bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Twilight Saga: New Moon (2009)

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 21 September 2021

Kembali lagi nih salah satu film seri dari Twilight Saga. Ceritanya masih berputar pada kisah Bella Swan dan Edward Cullen yang semakin hari semakin banyak cobaan yang kudu mereka berdua hadapi sebagai pasangan yang tak lazim, ya. Manusia dan Vampire. Meski demikian, mau sebanyak apapun masalah, baik Bella dan Edward tetap bisa bersama.

Hal tersebut yang akan kita saksikan dalam film Twilight Saga: New Moon ini. Sang sutradara, Chris Weitz, tetap mampu membuat film ini menjadi salah satu film untuk para remaja khususnya para gadis dan membuat baik Robert Pattinson yang memerankan Edward Cullen dan Taylor Lautner yang memerankan Jacob Black menjadi salah satu heartrobs mereka.

Sinopsis

Twilight: New Moon_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Fantasy, Drama, Romance
  • Produksi: Summit Entertainment
  • Sutradara: Chris Weitz
  • Pemeran: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner

Film dimulai dengan mimpi Bella (Kristen Stewart) melihat seorang wanita tua yang sedang berjalan di ilalang. Wanita tua itu melambai pada Bella dan kalau diperhatikan, wanita itu seperti mengikuti gerakan Bella. Tiba-tiba, Edward (Robert Pattinson) ada di samping Bella. Ternyata wanita tersebut adalah Bella yang sudah menua sedangkan Edward sendiri masih belia.

Hari ini adalah hari ulang tahun Bella yang ke 18. Dan pikiran bahwa ia akan semakin menua dan Edward akan tetap muda menghantui terus. Sesampainya di sekolah, Bella langsung diberi kado dan ucapan selamat ulang tahun oleh Alice (Ashley Greene). Ashley pun mengatakan bahwa ia sudah mempersiapkan pesta ulang tahun di rumah keluarga mereka.

Bella senang sekali, ia mempersiapkan diri untuk bertemu dengan seluruh keluarga Cullen. Ketika pesta dimulai, Bella mulai membuka kado; sampai salah satu kertas kado mengiris jari telunjuk Bella hingga berdarah. Jasper (Jackson Rathbone) salah satu vampir baru yang ada di keluarga Cullen langsung tertarik ada darah Bella dan mulai menyerang.

Semua keluarga Cullen lantas mencoba menghadang, bahkan Edward mendorong Bella menjauh. Sialnya, Bella jatuh dan mendarat tetap di meja kaca berhiaskan guci keramik.

Luka yang diderita Bella semakin parah dan darah mulai mengalir deras membuat semua keluarga Cullen mulai ‘haus’ namun mereka berusaha untuk menahan diri. Hingga Carlisle datang membantu untuk menjahit luka Bella.

Berangkat dari masalah tersebut, Edward lantas sadar bahwa Bella akan terus dirundung bahaya bila terus bersamanya. Ini membuat Edward dan Keluarga Cullen pergi dari Forks, Edward pun terpaksa memutuskan hubungannya dengan Bella, membuat Bella terpukul dan seperti mati suri.

Ayah Bella, Charlie (Billy Burke) sangat mengkhawatirkan anak gadisnya tersebut. Ia tidak mau makan, tidak mau bergaul dengan teman-temannya lagi, menjadi penyendiri dan bahkan tidak berkomunikasi dengannya. Khawatir keadaan Bella makin buruk, ia memutuskan untuk mengirim Bella pergi kembali ke tempat Ibunya di Jacksonville, Florida.

Bella lantas berjanji akan berubah dan akan bergaul dengan teman-teman sekolahnya lagi asal tidak dikirim kembali ke Florida. Ia pun akhirnya hangout kembali dengan Jessica (Anna Kendrick), namun meski sudah mencoba bermain dengan Jessica, perasaan Bella tetap sama sampai akhirnya ia mendatangi sekelompok orang yang mengendarai motor gede.

Bayangan Edward tiba-tiba muncul di hadapan Bella untuk menghentikan Bella bertindak sembrono. Bella kaget bukan main, namun kepalang ingin bertemu Edward, Bella dengan sengaja meminta pengendara itu untuk memboncengnya berkeliling dengan super ngebut. Bella berpikir kalau semakin bahaya, semakin Edward bisa muncul lebih lama di hadapannya.

Jacob yang juga sudah lama tak bertemu dengan Bella lantas mendatangi Bella setelah tahu kalau Edward pergi. Penampilan Jacob kini lebih rapi dan kini Jacob adalah anggota dari Quileute. Jacob lantas mengajak Bella melakukan banyak hal yang Bella belum pernah lakukan dan ingin ia coba. Jacob dan Bella bersenang-senang bersama.

Suatu kali, ketika Bella sedang berjalan-jalan di tengah hutan, ia bertemu dengan Laurent; salah satu vampir jahat komplotan Victoria yang pernah menyerang Bella. Ketika Laurent akan membunuh Bella, sekelompok serigala super besar menghadang Laurent dan membuat Bella selamat.

Serigala tersebut adalah Jacob dan pack nya yang lain. Bella pucat pasi, bagaimana bisa ia berpacaran dengan vampire dan berteman dengan werewolf?

Di saat yang super membingungkan itu, Bella benar-benar butuh Edward, maka dari itu ia melakukan olahraga berbahaya yaitu melompat dari tebing, persis yang sering dilakukan Jacob dan teman-temannya yang lain. Ketika Bella melompat, penglihatan Alice memberikan alarm yang salah. Alice mengira Bella berniat bunuh diri.

Alice segera mendatangi Bella dan membuat Bella begitu senang. Tak selang berapa lama mereka bersantai mengobrol, Edward menelepon kediaman Bella bertepatan dengan datangnya Jacob. Jacob lantas mengangkat telepon Edward dan mengiyakan apa yang Edward pikirkan bahwa Bella bunuh diri akibat Alice melihat hal serupa.

Alice panik karena ia tahu bahwa Edward hatinya hancur dan akan menyerahkan diri ke Volturi untuk minta dimusnahkan. Edward menganggap hidupnya tidak berguna lagi kalau Bella sudah tidak ada di dunia.

Informasi yang salah ini langsung membuat Bella ikutan panik. Segera Alice dan Bella langsung berangkat ke Italia untuk mencegah Edward pergi ke Volutri.

Setelah drama perjalanan yang menegangkan, Alice dan Bella sampai di Italia. Bella langsung menangkap Edward yang berniat memperlihatkan dirinya sebenarnya kepada orang banyak yang sedang mengadakan festival pemusnahan vampir yang kerap dilakukan dari zaman dulu; karena Volturi akan memusnahkan anggota vampir apabila identitasnya terkuak.

Edward yang membuat keributan lantas ditarik dan disidang oleh pihak Volturi. Ia dihajar habis-habisan namun Bella berusaha menghentikannya membuat para petinggi Volturi heran kenapa ada manusia yang mau membela vampire.

Alice pun akhirnya memperlihatkan penglihatannya pada salah satu petinggi Volturi, Aro (Michael Sheen) bahwa Bella akan menjadi vampir dan akan hidup bahagia bersama dengan Edward dan keluarga Cullen.

Romeo dan Juliet?

Twilight: New Moon_Romeo&Juliet (Copy)

Masih ingat dengan kisah Romeo dan Juliet kan? Ya benar, film ini agaknya mengusung konsep yang sama. Saya sudah menduga cerita akan menjadi seperti itu saat Edward memutuskan untuk bunuh diri ketika mendengar kekasih hatinya, Bella, sudah lebih dulu ‘meninggal’. Padahal nyatanya, Bella masih sehat wal’afiat. 

Ceritanya sama persis kan? Romeo pun memutuskan untuk bunuh diri ketika tahu Juliet tewas lebih dulu menenggak racun padahal nyatanya Juliet hanya mati suri dan sebenarnya sehat-sehat saja, namun karena salah duga, baik Romeo dan Edward sama-sama kehilangan akal sehatnya.

Dilema

Twilight: New Moon_Dilema (Copy)

Ketika Edward pergi meninggalkan Bella menjadi layaknya mayat hidup karena tidak mau makan, tidak mau bergaul, tidak mau apa-apa selain berdiam diri, perhatian Bella mulai teralihkan dengan kehadiran Jacob yang ganteng tampan juga rupawan. Jacob menyukai Bella dan terselip rasa, Bella pun menyukai Jacob.

Ya sudah bisa dipastikan bukan kalau hal tersebut berujung buntu di ujung jalan? Apalagi ketika Edward kembali ke Forks. Jacob menjadi merasa tersisihkan padahal sebelum Edward datang, Bella nempel terus sama Jacob kayak perangko. Lagi-lagi.. Cerita cinta yang akhirnya mengisi seluruh jalan cerita New Moon ini.

Terlalu Teenager

Twilight: New Moon_Teenager (Copy)

Ya mungkin target pasar dari film ini ya memang anak-anak remaja ya? Pasalnya, film ini lebih menonjolkan lovey-doveynya si Edward dan Bella. Mulai dari Edward sedih Bella selalu tersakit, Bella yang galau berbulan-bulan ditinggal Edward, Bella ketemu pria lain yang tak kalah kece dari Edward, hubungan pertemanannya dengan Jessica cs yang kendo.

Rasanya jadi nonton film untuk remaja semacam High School Musical atau Hannah Montana. Sorry to say, Stephanie Meyer! Padahal film Twilight yang pertama sudah cukup oke loh!

Menceritakan tentang eksistensi keluarga Vampire yang bisa berdampingan dengan manusia. Bukan cerita cinta-cintaan yang bikin mules meski disisipkan adegan aski gelut di beberapa scene dalam film ini.

Terlepas dari banyaknya komentar yang tidak sepenuhnya bagus, film ini masih merajai puncak box office. Bahkan menjadi sejarah baru untuk film midnight pertama yang diputar dan sukses tayang di lebih dari 3,000 teater bioskop!

Dalam penayangan perdananya saja, New Moon berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar $ 26,3 juta! Sedangkan untuk pemutaran di seluruh dunia, New Moon menutup keuntungan di angka $ 711 juta! Wuih!

Bacaterus memberi skor untuk film Twilight Saga: New Moon ini sebesar 4/5 dari segi keseluruhan. Disamping ceritanya yang meski datar, tapi efek visual dalam film ini WOW sekali. Serigala yang terlihat real, panoramik kota kecil Forks dan sudah pasti tempat perkumpulan Vampire, Volturi! Cek sendiri deh filmnya!

Twilight Saga: New Moon
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram