Sinopsis dan Review Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.
Pokémon the Movie: Secrets of the Jungle
3.3
/5

Apa jadinya jika bayi manusia dibesarkan oleh Pokemon yang hidup di hutan? Pokemon the Movie: Secret of the Jungle (2020) di Jepang dikenal dengan judul Gekijouban Poketto monsuta- Koko. Film ini ditayangkan secara resmi di Jepang pada 25 Desember 2020, sedangkan di luar Jepang di rilis di Netflix pada 8 Oktober 2021.

Meski penayangannya sempat tertunda, film ini mendapatkan penghasilan sebesar $18.53 di box office Jepang. Dengan jumlah total penghasilan dari box office dunia, film ini berhasil mendapatkan sekitar 23 juta dolar.

Film ini masih berpusat pada petualangan Satoshi dan Pokemon miliknya, Pikachu. Satoshi bertemu dengan seorang anak laki-laki yang dibesarkan oleh Pokemon di hutan. Lalu, bagaimanakah kisah petualangan Satoshi dengan Koko? Berikut ini sinopsis dan review Pokemon the Movie: Secret of the Jungle (2020).

Sinopsis 

sinopsis_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: OLM, Inc.
  • Sutradara: Tetsuo Yajima
  • Pengisi Suara: Rika Matsumoto, Ikue Otani, Moka Kamushirashi, Kankuro Nakamura

Terletak di sebuah hutan yang ada di Okoya, salah satu Pokemon mitos Zerude menemukan seorang bayi manusia yang terdampar di tepi sungai. Walau ditentang oleh kelompoknya, Zerude memutuskan untuk membesarkan bayi manusia tersebut dan memberikannya nama ‘Koko’.

10 tahun kemudian, Satoshi ditemani Pikachu melanjutkan petualangannya demi menjadi seorang master Pokemon. Satoshi pergi ke hutan Okoya yang dekat dengan kota Milyfa.

Ketika sedang berusaha menangkap salah satu Pokemon yang ada di sana, Satoshi bertemu dengan salah seorang pekerja dari perusahaan Biotope yang sedang melakukan penelitian. Tak jauh dari lokasi Satoshi, Tim Rocket diam-diam mencari informasi tentang perusahaan tersebut dan memutuskan untuk menyusup ke dalam perusahaan itu.

Sementara itu, tiba-tiba Satoshi menemukan Koko yang terjatuh ke dalam air terjun dan menyelamatkannya. Koko tersadar dan bingung, karena saat ia bangun ia tidak ada di dalam hutan, tapi berada di kota Milyfa. Koko terkejut dan berusaha melarikan diri karena tidak pernah melihat manusia lain sebelumnya.

Satoshi dan Pikachu mengejar Koko, kemudian berkenalan dengan Koko dan mengajarkan beberapa hal tentang manusia. Koko yang senang bertemu dengan sosok manusia lain.

Ia mengajak Satoshi ke dalam hutan kembali dan mengenalkannya pada ayahnya. Kemudian, Koko memaksa Zerude untuk mengatakan yang sesungguhnya tentang dirinya.

Zerude mengajak mereka ke sebuah tempat terbengkalai yang ditemukan tak lama setelah Zerude memutuskan untuk mengadopsi Koko.

Zerude menunjukan sebuah foto dan sebuah benda peninggalan dari orang tua Koko. Penasaran dengan identitas sesungguhnya, Koko mencari barang lain yang mungkin bisa menjadi sebuah petunjuk dengan dibantu oleh Satoshi.

Mereka lalu menemukan benda yang terukir sebuah logo perusahaan Biotope. Satoshi pun mengajak Koko ke sana dan berusaha mencari tahu keberadaan orang tua Koko.

Di sana, ia bertemu dengan Dr. Zed. Kemudian Dr. Zed menceritakan tentang orang tua Koko yang merupakan seorang ilmuwan dan nama asli Koko adalah Al. Tapi sayangnya, orang tua Koko sudah meninggal karena kecelakaan mobil.

Dr. Zed kemudian memeriksa benda peninggalan orang tua Koko. Dari sana terekam sebuah bukti data yang selama ini ia cari tentang pohon besar yang menjadi sumber air ajaib. Koko sedih dan bingung mendengar berita tentang orang tuanya. Ia pun kemudian berlari menuju pohon besar. Tak lama, Dr. Zed juga tiba di lokasi yang tak jauh dari Koko.

Belakangan diketahui kalau Dr. Zed menempelkan alat pelacak di baju Koko. Dr. Zed menghancurkan hutan dan juga menembak pohon besar.

Koko bersama dengan Satoshi dan Pikachu mencoba menghentikan perbuatan Dr. Zed. Sementara itu, Tim Rocket menyusup ke ruangan Dr. Zed. Mereka menemukan sebuah fakta yang mengejutkan. Dr. Zed merupakan dalang dari meninggalnya orang tua Koko.

Tak lama setelah Dr. Zed mengakui perbuatannya yang telah membunuh orang tua koko, ia merebut sebuah tank dari bawahannya. Satoshi, Pikachu dan Koko terus berusaha melawan Dr. Zed, tapi belum juga berhasil. Kelompok Zerude yang terpancing amarahnya muncul di lokasi tempat Satoshi, Pikachu, Koko dan Dr. Zed.

Tak lama, ayah angkat Koko juga tiba di sana, dengan ditemani oleh Pokemon lainnya yang tinggal di hutan tersebut. Mereka sama-sama menyerang Dr. Zed, namun ayah angkat Koko terluka ketika melindungi Koko dari serangan Dr. Zed.

Koko dan ketua kelompok Zerude bergegas membawa ayah angkat Koko yang terluka ke air suci, namun kekuatan air suci itu melemah karena tembakan yang dilakukan oleh Dr. Zed.

Koko teringat kata-kata ayahnya tentang kekuatan hutan. Ia pun mencoba menyembuhkan ayah angkatnya dan keajaiban benar-benar terjadi, seolah-olah Koko seorang Pokemon, sampai bisa menyelamatkan ayah angkatnya yang sudah kritis.

Di tempat pertempuran, Satoshi dan yang lainnya terus menyatukan kekuatan untuk mengalahkan Dr. Zed setelah mengetahui titik lemah tank yang ia gunakan. Dr. Zed melarikan diri, namun berhasil ditangkap oleh Koko.

Karena hutan telah rusak, Satoshi, para Pokemon dengan beberapa orang yang datang bersama Dr. Zed mencoba memperbaiki hutan akibat ulah manusia yang telah merusaknya. Sedangkan Dr. Zed ditangkap karena terbukti melakukan sebuah kejahatan. Kejahatannya diketahui dari sebuah video yang disebarkan oleh Tim Rocket.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram