bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Sardar Ka Grandson (2021)

Sardar Ka Grandson (2021) adalah film yang menunjukkan cinta seorang cucu pada neneknya. Film ini mengisahkan Amreek (Arjun Kapoor) yang ingin mengabulkan permintaan terakhir neneknya Sardar (Neena Gupta) untuk bisa mengunjungi rumah lamanya.

Sayangnya rumah itu berada di Pakistan, alhasil Amreek sampai nekat merantau ke negeri serumpun demi memenuhi keinginan terakhir neneknya. Tapi sayangnya film yang disutradarai oleh Kaashvie Nair ini bisa dikatakan kurang berhasil. Rotten Tomatoes memberikan nilai 20% dari 10 reviewers, sementara iMDb memberikan rating 4.2/10.

Katanya sih Sardar Ka Grandson (2021) bagus, tapi belum cukup untuk membuat orang terpesona. Apalagi akting Arjun Kapoor dikatakan kurang menarik, lagi-lagi bikin penonton kecewa.

Lalu, bagaimana cerita Amreek selama di Pakistan, apakah ia bisa mengabulkan permintaan terakhir neneknya? Jangan sampai ketinggalan, kamu bisa mendapatkan penjelasan lengkapnya hanya di bawah ini.

Baca juga: Sinopsis dan Review Film India Bhuj: The Pride of India

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Romance, Family, Comedy
  • Sutradara: Kaashvie Nair
  • Pemeran: Arjun Kapoor, Neena Gupta, Rakul Preet Singh, Aditi Rao Hydari, John Abraham
  • Produksi: T-Series, Emmay Entertainment, JA Entertainment

Film ini mengisahkan berkumpulnya anak dan cucu dari Swanmeet kaur Singh (Neena Gupta) atau yang kerap disapa Sardar. Berada di penghujung usianya, Sardar tidak ingin melewatkan sedikitpun waktu untuk bersama dengan keluarganya. Di usianya yang sudah menginjak 90 tahun, Sardar dikagetkan dengan penyakit tumor yang idapnya.

Dokter sendiri telah menyerah, pasalnya operasi pengangkatan tumor ini akan sangat beresiko untuk Sardar. Di tempat lain, Amreek (Arjun Kapoor) yang tinggal di Los Angeles mengalami masa-masa sulit baik dalam pekerjaan maupun hubungan asmara. Amreek yang bekerja di “Gently Soft” bersama sang kekasih, selalu saja menimbulkan banyak masalah.

Sikap Amreek yang tidak pernah mau mengakui kesalahannya membuat Radha (Rakul Preet Singh) kesal, alhasil wanita ini memutuskan hubungan mereka. Dilanda rasa sedih yang mendalam, Amreek memanggilnya pulang ke India untuk menemui neneknya. Sesampainya di sana Amreek menyadari satu hal, betapa sang nenek merindukan kehidupan lamanya di Pakistan.

Sardar menceritakan bagaimana ia dan sang suami Gursher Singh (John Abraham) hidup bersama, selama masa pemisahan negara. Mereka tinggal di Lahore, Pakistan dan membangun usaha pembuatan sepedah kecil-kecilan bersama. Di rumah itu Sardar menggantungkan harapannya, wanita ini ingin hidup bersama anak-anaknya kelak.

Sayangnya harapan hanya sekedar impian, tepat di tahun 1956 terjadi kerusuhan besar yang membuat Gursher Singh gugur. Pria itu berusaha melawan perusuh demi menyelamatkan istri dan anaknya, hingga ia meregang nyawa setelah ditikam berkali-kali. Sejak saat itu Sardar meninggalkan Lahore, ia bermigrasi ke India tapi tetap tidak bisa melupakan rumahnya.

Amreek menyadari betapa pentingnya rumah itu bagi Sardar, ia berusaha membawa neneknya ke Pakistan tapi gagal. Visanya sudah masuk ke dalam data hitam, pasalnya beberapa tahun yang lalu Sardar pernah menyerang orang penting Pakistan bernama Saqlain Niazi (Kumud Mishra). Hingga suatu hari ia melihat keberhasilan Radha mencangkok pohon berusia ratusan tahun di Amerika.

Ia berpikir untuk meminta bantuan Radha, memindahkan rumah Sardar di Lahore ke India. Semua orang yang mendengarkan hal ini tertawa, tidak ada satupun yang mempercayainya.

Sampai-sampai Amreek nekat pergi ke Pakistan, tapi sesampainya di sana rumah itu sedang dalam proses perobohan. Apakah yang akan dilakukan Amreek untuk memenuhi permintaan terakhir Sardar?

Film Keluarga yang Terasa Hangat dan Penuh Cinta

Film Keluarga yang Terasa Hangat dan Penuh Cinta

Sardar Ka Grandson (2021) merupakan film bertema keluarga yang cukup menghibur. Film ini akan saya rekomendasikan untuk ditonton bersama, sambil menghabiskan musim liburan.

Pasalnya film ini memiliki premis yang sangat simpel, tapi memiliki ikatan cinta keluarga yang sangat kuat. Karakter Sardar dan Amreek disini benar-benar akan membuat siapapun terharu dengan perjuangan mereka.

Ketika perjuangan Sardar hampir berhenti, ada Amreek yang berusaha memberikan kebahagian yang tidak pernah dirasakan wanita itu. Bagi saya, kisah Sardar yang merindukan rumahnya di Lahore menjadi premis yang baik. Hanya saja bagian Amreek yang memindahkan rumah Sardar ke India, jujur saja agak kurang logis.

Kisah ini tidak hanya berhenti soal Sardar dan Amreek, ikatan lainnya juga muncul dari anak kandung dan anak angkatnya. Sardar menjadi sosok wanita tua yang kekanak-kanakan, untungnya kedua anaknya bisa mengerti. Di balik itu, ada pertarungan antara anak kandung dan anak angkat, soal perusahaan sepedah yang dibangun Sardar.

Kisah ini memang menjadi side story yang pas, karena hal ini mendukung untuk pengembangan karakter semua orang. Kalau soal sinematografi, Mahendra J Shetty berhasil memberikan gambaran India dan Pakistan dengan baik. Musik yang ditata oleh Gulraj Singh dan Tanishk Bagchi juga terasa sangat pas, apalagi di adegan melow.

Untuk tata busananya terasa pas, jujur saja saya sangat menyukai tata busa Aditi Rao Hydari dan John Abraham. Terasa sekali perbedaan generasinya, bahkan warna yang digunakan pun terlihat sangat cantik tapi tidak terlalu mencolok. Bagi saya Sardar Ka Grandson (2021) menjadi film bollywood terbaik di tahun ini, meski belum bisa dikatakan sempurna.

Arjun Kapoor Kurang Memberikan Soul untuk Karakternya

Arjun Kapoor Kurang Memberikan Soul untuk Karakternya

Tidak bisa dipungkiri, bahwa karakter paling penting di film ini adalah Amreek yang diperankan oleh Arjun Kapoor. Sejujurnya saya sudah biasa mendengarkan soal akting Arjun Kapoor, yang dianggap kurang total. Pasalnya di beberapa momen, Arjun Kapoor masih terasa kurang total untuk memberikan akting terbaiknya di film ini.

Seharusnya Amreek menjadi karakter paling penting di sini, karena ia yang pergi ke Lahore untuk membawa rumah Sardar. Namun saya tidak pernah bisa merasakan sorot mata Arjun, seakan hanya tubuhnya saja yang berakting. Sedangkan untuk matanya, saya tidak bisa merasakan matanya berkata bahwa ia merasa sedih atau senang.

Performa dari Arjun Kapoor terasa kurang ada soul, terutama saat Amreek harus berhadapan dengan Saqlain Niazi. Adegan ketika Saqlain meminta Sardar meminta maaf padanya, di sini Arjun seharusnya bisa memberikan ekspresi yang lebih dramatis. Sayangnya, tensi yang seharusnya bisa membuat suasana makin dalam malah terbuang dengan sia-sia.

Bagi saya tidak ada momen Arjun Kapoor yang memorable, saya hanya ingat bagian ketika masyarakat sekitar mengangkat kabel listrik. Adegan ini menjadi hal yang paling penting bagi saya, padahal di situ ada Arjun Kapoor yang seharusnya mengambil spotlight. Kekurangan Arjun hanya tidak bisa memberikan soul pada karakternya, sehingga aktingnya terasa kosong.

Aditi Rao Hydari dan John Abraham Mengambil Spotlight

Aditi Rao Hydari dan John Abraham Mengambil Spotlight

Sejujurnya saya sempat bingung saat menonton film ini, karena tiba-tiba ada adegan flashback. Tapi adegan masa lalu inilah yang membuat saya jatuh cinta dengan film Sardar Ka Grandson (2021).

Pasalnya penampilan yang epik dari pasangan Aditi Rao Hydari yang memerankan Sardar muda. Diimbangi dengan John Abraham yang memerankan Gursher Singh, suami dari Sardar yang gugur dalam kerusuhan.

Kedua pasangan ini sejak awal langsung membuat suasana jadi penuh romansa, dengan kisah cinta klasik. Sepasang suami istri yang sedang meniti hidup mereka, bermimpi untuk memiliki hidup bahagia bersama dengan anak-anak mereka. Kedua pasangan ini seperti pasangan impian, karena saling memahami dan melengkapi.

Sardar dan Gursher bekerjasama membangun toko sepeda mereka, sambil membangun rumah impian keduanya. Gursher mengalah demi Sardar, karena istrinya tidak ingin meninggalkan Lahore dan rumahnya. Namun karena keputusannya juga, Gursher harus meregang nyawa demi menyelamatkan istri dan anaknya.

Kisah cinta manis dan tragis ini sangat menyentuh hati, saya pikir semua orang pasti akan terenyuh dengan pasangan Aditi Rao Hydari dan John Abraham. Bahkan ketika mereka hanya mendapatkan sedikit screentime, mereka berhasil memberikan performa terbaiknya. Apalagi di sini saya melihat John Abraham yang jauh dari karakternya di Satyameva Jayate (2018).

Inilah review saya setelah menonton Sardar Ka Grandson (2021), sebuah film keluarga yang penuh cinta dan menghangatkan. Meski tidak sempurna, nyatanya film ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditonton saat kumpul bareng keluarga. Jangan lupa untuk mencari review film atau drama Asia lainnya, hanya di Bacaterus.  

Sardar Ka Grandson
Rating: 
3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram