bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Perdida, Mencari Teman yang Hilang

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 18 September 2021

Bagaimana perasaan kita ketika seorang sahabat pergi meninggalkan kamu tanpa jejak secara tiba-tiba? Pasti kamu akan sedih, bukan? Hal inilah yang dialami oleh seorang anggota polisi, lebih tepatnya detektif bernama Manuela Pelari (Luisana Lopilato). Ia kehilangan sahabat semasa SMA-nya dulu. Sahabatnya menghilang secara misterius saat mereka sedang melakukan kegiatan karyawisata.

Kisah Manuela Pelari dapat disaksikan secara lengkap di film berjudul Perdida. Dan kali ini Bacaterus akan membahas sinopsis dan review film Perdida, spesial buat kamu yang kepo sama filmnya.

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Crime, Drama, Mystery
  • Produksi: Bowfinger International Pictures, Cornelia la Pelicula
  • Sutradara: Alejandro Montiel
  • Pemeran: Luisana Lopilato, Laura Laprida, Amaia Salamanca

Manuela 'Pipa' Pelari adalah seorang gadis cantik yang bersahabat dengan empat orang gadis lainnya yang sama-sama menempuh pendidikan di SMA prestisius di tempat tinggal mereka. Dua orang sahabat terdekat Pipa adalah Cornelia (Amaia Salamanca) dan Leonora atau Leo (Laura Laprida). Meski dekat, Leonora kerap kali merasa iri kepada sahabat-sahabatnya itu.

Suatu ketika, ketiga sahabat ini mengikuti karyawisata yang diadakan di kawasan Pegunungan Patagonia yang dipenuhi salju. Di sana, mereka tinggal di sebuah penginapan milik seorang wanita paruh baya. Wanita tersebut memiliki seorang putra bernama Ariel (Juan Ignacio Cane).

Leonora dan Cornelia jatuh hati pada Ariel. Semuanya terlihat jelas ketika mereka bertiga memutuskan untuk pergi ke bar dan menari di sana. Cornelia yakin Ariel jatuh hati padanya, sementara sebenarnya Ariel lebih cenderung tertarik pada Leonora.

Pipa mengingatkan sahabatnya untuk tidak pergi jauh-jauh darinya. Sayang sungguh sayang, sepulang dari bar, Pipa mendapati Leonora menghilang. Operasi pencarian untuk menemukan sahabatnya pun dimulai. Sayang, yang tertinggal hanyalah kalung persahabatan yang dimiliki Cornelia dan Pipa. Kalung itu ditemukan di atas gundukan salju. Sementara jasad Cornelia tak pernah ditemukan.

Akhirnya, Cornelia dinyatakan telah meninggal akibat diserang hewan buas. Tentu, Pipa tak serta merta menerima pernyataan polisi. Selang beberapa tahun, Pipa memutuskan untuk bergabung dengan kepolisian, agar ia dapat menyelesaikan kasus hilangnya Cornelia.

Setelah empat belas tahun kasus hilangnya Cornelia ditutup, Ibu dari Cornelia meminta Pipa untuk mengungkap kembali kasus putrinya. Awalnya Pipa menolak. Namun akhirnya, ia luluh juga.

Usaha Pipa untuk mengungkap kasus sahabatnya bukan tanpa halang rintang. Rekan-rekannya di kepolisian tak membantunya sama sekali. Bahkan Komisaris Polisi yang dulunya menangani kasus tersebut pun menolak untuk membantu Pipa dan membuka kasusnya kembali.

Akhirnya, Pipa terpaksa mengungkap kasus itu tanpa restu dari pihak kepolisian. Dalam perjalanannya, ia dibantu temannya yang merupakan seorang peretas bernama Alina (Oriana Sabatini). Akankah Pipa berhasil mengungkap kasus hilangnya Cornelia? Apakah Cornelia benar-benar meninggal karena digigit hewan buas? Atau... ia dibunuh orang tak dikenal? Temukan jawabannya di filmnya langsung, ya.

Kisahnya Terinspirasi dari Sebuah Novel

perdida 4Sumber: imdb.com

Film Perdida yang dirilis di Argentina pada bulan April tahun 2018 ini merupakan film yang kisahnya diangkat dari sebuah novel berjudul Cornelia karya penulis sekaligus jurnalis asal Argentina, Florencia Etcheves. Novelnya sendiri terbit di tahun 2016 silam.

Cornelia merupakan bagian dari novel seri Francisco Juanez y Manuela Pelari karya Etcheves. Sebelum Cornelia, ia telah lebih dulu menerbitkan dua judul lain, yakni La Virgen en tus ojos (2012) dan juga La hija del campeon (2014).

Aksi Polisi Wanita yang Kece

Selama kurang lebih 1 jam 40 menit, kamu akan disuguhi dengan aksi dari Pipa, si polisi wanita yang super duper cantik dan kece. Pipa digambarkan sebagai wanita pemberani. Ia bahkan rela menerobos benteng dan pagar, demi menyelamatkan seorang gadis remaja yang disekap.

Pipa juga digambarkan sebagai seorang polisi wanita yang berpendirian kuat. Jika ada hal yang menurutnya tidak benar, maka Pipa akan terus membuktikan pada semua orang disekitarnya bahwa apa yang ia yakini itu benar. Namun, orang-orang disekelilingnya kerap melihatnya sebagai seorang pemberontak.

Pipa bahkan tak segan mencekik leher rekannya, Martin Seretti (Nicolas Furtado), ketika pria tampan itu mencoba berbicara padanya dengan nada sedikit menggoda.

Sebenarnya tokoh-tokoh polisi wanita macam Pipa ini sudah banyak ditemukan di film-film maupun series. Saat menyaksikan Pipa beraksi, kami jadi teringat dengan dua tokoh polisi wanita dalam serial drama kriminal populer Spanyol, La Casa De Papel alias Money Heist.

Dalam serial tersebut, kita diperkenalkan pada dua tokoh polisi wanita, yakni Raquel Murillo (Itziar Ituno) dan juga Alicia Sierra (Najwa Nimri). Serupa dengan Pipa, dua tokoh polisi wanita ini juga digambarkan sebagai wanita tangguh yang jago berkelahi dan menggunakan senjata.

Diwarnai Adegan Perkelahian

review film perdida 1Sumber: imdb.com

Yap, karena Pipa adalah seorang anggota polisi yang sudah mahir pakai senjata dan berkelahi, tentu di film ini kamu akan menyaksikan adegan-adegan perkelahian yang... lumayan bikin jantung deg-degan!

Di sini kamu bisa menyaksikan Pipa, si wanita kuat, berkelahi dengan banyak pria. Hebatnya, Pipa selalu berhasil membuat mereka K.O. Nggak cuma adegan perkelahian, kamu pun akan disuguhi dengan scene berdarah-darah. Sayangnya, menurut kami scene berdarah-darahnya ini kurang greget.

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

review film perdida 3Sumber: popsugar.com

Dalam sebuah film atau pun drama seri, seringkali kamu disuguhi dengan kisah cinta bertepuk sebelah tangan yang cukup rumit antara tiga tokoh utamanya. Di film ini pun, kamu akan disuguhi dengan kisah cinta serupa.

Yap, seperti yang sudah kami sampaikan tadi, dua tokoh utamanya, yakni Leonora dan Cornelia jatuh cinta pada satu orang pria yang sama, yakni Ariel. Sayangnya, cinta Cornelia pada pria tampan itu bisa dibilang bertepuk sebelah tangan, karena Ariel lebih menyukai Leonora dibanding dirinya.

Nggak cuma Cornelia saja yang cintanya nggak kesampaian, Martin Seretti juga bisa dibilang mengalami hal serupa. Dari tingkahnya yang sering menggoda dan mendekati Pipa, kita bisa lihat kalau Martin memang punya perasaan padanya. Tapi Pipa cenderung cuek dan tak peduli pada Martin. Hmmm, menurut kamu, apakah akhirnya keduanya bisa bersama?

Plot Twist yang Kurang Greget

Sinopsis dan Review Perdida, Mencari Teman yang Hilang 6Sumber: imdb.com

Sebenarnya, kisah yang diangkat dalam film ini sudah bagus. Selain mengungkap misteri hilangnya Cornelia, Pipa juga bahkan mengungkap sindikat perdagangan manusia, dan film ini mencoba menghadirkan plot twist dalam ceritanya. Sayangnya, plot twist yang disajikan di sini pun terasa kurang greget. Selain itu, alur cerita dari filmnya juga sangat mudah ditebak.

Ya, film Perdida sendiri memang tak lepas dari kekurangan, tetapi overall filmnya masih layak untuk disaksikan juga. Gimana, kamu penasaran sama aksi Pipa di film ini?

Sampai di sini pembahasan kami tentang sinopsis dan review film Perdida. Oh iya, buat kamu yang sudah nonton filmnya, atau punya rekomendasi film bergenre serupa yang nggak kalah seru buat disaksikan, silakan sampaikan di kolom komentar yang ada di bawah, ya. Dan kalau kamu penasaran dengan review film terbaru lainnya, silakan baca artikel nya di sini.

Perdida
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram