bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Forever Purge, Pembersihan Selamanya

Masih ingat film The Purge yang lumayan bikin pening kepala itu? Nah kini hadir kembali setelah penayangan terakhirnya di tahun 2018 silam. Film arahan sutradara Everardo Gout ini masih punya inti cerita dimana aktivitas ‘pembersihan’ di wilayah Amerika terus berjalan tiap tahunnya. Namun kali ini Gout meramunya dengan cara yang berbeda.

Aktivitas pembersihan yang dilakukan diperpanjang oleh oknum tertentu, padahal yang dilegalkan oleh pemerintah hanya selama 12 jam. Bagaimana masyarakat yang sudah terlanjur keluar tanpa pertahanan diri bisa bertahan di tengah-tengah kekacauan itu? Simak terus keseruannya dalam sinopsis dan ulasannya di bawah ini.

Sinopsis

The Forever Purge_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Thriller, Crime
  • Produksi: Perfect World Pictures, Platinum Dunes, Blumhouse Productions
  • Sutradara: Everardo Gout
  • Pemain: Ana de La Reguera, Tenoch Huerta, Josh Lucas, Cassidy Freeman, Leven Rambin

Film dimulai dengan aksi pelarian sepasang suami istri asal Meksiko bernama Juan (Tenoch Huerta) dan Adela (Ana de La Reguera) yang melarikan diri dari negaranya untuk menghindari ancaman dari kartel narkoba Meksiko yang terkenal secara ilegal ke wilayah Texas, Amerika. Mereka berharap bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik disana. 

Apa yang diharapkan benar terjadi, Juan bekerja sebagai buruh di peternakan kuda milik keluarga super kaya Tucker dan Adela bekerja sebagai mandor di sebuah toko daging lokal di kota Austin. Mereka hidup cukup, namun dengan adanya aturan pembersihan yang disahkan oleh pemerintah Amerika, hidup mereka masih diselimuti ketakutan. 

Pemerintah Amerika dengan nama NFFA (New Founding Fathers of America) yang sempat merubah aturan pembersihan sempat membuat supremasi rasial melonjak. Ini akhirnya membuat beberapa oknum di luar partai yang berkuasa saat itu membuat aturan baru karena mereka khawatir bahwa Amerika akan dipenuhi oleh warga non Amerika yang nantinya bisa menjajah Amerika.

Hari pembersihan akan berlangsung keesokan hari, ini membuat Juan dan Adela juga seluruh warga Amerika lainnya mulai bersiap. Tak terkecuali majikan Juan; keluarga Tucker. Meskipun mereka super kaya, tetap saja tidak ada jaminan bahwa mereka bisa selamat kalau lengah. Keadaan genting ini pun membuat banyak orang yang tidak terlalu mampu untuk membentengi rumahnya berkumpul di satu tempat yang dijaga oleh banyak militan dadakan.

Begitu hari pembersihan dimulai pada pukul 7 malam, semua kota gelap gulita. Tidak ada satu kegiatan pun kecuali aksi kriminal, pembunuhan dan lainnya yang dilegalkan oleh pemerintah selama 12 jam ke depan; tidak akan ada bantuan yang datang; polisi, pemadam kebakaran, ambulans bahkan layanan 911 tidak akan berfungsi. Semua berlindung hingga keesokan pagi.

Saat Pembersihan dimulai, Adela menyaksikan kelompok Pembersih nasionalis, yang menyatakan diri mereka sebagai "Purge Purification Force" (PPF) yang berniat membunuh orang-orang yang mereka anggap non-Amerika. Setelah 12 jam berlalu, semua menyambut dengan senang karena perihal pembersihan sudah selesai. Mereka kembali beraktifitas seperti biasa. Juan dan rekannya Trinidad atau yang dikenal dengan T.T. (Alejandro Edda) berangkat kerja begitupun dengan Adela.

Namun Adela kebingungan ketika mendapati tempat kerjanya masih banyak yang belum masuk. Saat memeriksa keluar tempat kerja, Adela tertangkap oleh dua orang anggota purgers dibawah kelompok PPF dan berniat untuk membunuhnya. Beruntung Adela mendapat pertolongan dari bosnya. Namun begitu selesai membunuh para purgers, mereka malah ditangkap polisi karena mengira mereka masih melakukan pembersihan dil luar aturan.

Sementara itu, Juan dan T.T. mendapati bahwa keluarga Tucker telah disandera oleh para buruh yang menamai dirinya sebagai Purgers. Mereka berniat untuk mengambil peternakan milik keluarga Tucker untuk diri mereka sendiri dengan cara membunuh semua anggota keluarga Tucker. Pemilik peternakan sekaligus pemimpin keluarga Tucker, Caleb, mengorbankan dirinya untuk mengulur waktu dan mengalihkan perhatian para Purgers.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh Juan dan T.T. untuk bersiap guna menyerang para purgers dan menyelamatkan seluruh keluarga Tucker. Para purgers terlanjur meminta back up dari para rekan purgers lainnya semnetara Juan, T.T. dan yang lainnya masuk ke dalam truk untuk menyelamatkan diri dan mencari Adela. Para purgers lainnya yang berkeliaran di jalanan mulai menyerang truk, beruntung mereka bisa menemukan Adela dengan cepat.

Setelah melakukan perjalanan yang lumayan lama, mereka akhirnya berhenti dii sebuah pompa bensin. Disana mereka mendengar laporan berita tentang kekacauan, pembunuhan, dan kehancuran di seluruh lima puluh negara bagian Amerika. Diperburuk dengan layanan darurat lokal kewalahan menangani peristiwa yang digambarkan sebagai "Pembersihan Selamanya" tersebut.  

Untuk melindungi warga lain yang bukan tergabung dalam purgers, Pemerintah Kanada dan Meksiko akhirnya membuka perbatasan selama 6 jam penuh, setelahnya mereka akan menutup pintu perbatasan dan siapapun yang mencoba masuk tidak akan diterima.

Kelompok tersebut memutuskan untuk melarikan diri melintasi perbatasan Meksiko melalui El Paso. Perjalanan mereka untuk sampai kesana tidaklah mudah. Ditambah para purgers sempat berseteru dengan keluarga Tucker itu bersama dengan Juan, T.T dan Adela.

Para purgers yang tidak bisa menerima perseteruan itu langsung mengincar keluarga Tucker dan para penyintas lainnya yang ingin keluar dari Amerika dan masuk ke Meksiko. Beruntung di tengah perjalanan ada banyak suku asli Meksiko yang membantu sehingga penyeberangan lintas negara itu berhasil dan semua orang baik selamat, di Meksiko, Cassie pun melahirkan anaknya ditemani oleh suaminya Dylan, adik iparnya, Harper, Juan dan Adela.

Menjadi Kaya Tidak Menjamin Bisa Selamat

The Forever Purge_Victims (Copy)

Apabila di dalam film Purge sebelumnya kita selalu orang-orang kaya selalu selamat atau bahkan para biliuner itu kebal penyerangan dan menjadi pelaku dari kegiatan pembersihan, maka dalam film ini kedudukan kalian tidaklah jadi patokan kalian bisa selamat dari aksi brutal ‘pembersihan selamanya’ yang dilakukan oleh kelompok PPF.

Ini yang terjadi pada keluarga Tucker. Meski keluarga tersebut merupakan salah satu dari keluarga kaya di Texas, mereka tidak luput dari penyerangan. Para kelompok PPF itu sebenarnya ingin menghabisi para warga non-Amerika, namun mengambil kesempatan, para buruh yang bekerja dan merasa dijadikan budak oleh keluarga Tucker yang super baik, menyerang balik demi kepentingan pribadi.

Aftermath

The Forever Purge_Chaos (Copy)

Efek dari ‘pembersihan selamanya’ membuat semua negara bagian di Amerika kacau balau. Semua orang saling serang, ekonomi jelas anjlok dan kerusuhan terjadi dimana-mana. Sistem pemerintahan tidak berlaku lagi karena sulitnya pihak berwenang untuk mengatur para purgers dadakan yang seenak jidat membuat aturan baru atas kegiatan pembersihan.

Atas kejadian tersebut, NFFA lah yang disalahkan dan harus bertanggung jawab. Hal tersebut juga memicu banyak warga Amerika dari seluruh dunia berkumpul untuk menyerang dan mengambil kembali Amerika yang dulu. Waduh, kalau ini benar-benar kejadian dalam dunia nyata bagaimana ya?

Kisah Nyata

The Forever Purge_Baltimore 2015 (Copy)

Apa yang ditakuti oleh para penduduk dunia mengenai hal pembersihan, sama seperti yang ada dalam film The Purge; menjadi kenyataan. Kejadian melegalkan kriminalitas ini terjadi di kota Baltimore, USA pada tahun 2015 silam atas ijin dari walikota Baltimore, Stephanie Rawlings-Blake sendiri! Kejadian serupa seperti di film itu dilaksanakan untuk memberantas kemiskinan dan membuat ekonomi kota Baltimore menjadi lebih baik! 

Daily Mail bahkan memberitakan informasi mengenai narasumber yang memiliki toko di Kota Baltimore tidak bisa menelepon polisi meski sesering apapun mereka berusaha. Waduh mengerikan ya? Semoga di Indonesia tidak akan pernah terjadi hal seperti ini. Atas usaha Everardo Gout meramu film ini dengan baik, Bacaterus memberi skor 2.8/5.

The Forever Purge
Rating: 
2.8/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram