bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Ice Road, Pertarungan Pengendara Truk

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 11 September 2021

Ice Road merupakan sebutan untuk sebuah jalan yang terbentuk akibat membekunya air danau atau laut di beberapa wilayah dingin. Biasanya Ice Road diambil oleh beberapa supir truk dari perusahaan pengiriman barang untuk memangkas waktu tempuh dan juga memangkas biaya perjalanan yang kerap dilakukan dengan menumpang kapal atau mengambil rute jauh.

Sutradara Jonathan Hensleigh, mengambil tema ini untuk dijadikan cerita dalam film berjudul The Ice Road. Menceritakan tentang beberapa pengemudi truk untuk melewati ice road guna mengantar beberapa peralatan berat ke sebuah tambang yang sedang dalam situasi darurat, namun di tengah jalan mereka diserang. Apa sebenarnya yang terjadi? Yuk simak sinopsis dan ulasannya berikut ini

Sinopsis

The Ice Road_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: The Solution Entertainment Group, CODE Entertainment, ShivHans Pictures
  • Sutradara: Jonathan Hensleigh
  • Pemain: Liam Neeson, Benjamin Walker, Amber Midthunder

Film dibuka dengan kejadian meledaknya sebuah tambang berlian bernama Katka di Manitoba akibat bocornya gas Metana yang tersimpan di dalam gua. Kejadian ini membuat sebanyak 26 pekerja tambang terperangkap di dalam gua dan hanya memiliki waktu 30 jam sebelum akhirnya oksigen di dalam gua habis sehingga membuat mereka meninggal.

Otomatis para petinggi di tambang berlian Katka tersebut langsung mengambil langkah dengan mengirimkan peralatan untuk mengebor jalan baru untuk menyelamatkan para pekerja tambang yang terjebak di dalam gua. Mereka akhirnya mengutus seorang perwakilan perusahaan untuk mencari siapa yang bisa mengantarkan peralatan itu ke tambang.

Di dapatkanlah seorang bernama Jim Goldenrod (Laurence Fishburne); ia adalah pemilik perusahaan sekaligus bengkel truk besar yang biasa mengirim barang-barang berat untuk tambang.

Namun saat tahu tugas yang diberikan pihak Katka adalah mengantar kepala bor dan pipa-pipanya yang berbobot super berat, Goldenrod berpikir kembali karena tidak ada petugas yang bekerja dan jaraknya yang jauh.

Satu-satunya cara adalah melewati jalan es untuk memangkas waktu perjalanan dan misi tersebut seperti misi bunuh diri karena jalur tersebut merupakan jalur berbahaya untuk para supir truk besar. Sempat menolak, akhirnya Goldenrod menyetujui untuk bekerjasama dengan upah bayaran sebesar $ 200,000 Goldenrod juga meminta 3 orang lainnya untuk ikut dengannya. 

Goldenrod mengajak pekerja terbaiknya yang sedang dalam penjara akibat melakukan vandalisme bernama Tantoo (Amber Midthunder), ia menebus Tantoo supaya bisa langsung ikut dengan Goldenrod. Datang juga Mike McCann (Liam Neeson) dan adiknya Gurty (Marcus Thomas) yang baru dipecat dari pekerjaan sebelumnya untuk bergabung bersama tim Goldenrod. 

Mike menerima pekerjaan tersebut untuk biaya pengobatan adiknya Gurty yang mengalami PTSD akibat trauma perang. Sedangkan Gurty ikut bergabung lantaran ingin sekali membeli truk baru untuk kakaknya yang baru saja dipecat karenanya akibat membela dirinya setelah di rundung rekan kerja lain. Pembelaan tersebut malah berujung pemecatan kakak beradik itu.

Setelah menjelaskan misi dan berbagi tugas dengan semua, mereka berempat ditambah seorang aktuaris bernama Varnay (Benjamin Walker) akhirnya berangkat ke tambang Kartka. Tak butuh waktu lama hingga mereka sampai di ice road. Mereka sangat berhati-hati untuk tetap menjaga keseimbangan antara truk yang beratnya bisa puluhan ribu ton tersebut.

Saat dalam perjalanan, truk yang ditumpangi oleh Goldenrod mengalami kendala. Mesinnya terlalu panas dan akhirnya mati total membuat perjalanan terhenti. Ini membuat truk lain mencoba mengaitkan kabel baja untuk menderek truk Goldenrod. Naas, karena terlalu lama di atas ice road, beban sekeliling 3 truk tersebut jadi tak imbang dan akhirnya membuat lapisan es pisah.

Pecahan es melebar dengan cepat hingga membuat kargo di belakang truk Goldenrod amblas masuk ke dalam. Sialnya, kabel baja yang masih menyangkut antar truk milik Goldenrod dan truk milik Tantoo masih mengait satu sama lain dan kaki Goldenrod ada di antaranya. Kabel baja pun terbentang menjepit kaki Goldenrod yang kini ikut terseret masuk ke dalam laut es.

Truk Tantoo mulai ikut tertarik. Akibat kabel baja meregang, kaki Goldenrod yang terjepit lantas patah membuat dirinya tidak bisa berbuat apa-apa kecuali menunggu ajal.

Begitu semua badan truk tenggelam dan membuat truk Tantoo terancam ikut tenggelam, Goldenrod meminta Tantoo untuk memotong tali kait dan membiarkan dirinya tenggelam. Awalnya Tantoo menolak tapi akhirnya melakukannya juga untuk kebaikan bersama.

Hal tersebut dilihat oleh Varnay, Gruty dan Mike. Begitu akan melanjutkan perjalanan, Varnay mencurigai Tantoo yang memutuskan tali hingga Goldenrod meninggal. Hal tersebut malah membuat Mike jadi ikut curiga, pasalnya Tantoo merupakan mantan napi.

Begitu di konfrontasi oleh Mike dan Varnay, Tantoo tersudut dan malah diikat karena dianggap pembunuh Goldenrod dengan alasan ingin mengambil uang imbalan $200,000 yang dijanjikan pihak Kartka.

Berhasil menyudutkan Kartka, Varnay kembali bekerja bersama Gruty dan Mike. Begitu Kakak beradik itu masuk kontainer untuk memeriksa apakah barang bawaan mereka tidak rusak akibat guncangan, Varnay langsung mengunci mereka berdua di dalam sana. Ternyata selama ini Varnay lah yang melakukan semua hal buruk selama perjalanan. 

Hal tersebut ternyata diminta oleh manajer produksi tambang Kartka dengan alasan supaya 26 pekerja tambang dibiarkan mati, agar mereka tidak selamat dan tutup mulut bahwa selama ini mereka dipaksa bekerja dengan bayaran tambahan $100 untuk menggali gua baru yang penuh dengan gas metana namun penuh dengan berlian.

Mike dan Gruty yang tahu hal tersebut lantas mencoba mengeluarkan diri dari belakang kargo. Mereka berhasil selamat setelah Varnay berniat membunuh mereka juga dengan menaruh dinamit di bawah truk milik mereka.

Setelah berhasil selamat, Mike dan Gruty langsung mengejar Varnay untuk menyelamatkan Tantoo. Varnay yang tidak tahu bahwa Mike dan Gruty selamat kini akan membunuh Tantoo juga dengan dalil kecelakaan akibat cuaca buruk.

Setelah proses hantam-hantaman dan adu jotos berulang kali, Mike dan Tantoo berhasil mengalahkan Varnay. Varnay malah yang akhirnya tewas bersamaan dengan Gruty yang meninggal akibat membuat truk yang hanya tinggal 1 tersebut bisa terus jalan dan selamat setelah terjebak di jembatan yang putus akibat tidak kuat menahan beban truk.

Sesampainya Mike dan Tantoo di Kartka, akhirnya proses penyelamatan di mulai. Begitu 26 penambang selamat, mereka akhirnya buka suara.

Di sana sudah ada media yang meliput dan kedua petinggi Kartka langsung dipecat oleh CEO Kartka yang kebetulan datang untuk menyaksikan keadaan di tambang yang ia kelola. Mike juga sempat menghajar petinggi tersebut dan akhirnya kembali bersama Tantoo ke kampung halamannya. Mereka hidup bahagia.

Kurang Aksi

The Ice Road_Less Action (Copy)

Apabila kita berbicara soal Liam Neeson, kita sudah pasti dibuat kagum akan aktingnya yang luar biasa oke dalam aksi berkelahi atau melawan maut. Seperti yang sudah-sudah kita lihat dalam film miliknya, Taken, The Grey, Honest Thief, Non-Stop dan lainnya. Intinya film-film yang ia bintangi tak lepas dari aksi super kerennya melawan para penjahat.

Namun saat menonton film yang ia bintangi ini, saya kok tidak merasa aksi yang disuguhkan tidak terlalu banyak dan kaku. Entah karena fisik Liam yang tidak muda lagi, tapi kalian bisa melihat di sepanjang film, rasanya adegan kelahinya pun tidak seheboh film-film Liam Neeson sebelumnya padahal saya sudah berharap kalau si Liam bisa kembali jadi ‘mesin pembunuh’ lagi.

Perusahaan Serakah

The Ice Road_Corrupt (Copy)

Saat tambang meledak akibat gas metana, para petinggi Kartka yang saat itu berada di sana terlihat sangat panik dan mencoba menelpon sana-sini untuk meminta bantuan, ternyata itu hanya akal-akalan mereka saja untuk memastikan grup Goldenrod yang terdiri dari Mike, Gurty dan Tantoo berangkat ke Kartka namun tak selamat.

Ketika saya tahu bahwa para petinggi Kartka melakukan dua misi buruk, saya kesal bukan kepalang. Rasanya saya ingin masuk ke dalam film dan menghajar kedua petinggi yang bertanggung jawab atas terperangkapnya pekerja mereka akibat keserakahan mereka dan kematian Goldenrod.

Cerita Bercabang

The Ice Road_Plot (Copy)

Mungkin karena awalnya saya menonton jalan cerita mengenai terjebaknya para pekerja tambang di tambang berlian Kartka, saya jadi berpikir bahwa ini merupakan misi penyelamatan untuk mengeluarkan semua pekerja tambang hidup-hidup dengan jendela waktu penyelamatan selama 30 jam saja. 

Begitu saya ikuti benar jalan cerita, saya dibuat bingung dengan misi penyelamatan tersebut. Cerita yang disuguhkan adalah perjalanan Mike, Gurty dan Tantoo lah yang kerap di sorot ketimbang percobaan untuk mengeluarkan para pekerja tambang.

Hal ini membuat ceritanya bercabang, yang pertama fokus pada pekerja tambang yang terperangkap, di sisi lain bercerita tentang truk si Mike, Gurty dan Tantoo yang berusaha sampai di sana tepat waktu.

Film The Ice Road ini sudah bisa kalian saksikan di beberapa situs layanan penyedia film ya! Untuk rating sendiri, Bacaterus memberi nilai 3.3/5 untuk keseluruhan film The Ice Road.

Meski untuk saya film ini agak alot, tapi tetap cukup oke untuk menjadi teman penghibur kalian guna menambah daftar film yang akan ditonton dalam waktu dekat. Selamat menyaksikan!

The Ice Road
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram