bacaterus web banner retina

Review & Sinopsis The Invisible Guest, Punya Ending Tak Terduga

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 10 Mei 2021

Teka-teki dan misteri dari sebuah kisah pembunuhan selalu menjadi cerita yang menarik untuk diangkat dalam sebuah film, seperti kisah yang diangkat dalam film The Invisible Guest. Bagi kamu pecinta film misteri yang menyukai jalan cerita film yang tak terduga, film The Invisible Guest harus menjadi salah satu film yang kamu tonton. 

Melalui penuturan karakter utamanya, kamu akan diajak untuk mendengar cerita yang berulang namun dengan detail-detail yang berbeda di setiap penuturannya. Pada akhirnya, kamu akan menemukan benang merah yang takkan kamu duga sebelumnya.

Sinopsis

review film the invisible guest_Sinopsis
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Thriller / Misteri
  • Produksi: Think Studio / Warner Bros Pictures
  • Sutradara: Oriol Paulo
  • Pemeran: Mario Casas, Ana Wagener, Jose Coronado

Film The Invisible Guest merupakan film dari Spanyol yang memiliki judul asli Contratiempo. Film ini berkisah tentang Adrian Doria, seorang businessman yang tengah menjalani proses hukum untuk kasus pembunuhan Laura Vidal. 

Adrian mengaku bahwa ia tidak bersalah, bahkan ia justru sangat mencintai Laura yang menjadi kekasih gelapnya. Laura ditemukan meninggal di sebuah kamar hotel, dimana Adrian juga berada di kamar tersebut sehingga membuatnya dicurigai sebagai pembunuh. Demi meyakinkan hakim bahwa ia bukan pembunuh, Adrian menyewa seorang pengacara senior, Virginia Goodman. 

Virginia yang menerima tawaran Adrian untuk menjadi pengacara bersikukuh untuk membuat Adrian bebas karena ini akan menjadi kasus terakhirnya sebelum pensiun. Namun, menurut Virginia, Adrian harus mengatakan semua hal dengan jujur agar Virginia bisa menyusun strategi agar ia bisa menang di pengadilan. 

Di kamar Adrian, mereka berdua mulai menelusuri satu-persatu kesaksian Adrian, mulai dari pertemuannya dengan Laura untuk berselingkuh, peristiwa ketika ia dan Laura menabrak seorang anak dan menghilangkan mayatnya di sungai, hingga upaya pemerasan pada Adrian dan Laura yang tampaknya berasal dari saksi mata yang melihat peristiwa kecelakaan tersebut. 

Namun, semakin Virginia mendengar cerita Adrian, semakin ia menemukan sebuah celah dimana Adrian belum mengatakan semuanya. Perlahan-lahan, cerita Adrian pun mulai berubah dan membuka fakta mengenai kejadian yang sebenarnya. Setelah berbagai penjelasan, Adrian akhirnya mengaku bahwa ia memang membunuh Laura dan ia pula yang membuang mayat anak yang mereka tabrak. 

Virginia pun menenangkan Adrian dan mengatakan bahwa ia akan mencari strategi agar membuat Adrian lolos. Namun, ketika ia meminta izin keluar, nyatanya ia bukanlah pengacara, melainkan ibu dari sang anak yang ditabrak oleh Adrian. Ia mencoba untuk menggali kesaksian dari Adrian dan merekam semua yang ia katakan untuk menjebloskan Adrian ke penjara. 

Plot Twist yang Tak Terduga

Film The Invisible Guest bisa dibilang sebagai salah satu film dengan plot twist terbaik. Hingga menit-menit terakhir durasi film, kamu tidak akan bisa menebak bagaimana akhir ceritanya. Di sepanjang film, penonton juga akan diajak untuk merangkai peristiwa demi peristiwa melalui cerita kilas balik yang diceritakan dari sudut pandang Adrian. 

Rangkaian peristiwa demi peristiwa tersebut pada akhirnya akan menjadi sebuah benang merah di akhir cerita yang saling berkesinambungan satu sama lain. Setiap detail dari cerita tersebut juga menjadi begitu penting dan menunjang kebenaran cerita yang sesungguhnya, yang pastinya tak akan bisa ditebak hingga film ini berakhir. 

Cerita yang Berulang namun Tidak Membosankan

review film the invisible guest_Cerita yang Berulang namun Tidak MembosankanSumber: netflix.com

Jika dirangkum secara keseluruhan, dalam film The Invisible Guest penonton hanya akan disajikan satu buah cerita yang dikisahkan berulang-ulang oleh Adrian kepada pengacaranya. Setting lokasi film ini juga kebanyakan hanya terjadi di dalam apartemen milik Adrian, dan kejadian tersebut hanya berlangsung dalam satu malam saja. 

Meskipun begitu, kamu tidak akan merasakan kebosanan di sepanjang durasi film ini. Sebaliknya, penonton justru dituntut untuk benar-benar memperhatikan detail dari setiap cerita yang dikisahkan Adrian agar bisa memahami kebenaran yang dimaksud pada akhir cerita. 

Dari setiap cerita yang dituturkan Adrian, penonton juga akan disajikan fakta-fakta baru yang belum terungkap dari penuturan Adrian sebelumnya. Maka, kamu tidak perlu khawatir akan bosan saat menonton film ini. Di sepanjang film, kamu justru akan terkejut dengan jalan cerita yang sangat menarik yang tersaji dari film The Invisible Guest ini. 

Sinematografi, Editing, dan Scoring yang Mendukung

Semua orang mungkin setuju jika kekuatan film The Invisible Guest terletak pada cerita dan plot-nya yang benar-benar tidak bisa ditebak. Namun selain kekuatan cerita, seluruh elemen dari film ini juga dikemas dengan baik sehingga mendukung cerita film menjadi lebih seru dan menarik untuk ditonton. 

Ada banyak adegan yang menampilkan tehnik sinematografi serta editing yang begitu indah, misalnya saja adegan ketika Adrian dan Laura membuang sebuah mobil ke danau, kemudian scene tersebut dikemas dengan transisi editing ke adegan selanjutnya. Teknik sinematografi dan editing yang apik ini tentu akan memberi pengalaman visual yang lebih seru bagi para penontonnya. 

Teknik penataan suara atau scoring dalam film ini juga patut diapresiasi. Tim produksi The Invisible Guest jelas menempatkan musik scoring pada adegan-adegan yang tepat. Misalnya saja adegan ending film dimana kebenaran yang sesungguhnya akhirnya terungkap. Adegan yang sudah sangat dramatis tersebut kemudian ditambahkan scoring musik yang membuatnya terasa semakin epic

Salah Satu Film Eropa Terbaik yang Wajib Ditonton

Jika dibandingkan dengan film-film yang berasal dari Hollywood atau Korea, film-film Eropa memang terkesan kurang populer. Tak banyak film-film Eropa yang bisa sukses di pasaran. Namun, film The Invisible Guest adalah satu dari sedikit film Eropa yang cukup mencuri perhatian. Film ini tentunya bisa menjadi salah satu tontonan alternatif bagi kamu yang biasanya hanya menonton film Hollywood atau Korea. 

Jika biasanya kamu menonton film dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Korea, maka penggunaan Bahasa Spanyol yang dituturkan para pemeran dalam film ini juga menjadi hal unik tersendiri dan akan memberikan kamu pengalaman baru dalam menonton film berbahasa non-Inggris

Sudah Di-remake oleh Bollywood

review film the invisible guest_Sudah Di-remake oleh BollywoodSumber: cultura.id

Kesuksesan The Invisible Guest juga membuat film ini dibuat versi remake-nya oleh industri film Bollywood di India. Dalam versi Bollywood, film ini berjudul Badla. Dalam versi ini, karakter utama Adrian juga diganti dengan karakter seorang wanita, namun jalan cerita yang dikisahkan masih sama dengan versi aslinya. 

Itulah sinopsis dan sedikit review dari film The Invisible Guest. Bagi kamu pecinta film misteri dengan jalan cerita film yang tak mudah ditebak, film ini harus menjadi daftar tontonanmu. Apakah kamu sudah pernah menonton film ini? Bagaimana tanggapanmu mengenai ending tak terduga dari film The Invisible Guest ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

No review box found! Insert a valid box ID.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram