bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Zathura, Permainan Misterius yang Ajaib

Waktu kalian masih ada di umur 5 sampai 10 tahun, permainan apa sih yang bisanya kalian mainkan bersama dengan adik, kakak atau teman-teman? Gundu? Lompat tali? Atau Petak Umpet? Bila menurut kalian permainan itu sudah biasa, maka ikuti petualangan kedua adik kakak dalam film Zathura ini. Mereka berhasil memainkan permainan super ajaib.

Mereka terlempar ke angkasa dan harus memainkan permainan tersebut hingga selesai. Apabila tidak selesai maka mereka tidak bisa kembali ke bumi. Nah kan, repot urusannya! Apakah sepasang adik kakak tersebut bisa menyelesaikan Zathura hingga babak akhir dan apa yang akan terjadi pada mereka selanjutnya? Ikuti sinopsis dan ulasannya berikut ini ya

Sinopsis

Zathura_Poster (Copy)

Lisa (Kristen Stewart), Walter (Josh Hutcherson) dan Danny (Jonah Bobo) merupakan kakak beradik yang tinggal bersama dengan Ayah mereka. Sedangkan Ibu mereka ada di tempat lain dan akan menjemput anak-anaknya untuk liburan. Sembari menunggu, Lisa yang ditugaskan Ayahnya untuk menjaga adik-adiknya malah tidur meninggalkan Walter dan Danny sendirian.

Baca Juga: 10 Film Terbaik yang Dibintangi Josh Hutcherson

Walter memilih menonton pertandingan di TV sedangkan Danny bosan total karena tidak ada yang bisa diajak main, sehingga ia mengelilingi isi rumah sampai ke rubanah. Sesampainya di rubanah ia menemukan sebuah kota besi permainan usang bernama Zathura yang entah dari mana asalnya. Merasa itu adalah permainan seru, Danny meminta kakaknya untuk bermain bersama.

Awalnya Walter enggan tidak mau bermain dengan adiknya tersebut namun setelah dibujuk ditambah merengek minta ditemani, akhirnya Walter ikut bermain permainan tersebut.

Cara bermainnya cukup mudah. Mereka hanya harus memutar knop sampai pion masing-masing berjalan. Begitu pion berhenti, akan ada kartu yang keluar dan itu yang akan terjadi pada mereka berdua. Apabila mereka berhenti di spot emas, maka kartu yang keluar adalah kartu permohonan.

Permainan pun dimulai. Awalnya semua baik-baik saja, sampe beberapa kali mereka berdua memutar knop, hal aneh pun terjadi. Hujan meteor menghantam kediaman mereka.

Awalnya mereka pikir itu fenomena alam namun begitu semakin banyak mereka sadar kalau itu benar-benar terjadi. Saat akan keluar rumah untuk menyelamatkan diri, mereka kaget bukan kepalang karena rumah mereka sudah berada di angkasa.

Akibat getaran dimana-mana, Lisa terbangun dan melihat ke arah jendela dan melihat langit sudah gelap. Akhirnya ia bergegas untuk mandi namun akibat permainan Zathura, kartu yang keluar malah membuat Lisa mengalami cryonic untuk beberapa saat sebelum akhirnya Walter dan Danny kembali memutar knop dan terus bermain.

Hasil permainan mereka berdua mengakibatkan kekacauan dimana-mana. Mulai dari mengalami shock karena kediaman mereka mendekati bintang yang super terang, munculnya robot rusak yang entah fungsinya untuk apa sampai mendatangkan bangsa Zorgon yang berbentuk kadal raksasa mengerikan.

Danny juga membuat seorang astronot asing datang dari antah berantah ke kediaman mereka yang kini terombang-ambing di luar angkasa. Astronot (Dax Shepard) itu mulai bertingkah seperti bos di kediaman Walter dan Danny, memakan persediaan makanan dan hal lainnya yang membuat Walter kesal.

Walter akhirnya menunjukan sebuah kartu yang ia dapatkan dari Zathura berharap itu adalah kartu untuk ‘mengaktifkan’ mode tunduk pada Walter. Namun Astronot itu hanya tunduk pada Danny karena Danny lah yang memanggilnya.

Walter membujuk untuk menyingkirkan Astronot itu dari kediaman mereka namun Danny malah mengizinkan Astronot tersebut untuk bisa tetap tinggal dan mereka. Mendengar hal itu Walter marah besar karena merasa tidak dianggap sebagai kakak dan malah memilih orang lain. Hubungan Walter dan Danny pun jadi semakin kusut.

Begitu mereka kembali untuk bermain, Walter ngamuk karena pesawat Danny kini jadi lebih maju dari awal, menemukan tindakan curang dari adiknya, Walter lantas memaksa pesawat milik Danny kembali ke posisi semula. Tindakan Walter ternyata dianggap curang oleh Zathura sehingga ia terlempar ke angkasa, beruntung sang Astronot berhasil membawa Walter kembali supaya mereka bisa segera menyelesaikan permainan ajaib tersebut.

Saat bagian Walter, ia mendapatkan kartu shooting star yang berarti ia bisa mengabulkan apapun permintaan sang pemain yang mendapatkan kartu tersebut.

Sang Astronot lantas memohon pada Walter untuk tidak meminta permintaan yang bisa ia sesali karena marah pada adiknya, Danny. Begitu permohonan tersebut diucapkan, sang Astronot menemukan Danny tidak ada di kamarnya. 

Ia begitu marah pada Walter, namun ternyata Danny ada di bawah kasur karena takut. Walter hanya mengharapkan sebuah bola yang ditandatangani pemain favoritnya. Lantas Danny bertanya ada apa dan Astronot segera menceritakan cerita mengenai kenapa dirinya bisa ada di dalam ruang angkasa dalam waktu yang cukup lama.

Itu karena ia mengharapkan adiknya menghilang 15 tahun lalu karena ia kesal. Kejadian itu membuat permainan tidak bisa dilanjutkan karena pemain harus ada dua orang.

Mendengar hal itu, Walter dan Danny sepakat untuk mengenyampingkan ego mereka masing-masing dan saling bantu. Di saat yang bersamaan, Lisa kembali terbangun dan menyalakan kembali penghangat rumah, padahal saat itu sang Astronot.

Walter dan Danny sudah mematikan semua hal yang bisa memancarkan panas supaya Zorgon pergi. Akibatnya Zorgon kembali dan menyerang. Mau tidak mau, Lisa dan lainnya harus berusaha untuk menyelamatkan diri.

Pertarungan melawan Zorgon akhirnya dimenangkan oleh sang Astronot, Walter, Danny dan Lisa. Begitu keadaan mulai membaik, Walter kembali bermain dan mendapatkan kembali kartu shooting star.

Ia akhirnya meminta supaya Astronot itu bisa kembali lagi ke kehidupannya dulu. Terbukalah semua fakta sebenarnya; sang Astronot itu adalah Walter. Semua kaget bukan main. Setelah itu permainan pun bisa diselesaikan dan mereka kembali ke dunia nyata.

The Zathura

Zathura_Games (Copy)

Saat dimainkan dari awal hingga selesainya, ternyata kita tahu bahwa Zathura itu adalah blackhole yang harus dipecahkan teka tekinya. Cerita ini diadaptasi dari sebuah buku anak-anak bergambar yang ditulis oleh penulis Amerika bernama Chris Van Allsburg di tahun 2002 silam.

Ceritanya hampir serupa dengan apa yang diangkat ke layar lebar, mengenai dua anak laki-laki yang ‘tertarik’ ke dalam petualangan ruang intergalaksi.

Buku Zathura sendiri merupakan spin-off dari buku bergambar anak-anak berjudul Jumanji yang juga diangkat ke dalam layar lebar di tahun 1995 silam. Sedangkan buku Jumanji sendiri rilis di tahun 1981 oleh penulis yang sama. Maka dari itu saat kita menonton film Zathura: A Space Adventure, kita pasti sedikit kilas balik pada film Jumanji yang plotnya hampir-hampir sama.

Misi Penting

Zathura_Mission (Copy)

Misi yang harus dimainkan oleh Walter dan Danny ternyata bukan misi keselamatan mereka saja dari petualangan angkasa yang super duper bikin keduanya panik bukan main mengingat sebelumnya mereka sedang duduk santai menonton TV, di waktu selanjutnya mereka sudah berada di angkasa dan berurusan dengan hal-hal super aneh di atas sana.

Misi sebenarnya adalah untuk menyelamatkan sang Astronot yakni Walter yang berusia 15 tahun lebih tua akibat permohonan konyolnya yang membuat ia terjebak di dalam intergalaksi. Selain itu misi lainnya adalah membuat Walter dan Danny yang tidak bisa aku satu sama lain bisa saling dekat dan mengerti juga saling menjaga mengingat mereka adalah kakak beradik.

Film Keluarga

Zathura_Family Movies (Copy)

Menjadi film keluarga yang bagus untuk ditonton bersama khususnya para adik-adik kecil yang kurang akur dengan kakak atau saudara lainnya. Film ini berhasil masuk untuk dua nominasi atas film dan juga aktor pemerannya dalam ajang penghargaan Saturn Awards dan berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar $65,1 juta dari seluruh penayangannya di seluruh dunia.

Zathura juga banyak memberi pesan pada penontonnya; bukan hanya anak kecil saja melainkan orang dewasa juga mengenai bagaimana kita harus saling support dalam segi apa pun tak terpatuk atas keadaan genting saja.

Bisa saling menyayangi keluarga, menghormati keputusan dan saling menjaga satu dengan yang lain. Secara keseluruhan, Bacaterus memberi skor 3.2/5 untuk film ini.

Zathura: A Space Adventure
Rating: 
3.2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram