bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Tell Me When, Saat Lelaki Canggung Jatuh Cinta

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 19 September 2021

Menjadi yatim piatu sejak bayi lalu tumbuh bersama kakek nenek, adalah jati diri Will. Lelaki itu menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja, tak tahu cara menikmati hidup karena kesehariannya hanya dihabiskan oleh urusan pekerjaan. Will pun menjadi pribadi yang kaku dan canggung. Dia berhasil membuat sang kakek khawatir karena sikapnya yang begitu.

Hingga suatu hari, kakeknya mewariskan sebuah buku berisi daftar-daftar tempat dan kegiatan di Meksiko yang harus dia kunjungi serta lakukan. Will pun terbang ke Meksiko dan bertemu seorang perempuan. Lelaki itu jatuh cinta. Itu dia sekelumit cerita dari Tell Me When (2021) yang bisa ditonton melalui Netflix, tapi sebelumnya mari simak sinopsis dan ulasannya lebih dulu berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis & Review Tell Me When, Saat Lelaki Canggung Jatuh Cinta 1
  • Tanggal/Tahun Rilis: 23 April 2021
  • Genre: Comedy, Drama, Romance
  • Produksi: Panorama Global
  • Sutradara: Gerardo Gatica
  • Pemeran: Jesus Zevala, Ximena Romo, Veronica Castro, Jose Carlos Ruiz, Hector Bonilla

Kakek dan nenek Will (Jesus Zevala) begitu antusias menyiapkan pesta kejutan untuk sang cucu yang baru saja mendapat promosi di pekerjaannya. Esok harinya, Will diajak kakek pergi dengan niat akan memberinya kejutan. Sayang, kejutan berupa sebuah buku catatan kecil itu tampaknya ketinggalan di kamar Will.

Keduanya lalu berhenti di tengah jalan, di tengah padang pasir yang tandus. Kakek kemudian dengan riang memotret cucunya sementara Will kebingungan karena tak ada sinyal sedangkan urusan dengan atasannya belum selesai. Sang kakek menyampaikan kegelisahannya pada Will. Dia khawatir cucunya tersebut tak memiliki teman sebaya, melupakan asal-usul, sejarah serta budayanya.

Kakeknya begitu khawatir kalau-kalau Will tidak bisa menikmati hidup. Baginya, Will harus belajar “menjadi” bukan “memiliki”. Tak lama setelah mengatakan itu, sang kakek ambruk. Beliau meninggal dunia. Cerita berlanjut satu tahun kemudian saat Will sudah menjadi atasan di kantornya.

Ketika sedang mencari buku yang hendak dipinjam oleh temannya, Will tanpa sengaja menemukan buku catatan kecil yang sudah disiapkan sang kakek. Dalam buku tersebut tertulis kota-kota serta hal seru yang bisa dilakukan di Meksiko. Daftar tersebut rupanya merupakan tempat serta kegiatan yang pernah dilakukan oleh kakek nenek Will dulu.

Will dan neneknya lanjut bernostalgia dengan membuka kotak berisi banyak foto serta beberapa surat. Salah satu surat, yang dibuat oleh kakeknya untuk sang nenek, dibaca oleh Will. Lelaki itu terlihat tersentuh dengan kata-kata romantis di dalam surat tersebut. Will akhirnya memutuskan untuk berangkat ke Meksiko.

Sebelum berangkat, seorang kerabat menitipkan surat yang ditujukan untuk Danielle pada Will. Sesampainya di Meksiko, Will salah paham karena menyangka bahwa Danielle itu seorang pria. Diantar Danielle (Ximena Romo), Will menuju apartemen yang sudah disediakan sebagai tempat tinggal selama di sana.

Setelah menerima kunci dari Danielle, Will lupa menyerahkan surat yang dititipkan padanya. Lelaki itu justru salah tingkah dan malah mencium kening Danielle dengan canggung. Saat akhirnya surat diserahkan dan Danielle membukanya, ternyata surat tersebut ditujukan untuk Will. Gadis itu lantas menyerahkan kembali pada Will dan langsung dibaca. Isi suratnya tampak penuh rahasia karena ketika Danielle ingin tahu yang tertulis di sana, Will menolak.

Malam itu Will berbelanja, apes, dalam perjalanan pulang, dia dihadang perampok. Dompet berisi uang serta kartu kredit miliknya diambil. Will sama sekali tak punya pegangan uang bahkan untuk makan. Mendengar kabar cucunya kesulitan, sang nenek mengirimkan uang, menitipkannya pada Danielle.

Sinopsis & Review Tell Me When, Saat Lelaki Canggung Jatuh Cinta 3

Will lalu menemui Danielle untuk mengambil uang. Lelaki itu kemudian meminta nomor telepon Dani agar mudah menghubungi. Namun, saat Will memberikan nomor telepon miliknya, Dani terlihat mencatat di sebuah buku kecil. Rupanya gadis tersebut tak memiliki handphone, dia tidak menyukainya karena menganggap itu hanya alat yang akan memperbudak.

Will melanjutkan kegiatan hari itu dengan makan di sebuah restoran. Di sana pula dia membaca surat rahasia tadi. Mengejutkan karena isinya adalah tips dan trik mendekati serta mendapatkan Danielle. Hari itu pula Will mulai melakukan kegiatan-kegiatan yang tertulis di buku peninggalan kakeknya. Esoknya dia kembali menemui Danielle karena uangnya habis.

Bersama Dani dan Beto (Gabriel Nuncio), Will sarapan dan bercerita mengenai peristiwa paling memilukan dalam hidupnya. Dia juga bercerita bagaimana kedua orangtuanya meninggal saat Will masih bayi. Will lantas mengatakan bahwa kedatangannya ke Meksiko adalah untuk melakukan hal-hal yang dituliskan kakek untuknya.

Beruntung bagi Will karena Dani bersedia menemaninya menyelesaikan daftar yang harus dia lakukan di Meksiko. Ditemani gadis itu, satu per satu tempat atau kegiatan yang ada dalam buku catatan berhasil dikunjungi dan dilakukan. Mereka tampak menikmati setiap momen dengan banyak berfoto dan tertawa bersama. Bagaimana kelanjutan kisah keduanya? Akankah mereka semakin dekat dan terlibat perasaan romantis?

Komedi tentang Pria Canggung dan Cinta Pertamanya

Sinopsis & Review Tell Me When, Saat Lelaki Canggung Jatuh Cinta 5

Tell Me When (2021) merupakan sebuah film komedi romantis yang menyuguhkan kekakuan dan kecanggungan seorang pria dewasa dalam menghadapi wanita pertama yang membuatnya jatuh cinta. Will seorang lelaki yang sangat kaku dan hanya mendedikasikan waktu untuk pekerjaan. Dia tak benar-benar menikmati hidup hingga membuat sang kakek khawatir.

Membawakan peran sebagai lelaki yang demikian, aktor Jesus Zavala cukup berhasil. Matanya yang sayu, tak banyak bicara dan tak banyak berekspresi akan membuat Anda cukup bosan dengan karakternya. Kecanggungan karakter Will memang tidak lucu ketika sendiri, bahkan cenderung kelam, tapi saat tampil bersamakarakter lain, Anda bisa tertawa karena kekakuannya. Scene antara dia dan Beto adalah yang paling menghibur.

Baca juga: Sinopsis & Review One Small Problem, Pilihan Hidup Tanpa Anak

Sekalian Jalan-Jalan ke Meksiko

Sinopsis & Review Tell Me When, Saat Lelaki Canggung Jatuh Cinta 7

Menonton film Tell Me When (2021) yang berdurasi sekitar 95 menit, Anda seperti diajak jalan-jalan ke Meksiko; mengikuti Will menyelesaikan daftar yang ada di buku peninggalan mendiang kakeknya. Walau ditampilkan secara sekilas, beberapa kali kamera menangkap landmark terkenal yang ada di Meksiko.

Museum, alun-alun, gedung, perpustakaan hingga deretan toko-toko di sepanjang jalan yang dilalui Will, dikemas dalam sinematografi yang asyik. Pada salah satu scene ketika Will pulang sendiri setelah Dani menolak diantar pulang, selama beberapa detik kamera sengaja mengikuti lelaki itu berjalan dari kejauhan.

Di bagian belakangnya terdapat rolling door berwarna-warni tapi musik yang mengiringi mengalun dengan syahdu. Melalui sinematografi dan paduan scoring yang demikian, penonton seolah diajak memahami suasana hati Will yang sedang sulit dijelaskan. Will jatuh cinta tapi di saat bersamaan dia bingung.

Alur Mengalir tapi Setengah Dipaksakan

Sinopsis & Review Tell Me When, Saat Lelaki Canggung Jatuh Cinta 9

Alur film Tell Me When (2021) sebenarnya bukan yang sulit dimengerti karena plot-nya cukup mengalir. Sayang, pada beberapa bagian, alur cerita terasa mulai dipaksakan. Film ini seolah dipaksa harus ada adegan sedih-sedih atau dramatis padahal seharusnya bisa tetap lucu tanpa mengurangi kesedihan yang ingin disampaikan.

Adegan ketika Will patah hati rasanya terlalu dipaksakan. Visualisasi kesedihan Will yang seolah selalu diikuti awan gelap dan hujan deras juga terlalu mengada-ada; tidak lucu, tidak juga sedih. Pada bagian itu Anda juga akan melihat Will dan apartemennya berada dalam keadaan berantakan. Sementara itu emosi Will yang sedang sedih sama sekali tidak terasa.

Ketika menontonnya bisa jadi Anda malah merasa bahwa reaksi Will sangat aneh karena terlalu berlebihan. Selain itu, daftar yang ditulis kakek untuk Will juga tidak lagi disinggung. Padahal, rasanya itu merupakan bagian terpenting dalam film ini.

Secara keseluruhan Tell Me When (2021) bukan film yang buruk, tapi juga sangat tanggung sebagai film komedi atau romantis. Hanya, akting Ximena Romo sebagai Dani cukup sayang untuk dilewatkan. Karakternya realistis dan wajahnya juga cantik. Apakah tertarik? Tell Me When (2021) sudah bisa Anda saksikan di Netflix!

Tell Me When
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram