Sinopsis & Review Film Horror Things Heard and Seen (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Horror Things Heard and Seen
3.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Pindah ke kota kecil, pasangan suami istri, George dan Chatherine harus tinggal di salah satu rumah tua yang sangat besar di daerah tersebut. Tidak ada gangguan berarti hingga putri mereka mulai merasakan bahkan melihat sosok makhluk gaib di rumah itu. Di sisi lain, George dan istrinya terlihat tak pernah akur. George bahkan berselingkuh dengan seorang perempuan muda.

Film Things Heard and Seen (2021) merupakan sebuah film horor yang rasa-rasanya dominan dengan drama. Jika penasaran dengan keseluruhan jalan ceritanya, Anda bisa membaca sinopsis serta ulasannya lebih dulu berikut ini.  

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Rilis: 29 April 2021
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: Likely Story
  • Sutradara: Shari Springer Berman, Robert Pulcini
  • Pemeran: Amanda Seyfried, James Norton, Natalia Dyer, Alex Neustaedter

Pada musim dingin tahun 1980 George Claire (James Norton) melihat ada darah menetes ke kaca depan mobil saat dia baru saja memasukkannya ke garasi. Darah tersebut berasal dari rumahnya yang ada di lantai atas. Ketika bergegas masuk rumah, dia melihat putri kecilnya, Franny, berdiri entah sedang apa dan kenapa. Lelaki itu segera membopongnya ke luar sambil berlari.

Musim semi sebelumnya, Franny sedang berbahagia karena merayakan hari ulang tahunnya. Pesta ulang tahun Franny sekaligus dihadiri teman-teman George. Selesai tiup lilin giliran para orangtua yang berpesta. Mereka ramai-ramai memberi ucapan selamat pada Dr. George.

George sekalian mengumumkan bahwa berkat disertasinya, dia mendapat pekerjaan di utara, di Saginaw College, sebuah kampus swasta kecil. Dia akan pindah ke sana bersama Catherine Claire (Amanda Seyfried) yang sebenarnya kurang sreg tapi juga tak punya pilihan lain.

George dan Catherine melihat-lihat calon rumah baru mereka di sana; sebuah rumah dari akhir tahun 1800-an yang besar tapi tentu membutuhkan perbaikan. Keluarga kecil itu akhirnya resmi pindah. Saat sedang berbenah, Catherine tanpa sengaja menemukan kertas partitur di bawah piano yang sudah ada di sana sebelumnya.

Malam harinya, Franny yang sudah tidur tiba-tiba terbangun karena menyadari lampu di kamarnya berkedip-kedip. Kursi goyang di sana juga bergerak sendiri dan membuat gadis cilik itu lari ke kamar kedua orangtuanya karena ketakutan. Esok harinya saat George melihat-lihat kampus baru tempat dia mengajar, Catherine kedatangan satu pemuda dan anak kecil yang masing-masing bernama Eddie (Alex Neustaedter) dan adiknya, Cole (Jack Gore).

Kakak beradik itu menawarkan jasa barangkali Catherine butuh tenaga untuk berkebun, tukang, memperbaiki pipa atau apa pun dengan harga murah. Perempuan itu mendiskusikan hal tersebut pada George dan berpikir untuk mempekerjakan mereka. Cerita berlanjut saat  Catherine menemukan sebuah buku tua yang sangat tebal di atas laci perkakasnya.

Buku tersebut berisi catatan kematian orang-orang, terutama nama dan tanggal yang semuanya tertulis tahun 1877. Di bagian bawah daftar itu terdapat tulisan Damned atau terkutuk yang ditulis dengan penuh penekanan. Chaterine berusaha menceritakan hal tersebut pada George tapi tak ada respon berarti.

Tidak mendapat tanggapan berarti, Catherine melanjutkan pekerjaannya mencuci piring bekas makan malam. Saat itulah dia melihat sebuah cincin terselip di jendela dengan begitu kuat. Cincin tersebut tidak memiliki batu tapi di bagian depannya tampak terdapat gambar timbul. Esoknya, Catherine pergi ke sebuah Historical Society bernama Chosen.


Catherine sengaja mendatangi asosiasi tersebut untuk mencoba bersosialisasi serta mengetahui lebih banyak mengenai wilayah tersebut. Dia lantas diminta mengisi formulir. Saat melihat alamat rumah yang ditulis perempuan itu, seorang pengurus mengatakan bahwa mereka memiliki foto rumah yang ditinggali Catherine, lengkap dengan sepasang pemilik yang membangun rumah tersebut.

Catherine jelas antusias dan langsung ingin melihatnya. Di sana tertulis bahwa pemilik pertama rumah yang dia tinggali bersama George dan Franny adalah Pendeta Jacob Smit dan istrinya pada tahun 1882. Merasa tak asing, Cathreine membuka buku tebal yang dia temukan beberapa waktu lalu. Di sana terdapat tulisan mengenai pohon keluarga Jacob Smith sekaligus tanggal pasti meninggalnya sosok tersebut.

Di tempat lain, di perpustakaan, George yang sedang bersama Franny teralihkan perhatiannya pada seorang perempuan muda yang membawa lalu membuka sebuah buku. George memulai obrolan dengan mengatakan hal buruk mengenai buku tersebut, terutama penulisnya. Perbincangan berlanjut saat akhirnya diketahui bahwa perempuan muda itu adalah teman Eddie. George terlihat tertarik dengannya.

Di sisi lain, Catherine menemani Franny yang mulai akrab dengan dua pekerja mereka, Eddie dan Cole. Dia juga tampak mulai banyak ngobrol dengan Eddie. Pada malam harinya, Catherine kembali mencium bau seperti asap di kamar.  Dia penasaran dan ingin mencari tahu sendiri setelah George tak bisa diandalkan.

Catherine lalu masuk ke ruang perkakas dan seolah merasakan kehadiran sesuatu yang masih bingung dia tangkap. Tiba-tiba dari dalam kamar, Franny berteriak setelah melihat bayangan wanita di samping lampu tidurnya. Esok paginya saat Eddie sedang memotong kayu bakar, Franny yang bermain di dekatnya terlihat meracau dengan pandangan kosong. Lantas, apa sebenarnya yang terjadi pada mereka? Benarkah rumah tersebut terkutuk?

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram