Sinopsis & Review The Prom, Film Musikal Bertabur Bintang

Ditulis oleh Dhany Wahyudi
The Prom
2.7
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Sekelompok bintang teater yang sangat terobsesi dengan kenarsisannya datang ke kota kecil di Indiana yang konservatif untuk mendukung seorang gadis SMA yang ingin membawa pacarnya ke pesta prom. Meryl Streep, Nicole Kidman, James Corden, dan Kerry Washington menjadi sebagian bintang yang bernyanyi dan menari di film musical karya Ryan Murphy ini.

The Prom adalah original film Netflix yang dirilis pada 11 Desember 2020 yang merupakan adaptasi dari pentas musical Broadway karya Chad Beguelin, Bob Martin, dan Matthew Sklar yang dipentaskan pada tahun 2018 silam.

Mengusung tema kesetaraan hak bagi kaum LGBT, film ini dipenuhi dengan lagu-lagu bagus karya Sklar dan Beguelin. Kemeriahan yang dijanjikan membuat kita penasaran bukan? Simak review kami dari sutradara yang sukses dengan serial musical Glee ini.

Sinopsis

YouTube video

Di Edgewater, sebuah kota kecil di Indiana, pesta prom di sebuah SMA terancam ditiadakan karena adanya keinginan salah satu siswinya untuk membawa pacar sesama jenisnya ke pesta tersebut. Sementara itu, di kota New York, dua aktor teater yang narsis sedang mengalami kekecewaan karena pentas mereka ditutup di hari pertama penayangan karena review yang buruk.

Dee Dee (Meryl Streep) dan Barry (James Corden) dihibur oleh teman lamanya, Angie (Nicole Kidman) dan seorang bartender lulusan Juilliard, Trent (Andrew Rannells). Mereka berencana untuk menaikkan pamor mereka kembali dengan mengadakan sejenis bakti sosial dengan cara mereka, dan Angie menemukan kasus yang sedang trending di Indiana. Mereka pun segera berangkat ke sana.

Para aktor ini menerobos masuk rapat wali murid di sekolah dan membuat kepala sekolah Tom (Keegan-Michael Key), yang merupakan fans berat Dee Dee, terpesona. Kemudian para aktor ini ingin mengumpulkan suara lewat beberapa penampilan yang gagal, sementara itu pesta prom dinyatakan tetap diadakan dan membuat para murid senang, termasuk Emma (Jo Ellen Pellman).

Dibantu Barry, Emma tampil cantik untuk pesta prom yang ternyata hanya dihadiri oleh dirinya sendiri, sementara murid lain berpesta di sebuah klub. Tentu saja Emma kecewa besar, termasuk kepada pacarnya, Alyssa (Ariana DeBose). Keempat aktor ini mencoba mengobati hati Emma dengan caranya masing-masing.

Dee Dee dipaksa oleh rekan-rekannya untuk menghubungi mantan suaminya agar Emma bisa hadir di acara talk show di TV, Barry mendekati nenek Emma dan mendapati cerita hidup Emma dan dirinya adalah sama, Angie selalu berada di sebelah Emma untuk menenangkan hatinya dengan makan es krim dan bernyanyi, sementara Trent menyadarkan teman-teman Emma tentang sikap mereka yang kolot.

Pada akhirnya Emma memutuskan untuk menuntaskan semuanya dengan caranya sendiri, yaitu bernyanyi secara live streaming yang kemudian menjadi viral. Para aktor ini kemudian berencana untuk membuatkan pesta prom spesial untuk Emma dengan dana mereka sendiri yang disambut baik oleh Emma dan kepala sekolah, juga Alyssa yang berbaikan lagi setelah sempat putus dengan Emma.

Malam pesta prom itu kemudian dihadiri oleh kaum LGBT dari berbagai daerah. Barry yang sudah berbaikan dengan ibunya dinobatkan sebagai ratu prom, Angie mendapat peran yang diidam-idamkan selama ini, Trent menjadi guru drama di sekolah, dan Dee Dee mendapat cinta baru pada diri Tom. Ibunya Alyssa kemudian menerima kondisi putrinya dan mendukungnya.

Kembalinya Sang Sutradara ke Genre Musical

Kembalinya Sang Sutradara ke Genre Musical

Kalian pasti kenal dengan serial TV populer berjudul Glee, kan? Sutradara serial musical remaja tersebut adalah Ryan Murphy yang kembali ke genre yang membesarkannya lewat The Prom ini. Maka tidak perlu heran ketika nuansa yang ditawarkan nyaris sama, bahkan lebih meriah dan berwarna. Kostum para karakternya sangat luar biasa dalam memadukan warna cerah ceria.

Faktor utama yang semakin membuat meriah film ini ialah deretan cast yang beberapa diantaranya adalah veteran film musical berkualitas. Meryl Streep kita kenal lewat film musical Mamma Mia! (2008) dan Nicole Kidman di Moulin Rouge! (2001). Sedangkan James Corden memang lebih banyak berakting di film-film tentang musik, seperti One Chance (2013) dan Begin Again (2013).

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram