Sinopsis & Review Sinkhole, Amblasnya Apartemen Penuh Penghuni

Ditulis oleh Gerryaldo
Sinkhole
3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Setelah sukses dengan film bencana seperti Exit, The Tower dan Tunnel, kini Korea kembali menggebrak dunia perfilman dengan merilis film premis serupa berjudul Sinkhole. Film ini mencampur adukan plot serius, menegangkan sekaligus komedi menjadi satu sehingga siapapun yang menontonnya pasti akan terhibur.

Saat mengulas film ini; saya teringat film serupa yaitu Exit yang juga mengkombinasikan beberapa plot tersebut. Bagaimana tidak, kini si jerapah, Lee Kwang Soo, ikut jadi pemeran utama. Bisa dibayangkan tidak si former member Running Man tersebut harus beradu akting dengan aktor dan artis lainnya yang memang sudah lebih senior membintangi film ‘serius’?

Sinopsis

Sinkhole_Poster (Copy)

Seorang manajer di sebuah perusahaan bernama Park Dong Won  (Kim Sung Kyun) baru saja pindah ke sebuah apartemen yang lebih luas yang ia beli setelah menabung selama 11 tahun lamanya. Apartemen di daerah Chungwoon Villa tersebut akan ia tempati selama sisa hidupnya bersama bersama istri, Young Yi (Kwon So Hyun) dan anak lelakinya. 

Di apartemen itu tinggal juga seorang Ayah serba bisa bernama Jung Man Soo (Cha Seung Won) dan anak lelakinya yang tidak terlalu dekat dengannya bernama Seung Tae (Nam Da Reum), seorang nenek (Jeon Eun Mi) bersama anak lelakinya, juga anak kecil bernama Sung Hoon (Oh Ja Hun) yang pemalu juga beberapa penghuni lainnya. Apartemen itu ramai.

Satu pagi, anak dari Dong Won mengatakan ia bisa melakukan hal hebat. Saat ditanya apakah hal hebat yang dimaksud, ia lantas melempar kelereng yang akhirnya menggelinding hingga ujung ruangan. Dong Won yang merasa aneh lantas mencoba untuk keluar apartemennya dan memeriksa gedung apartemennya tersebut; ia menemukan ada beberapa retakan. Namun karena dipikir biasa, ia tidak terlalu menghiraukannya.

Saat sampai di kantor, ia langsung disambut dan diucapkan selamat oleh timnya mengingat ia berhasil membeli rumah yang ada di tengah-tengah kota Seoul. Jadilah Dong Won mengundang beberapa timnya untuk datang ke rumah sebagai acara syukuran rumah. Diantaranya ada Kim Seung Hyeon (Lee Kwang Soo), Eun Jo (Kim Hye Jun) dan dua orang lainnya namun mereka berdua pulang terlebih dulu karena berkelahi.

Begitu Eun Jo hendak pulang, dirinya ditahan oleh Dong Won mengatakan bahwa ia bisa tinggal dirumahnya karena saat itu semua dalam keadaan mabuk; khawatir ada apa-apa di jalan meski Man Soo sudah menawarkan menjadi driver untuk mereka. Alhasil, semua yang tersisa menginap di kediaman Dong Won.

Keesokan paginya, hal aneh terjadi. Beberapa bagian dari gedung apartemen mengalami keretakan. Hal ini tidak disadari oleh para penghuni karena saat itu hari masih pagi. Retakan itu jadi semakin lebih dalam daripada retakan sebelum-sebelumnya. Tak lama setelah itu tanah mulai anjlok perlahan dan bangunan mulai miring; tanpa disadari banyak orang.

Seung Hyeon terbangun karena ada janji yang harus ia lakukan di pagi hari, namun saat masuk ke dalam taksi; ia kembali lagi ke apartemen untuk mengambil tas yang ketinggalan. Belum lama setelah ia masuk kembali ke dalam taksi, getaran hebat terasa di sepanjang jalanan depan apartemen. Yong Yi yang saat itu juga sedang menunggu anaknya kembali guna mengambil troli belanjaan kaget bukan main.

Bak gempa bumi hebat, wilayah Chungwoon Villa bergetar keras dan perlahan bangunan apartemen kediaman Dong Won pun amblas. Bangunan setinggi 4 lantai itu langsung terjun bebas dalam keadaan utuh ke dalam lubang yang luas sekali sedalam 500 meter. Kejadian itu membuat beberapa penghuni terjebak di dalam apartemen. Yong Yi yang melihat peristiwa tersebut panik karena anak lelakinya masih berada di kawasan apartemen.

Dong Won yang akhirnya terbangun karena guncangan keras langsung melihat sekeliling tempat tinggalnya. Ia melihat Seung Hyeon terjebak di dalam taksi dan langsung menyelamatkannya. Kemudian mereka berdua mencari Eun Jo yang masih ada di dalam kamar. Hal serupa dilakukan oleh Man Soo yang mencari anaknya Seung Tae.

Mereka semua dibuat menganga saat mencoba menyelamatkan diri ke top floor apartemen. Pemandangan sepanjang mereka melihat hanyalah tebing tanah curam dan 1 titik cahaya yang jauh sekali diatas. Mereka mencoba untuk membuat panggilan namun tidak ada sinyal sehingga mereka kebingungan harus bagaimana.

Jendela waktu mereka semakin menyempit. Tim 119 yang terdiri dari kepolisian, tim basarnas dan first responder lainnya berusaha sebisa mungkin untuk menyelamatkan para penyintas namun apa daya, jarak mereka yang terlalu dalam membuat semuanya jadi serba sulit. Belum lagi hujan yang akan segera turun bisa menenggelamkan mereka semua akibat saluran air daerah itu putus dan mengarah ke arah lubang.

Selain hujan, para tim penyelamat juga khawatir mengenai gedung apartemen di sebelah apartemen yang amblas akan ikut runtuh masuk lubang karena tanahnya mulai tidak stabil akibat tersiram air hujan. Jauh di dalam lubang, Dong Won, Seung Hyeon, Eun Jo, Man Soo dan Seung Tae berusaha untuk bertahan hidup. Khususnya Dong Won yang mengetahui kalau anak lelakinya masih berada di dalam gedung ketika berhasil diberitahu istrinya Young Yi lewat telepon satelit yang dijatuhkan ke dalam lubang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram