bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review The Blind Side, Kebaikan Berbuah Manis

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 28 September 2021

Sandra Bullock is back! Akhirnya muncul lagi nih film super keren yang dibintangi oleh si Mbak Sandra. Menceritakan tentang seorang ibu rumah tangga dari keluarga super kaya yang membantu salah seorang teman anak-anaknya di sekolah, tanpa tahu bahwa bantuan kecil darinya merubah hidup anak yang ia bantu tersebut.

Film besutan sutradara John Lee Hancock ini diadaptasi dari buku berjudul The Blind SIde: Evolution of A Game karya Michael Lewis yang rilis di tahun 2006 silam. Begitu ceritanya berubah menjadi sebuah film, semua orang jadi lebih menikmati filmnya. Lebih dari 3,000 theater memutar film ini dan kritik baik terus berdatangan.

Sinopsis

The Blind Side_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Biographical, Drama
  • Produksi: Alcon Entertainment
  • Sutradara: John Lee Hancock
  • Pemain: Sandra Bullock, Tim McGraw, Quinton Aaron

Michael Oher atau yang dikenal dengan Big Mike (Quinton Aaron) merupakan seorang anak lelaki berumur 17 tahun yang memiliki hidup cukup sulit. Ibu kandungnya terjerat kasus narkoba sewaktu dirinya kecil sehingga dirinya bersama saudara-saudara lainnya terpisah untuk dilindungi oleh negara.

Saat sudah dianggap cukup umur, Mike akhirnya dikirim ke sebuah sekolah untuk melanjutkan pendidikannya. Meski mendapat pendidikan, dirinya tidak mau kembali ke rumah dan memilih tinggal di jalanan.

Kadang di tempat gym sekolah atau di tempat laundry. Suatu kali, saat pertandingan basket selesai, Mike akan pergi ke gym sekolah untuk beristirahat, namun saat dalam perjalanan ia bertemu dengan Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock).

Leigh Anne merasa aneh, karena gym sudah tutup mengingat hari itu sudah malam. Betapa terkejutnya Leigh Anne saat mengetahui alasan Mike sebenarnya untuk pergi kesana karena dia tidak memiliki tempat tinggal. Tanpa ragu, ia membawa Mike pulang untuk tinggal bersama keluarganya di rumah keluarga Leigh Anne.

Keluarga Tuohy adalah keluarga super kaya. Mereka memiliki bisnis dimana-mana berikut restoran cepat saji. Ini membuat Leigh Anne tidak merasa keberatan untuk membantu Mike.

Lebih dari itu, Leigh Anne merasa kasihan pada Mike yang seorang diri. Sebagai seorang ibu dari 2 anak, Mike sudah menjadi seperti anaknya. Hal ini malah jadi perdebatan bagi kaum ibu-ibu kelas jetset yang jadi teman Leigh Anne.

Big Mike adalah anak lelaki kulit hitam, sedangkan keluarga Leigh Anne adalah keluarga kulit putih. Meski awalnya Leigh Anne tidak keberatan soal itu, namun Leigh Anne juga jadi berpikir apakah anak-anaknya nyaman dengan keadaan Mike di rumah mereka; bukan karena Mike adalah kulit hitam tapi lebih Mike adalah orang asing di rumah mereka.

Anak-anak Leigh Anne sama sekali tidak keberatan karena Mike merupakan sosok yang baik. Bahkan Mike pernah menyelamatkan anak lelaki Leigh Anne bernama Sean (Jae Head) sewaktu kecelakaan mobil, membuat Leigh Anne jadi lebih sayang pada Mike seperti anaknya sendiri.

Di sekolah, Leigh Anne pun jadi ikut memperhatikan perkembangan edukasi dari Mike. Semua nilai Mike anjlok kecuali 1. Nilai tertinggi yang ia dapat adalah kategori ‘insting melindungi’. Ini yang membuat Leigh Anne mengerti kenapa Mike selalu ada di untuk melindungi dirinya sewaktu mengantar Mike pulang ke rumahnya dan melindungi keluarga Leigh Anne.

Insting melindungi yang Mike punya membawa Mike mengikuti ekstrakulikuler football di sekolahnya. Ia bermain tidak terlalu bagus, namun setelah Leigh Anne menasehati bahwa semua timnya adalah keluarga Mike, Mike menjadi beringas tidak tertandingi. Ia melawan siapapun yang berani mengganggu ‘keluarganya’.

Lagi-lagi, Leigh Anne membuat hidup Mike berubah untuk kesekian kalinya. Membantu Mike dalam pendidikan dengan mempekerjakan mentor, membuka pikirannya terhadap keluarga, mengajari Mike mengenai hal baik. Kini Mike pun sudah menjadi anggota keluarga Tuohy setelah Leigh Anne dan suaminya mengadopsi Mike.

Melihat Mike jago dalam bermain football, membuat banyak kampus yang meminta Mike untuk bergabung dengan mereka. Keluarga Tuohy meminta Mike untuk bisa mengambil kesempatan bergabung dengan Universitas Mississippi. Namun keputusan ini malah menjadikan Mike dipanggil oleh investigator NCAA (National Collegiate Athletic Association).

Pertanyaan mengenai kenapa Mike harus masuk Universitas Mississippi terus ditanyakan oleh tim investigator. Hal tersebut membuat Mike berpikir kalau selama ini dirinya secara tidak langsung diminta untuk mengikuti kemauan keluarga Tuohy. Mike marah pada Leigh Anne dan membuat keributan setelah memutuskan untuk kembali ke rumah Mike.

Mike seperti kehilangan jati dirinya. Berulang kali ia merenung dan akhirnya kembali pada keluarga Tuohy. Leigh Anne lantas memberitahu bahwa permintaannya tersebut seharusnya tidak ia pinta dari Mike.

Mike bisa memilih mau ke Universitas manapun yang ia pilih. Tapi setelah mendapat penjelasan dari Leigh Anne, Mike tetap memilih Universitas Mississippi dengan alasan, Sean dan Leigh Anne adalah alumni di sana dan Mike mau bersekolah di tempat dimana keluarganya bersekolah.

Film pun berakhir bahagia. Mike Oher dikenal sebagai atlet football paling diincar oleh semua pihak. Ia bahagia bisa menjadi bagian dari keluarga Tuohy, Mike juga sesuai janjinya bersekolah di Universitas Mississippi dan kini nama Mike Oher dikenal di seluruh penjuru negeri.

Leigh Anne Tuohy

The Blind Side
*

Well, inti cerita memang soal si Big Mike. Namun bagi saya, cerita ini benar-benar menunjukan karakter si ibu baik hati Leigh Anne Tuohy. Meski bisa dibilang galak dan tegas pada semua hal, namun Leigh Anne punya hati yang mulia.

Normalnya, orang-orang akan membiarkan Big Mike yang berjalan sendirian tengah malam. Mereka tidak akan peduli dengan Mike mengingat badan Mike besar dan orang-orang tidak mungkin macam-macam dengannya.

Namun tidak bagi Leigh Anne. Serius, karakter Leigh Anne lah yang kita butuhkan di dunia. Always spread the love and the kindness no matter what. Sedikit trivia, bahkan saat Sandra Bullock mengetahui bahwa karakter Leigh Anne begitu mulia, ia sedikit ketakutan memerankan peran tersebut. Itu karena Sandra merasa dirinya jauh dibawah Leigh Anne. Awww, bless her heart!

Kisah Nyata

The Blind Side_Fact (Copy)
*Source: BrightSide

Baik buku dan film, diangkat dari kisah nyata dari Mike Oher; bukan hanya Mike. Seluruh keluarga Tuohy pun nyata! Leigh Anne Tuohy benar-benar membantu Mike Oher untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Leigh Anne juga yang mengubah hidup Mike sampai di titik dimana Mike menjadi atlet football terkenal.

Ayah dari Mike Oher meninggal akibat terbunuh dan seperti yang diceritakan, Ibu dari Mike dihukum atas penggunaan kokain. Ibu Mike memiliki 12 anak yang bahkan ia sendiri tidak tahu siapa Ayahnya.

Ini yang membuat dinas sosial mengambil alih hak asuh dari 12 anak tersebut tak terkecuali Mike. Beruntung Mike berakhir di tangan yang tepat dimana saudara-saudara lainnya tak seberuntung Mike.

Penghargaan

The Blind Side
*

Film The Blind Side mendapatkan banyak sekali penghargaan! Sebut saja Academy Awards, Critic’s Choice Awards, Golden Globe Awards, Movieguide Awards, Nickelodeon Kids’ Choice Awards, ESPY Awards, Screen Actors Guild Awards, People’s Choice Awards, Teen Choice Awards dan Washington D.C. Area Film Critics Association. Banyak sekali bukan?

Untuk rating pun, CinemaScore memberi nilai A+ untuk film ini. 7.6/10 dari IMDb, 66% dari Rotten Tomatoes dan 53% dari Metacritics. Sedangkan untuk Bacaterus memberi skor 4.3/5 untuk keseluruhan cerita, aktris dan aktor yang bermain, konflik, sinematografi dan pesan yang diberikan oleh film ini!

Saya yakin kalian yang menonton film ini pun pasti setuju untuk memberi nilai tinggi. Siapkan tisu ya saat menonton, karena ada beberapa adegan yang benar-benar menguras air mata. Oh iya, film ini termasuk ke dalam film keluarga, sehingga kalian bisa menontonnya bersama-sama. Selamat menonton!

The Blind Side
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram