bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Thriller Korea Recalled (2021)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 14 Oktober 2021

Kim Soo Jin mengalami amnesia setelah peristiwa kecelakaan yang menimpa dirinya. Dibawa pulang oleh suaminya, Lee Ji Hoon, Soo Jin mulai mendapat visual mengenai kejadian yang dia yakini berasal dari masa depan.

Ingatan Soo Jin pun perlahan pulih, terutama saat dia kembali bertemu teman lama di tempat kerjanya dulu. Sayang ingatan yang dia dapat justru bukan ingatan baik.

Soo Jin yakin bahwa suaminya adalah seorang pembunuh. Namun, yang sebenarnya terjadi justru lebih mengejutkan sekaligus mengharukan karena ini berhubungan dengan masa lalunya.

Recalled (2021) yang tayang April 2021 di Korea Selatan mendapat sambutan hangat. Penasaran dengan sinopsis dan ulasannya? Kalau penasaran, lanjutkan membaca ya!

Sinopsis

Recalled (2021)_
  • Tahun Rilis: April 2021
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Produksi: Tori Pictures, iFilms Corporation
  • Sutradara: Seo Yoo Min
  • Pemeran: Seo Yea Ji, Kim Kang Woo, Sung Hyuk, Bae Yoo Ram

Soo Jin (Seo Yea Ji) mengalami kecelakaan dan hilang ingatan. Sang suami, Ji Hoon (Kim Kang Woo) setia merawat sembari berusaha mengingatkan wanita itu mengenai siapa dirinya.

Setelah sekian lama dirawat di rumah sakit Soo Jin akhirnya dibolehkan pulang. Soo Jin dan Ji Hoon rupanya berencana untuk bermigrasi ke Kanada. Keduanya lalu segera mengurus hal tersebut.

Esok hari saat akan berjalan-jalan, Soo Jin bertemu seorang gadis cilik di dalam lift. Tas gadis itu terbuka dan Soo Jin berinisiatif membetulkannya. Saat itulah dia melihat sekelebat bayangan kecelakaan yang melibatkan gadis tersebut. Ekspresi Soo Jin langsung berubah bingung sementara anak gadis itu segera keluar lift.

Kecelakaan yang sekelebat mampir ke pikirannya tadi benar-benar terjadi. Soo Jin berusaha menyelamatkan gadis tersebut tapi Ji Hoon datang menahan dan keduanya jatuh ke aspal. Beruntung, si anak atau pasangan itu tak mengalami luka serius.

Esok harinya Soo Jin bertemu lagi dengan gadis cilik itu dan kembali mendapatkan sekelebat bayangan. Kali ini dia melihat kompor yang dinyalakan oleh ibu si anak meledak.

Soo Jin segera menelepon Ji Hoon dan mengatakan sesuatu yang ‘dilihatnya’. Belum sempat melakukan apapun, apartemen si anak gadis tadi terlanjur meledak.

Ji Hoon lalu membawa Soo Jin ke dokter untuk memeriksakan keadaannya. Dokter mengatakan bahwa kemungkinan Soo Jin hanya berhalusinasi dan menganggapnya sebagai kejadian di masa depan.

Wanita itu tak terima karena begitu yakin dengan penglihatannya. Dia juga kecewa karena Ji Hoon malah menganggapnya sakit. Scene berpindah memperlihatkan Soo Jin yang bangun dalam keadaan kaget setelah bermimpi melihat dirinya jatuh dari atas gedung karena didorong seorang pria.

Tak lama, dua orang detektif datang memeriksa laporan terkait kecelakaan yang menimpanya tempo hari. Detektif Bae (Bae Yoo Ram) menunjukkan gambar lebam-lebam yang ada pada tubuh Soo Jin, sementara Detektif Ki Sang (Park Sang Wook) bertanya mengenai Ji Hoon; apakah dia seorang yang kasar atau pemarah?

Pemeriksaan pun selesai dan Soo Jin diminta menandatangani berkas yang dibutuhkan. Soo Jin bingung karena pada berkas tersebut dia mendapati nama Lee Ji Hoon tertulis sebagai penyerang.

Wanita tersebut kembali mendapatkan ‘penglihatannya.’ Kali ini dia melihat seorang gadis muda diperlakukan kasar oleh pria dewasa. Soo Jin berusaha membuntuti gadis tersebut tapi di tengah jalan dia bertemu seseorang yang mengenalnya.

Rupanya dia adalah rekan kerja Soo Jin di sebuah sekolah seni untuk anak-anak. Soo Jin baru tahu bahwa sebelum kecelakaan itu dirinya adalah seorang guru.

Rekan kerjanya tersebut bercerita bahwa Ji Hoon adalah suami yang pencemburu tapi penyayang. Saat di sekolah itulah Soo Jin menemukan kartu nama Ji Hoon lengkap dengan alamat kantornya.

Soo Jin mendatangi kantor tersebut yang ternyata sudah dalam keadaan terbengkalai. Sejurus kemudian seorang tenaga keamanan menghampirinya dan mengatakan bahwa perusahaan tersebut bangkrut sejak 6 bulan lalu.

Dia juga menceritakan bahwa seorang pria masih suka ke sana untuk mengambil barang. Tak lama, Ji Hoon menelepon karena menemukan kartu nama polisi yang siang tadi datang ke apartemen mereka.

Bertemu di rumah, Ji Hoon mencurigai bahwa ingatan Soo Jin telah kembali. Wanita itu berbalik penasaran karena Ji Hoon tak bercerita apa pun mengenai sekolah seni dan tempat kerjanya. Dia merasa seolah suaminya tersebut menyembunyikan sesuatu.

Di kantor polisi Detektif Bae dan Ki Sang memeriksa CCTV. Mereka mendapati Ji Hoon tertangkap berada di sebuah mobil yang baru keluar dari area konstruksi. Di tempat berbeda Soo Jin memeriksa barang-barangnya yang dikirim oleh rekan di sekolah seni tadi.

Dia terkejut karena mendapati beberapa lembar foto dirinya yang sedang mesra bersama seorang pria. Lalu, siapa pria tersebut? Seperti apa persisnya masa lalu Soo Jin? Benarkah Ji Hoon adalah orang yang membuatnya celaka?

Peristiwa Kelam Terungkap Saat Ingatan Kembali

Peristiwa Kelam Terungkap Saat Ingatan Kembali_

Sebuah peristiwa kelam di hidup seseorang tak mungkin hilang dari ingatan. Sekali pun amnesia, peristiwa itu akan kembali muncul ke permukaan secara perlahan dan mulai meneror, mulai mengancam. Kurang lebih premis seperti itulah yang bisa kamu dapatkan saat menonton film terbaru aktris cantik Seo Yea Ji berjudul Recalled (2021).

Kemampuan aktingnya berperan sebagai Kim Soo Jin; seorang wanita yang hilang ingatan lalu pelan-pelan menyusun kembali memorinya hingga berhasil mengungkap pelaku kejahatan, patut diacungi jempol.

Pengembangan karakter dan konflik dalam film ini disajikan secara rapi. Kamu akan dibawa masuk pelan-pelan ke alurnya yang semakin berkelok, karena selain plot twist, film ini juga memuat gambaran delusi yang dialami Soo Jin karena trauma masa lalunya.

Alur yang Perlu Dicerna Pelan-pelan

Alur yang Perlu Dicerna Pelan-pelan_

Diawali dengan sangat meyakinkan; seolah Soo Jin benar-benar bisa melihat masa depan, alur di bagian pertengahan film bisa-bisa membuatmu cukup kebingungan. Pasalnya lumayan sulit untuk membedakan mana delusi yang diciptakan bagi karakter Soo Jin dan mana alur sesungguhnya.

Saat terkecoh seperti itu, kamu mungkin merasa bisa menebak jalan cerita film ini secara keseluruhan, tapi tunggu dulu karena ada kejutan untukmu!  

Untuk dapat memahaminya, alur film Recalled (2021) perlu dicerna pelan-pelan. Menampilkan sinematografi yang apik, petunjuk pertama datang dari scene yang memperlihatkan foto antara Soo Jin dan Ji Hoon saat masing-masing memakai gaun pengantin dan jas.

Petunjuk lain adalah ketika Soo Jin harus menandatangani berkas kepolisian dan di sana tertera nama Lee Ji Hoon sebagai penyerangnya.

Plot Twist yang Membingungkan, Beberapa Agak Dipaksakan

Plot Twist yang Membingungkan dan Beberapa Agak Dipaksakan_

Dalam durasi sekitar 1 jam 32 menit, film Recalled (2021) banyak menyuguhkan plot twist. Berangkat dari prasangka terhadap karakter Lee Ji Hoon, kamu akan cukup kaget dengan alur selanjutnya yang menampilkan sosok Lee Ji Hoon yang lain, yaitu Lee Ji Hoon asli.

Penyusunan konflik dalam alur mundur mengenai siapa sesungguhnya Lee Ji Hoon benar-benar apik dan tak terduga. Sayangnya, ada beberapa plot yang terasa agak dipaksakan. Salah satunya adalah plot ketika Ji Hoon yang seharusnya tewas secara tragis karena berdarah super banyak dan sudah dimasukkan dalam adukan semen, ternyata dapat hidup kembali.

Walau begitu, alur film Recalled (2021) tetap konsisten menghadirkan kejutan demi kejutan bahkan sampai film berakhir.  

Itu dia sekilas sinopsis dan ulasan film Recalled (2021); film yang saat perilisannya di April 2021 lalu menduduki rangking pertama dalam penjualan tiket di Korea Selatan.

Terlepas dari kontroversi aktris utamanya, Seo Yea Ji, film ini membuktikan kualitas aktingnya sebagai pelakon. Penasaran dengan jalan ceritanya? Saksikan segera!

Recalled
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram