Review dan Sinopsis Film The Book of Eli (2010)

Ditulis oleh Yanyan Andryan
The Book of Eli
3.7
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Film ini mempunyai latar belakang dunia pasca-apokaliptik dengan menggambarkan kehancuran Bumi akibat bencana nuklir. Pada masa-masa sulit tersebut, seorang pria pengembara bernama Eli (Denzel Washington), melakukan perjalanan jauh menuju sebuah lokasi di Pantai Barat Amerika Serikat untuk mengirimkan salinan “buku suci,” yang bisa menyelamatkan peradaban manusia.

The Book of Eli sendiri memulai proses produksinya pada bulan Februari tahun 2009, dan melakukan pengambilan gambar di wilayah New Mexico. Film ini memiliki anggaran produksi sebanyak 80 juta dollar, dan berhasil meraup pendapatan lebih dari 157 juta dollar di seluruh dunia.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Post-apocalyptic neo-western
  • Rumah produksi: Alcon Entertainment dan Silver Pictures
  • Sutradara: The Hughes Brothers
  • Pemeran Utama: Denzel Washington, Gary Oldman, Mila Kunis, Ray Stevenson, Jennifer Beals

30 tahun selepas bencana nuklir, kondisi dunia hingga moral manusia menjadi semakin buruk. Untuk menyelamatkan peradaban manusia, Eli mempunyai misi khusus dengan berjalan kaki melintasi gurun Amerika, dan akan mengantarkan sebuah “buku suci” ke Pantai Barat Amerika Serikat.

Saat di perjalanan, Eli berhasil mengalahkan para kelompok perampok, dan ia selanjutnya tiba di kota yang dipimpin oleh panglima perang bernama Carnegie. Eli kemudian mampir ke sebuah toko elektronik bekas untuk mengisi ulang baterai pemutar musik portabel miliknya.

Ketika berada di sebuah bar, dia diserang oleh sekelompok pengendara sepeda motor, tapi Eli dengan cepat mampu membunuh mereka semua. Carnegie melihat hal itu, dan mengundang Eli untuk bergabung bersama kelompoknya, namun ia menolak ajakan tersebut.

Carnegie menyadari bahwa Eli adalah orang terpelajar seperti dirinya, dan ia memaksanya untuk menginap di tempatnya. Sementara itu, ia mempunyai seorang istri bernama Claudia, yang kedua matanya tidak bisa melihat.  Carnegie lalu memerintahkan putrinya Solara untuk merayu Eli, namun sekali lagi ia menolak rayuan darinya.

Di pagi hari, Carnegie mendengar Solara tengah berdoa kepada ibunya, dan akhirnya ia mengetahui jika Eli membawa buku suci yang dicarinya selama ini, yakni sebuah salinan Alkitab. Setelah mengetahui hal itu, Eli mencoba untuk pergi dari kota, namun Carnegie berserta pasukannya berusaha mencegahnya. Eli menolak menyerahkan bukunya itu, dan pertempuran berdaran pun tidak terhindarkan.

Solara berhasil menangkap Eli, dan membantu menyelamatkannya. Ia membawa Eli ke sebuah tempat yang aman, dan berharap bisa menemainya dalam perjalanannya tersebut. Eli kemudian menjebak Solar, dan meneruskan pengembaraannya seorang sendiri. Meski begitu, Solara lolos dan disergap oleh dua bandit yang mencoba memperkosanya, tapi Eli muncul kembali dan membunuh mereka.

Eli mau tidak mau mengizinkan Solara untuk ikut dengannya, dan melanjutkan perjalanan ke pantai barat. Eli lalu menjelaskan misinya kepada Solara bahwa bukunya adalah salinan terakhir dari Alkitab, karena semua salinan lainnya sengaja dihancurkan setelah perang nuklir.

Dia mengatakan bahwa ada sebuah suara misterius yang berbicara di kepalanya bahwa ia harus menyimpan kitab suci tersebut. Suara itu kemudian mengarahkannya untuk melakukan perjalanan menuju suatu wilayah di barat ke tempat yang aman. Eli pun percaya bahwa suara dalam kepalanya itu akan melindungi, dan membimbingnya selama perjalanan.

Bisa Dinikmati dengan Mudah

Bisa Dinikmati dengan Mudah

The Book of Eli bukanlah sebuah film dengan tingkat kompleksitas cerita yang rumit. Sang sutradara, The Hughes Brothers, terbilang cukup baik dalam mengeksekusi plot cerita yang dibuat oleh penulis naskah Gary Whitta. Selain itu, Hughes bersaudara dengan tim kreatifnya sangat tertata dalam membuat latar situasi kehancuran Bumi paska-apokaliptik, dan semua background lingkungan hingga pemandangannya terlihat cukup realistis.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram