi bahan pembicaraan satu kantor karena mereka bekerja di tempat yang sama.

Ha Kyung yang baru mendapat promosi jabatan mau tidak mau harus berurusan dengan lelaki yang bekerja di bagian Tim Penyiar Berita itu. 

Mengetahui kecanggungan tersebut, sang pimpinan, Go Bong Chan menawari Ha Kyung pelatihan selama satu tahun di Swiss. Di saat bersamaan Si Woo dan atasannya, Um Dong Han, dipindahkan ke BMKG Pusat selama dua minggu.

Sementara itu konflik Ha Kyung dan Ki Jun semakin panas sampai-sampai pertengkaran mereka disaksikan banyak orang di tempat kerja.

Ha Kyung pun memutuskan untuk menolak pergi ke Swiss karena tak ingin membiarkan Ki Jun merasa menang. Di sisi lain Si Woo ternyata mengetahui kalau dia dan Ha Kyung adalah korban pengkhianatan Ki Jun dan Yoo Jin. Merasa senasib, Si Woo berusaha mendekati Ha Kyung.

Malam itu keduanya tidur bersama setelah minum-minum sampai mabuk. Ha Kyung yang tidak ingin menjalin hubungan dengan teman sekantor lagi meminta Si Woo melupakan kejadian itu.

Keinginan Ha Kyung tampaknya akan sulit karena Si Woo resmi dipindahkan secara permanen ke BMKG Pusat. Dia akan menjadi bawahan Ha Kyung.

Episode 3-4

Episode 3-4

Hari itu Ha Kyung terlambat datang ke kantor. Di kantor kembali terjadi perbedaan prediksi cuaca antara Si Woo dan Um Dong Han. Ki Jun dari tim humas terkena imbas karena terus menerima telepon dari nelayan. Para nelayan mengeluhkan peringatan badai besar yang tak kunjung dicabut BMKG.

Ki Jun tambah pusing ketika pulang keadaan rumah sangat berantakan. Untuk pertama kalinya Ki Jun dan Yu Jin terlibat pertengkaran. Apalagi Yu Jin mengetahui kalau Ki Jun belum mendapatkan apartemennya.

Ha Kyung masih terus menjual barang-barang yang baru dikembalikan Ki Jun. Salah satu pembelinya ternyata Si Woo. Si Woo mampir ke apartemen Ha Kyung tapi malah membantu wanita itu menjual barang-barang miliknya. Sebagai bayaran Si Woo minta ditraktir makan.

Saat asyik makan berdua, tiga rekan kerja mereka datang. Ha Kyung yang tak ingin ketahuan buru-buru pergi. Si Woo heran dengan sikap wanita itu padahal mereka tak ada hubungan apa-apa.

Dia langsung menebak dan merasa Ha Kyung menyukainya. Ha Kyung gugup tak bisa menyembunyikan perasaannya. Si Woo ambil langkah cepat dengan mengajak Ha Kyung berpacaran.

Ha Kyung menolak walau merasa tertarik dengan Si Woo. Dia ingin tetap menjalani hubungan profesional. Namun, keputusannya segera berubah karena Ha Kyung goyah oleh Si Woo.

Mereka sepakat berpacaran tetapi tak boleh diketahui oleh siapa pun, terutama rekan-rekan mereka di kantor. Untuk menutupi statusnya dengan Si Woo, Ha Kyung bertingkah layaknya atasan yang galak.

Sementara itu Ki Jun ditegur atasan karena artikel internal yang dia tulis berantakan. Ki Jun lalu teringat saat-saat mendapat bantuan dari Ha Kyung. Bebannya bertambah berat ketika Yu Jin merengek meminta dicarikan narasumber untuk berita tentang kabut yang menyebabkan kecelakaan beruntun tadi pagi.

Ki Jun juga kaget sekaligus merasa dibohongi karena dia menemukan foto Yu Jin bersama Si Woo. Yu Jin meminta Ha Kyung menjadi narasumbernya. Menurut Ha Kyung topografi Korea menyulitkan negara untuk mengumumkan peringatan kabut pada masyarakat.

Pernyataan Ha Kyung dipelintir oleh Yu Jin sehingga BMKG terkesan tidak kompeten. Berita itu membuat Ki Jun kena getahnya. Ha Kyung sendiri langsung menemui Yu Jin untuk menjelaskan dan menyampaikan keberatannya.

Ha Kyung diminta membuat artikel bantahan yang menjelaskan kesalahpahaman berita itu. Dia lantas meminta bantuan Si Woo sampai-sampai pemuda itu datang ke apartemen menemuinya.

Semalaman mereka mengerjakan draft yang dibutuhkan. Di sela-sela itu Ha Kyung mengingatkan Si Woo untuk tetap menjaga rahasia hubungan mereka. Jika sampai terbongkar, mereka akan putus saat itu juga. 

Episode 5-6

Episode 5-6

Si Woo mendapat telepon dari seseorang yang membuatnya kesal. Ha Kyung memergokinya lalu terlihat menaruh curiga. Sampai kantor, Tim Dua dihebohkan dengan hujan lebat lokal yang terjadi malam tadi.

Ki Jun sebagai perwakilan Tim Juru Bicara protes karena tim utama tak bisa memberi peringatan yang jelas sebelumnya.

Suasana hati yang buruk terasa memengaruhi kinerja Ha Kyung. Dia sampai memerintahkan stafnya menganalisis data mengenai hujan lebat lokal yang terjadi selama 10 tahun ke belakang.

Si Woo membantah perintahnya, begitu pun dengan Kim Soo Jin. Menurut Si Woo dan Soo Jin lebih masuk akal jika mereka menganalisis data aktual.

Saking sibuk menganalisis data, Soo Jin sampai tidak memerhatikan perubahan cuaca. Begitu pun dengan Um Dong Han.

Dong Han sendiri terlihat kusut karena memutuskan pergi dari rumah setelah terus dipojokkan sang istri dan anak perempuannya. Akibatnya hujan deras turun secepat kilat tanpa bisa diprediksi.

BMKG menerima banyak keluhan dari masyarakat. Ha Kyung kesal karena stafnya tidak kompeten. Suasana di tempat kerja benar-benar panas.

Malam hari Ha Kyung bertemu Dong Han di lokasi hilangnya pekerja drainase akibat hujan dadakan. Keduanya ngobrol sambil minum sampai Dong Ha mabuk. Ha Kyung lalu membawanya ke motel.

Di tempat berbeda Si Woo diminta membawa sejumlah uang ke sebuah motel. Tanpa diduga Si Woo bertemu Ha Kyung dan Dong Han. Ha Kyung meminta Si Woo memikirkan kembali hubungan mereka.

Si Woo lalu coba meluruskan kesalahpahaman dengan mengatakan pada Ha Kyung kalau malam itu dia menemui ayahnya, Lee Myung Han.

Lee Myung Han yang butuh uang untuk berjudi nekat menemui Ha Kyung. Di saat bersamaan ibu Ha Kyung masuk rumah sakit. Sang kakak, Tae Kyung, coba menghubunginya beberapa kali.

Setelah mengira kalau itu hanya sandiwara, Ha Kyung bergegas pergi ke rumah sakit, terutama karena bujukan Si Woo dan Dong Han.

Si Woo kembali menemui ayahnya dan memberikan sejumlah uang. Saat itulah dia tahu kalau Lee Myung Han sempat menemui Ha Kyung. Sementara itu Ki Jun terlihat kesulitan menyelesaikan kolom cerita bertema yang ditugaskan untuknya.

Tanpa malu dia menghubungi Ha Kyung untuk meminta tolong. Pekerjaannya pun beres dan mendapat pujian. Namun, Yoo Jin membuat mood Ki Jun memburuk setelah menunda melaporkan pernikahan mereka. Padahal Ki Jun butuh itu untuk kredit rumah.

Di sisi Si Woo merasa bersalah pada Ha Kyung soal ulah ayahnya. Di luar dugaan, Ha Kyung mengajak Si Woo tinggal bersama. 

Episode 7-8

Episode 7-8

Si Woo menolak ajakan Ha Kyung untuk tinggal bersama. Dia tak ingin Ha Kyung melakukan itu hanya untuk memastikan apakah mereka cocok atau tidak.

Si Woo memilih tidur di mobil dengan kondisi yang tidak nyaman. Sementara itu hubungan Yu Jin dan Ki Jun memanas ketika Yu Jin tidak melaporkan pernikahan mereka.

Yu Jin tak ingin terperangkap selamanya dalam utang kredit rumah yang bisa berlangsung puluhan tahun. Apalagi dia belum percaya sepenuhnya pada Ki Jun.

Ki Jun berusaha membangun kepercayaan, salah satunya dengan bersedia menulis artikel khusus untuk harian tempat istrinya itu bekerja. Namun, Ki Jun lagi-lagi mengandalkan Ha Kyung.

Usaha Ki Jun memperbaiki hubungan kembali menemukan sandungan ketika dia mendengar dari orang lain kalau sebelum menikah, Yu Jin pernah tinggal dengan salah satu staff BMKG.

Ha Kyung sendiri dipusingkan oleh keluhan staff lain karena Um Dong Han dan Si Woo tinggal di ruang piket malam selama berhari-hari. Mereka mendominasi ruangan yang seharusnya bisa dipakai bersama-sama. Ha Kyung lalu menawari mereka tinggal di apartemennya.

Ki Jun mabuk karena suasana hatinya sangat buruk. Alih-alih pulang dia malah mendatangi apartemen Ha Kyung. Kehebohan terjadi karena beberapa pria berkumpul di sana sekaligus. Ha Kyung menyeret Ki Jun keluar, mendengar ocehan lelaki itu yang merasa dibohongi istrinya.

Tak lama Si Woo menyusul dan mengantarkan Ki Jun pulang. Setelahnya Si Woo dan Ha Kyung terlibat salam paham akibat merasa dibohongi soal hubungan yang dimiliki masing-masing di masa lalu.

Esok harinya Ha Kyung terlibat kecelakaan. Kepala tim tersebut terpaksa datang terlambat ke kantor. Dia lalu menghubungi Ki Jun karena asuransi mobilnya diganti tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Di sisi lain Si Woo gelisah dan semakin ‘panas’ ketika melihat Ha Kyung datang ke kantor bersama Ki Jun. Si Woo tak bisa menahan diri dan menyampaikan ketidaksukaannya karena Ha Kyung masih terus terikat dengan masa lalu.

Si Woo juga memberi tahu Yu Jin kalau Ki Jun tahu mereka pernah tinggal bersama. Cuaca yang panas bertambah panas ketika saat konferensi pers, Si Woo datang bersama Yu Jin.

Ki Jun yang sudah sangat emosi tiba-tiba memukulnya di depan banyak wartawan. Malam hari, Ki Jun akhirnya mengetahui kalau Ha Kyung dan Si Woo punya hubungan spesial.

Dia melihat dari jauh keduanya bermesraan di sebuah kedai. Rasa kesal dan terkejutnya ini dibawa sampai ke rumah. Dia memberi tahu Yu Jin yang juga tak kalah kaget

Episode 9-10

Episode 9-10

Akhir pekan Ji Woo dan Ha Kyung berlibur sembari deg-degan menunggu kebenaran ramalan hujan yang mereka rilis ke publik. Ki Jun diam-diam mengikuti mereka padahal ada janji dengan Yu Jin untuk menemui ibunya yang sedang berulang tahun.

Akibatnya Ki Jun benar-benar tidak hadir di pesta ulang tahun ibunya dan membuat Yu Jin canggung karena datang sendiri. Keduanya kembali bertengkar karena Ki Jun lebih fokus mengurusi masalah orang lain.

Ha Kyung dan tim mendapat masalah karena ramalan hujan yang mereka rilis tidak terjadi. Ki Jun sebagai tim humas cukup keras bereaksi karena dia harus menghadapi publik.

Perdebatan terjadi antara dia dan Ji Woo. Mereka diberi waktu mendiskusikan ramalan terbaik yang bisa disampaikan pada masyarakat. Saat itulah Ki Jun mengatakan kalau Ha Kyung tidak pernah main-main dalam berhubungan karena tujuannya selalu pernikahan.

Ki Jun bisa merasakan kalau Ji Woo lelaki yang baik. KI jun jadi bingung mengapa Yu Jin memutuskannya. Menurut Yu Jin, semua karena Ji Woo tidak pernah mengajaknya menikah.

Giliran Ha Kyung yang mengajak Yu Jin bicara. Dari percakapan itu, Ha Kyung tahu kalau Ji Woo tidak berniat menikahi siapa pun.

Ibu Ha Kyung datang ke apartemen putrinya tanpa kabar lebih dulu. Dia kaget dengan dua pria yang tinggal bersama Ha Kyung tapi terpesona pada Seok Ho dan berencana menjodohkannya dengan Ha Kyung.

Ha Kyung dan Si Woo bicara soal keresahan mereka. Keduanya kini saling tahu bahwa pernikahan bukan tujuan Si Woo. Si Woo juga tahu kegelisahan kekasihnya itu.

Di kantor, Ha Kyung tidak mendapat kesan yang baik tentang pernikahan dari Ki Jun. Ha Kyung juga mendapati Bu Oh kelelahan karena mengurus keluarganya sampai-sampai membuat kesalahan yang cukup fatal.

Kesalahan ini diam-diam diketahui oleh seorang reporter lokal kenalan Yu Jin. Ibu Ha Kyung berusaha mendekati Seok Ho dengan mengirim makanan melalui Tae Kyung.

Ha Kyung marah mendengar rencana ibunya. Dia mengatakan tak akan menikah. Tae Kyung sendiri tampak asik dan akrab dengan Seok Ho.

Kesalahan yang dibuat Bu Oh menjadi besar karena reporter lokal kenalan Yu Jin menerbitkan berita yang provokatif. Ki Jun langsung menuduh bahwa Yu Jin yang membocorkannya.

Yu Jin memutuskan keluar dari rumah karena tak tahan terus disalahkan. Sementara itu Ha Kyung memerintahkan Si Woo dinas ke Jeju selama dua bulan karena musim topan akan segera tiba.

Episode 11-12

Episode 11-12

Seung Hyun mendapatkan ponselnya kembali setelah seorang pria yang dia kenali sebagai Sekretaris Shin mengantarkannya. Shin mengaku kalau wanita pemilik ponsel sedang mabuk, jadi dia menggantikannya.

Ternyata wanita itu bernama Min Haeji. Dia memeras Jo Hansol menggunakan video yang dapat menghancurkan reputasinya. Video yang disimpan dalam ponsel Haeji ternyata sudah di-back up di tempat lain.

Min Haeji rupanya juga teman Mi Kang, kakak Eun Kang, yang menghilang setelah meminjam uang. Seung Hyun teringat pada Shin lalu menghubunginya dan menitipkan pesan pada Haeji agar segera menghubungi Mi Kang.

Seung Hyun, Eun Kang dan lainnya pergi berlibur ke daerah Gangneung atas ide Dae Il yang diam-diam merindukan Hanna. Sayangf Hanna tidak bisa ikut bergabung karena harus menyelesaikan masalah dengan ibunya. Kegiatan liburan yang dipandu Dae Il dirasa sangat membosankan oleh Ari dan lainnya. Merasa tersinggung Dae Il meninggalkan mereka dan pisah dari rombongan.

Saat pergi sendiri, tanpa sengaja dia melihat Hanna sedang bertengkar dengan ibunya. Hanna kesal karena Dae Il melihatnya selalu dalam keadaan paling buruk. Dae Il membesarkan hati Hanna dan mengajaknya bergabung dengan anak-anak yang lain.

Pagi hari Seung Hyun dan Eun Kang bangun lebih dulu lalu berjalan santai di sekitar pelabuhan. Secara mengejutkan mereka menemukan mayat Haeji. Seung Hyun dan Eun Kang memberi kesaksian kalau beberapa hari lalu Seung Hyun bertemu Haeji di sebuah klub.

Di sana dia bersama Sekretaris Shin. Kang Nam Gi, detektif yang memimpin penyelidikan menemukan fakta bahwa Shin adalah kepala sekretaris Jo Hansol.

Hansol mendesak Shin segera menemukan video cadangan yang disimpan Haeji. Shin memeriksa ponsel Haeji dan menemukan chat bersama Mi Kang. Dalam pesannya Mi Kang mengancam jika Haeji tak kunjung membayar hutang dia akan menjual laptop yang dititipkan padanya.

Shin menghubungi Mi Kang dan berpura-pura menjadi pemilik laptop tersebut. Mi Kang hampir percaya beruntung Eun Kang cukup peka dan curiga.

Eun Kang bertemu Seung Hyun dan Kim Tak lantas bercerita tentang laptop tersebut. Mereka berusaha keras memasukkan ribuan kombinasi kata sandi sampai akhirnya berhasil. Ketiganya mendapati video yang sama yang digunakan Haeji untuk memeras Hansol. Mereka menyimpulkan kalau Haeji kemungkinan dibunuh oleh seseorang yang sedang dia peras.

Eun Kang tiba-tiba teringat pada pria berjam tangan yang muncul tanpa memperlihatkan wajahnya di video itu. Dia merasa jam tersebut persis dengan jam yang dipakai Jo Hansol dalam salah satu foto di media sosialnya. Eun Kang lalu menghubungi Seung Hyun dan mengatakan kalau seseorang yang diperas Haeji sekaligus menjadi pembunuhnya kemungkinan adalah Jo Hansol.

Episode 13-14

forecasting love and weather episode 13-14_

Ha Kyung ditugaskan ke pusat topan menggantikan Si Woo, tapi tanpa diduga pemuda itu juga hadir di sana. Untuk mendeteksi jalur badai, Ha Kyung memberanikan diri menerbangkan Sonde di atas lautan. Si Woo pun menemaninya.

Setelah Sonde berhasil diterbangkan dan alat ukur mulai bisa mendeteksi arah badai, Ha Kyung menyelesaikan urusannya dengan Si Woo. Wanita itu bersedia putus darinya. Namun, tak lama kabar mereka berpacaran diketahui oleh para anggota tim dan pekerja lain di kantor.

Hubungan Si Woo dan Ha Kyung juga tidak bisa lagi ditutupi dari sang ibu. Keadaan ini berbeda jauh dengan hubungan baru Tae Kyung dan Seok Ho yang masih rahasia. Kabar pacaran antara Ha Kyung dan Si Woo membuat orang-orang kantor bergunjing. Ha Kyung menjadi sasaran empuk mulut-mulut berisik mereka.

Setelah diingatkan Ki Jun untuk menjaga Ha Kyung, Si Woo berpura-pura masih berpacaran dengan atasannya itu. Dia tak ingin gosip mereka putus semakin memojokkan Ha Kyung. Di sisi lain, rumah tangga Ki Jun yang belum stabil semakin rumit ketika Yu Jin mengandung.

Yu Jin yang baru ditugasi pekerjaan baru merasa bimbang dengan kondisinya. Namun, dia juga sedih melihat reaksi Ki Jun yang terkesan tidak bahagia mendengar kabar kehamilannya. Saat Ki Jun mulai bisa menerima kehamilan Yu Jin, wanita itu malah berencana mengugurkannya.

Yu Jin tahu rumah tangga mereka belum siap menyambut kehadiran anggota baru. Di tempat berbeda, Ha Kyung pergi ke rumah sakit setelah mendengar kabar tentang ayah Si Woo. Dokter menjelaskan ada sesuatu yang aneh pada darah lelaki tersebut.

Episode 15-16

forecasting love and weather episode 15-16_

Lee Myung Han divonis kanker paru-paru stadium akhir. Dia harus menjalani biopsi dan perawatan lanjutan. Ha Kyung mengurus semua termasuk menuruti permintaannya untuk merahasiakan ini dari Si Woo. Meski begitu, Ha Kyung akhirnya tetap memberi tahu Si Woo.

Di saat bersamaan, anggota polisi datang untuk membawa Lee Myung Han atas tuduhan pemerasan dan penggelapan asuransi.

Si Woo pasrah dan tak keberatan jika polisi ingin membawanya. Seolah belum cukup beban bagi Ha Kyung, Kepala Tim Dua Divisi Utama BMKG Korea ini harus kena omel seniornya di Tim Satu. Pasalnya Ha Kyung mengubah prakiraan cuaca yang sudah diprediksi oleh mereka.

Masalah ini membuat Pak Um batal makan malam dengan istri dan putrinya. Pak Um yang merasa malu setuju untuk bercerai.

Namun, Hyang Rae sebagai istri Um mengungkapkan kalau selama ini permintaan cerai darinya hanya gertakan. Sesungguhnya dia juga tidak menginginkan hal tersebut. Mereka pun sepakat untuk bersama lagi.

Ki Jun sendiri sudah memutuskan ingin memiliki bayi. Walau sulit dia siap menjadi ayah dan suami terbaik. Rasa cinta Ki Jun pada Yu Jin dan calon bayinya semakin besar ketika dia berkesempatan mendengar suara detak jantung sang buah hati. Dengan perasaan haru, keduanya setuju untuk membesarkannya.

Ketika Yu Jin benar-benar hamil, Ha Kyung justru diterpa isu hamil. Rumor bahwa Ha Kyung dan Si Woo akan menikah pun kencang dibicarakan semua orang. Gerah dengan itu semua, Ha Kyung menegaskan di depan banyak orang kalau dia dan Si Woo sudah putus. Ki Jun coba mengingatkannya agar tidak melepas lelaki sebaik Si Woo.

Ibu Ha Kyung tampaknya juga menaruh simpati pada pemuda itu setelah sebelumnya sempat bertemu dan ngobrol di apartemen Ha Kyung. Kejutan untuk ibu Ha Kyung karena setelah ngobrol dengan Si Woo, wanita paruh baya tersebut memergoki putri sulungnya bermesraan dengan Seok Ho.

Hubungan Tae Kyung dan Seok Ho yang baru diketahui sang ibu sempat putus, tapi kemudian bersatu kembali. Skenario yang sama juga terjadi pada Ha Kyung dan Si Woo. Setelah melalui pikiran yang matang, mereka sepakat rujuk.

Latar Belakang Profesi yang Menarik

Latar Belakang Profesi yang Menarik

Drama Korea sudah banyak menampilkan karakter dengan latar belakang profesi tertentu. Beberapa profesi yang cukup familiar antara lain dokter, hakim, jaksa, polisi dan detektif.

Paling baru ada profesi profiler dalam drama Through the Darkness (2022) dan illustrator dalam Our Beloved Summer (2021). Kali ini satu lagi profesi baru ditawarkan Forecasting Love and Weather (2022).

Sesuai judulnya, Forecasting Love and Weather (2022) berlatar belakang kehidupan para prakirawan di Korea Meteorological Administration atau BMKG-nya Korea.

Pada dua episode drama ini profesi tersebut berikut tugas-tugas yang harus mereka lakukan serta resikonya diceritakan cukup rinci.

Kamu akan melihat bagaimana sebuah pengetahuan, pengalaman dan insting diperlukan untuk memprediksi cuaca dan bagaimana prediksi cuaca sangat berpengaruh pada mobilitas kehidupan masyarakat umum.

Dibumbui konflik-konflik tipis antara bawahan dan atasan, bagian yang menunjukkan interaksi kehidupan kantor pekerja BMKG ini jadi semakin menarik.

Office dan Noona Romance dengan Bumbu Perselingkuhan

Office dan Noona Romance dengan Bumbu Perselingkuhan

Keterlibatan Song Kang dan Park Min Young sebagai karakter utama dalam drama ini, serta sedikit info mengenai latar belakang mereka masing-masing, membuat plot mudah ditebak sejak awal.

Sesuai perkiraan drama ini menyajikan kisah percintaan rekan sekantor atau office romance dan noona romance antara karakter Ha Kyung dan Si Woo.

Ha Kyung seorang wanita mandiri berusia 34 yang bekerja sebagai Kepala Tim Dua di BMKG Pusat, terlibat hubungan dengan Si Woo, pemuda berusia 27 tahun dari BMKG Wilayah karena sama-sama diselingkuhi oleh pasangan masing-masing.

Merasa lega karena lepas dari pasangan yang tidak seberapa, Ha Kyung dan Si Woo terlibat cinta satu malam setelah keduanya mabuk bersama.

Melakoni peran sebagai lelaki perayu di Nevertheless (2021) dan berani melakukan adegan-adegan yang sensual dengan Han Soo Hee, sedikit banyak tampaknya mengubah image Song Kang dari pemburu monster jadi pemburu wanita.

Dalam drama ini pun image tersebut semakin diperkuat karena baru memasuki episode dua, dia sudah beradegan ranjang dengan PMY; adegan yang lama-lama terasa membosankan, tidak percaya diri dan sudah cukup ketinggalan zaman.

Saat ini sudah mulai banyak drama bagus dan bisa sangat digemari tanpa memaksakan adegan semacam itu. Dari dua episode pertama drama Forecasting and Love Weather (2022), cerita yang memperlihatkan kesibukan para prakirawan cuaca di BMKG Korea sangat menyegarkan.

Sedangkan bagian yang menceritakan hubungan romantis tokoh utamanya, masih belum terasa istimewa dan cenderung biasa saja.

PMY dan Song Kang masih main aman dan cenderung membosankan karena melakoni karakter-karakter similar dengan drama mereka sebelumnya. Sejauh ini chemistry mereka juga masih terasa berjarak.

Namun dari alurnya sendiri, Forecaster and Love Weather (2022) menyenangkan untuk diikuti. Apalagi jika kamu tertarik dengan bidang prakiraan cuaca. Penasaran bagaimana sebuah cuaca bisa diprediksi dan seperti apa ramalan cinta antara Ha Kyung dan Si Woo?

Ha Kyung dan Si Woo Pacaran Diam-Diam

Ha Kyung dan Si Woo Pacaran Diam-diam_

Pergerakan Si Woo mendapatkan kekasih baru pasca diselingkuhi Yu Jin benar-benar cepat! Begitu pula dengan Ha Kyung yang baru dua bulan lalu diselingkuhi Ki Jun, calon suami sekaligus rekan satu kantornya, kini sudah membuka hati untuk lelaki baru, yang juga teman satu kantor.

Forecasting Love and Weather (2022) episode 3 dan 4 memperlihatkan perkembangan hubungan Ha Kyung dan Si Woo yang benar-benar secepat kilat.

Perubahan perasaan Ha Kyung nyaris tidak terasa karena semua serba cepat, begitu pula Si Woo. Pada akhirnya mereka seperti pasangan yang terbawa perasaan dan suasana pasca tidur bersama.

Chemistry mereka sebagai pasangan yang jatuh cinta entah kenapa jadi tidak terasa. Mereka lebih terlihat saling tergoda karena napsu dan sejenisnya.

Mengingat latar belakang Ha Kyung sebagai korban selingkuh dari kekasih yang sudah dipacari selama sepuluh tahun, rasanya terlalu mudah dan cepat baginya untuk jatuh cinta lagi.

Hanya mungkin masalah utama yang ingin disuguhkan drama ini memang bukan pada rasa trauma Ha Kyung, melainkan upaya Ha Kyung dan Si Woo menguatkan hubungan secara diam-diam dari rekan kerja mereka. Kira-kira bisakah Si Woo menyembunyikan statusnya dengan Ha Kyung?

Gangguan Pertama Hubungan Si Woo dan Ha Kyung

Gangguan Pertama Hubungan Si Woo dan Ha Kyung_

Setelah cukup mengejutkan karena pada Forecasting Love and Weather (2022) minggu lalu kita melihat kalau Ha Kyung dan Si Woo ternyata sudah pacaran, di episode minggu ini hubungan keduanya mulai mendapat gangguan.

Gangguan pertama mereka datang dari ayah Si Woo, seorang penjudi yang memeras anaknya sendiri. Hubungan Si Woo dan Ha Kyung yang masih seumur jagung harus direcoki oleh para pengganggu yang bikin emosi.

Belum reda dengan gangguan dari Ki Jun dan Yoo Jin yang entah sampai kapan akan main drama serta insecure terhadap Si Woo dan Ha Kyung, mereka harus menghadapi gangguan lain yang bobotnya lebih berat karena melibatkan emosi Si Woo.

Selain dinamika hubungan Si Woo dan Ha Kyung, episode 5 dan 6 juga tetap menyuguhkan kesibukan para pekerja BMKG Korea dan masalah yang berputar di sekitar prakiraan cuaca.

Kita kembali diperlihatkan betapa pentingnya informasi tentang ketepatan cuaca karena dapat berpengaruh pada keselamatan banyak orang. 

Hubungan Ha Kyung dan Si Woo Direcoki Masa Lalu

Hubungan Ha Kyung dan Si Woo Direcoki Masa Lalu_

Hubungan Si Woo dan Ha Kyung tampaknya masih belum boleh tenang. Di episode lalu, mereka terganggu oleh kemunculan ayah Si Woo yang hobi berjudi dan hanya doyan uang dan kali ini mereka ‘direcoki’ oleh masa lalu, terutama Ki Jun yang bertingkah sangat konyol.

Pria yang menyelingkuhi Ha Kyung itu menguji kesabaran karena sikapnya yang egois dan kekanakan. Dia seperti tidak rela membiarkan Ha Kyung bahagia dengan hidup barunya dan terobsesi seolah-olah Ha Kyung masih belum merelakannya.

Padahal terlihat sekali kalau Ki Jun yang terus mencari cara untuk mengganggu Ha Kyung. Alhasil Fokus cerita di dua episode ini agak teralihkan pada karakter Ki Jun yang semakin hari semakin kusut.

Kekisruhan rumah tangga Ki Jun dan Yu Jin yang sedang panas karena ulah sendiri juga mendapat screentime relatif banyak di dua episode Forecasting Love and Weather (2022) minggu ini daripada kemesraan Si Woo dan Ha Kyung.

Untungnya, menjelang akhir, selipan scene mesra antara Si Woo dan Ha Kyung tidak lupa disertakan. Bagian akhir episode 8 menunjukkan sebuah pemandangan yang berlawanan.

Di sisi lain kita melihat Ha Kyung dan Si Woo bermesraan sedang di sisi lainnya Ki Jun serta Yu Jin tampak kebingungan dan tersakiti oleh masing-masing.

Ji Woo Tak Punya Rencana Menikah

Ji Woo Tak Punya Rencana Menikah

Hubungan Ji Woo dan Ha Kyung di dua episode Forecasting Love and Weather (2022) minggu ini semakin rumit karena terungkap bahwa Si Woo tidak ingin terikat pernikahan. Baginya pernikahan adalah beban, sementara bagi Ha Kyung keinginan untuk menikah ada di setiap dia menjalin hubungan.

Namun, hal mengejutkan ternyata justru datang dari Ha Kyung. Wanita yang diharapkan segera menikah oleh ibunya ini, memutuskan tidak menikah.

Selain mengejutkan, Ha Kyung juga cukup membingungkan di dua episode ini, karena di bagian akhir dia malah mengirim Ji Woo bertugas di Jeju selama kurang lebih dua bulan.

Pasca keputusannya untuk tidak menikah, apakah Ha Kyung mulai enggan dan kehilangan hasrat untuk menjalin hubungan dengan Ji Woo? Apakah dia kali ini akan lebih fokus terhadap pekerjaan mengingat dia sudah ditegur beberapa kali?

Naik Turun Hubungan Ki Jun dan Yu Jin

Naik Turun Hubungan Ki Jun dan Yu Jin_

Kisah Ha Kyung dan Ji Woo bukan satu-satunya yang menarik di drama ini, khususnya episode 9 dan 10. Pasangan lain, yaitu Ki Jun dan Yu Jin lebih bertensi dan emosional karena kerap terlibat pertengkaran.

Pada bagian mereka juga terasa lebih banyak emosi, harapan dan keinginan yang dilibatkan. Puncaknya, Yu Jin memilih meninggalkan rumah karena tidak tahan selalu tidak dipercayai suaminya sendiri.

Pasangan ini sebenarnya agak mengejutkan karena mendapat screentime yang lumayan banyak, bahkan menyaingi pasangan Ha Kyung dan Ji Woo sebagai couple lead.

Emosi mereka sebagai pasangan juga terasa lebih kompleks dan dibangun dengan lebih intens. Singkatnya, walau selalu bikin kesal, sejauh ini pasangan Ki Jun dan Yu Jin lebih emosional dan menarik.

Mulai Memasuki Konflik Lebih Berat

Mulai Memasuki Konflik Lebih Berat

Rookie Cops (2022) sejak awal menyuguhkan cerita yang cukup ringan tentang persahabatan dan kisah romantis mahasiswa baru KNPU. Interaksi mereka menggemaskan, layaknya drama remaja dengan lika-likunya, termasuk persahabatan, cinta dan perselisihan.

Sedikit konflik yang menegangkan disuntikkan sebagai bumbu saja, tapi di dua episode minggu ini, Rookie Cops (2022) tampaknya mulai menyuguhkan permasalahan yang lebih berat.

Kemunculan karakter Jo Hansol di episode minggu lalu seperti mengubah genre drama ini menjadi thriller. Cerita mendadak lebih menegangkan karena karakternya yang menyeramkan dan misterius. Pada dua episode minggu ini, tanpa sadar Eun Kang, Seung Hyun dan Kim Tak mulai masuk dalam masalah pelik yang dapat membahayakan nyawa mereka.

Misteri masa lalu kematian kakak Kim Tak, kemungkinan masih ada hubungan dengan Jo Hansol; mengingat Wi Gi Young juga tidak memiliki hubungan baik dengan Jo Hansol.

Lantas siapa Jo Hansol sebenarnya? Apa yang akan dia perbuat pada Eun Kang, Seung Hyun dan Kim Tak? Apakah cuplikan scene duka cita di akhir episode 11 masih berhubungan dengannya? Kita tunggu empat episode terakhirnya untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu.

Ha Kyung dan Si Woo Putus

ha kyung putus_

Si Woo yang ingin putus dari Ha Kyung di minggu lalu mendapatkan jawabannya di minggu ini. Ha Kyung yang tampak lelah dan bersalah memilih mengikuti keinginan Si Woo. Secara resmi, pasangan BMKG Korea ini putus setelah melalui banyak hal di beberapa episode sebelumnya. 

Hubungan Ha Kyung dan Si Woo memang tidak pernah luput dari masalah. Mulai dari Ki Jun dan ayah Si Woo yang selalu merecoki, sampai rencana masa depan yang tidak sama di antara mereka. Mengikuti kisah keduanya lumayan melelahkan, apalagi Ha Kyung dan Si Woo belum menunjukkan perkembangan karakter yang berarti.

Tae Kyung dan Seok Ho Memulai Hubungan

tae kyung memulai hubungan_

Untungnya kelelahan mengikuti kisah Ha Kyung dan Si Woo terobati di episode ini karena ada cinta yang baru mekar antara Tae Kyung dan Seok Ho. Kakak perempuan Ha Kyung yang pernah gagal berumahtangga itu menemukan kembali belahan jiwanya.

Di sisi lain, Seok Ho yang terkenal kaku dan tidak tertarik hidup bersama orang lain, akhirnya luluh. Melihat backstory keduanya, hubungan mereka jadi semakin menggemaskan.

Bagaimanapun cinta memang harusnya menyatukan perbedaan dan menghilangkan ketakutan. Akankah Si Woo dan Ha Kyung bisa bahagia seperti pasangan baru itu? Oleh karena itu, dua episode akhir yang akan datang tak boleh dilewatkan!

Tidak Istimewa tapi Semua Selesai dengan Baik

semua selesai dengan baik_

Seperti badai yang mereda, konflik-konflik dalam drama Forecasting Love and Weather (2022) juga selesai di episode akhir. Semua mendapatkan kebahagiaan dan tempat terbaik untuk masing-masing. Ada banyak berita bahagia diceritakan di episode 15 dan 16 ini. Salah satunya tentu saja Ha Kyung dan Si Woo yang kembali menjalin hubungan.

Di episode akhir ini, kamu akan melihat Pak Um dan istrinya yang batal bercerai. Ada juga Seok Ho yang akhirnya menemukan belajah jiwa setelah membujang cukup lama. Selain mereka, kemesraan Ki Jun dan Yu Jin yang bersiap menjadi sepasang orangtua juga tak kalah membahagiakan.

Karakter Ki Jun bahkan boleh dikatakan menjadi penyelamat dua episode terakhir drama ini. Perkembangan karakternya paling terlihat di antara yang lain.

Tidak ada lagi Ki Jun yang pengecut karena dia sudah berubah jadi lelaki yang berani dan bertanggungjawab. Scene ketika dia menyimpan suara detak jantung anaknya adalah yang paling heartwarming. 

Forecasting Love and Weather (2022) tidak ubahnya seperti drama-drama romansa perkantoran lainnya. Latar belakangnya sangat potensial dan berbeda tetapi dalam hal penulisan tidak terlalu memuaskan. Ia cukup terbantu dengan kutipan-kutipan tentang cuaca yang dikaitkan dengan perasaan.

Konflik-konfliknya sendiri kadang terasa tidak perlu tapi dibesar-besarkan. Belum lagi chemistry antara Song Kang dan Park Min Young yang on-off di sepanjang ceritanya. Meski begitu, ending-nya disusun dengan cukup rapi. Tidak ada yang terasa diburu-buru atau dipaksakan.

Forecaster and Love Weather
Rating: 
3.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram