Review & Sinopsis Taken, Aksi Heroik Ayah Selamatkan Putrinya

Ditulis oleh Sri Sulistiyani
Taken
3.7
/5

Setiap ayah akan melakukan apapun demi putri tercintanya, terutama saat sang anak mengalami kesulitan. Sosok ayah yang begitu berani dan menjadi pahlawan bagi putrinya tersebut dapat kita saksikan di film Taken.

Demi menyelamatkan anaknya yang diculik, Liam Neeson akan melakukan berbagai aksi berbahaya seorang diri. Bagi kamu yang menyukai genre film action dengan penuh adegan aksi, film ini harus menjadi salah satu movie list-mu. Berikut review dan sinopsisnya!

Baca juga: 10 Film Bertema Ayah yang Seru Sekaligus Mengharukan

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: Pierre Morel
  • Pemeran: Liam Neeson, Maggie Grace, Leland Orser

Cerita dalam film Taken bermula dengan pengenalan tokoh Bryan Mills, pensiunan CIA yang telah bercerai dari istrinya. Kini, putri satu-satunya, Kim (Maggie Grace) telah berusia 17 tahun.

Setelah merayakan ulang tahunnya, Kim meminta izin dari Bryan dan berkata akan pergi ke Paris bersama Amanda. Bryan pun ragu karena merasa hal itu tidak aman untuk Kim.

Namun mantan istrinya, Lenore memaksa Bryan untuk menyetujuinya dan menyebut jika Bryan terlalu protektif pada Kim. Akhirnya, Bryan pun mengizinkan dengan beberapa syarat. Kim kemudian berangkat ke Paris bersama Amanda. Di bandara, mereka bertemu seorang pria bernama Peter yang mengajaknya berbagi taksi menuju penginapan.

Rupanya Peter adalah anggota salah satu sindikat dari kelompok perdagangan manusia asal Albania. Tak lama setelah itu, sindikat tersebut masuk ke apartemen Amanda dan Kim.

Mereka pertama-tama menculik Amanda. Kim yang sedang menelepon Bryan melihat kejadian itu. Dengan tenang, Bryan meminta Kim bersembunyi dan melakukan apa yang ia perintahkan.

Para penculik berhasil membawa Kim, namun Bryan mendapat sedikit petunjuk mengenai penculik tersebut. Dengan bantuan ayah tiri Kim, ia berangkat ke Paris.

Ia juga mendapat bantuan informasi dari temannya sesama pensiunan CIA. Melalui petunjuk-petunjuk kecil, Bryan berhasil menemukan Peter. Namun Peter tewas tertabrak sebelum Bryan mendapat informasi mengenai Kim.

Bryan kemudian menemui Jean-Claude, teman lamanya sesama intelijen yang kini bekerja sebagai pejabat kepolisian di Paris. Jean-Claude pun mengaku jika ia mengetahui mengenai sindikat perdagangan wanita asal Albania tersebut. Namun menurut Jean-Claude, hal tersebut merupakan hal rumit yang melibatkan negara dan para petingginya.

Bryan Mills pun bertekad untuk menyelamatkan putrinya seorang diri. Ia mulai merencanakan misinya, mulai dari menyewa penerjemah Bahasa Albania hingga mencari markas sindikat tersebut.

Bryan kemudian berhasil menemukan markas mereka, namun belum juga menemukan Kim. Ketua sindikat, Marco berkata jika Kim telah dijual pada seseorang bernama Saint-Clair.

Bryan mengunjungi rumah Jean-Claude untuk mencari identitas Saint-Clair. Setelah menembak istri Jean-Claude dan mengancamnya, ia mendapatkan identitas Saint-Clair.

Bryan pun pergi ke tempat Saint-Clair mengadakan transaksi jual beli para gadis. Di tempat itu, Bryan melihat Kim yang sedang di lelang. Namun Bryan berhasil ditangkap oleh anak buah Saint-Clair.

Setelah ditahan beberapa saat, Bryan berhasil mengalahkan anak buah Saint-Clair. Ia pun membuat Saint-Clair terbunuh dan mengatakan keberadaan Kim saat ini. Rupanya Kim sudah dibawa oleh pembelinya ke sebuah kapal. Bryan pun menyusul kapal tersebut ke dermaga dan kembali menghabisi satu persatu penjahat yang menyandera Kim.

Setelah mengalahkan semua musuhnya, Bryan akhirnya bertemu Kim. Keduanya selamat dan kembali ke Amerika. Mantan istri Bryan yang sebelumnya membenci Bryan pun berterima kasih karena telah menyelamatkan Kim.

Penuh Adegan Aksi dengan Alur yang Menegangkan

Penuh Adegan Aksi dengan Alur yang Menegangkan

Film Taken bisa dibilang sebagai salah satu film bergenre action yang cukup legendaris. Film berdurasi 93 menit ini dipenuhi dengan adegan-adegan aksi yang dilakukan oleh karakter utamanya, Bryan Mills.

Adegan-adegan perkelahian, baku tembak, kejar-kejaran, hingga adegan penyiksaan dikemas dengan apik dan tata sinematografi yang sesuai untuk memperlihatkan setiap detail aksi tersebut.

Berbagai aksi tersebut akan mengaduk emosimu yang akan ikut tegang menyaksikan bagaimana perjuangan Bryan Mills melawan sekelompok sindikat penjahat. Namun tak seperti film action lain yang hanya mengutamakan adegan aksi saja, Taken juga memiliki alur cerita yang dikemas dengan baik.

Alur cerita film Taken juga mengandung misteri dan teka-teki yang seru untuk dinikmati dari awal hingga akhir cerita. Kamu juga akan dibuat kagum saat Bryan Mills berhasil mengungkap satu per satu misteri tersebut dengan kecerdikannya.

Sama halnya seperti yang dilakukan Bryan, kamu juga sebaiknya tidak meluputkan setiap detail demi detail adegan dalam film ini ya! Selain alur penuh misteri dan teka-teki, hubungan antara Bryan dan Kim dalam film ini juga akan menggugah sisi emosionalmu.

Kita akan melihat bagaimana kisah seorang ayah yang harus bertahan seorang diri setelah terpisah dari anaknya akibat perceraian. Kamu juga akan terharu saat akhirnya Bryan bisa kembali memeluk Kim setelah mengalahkan semua musuhnya.

Karakter Bryan Mills yang Begitu Heroik

Karakter Bryan Mills yang Begitu Heroik

Karakter utama yang paling ikonik dari film Taken tentunya adalah sosok Bryan Mills yang diperankan oleh tokoh Liam Neeson. Bisa dibilang, peranannya sebagai Bryan Mills juga menjadi salah satu peran yang cukup ikonik dari seorang Liam Neeson. Karakter Bryan Mills di film ini digambarkan sebagai sosok ayah yang begitu heroik.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram