bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film The Crucifixion, Pelepasan Kutuk Iblis

Setelah film The Exorcist hingga film Conjuring Universe, kali ini kita disuguhkan kembali film lainnya yang punya cerita-cerita serupa; yaitu pelepasan kutuk iblis yang merasuki seorang biarawati. Kematiannya begitu heboh di Roma, Italia, akibat ceritanya yang super mengerikan dan mengundang banyak tanya dari banyak pihak

Cerita ini jadi salah satu cerita seru untuk dijadikan sebuah film sehingga sang sutradara, Xavier Gens menjadikannya inti cerita dari film The Crucifixion. Belum lagi film ini diangkat dari kisah nyata sehingga apa yang disaksikan oleh para penonton merupakan garis besar dengan apa yang terjadi sebenarnya. Mau tahu seberapa seram film ini?

Sinopsis

The Crucifixion_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Horror, Mystery
  • Produksi: Lotus Entertainment, Motion Picture Capital, Poznan Film Group, Premiere Picture
  • Sutradara: Xavier Gens
  • Pemain: Sophie Cookson, Brittany Ashworth, Comellu Ulici

Pada tahun 2004 di wilayah Bucharest, seorang Pastor bernama Dumitru (Catalin Babliuc) bersama dengan beberapa biarawati melakukan ritual pengusiran setan atau eksorsisme dengan cara yang cukup keras terhadap Suster Adelina Marinescu (Ada Lupu) yang diyakini telah dirasuki iblis bernama Agares.

Pastor Dumitru dan empat biarawati yang ikut dalam ritual tersebut akhirnya ditangkap setelah Adelina tewas akibat ritual yang mereka lakukan.

Berita itu tersebar ke seluruh penjuru negeri. Bahkan wartawan dari New York bernama Nicole Rawlins (Sophie Cookson) ingin mengupas tuntas kasus tersebut sebagai artikel juga berita utama yang akan ia tulis. Nicole meyakinkan editornya untuk mengizinkan dirinya guna menyelidiki kasus itu.

Awalnya sang editor merasa keberatan, namun akhirnya mengijinkan Nicole dengan catatan tidak membiarkan pandangan pribadinya mempengaruhi objektivitasnya.

Nicole akhirnya pergi untuk mewawancarai Pastor Dumitru yang ada di penjara. Dumitru dalam wawancaranya mengatakan bahwa ia bisa menyelamatkan Adelina yang kerasukan. Namun usahanya gagal karena Uskup Gornick (Matthew Zajac) menginterupsi ritual yang ia lakukan sehingga apa yang ia kerjakan tidak selesai dan membuat Adelina melemah juga tewas melepaskan Agares mencari mangsa baru untuk dirasuki.

Tak hanya pergi mewawancarai Pastor Dumitru, Nicole juga bertemu dengan teman dekat Adelina, Suster Vaduva (Brittany Ashworth) saat pemakaman Adelina. Nicole berusaha untuk meminta informasi mengenai Adelina, namun satu hal yang terus Vaduva katakan bahwa Adelina tidak mati akibat ritual, bahwa benar Adelina meninggal akibat iblis yang merasukinya. 

Tidak puas akan jawaban Suster Vaduva, ia akhirnya kembali ke gereja tempat jasad Adelina dibaringkan. Nicole mencoba untuk eksplor gereja tersebut bahkan hingga mengikuti jalan rahasia ke ruang bawah tanah tempat pengusiran setan dilakukan, dan mengambil gambar salib tempat Adelina meninggal sebelum Uskup Gornick mengusirnya.

Setelahnya, ia bertemu dengan seorang Pastor setempat lainnya bernama Pastor Anton (Corneliu Ulici) yang langsung memberitahu dimana keluarga Adelia berada; dan apabila Nicole masih penasaran ia bisa mendatangi Uskup Gornick di Katedral St. Joseph untuk menanyakan perihal ritual eksorsis Suster Adelina. Uskup Gornick mengatakan bahwa Adelia menderita sakit jiwa bukan kerasukan

Ia juga kemudian menyimpulkan bahwa Pastor Dumitru adalah seorang pendeta nakal yang terlalu bersemangat melakukan eksorsisme dalam jumlah yang berlebihan.

Nicole tidak mudah percaya namun ia juga menanggapi omongan Uskup Gornick dengan sopan. Ia kembali lagi mencari kebenaran mengenai hal Adelia. Saat mulai pencarian, ia bertemu dengan seorang pemuda aneh yang bisu bernama Tavian Amanar (Florian Voicu).

Setelah pertemuan dengan Uskup Gornick, Nicole kembali pada Pastor Anton untuk menceritakan semuanya. Ia memiliki teori bahwa iblis sengaja membuat Adelina mati karena iblis tersebut sudah selesai ‘memakai’ tubuh Adelina.

Setelah lepas dari tubuh Adelina, iblis itu bisa mentransfer kejahatannya pada tubuh baru yang lemah akan iman. Setelah menceritakan hal itu, Nicole mulai mengalami mimpi buruk yang mengerikan dan mengganggu iman Nicole.

Keesokannya Nicole mendatangi kediaman keluarga Suster Adelia. Ia bertemu dengan Suster Vaduva yang langsung menolaknya, namun Nicole mengatakan bahwa kehadirannya adalah untuk membantu mengupas apa yang sebenarnya terjadi pada Adelia. Akhirnya Suster Vaduva menceritakan sebenarnya. Vaduva kembali memberi tahu Nicole bahwa iblis itu membunuh Adelina. 

Awal mula perubahan Suster Adelia adalah saat ia kembali dari German, ia mendapati bahwa Pastor Gabriele yang sudah sangat dekat dengan Adelia dan sudah dianggap sebagai Ayah bunuh diri dari atap menara gereja, ini lah yang memicu transformasi Adelina.

Semakin hari, keadaan Adelia semakin memburuk. Vaduva mengatakan bahwa semua hal tersebut terjadi ketika Adelia lebih memilih pria yang ia sukai ketimbang menjadi biarawati. 

Begitu pengampunan akan ia lakukan, iblis memanfaatkan hal tersebut karena iman Adelia sedang lemah. Nicole lantas sadar akan sesuatu. Nicole menemukan kenyataan bahwa iblis merasuki Adelina setelah berhasil membunuh Pastor Gabrielle, Adelina sempat bersentuhan dengan Pastor Gabrielle, disanalah iblis mentransfer dirinya pada Adelina.

Menelusuri siapa orang yang terakhir bertemu dengan Pastor Gabriele, Nicole kembali ke gereja dan menemukan bahwa Tavian Amanar lah yang terakhir bertemu dengan Pastor Gabriele sebelum ia memutuskan untuk terjun dari atap gereja.

Tavian bertemu dengan Pastor Gabriele untuk pengusiran iblis karena Ayah dari Tavian mendapat bisikan untuk membunuh anaknya tersebut. Nicole akhirnya mencoba mengunjungi kediaman Tavian.

Di sana ia diserang, Nicole dirasuki oleh Agares, iblis yang merasuki semua orang yang ada di wilayah tersebut. Mengetahui hal tersebut, Pastor Anton datang bersama dengan Tavian dan Ayahnya, Amanar (Radu Banzaru).

Mereka bertiga sama-sama membantu Nicole supaya terbebas dari iblis yang merasukinya. Pastor Anton meminta Nicole menguatkan imannya. Tak lama kemudian pengusiran terhadap Nicole berhasil, iblis itu lepas dari tubuh Nicole. 

Setelah itu, Nicole kembali ke New York. Membawa berita mengenai pengusiran iblis Agares dalam tubuh Adelia, Pastor Dumitru dan para biarawati tersebut hanya dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun. Setelah bebas, Pastor Dumitru kembali melanjutkan layanan pengusiran iblis yang selama ini kerjakan demi membantu banyak jiwa.

Diangkat dari Kisah Nyata

The Crucifixion_Real (Copy)

Film The Crucifixion ini diangkat dari kisah nyata. Ceritanya menimpa seorang biarawati bernama Maricica Irina Cornici. Biarawati tersebut diduga sakit jiwa saat ia berada di biara Gereja Ortodoks Rumania Tanacu di Kabupaten Vaslui, Rumania.

Ia diduga dibunuh selama ritual eksorsisme yang dipimpin oleh pendeta Daniel Petre Corogeanu dan empat biarawati Kristen Ortodoks yang merupakan bagian dari Ordo Tritunggal Mahakudus.

Kasus ini akhirnya dipublikasikan secara luas di media Rumania. Meski banyak penduduk di Tanacu termasuk kakak dari biarawati Marcicia percaya bahwa adiknya itu dipercaya kerasukan. Namun hasil autopsi mengatakan bahwa Marcicia tewas akibat overdosis adrenalin yang diberikan saat Marcicia dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Akibat dari hal tersebut sang Pendeta mendapat hukuman percobaan selama 7 tahun, satu biarawati 6 tahun dan tiga biarawati lainnya 5 tahun.

Pelepasan

The Crucifixion_Excorcism (Copy)

Ritual pelepasan atau yang dikenal dengan nama eksorsisme ini sudah ada sekitar abad ke-18. Namun praktiknya baru meroket di tahun awal 1960-an hingga pertengahan tahun 1970-an.

Nama eksorsisme sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Exorkismós, yang berarti mengikat dengan sumpah. Hal ini dilakukan dalam upaya pengusiran entitas supranatural dari dari seseorang, atau suatu daerah, yang diyakini kerasukan.

Hal pelepasan ini lah yang kerap kali dijadikan inti dari film horor yang mulai menjamur dengan cerita berbeda-beda; mulai dari tingkat keseraman yang bikin orang ogah nontonnya sampai yang malah bikin kita berpikir keras lantas tertidur. Nah, untuk film The Crucifixion ini masuk ke dalam tipe film dengan tingkat keseraman yang, hmmm… Yah bikin ngantuk-ngantuk ayam.

Jump Scares

The Crucifixion_Jumpscares (Copy)

Sebagai catatan, membuat film dengan tema iblis seperti ini merupakan tantangan lumayan berat untuk sang sutradara; karena harus membuat ceritanya tidak bisa ditebak dan kengerian yang ditawarkan bisa membuat para penontonnya teriak.

Banyak yang sukses dan banyak juga yang tidak. Xavier Gens sang sutradara termasuk yang tidak terlalu sukses membawa film ini menjadi film paling ditakuti layaknya The Conjuring atau The Exorcism.

Xavier Gens membuat film ini banyak sekali jumpscares yang malah membuat kita penontonnya jadi males ditakuti berkali-kali. Sekali dua kali oke lah, tapi kalau berulang kali, rasanya jadi bosenin kan? Padahal film ini sendiri dibuat dari hasil kolaborasi penulis film The Conjuring dan produser film Annabelle. Overall, film ini mendapat skor 2/5 dari Bacaterus.

The Crucifixion
Rating: 
2/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram