Bacaterus / Review Film Barat / Sinopsis & Review Film Netflix The Last Paradiso (2021)

Sinopsis & Review Film Netflix The Last Paradiso (2021)

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jatuh cinta kadang memang buta. Tidak peduli pada apa pun, yang diketahuinya hanya bahagia jika berdua seperti yang dirasakan Ciccio dan Bianca. Mereka tidak seharusnya saling jatuh cinta sebab masing-masing terhalang kondisi. Ciccio sudah beristri dan punya satu anak lelaki, sementara Bianca adalah putri kesayangan sang walikota yang terkenal serakah.

Namun, mereka keras kepala hingga akhirnya hal tragis terjadi di antara keduanya. Itu adalah sedikit potongan cerita dalam film The Last Paradiso yang rilis di Netflix 5 Februari 2021 lalu. Film berbahasa Italia ini punya cerita menarik untuk diikuti. Ingin tahu kelanjutannya? Sementara ini Anda bisa baca sinopsis dan review-nya terlebih dulu sebelum mulai nonton. Simak bersama yuk!

Sinopsis

Sinopsis the lost paradiso

  • Tanggal/Tahun Penayangan: 5 Februari 2021
  • Genre: Drama, Romantis
  • Pemain: Riccardo Scamarcio, Gaia Bermani Amaral, Valentina Cervi, Antonio Gerardi
  • Sutradara: Rocco Ricciardulli
  • Produksi: Lebowski, Netflix, Silver Productions

Bianca (Gaia Bermani Amaral) menjalin asmara terlarang dengan Ciccio Paradiso (Riccardo Scamarcio). Seorang pria beristri yang sudah memiliki satu anak lelaki. Istrinya sendiri bernama Lucia (Valentina Cervi). Bianca sudah diingatkan oleh saudara perempuannya, Maria, tapi gadis itu tak mau mendengar. Bianca merupakan putri dari Cumpa Schettino (Antonio Gerardi), seorang walikota dan pemilik kebun zaitun berhektar-hektar yang tak punya hati nurani.

Selain memerkosa pekerja wanitanya, Schettino juga menindas petani. Dia membeli zaitun dengan harga yang rendah melalui orang-orangnya di lapangan, salah satunya Don Luigi. Suatu malam,di sebuah bar, ketika Don Luigi sedang melakukan pekerjaannya, Ciccio memberi semacam perlawanan dengan bersedia membeli mahal zaitun-zaitun milik petani. Perlawanan itu langsung mendapat sambutan dari mereka yang ada di sana.

Di rumah, Ciccio tidak henti membahas ketidakadilan yang terjadi pada pekerja-pekerja di perkebunan zaitun dan hal ini membuat sang ayah muak. Sementara itu Lucia mencecarnya dengan pertanyaan mengenai keberadaan Ciccio tadi malam. Lelaki itu pun meninggalkan rumah sebelum sempat bersarapan dengan kenyang.

Rupanya dia menemui Bianca dengan membawa sekotak alat pemutar musik. Alunan lagu berbahasa Perancis mengalun di tengah-tengah mereka. Sejurus kemudian Ciccio mengajak Bianca untuk pergi dari kota mereka, pergi menuju tempat baru dan bertemu orang baru. Bianca tampak menanggapinya dengan senyuman dan mengatakan ingin pergi ke Perancis.

Di sisi lain, Don Luigi yang kesal dengan sikap Ciccio mengadukannya pada  Schettino dan meminta lelaki itu untuk berbicara padanya. Malam harinya, Schettino mengajak Ciccio bertemu di rumahnya. Di sana, dia bertemu dengan Bianca. Keduanya pura-pura tidak saling kenal di depan Schettino, padahal percuma karena sang walikota sudah mencium hubungan terlarang antara mereka.

Pertemuan itu tidak disia-siakan Ciccio. Dia tegas mengatakan bahwa pihak yang berhak menentukan harga zaitun adalah para petani, bukan orang-orang yang tidak melakukan apa pun tapi mendapat keuntungan hingga tiga kali lipat. Mendengarnya, Schettino hanya tersenyum dan menyudahi pertemuan.

Pada malam berikutnya Ciccio diam-diam memasuki kamar Bianca dan mengajaknya pergi ke lumbung. Di sana mereka pun bercumbu. Keesokan paginya, Schettino memerintahkan putranya untuk mengambilkan jerami. Beruntung Maria segera menyelamatkan Ciccio.

Keesokan harinya, mereka kembali bertemu. Kali ini Ciccio menjanjikan pada Bianca bahwa mereka akan pergi tiga hari lagi. Pertemuan mereka ini rupanya diketahui Schettino secara diam-diam. Pria berperut buncit tersebut langsung murka dan mengatakan Bianca seorang pelacur.

Pagi pun tiba, Ciccio pergi menemui Schettino dan menyerahkan selembar surat. Keduanya berbincang hingga tiba-tiba lelaki tua itu memukul kepala Ciccio bagian belakang berkali-kali hingga Ciccio tewas. Bukan hanya itu, Schettino terlihat memotong kelamin Ciccio. Kematian pria itu menghancurkan hati istrinya, ibunya orang-orang yang mengenalnya dan Bianca.

Di kota, saudara kembar Ciccio bernama Antonio mendapat kabar bahwa adiknya tewas dibunuh. Dia pun memutuskan untuk pulang. Buntut dari pembunuhan Ciccio, polisi bertindak mengamankan para petani. Hari pemakaman pun tiba dan semua larut dalam kesedihan. Terutama Lucia yang dengan sisa-sisa tenaganya, menggotong peti mendiang sang suami.

Meski jelas bahwa pelaku pembunuhan Ciccio adalah Schettino, pihak polisi tidak membantu sama sekali dan mencuci tangan terhadap kasus ini. Sebelum kembali, Antonio mendatangi kediaman Schettino. Mengetahui adiknya diperlakukan dengan biadab dan tidak adil, langkah apa yang akan diambil Antonio? Apakah dia bisa membuktikan bahwa keluarganya, keluarga Paradiso, bukan sampah seperti yang dihinakan Schettino?

Cinta Terlarang Membawa Petaka

Cinta Terlarang Membawa Petaka

Satu tema besar yang bisa Anda lihat melalui film The Last Paradiso adalah cinta terlarang membawa petaka. Hubungan antara Ciccio dan Bianca seharusnya tidak terjadi karena Ciccio sendiri sudah beristri dan Bianca adalah anak kesayangan walikota yang serakah. Berulang kali diingatkan orang-orang terdekat, keduanya tetap nekad.

Sesaat sebelum dibunuh, Cicio berani memutuskan untuk membawa Bianca pergi. Nahas, nasibnya harus berakhir dengan tragis karena perasaannya. Hubungan asmara antara Bianca dan Ciccio dalam film ini tergambar penuh gairah, cinta dan keyakinan. Ciccio seperti baru kali ini jatuh cinta, padahal anaknya sudah mulai tumbuh remaja.

Film dengan konflik utama berupa cinta terlarang yang membawa petaka rasanya bukan kali ini saja. Premis ini sesuatu yang klasik, tapi tidak pernah kehilangan daya tarik. Sayang, penggambaran emosi Bianca ketika kehilangan Ciccio terlalu dangkal, seperti lewat begitu saja dan tak ada yang spesial. Bianca hanya berteriak-teriak di awal tapi tetap tinggal bersama sang ayah dan tidur nyenyak.

Pembalasan Dendam Keluarga Paradiso

Pembalasan Dendam Keluarga Paradiso

Kematian Ciccio yang sekejap mata dan dramatis diam-diam menimbulkan dendam pada keluarga Paradiso. Anda bisa melihat ini pada saudara kembar Ciccio, Antonio, yang datang dari kota. Karakternya terlihat tidak terlalu beremosi, tapi rupanya dia merencanakan sesuatu. Ketika dia akan kembali ke kota dan berpamitan kepada ayahnya, Antonio mendapat pesan untuk jangan lagi kembali ke sini.

Ayahnya mengatakan demikian bukan karena benci, melainkan untuk melindunginya. Namun, pikiran Antonio membawanya kembali ke desa. Dia bersedia meninggalkan kehidupannya yang baik di kota, termasuk pekerjaan dan pasangannya, untuk membalas dendam. Sayangnya, ending film ini terasa sangat buru-buru.

Emosi yang meledak-ledak di dada Antonio hingga mendorongnya untuk balas dendam tidak diperlihatkan secara jelas, sehingga penonton juga tidak merasakan emosi yang berarti. Selama sekitar 107 menit, plot bagian akhir hanya “dijatah” sekian menit saja.

Setting Tempat yang Indah

Setting Tempat yang Indah

Konflik turun-temurun serta dendam lama antara keluarga Paradiso dan Schettino tersaji semakin dramatisir karena setting tempat sangat mendukung. Film The Last Paradiso akan memperlihatkan Anda sebuah lanskap desa kecil di Italia yang indah dan belum terjamah banyak teknologi. Terlihat kebun-kebun zaitun lengkap dengan pekerjanya, tanah lapang berhektar-hektar hingga bangunan-bangunan tempo dulu yang sangat khas.

Pengambilan angle yang tepat, sehingga jalan cerita semakin emosional, juga bisa Anda temukan di sini. Salah satunya terlihat dalam adegan ketika mayat Ciccio dinaikkan pada seekor kuda. Dari atas, kamera menangkap sebuah angle yang sangat dramatisir antara tubuh Ciccio dan keterkejutan penduduk desa. Bangunan-bangunan tinggi di sana, menambah suasana jadi lebih mencekam dan putus asa.

The Last Paradiso atau L’ultimo paradise dalam bahasa Italia merupakan film yang diproduksi Netflix bersama Silver Production dan Lebowski. Film yang dibintangi Riccardo Scamarcio dan Gaia Bermani Amaral ini naskahnya ditulis oleh sang sutradara, Rocco Ricciardulli dan aktor utama itu sendiri. Menarik ya? Jika Anda penasaran, film ini bisa ditonton akhir pekan nanti.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *