bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / Sinopsis dan Review Film Stand By Me 2, Siapkan Tisu!

Sinopsis dan Review Film Stand By Me 2, Siapkan Tisu!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 24 Maret 2021

Film yang saya tunggu-tunggu akhirnya tayang juga! Diputar perdana tanggal 19 Februari 2020, film ini langsung diserbu banyak penonton baik dari orang dewasa hingga anak-anak. Untuk film Stand By Me 2 masih digarap oleh Takashi Yamazaki; jadi sudah bisa dipastikan filmnya akan sebagus film pertamanya bukan?

Stand By Me 2 ini menceritakan tentang Nobita yang akan segera menikah dengan teman masa kecilnya Shizuka. Namun rasa insecure mendatanginya, membuat Nobita memiliki wedding jitters yang mengancam pernikahannya dengan Shizuka terancam batal. Mau tahu kisahnya lebih lanjut? Simak sinopsis dan ulasannya di bawah ini ya!

Sinopsis

Stand By Me 2_Poster (Copy)


  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Anime, Drama
  • Produksi: Shin-Ei Animation, Robot Communications, Shirogumi
  • Sutradara: Takashi Yamazaki, Ryuichi Yagi
  • Pengisi Suara: Megumi Oohara, Subaru Kimura, Wasabi Mizuta

*SPOILER ALERT*

Nobi Nobita (Megumi Oohara) merupakan seorang anak laki-laki super ceroboh dan sering dijadikan bahan olok-olok temannya akibat terlalu lemah, cengeng dan tidak bisa olahraga. Nobita stres bukan main, namun beruntung, ada sebuah robot kucing dari abad 21 bernama Doraemon (Wasabi Mizuta) yang setia menjaganya.

Cerita dimulai di masa mendatang saat Nobita sudah dewasa. Ia baru saja selesai pesta bujang karena keesokan harinya Nobita akan menikah dengan Shizuka; ia bersama Dekisugi, Giant dan Suneo berpesta semalam suntuk. Namun saat akan pulang, perasaan sedih menyelimuti Nobita.

Lantas cerita berpindah pada Nobita masa sekarang. Nobi yang selalu malas belajar akhirnya kena semprot Ibunya setelah tahu Nobi menyembunyikan kertas ulangan dengan nilai anjlok. Bukannya belajar, ia malah merengek kepada Doraemon. Doraemon yang tidak tahu harus berbuat apa hanya bisa diam mendengarkan sampai Nobita selesai cerita. 

Nobita mengatakan dirinya ingin tahu apakah sebenarnya dia adalah anak angkat atau bukan karena merasa dirinya tidak disayang Ibunya sendiri. Nobita juga ingin bertemu dengan Neneknya yang dirasa paling mengerti dan paling menyayangi dirinya dari kecil.

Merasa konyol, Doraemon akhirnya menemani Nobita untuk kembali ke masa lalu guna melihat apa yang sebenarnya terjadi sekaligus bertemu dengan Nenek Nobita. Saat bertemu dengan Nenek, Nobita menangis meraung-raung menceritakan masalahnya. Nenek Nobita mengerti perasaan cucunya itu.

Padahal saat muncul di depan Nenek, Nobita sudah besar bukan umur 3 tahun lagi; tapi Nenek tahu kalau yang datang padanya adalah Nobi. Setelah selesai kangen-kangenan, Nenek berharap satu hal pada Nobi. Dirinya ingin sekali menjaga Nobi namun tidak akan mungkin. Ia ingin melihat Nobi memakai tas sekolah dan melihat pendamping Nobi kelak.

Merasa itu adalah permintaan dari Nenek, Nobi lantas mengiyakan. Ia pamit sebentar sebelum akhirnya muncul lagi dengan tas sekolah membuat Nenek senang. 1 misi lagi yang harus Nobi kabulkan, yaitu memperlihatkan pendampingnya pada Nenek.

Celaka, ketika Nobita kecil pergi ke masa depan tepatnya ketika Nobi dewasa akan menikah, Nobi dewasa tidak ada di gedung pernikahan; padahal semua tamu, orang tua dan Shizuka sudah menunggu. Tidak mau semuanya berantakan, Nobi kecil diubah oleh Doraemon menjadi Nobi dewasa membuat dirinya ditarik untuk melangsungkan pernikahan.

Nobi kecil yang tiba-tiba berubah jadi dewasa panik bukan main dan membuat kekacauan di gedung pernikahan. Singkat cerita, Nobi kecil akhirnya kembali ke wujud semula untuk mencari dimana Nobi dewasa. Perkiraan Doraemon, Nobi dewasa kembali ke masa sekarang dari masa depan menggunakan mesin waktu milik Doraemon.

Benar saja, Nobi dewasa ada di masa sekarang untuk merenung apakah ia bisa menjadi calon suami yang baik dan benar untuk Shizuka. Ia merasa dirinya hanya akan membuat Shizuka terbebani dan cuma merasa kasihan padanya.

Ingin memperbaiki semua, Nobi dewasa ingin kembali ke masa kecil (Nobita saat ini). Berkat alat ajaib Doraemon, permohonannya pun terkabul. Jiwa Nobi dewasa pindah ke Nobi kecil begitu juga sebaliknya. Namun celaka, Doraemon tidak membaca petunjuk alat tersebut yang bisa menghapus seluruh memori kedua orang yang bertukar jiwa setelah 1 jam pemakaian.

Nyaris melupakan semua orang yang ada di hidupnya, baik Nobi kecil dan Nobi Dewasa akhirnya terselamatkan. Menjadi Nobi kecil untuk sementara waktu membuat pikiran Nobi dewasa lebih terbuka. Ia sadar bahwa dirinya dikelilingi keluarga yang baik, teman yang selalu ada meski sering bertengkar, punya Shizuka yang ia sayang dan punya Doraemon.

Akhirnya Nobi dewasa kembali ke masa depan tepat di saat Nobi kecil kabur dari gedung pernikahan setelah berusaha mencoba menjadi Nobi dewasa untuk menyelamatkan pernikahannya. Rasa insecure Nobi hilang, ia bisa meyakinkan semua orang bahwa dirinya adalah pasangan yang tepat untuk Shizuka. Nobi kecil pun berhasil menyelesaikan misinya, untuk membawa Nenek melihat siapa pendampingnya kelak.

Bawa Tissue!

Stand By Me 2_Sad Scene (Copy)

Banyak sekali adegan yang akan bikin kamu nangis. Pertemuan Nobita dengan Nenek benar-benar bikin saya tengadah supaya air mata engga kompakan turun bikin muka basah. Apalagi kata-kata nasihat dari Nenek. Duh, untuk kalian yang sudah kehilangan figur seorang Nenek bakal dibuat nostalgia dan jadi kangen banget!

Ditambah lagi saat Nobita dewasa akhirnya mengerti bahwa dirinya tidak perlu khawatir akan masa depan selama berada di lingkungan yang tepat. Rasa terimakasih pada kedua orangtuanya, rasa sayang yang ia berikan pada Shizuka, rasa bangga memiliki sahabat seperti Giant dan Suneo. Wah, beneran bikin sesenggukan deh.

Arti Nama Nobita

Stand By Me 2_Nobita (Copy)

Di film ini saya baru tahu arti nama Nobita. Ini dibahas akibat Nobita merasa namanya jelek dan membuatnya kurang beruntung. Nobita yang akhirnya mencari asal usul namanya kaget bukan main setelah mengetahui arti dari namanya. Saat Nobi lahir, Ayah Nobi, Nobisuke, langsung bergegas menemui istrinya, Tomako yang sudah berada di klinik.

Ia lantas langsung menamai anak lelakinya tersebut dengan nama Nobita. Nobita sendiri berarti tumbuh besar dan menjadi kuat juga pintar. Meski hampir semua tidak ada dalam diri Nobita, kini dirinya tidak lagi membenci namanya. Ia malah berbalik sangat suka pada nama Nobita dan sangat berterimakasih untuk hal itu pada kedua orang tuanya.

Doraemon is The Best

Stand By Me 2_Doraemon (Copy)

Meski bukan manusia, doraemon bisa merasakan semua perasaan manusia. Dia robot paling bisa diandalkan bagi Nobita. Meski Doraemon berkali-kali mengancam untuk tidak akan menuruti apapun permintaan Nobita, di akhir cerita Doraemon selalu ada untuknya. Doraemon sadar kalau Nobita tidak bisa ditinggal sendiri, itu kenapa Doraemon mau tetap ada untuk Nobi. 

Bahkan ketika Nobi beranjak dewasa, dirinya tetap mencari Doraemon. Nobita benar-benar tidak bisa lepas dari Doraemon. Saya khawatir, di film berikutnya, Doraemon benar-benar hilang atau pulang ke masa depan. Pasalnya, saat dewasa, Doraemon tidak ada di dekatnya. Sedih sekali.

Dilihat dari beberapa situs rating film, Stand By Me 2 ini hampir menempati rating sempurna! 4,9 dari 5! Keuntungan dari film ini saja sudah bisa ditebak mengingat film pendahulunya, Stand By Me berhasil meraup lebih dari $ 190 juta; membuat film ini masuk dalam Box Office film Anime.

Buruan nonton filmnya, kalian pasti engga akan nyesel deh. Dari segi plot memang agak bingung karena alurnya maju mundur; namun sang sutradara dengan apik membuatnya jadi lebih muda dipahami oleh para penontonnya. Segera kunjungi bioskop kesayangan kalian ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram