bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Komedi Romantis Om Shanti Om

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 20 November 2021

Shah Rukh Khan kembali lagi ke layar lebar dengan membintangi film berjudul Om Shanti Om (2007). Hebatnya film ini tidak hanya di garap dengan mewah, tapi film ini memang bertabur banyak bintang Bollywood ternama. Anggaran yang digunakan juga luar biasa, bahkan istri Shah Rukh Khan, yaitu Gauri Khan ikut berpartisipasi sebagai Produser.

Om Shanti Om (2007) menceritakan Om Prakash seorang aktor junior di tahun 70-an yang jatuh cinta pada aktris cantik dan terkenal. Sayangnya cintanya berakhir tragis, hingga Om bereinkarnasi menjadi Om Kapoor si aktor ternama yang ingin membalas dendam atas kematian wanita yang dicintainya.

Film ini menyabet cukup banyak penghargaan, salah satunya Best Actress untuk Deepika Padukone. Yuk, simak dulu ulasannye berikut ini sebelum menonton!

Baca juga: 10 Film Bollywood Terbaik yang Dibintangi Aamir Khan

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Romantic, Comedy, Fantasy
  • Sutradara: Farah Khan
  • Pemeran: Arjun Rampal, Shah Rukh Khan, Deepika Padukone, Shreyas Talpade, Kirron Kher, Bindu Desai
  • Produksi: Red Chillies Entertainment

Kisah ini di mulai di tahun 1977, dimana seorang pria bermimpi untuk menjadi aktor terkenal di India. Om Prakash adalah aktor junior yang hidup bersama ibunya di Mumbai, bersama sahabatnya Pappu ia mengambil banyak peran kecil. Hingga suatu hari saat ia bekerja di film Mukesh Mehra, Om menyelamatkan Shanti dari kobaran api yang tidak terkontrol di lokasi syuting.

Sejak saat itulah Om dan Shanti menjadi dekat, apalagi Om memang sangat menyukai aktris cantik itu. Demi terlihat hebat, Om menyewa banyak orang agar dirinya bisa membuat Shanti terkesan.

Tapi tak lama setelah itu, Om melihat adegan yang sangat menyakitkan untuk hatinya. Ia melihat pertengkaran Shanti dan Mukesh, di mana mereka ternyata sepasang suami istri.

Shanti dan Mukesh sudah menikah selama dua tahun, tapi mereka menutupi itu semua demi karir. Hingga Shanti tidak tahan lagi mengubur semua rahasia ini, apalagi ia tengah mengandung.

Om sangat patah hati, pria ini merasa seperti sudah kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Suatu malam Mukesh membawa Shanti ke salah satu bangunan besar dan sangat megah.

Pria itu mengatakan akan launching film terbarunya dan membuat pernikahan besar untuk Shanti disana. Tapi semua itu hanya bualan, karena Mukesh justru membakar gedung itu dan membiarkan Shanti terkunci di sana.

Om yang mengetahui hal ini mencoba menyelamatkan Shanti, namun ia meninggal dengan tragis setelah terpental keluar dan di tertabrak mobil.

Di malam kematiannya, pria ini terlahir kembali sebagai putra dari pria yang menabraknya. Ia terlahir sebagai Om Kapoor, si seorang aktor papan atas yang arogan dan banyak tingkah.

Dalam proses syuting sebuah film Om Kapoor tiba-tiba kolaps setelah melihat api di set syuting. Sejak saat itu ia kerap melihat kilasan-kilasan dirinya di masa lalu, hingga ia benar-benar mengingatnya dengan pasti.

Saat itu sang ayah membawa Mukesh Mehra ke hadapannya, pria ini berlari ke ibunya di masa lalu dan mulai melakukan misi balas dendam.

Om membuat rencana untuk membuat Mukesh mengakui segala kejahatannya, kini ia di sibukan mencari seseorang yang mirip Shanti. Hampir putus asa mencari, seorang gadis bernama Sandy datang yang rupanya sangat mirip dengan Shantipriya di masa lalu.

Om memulai aksinya dengan menggarap kembali film berjudul “Dreamy Girl” dengan kisah Mukesh dan Shanti di dalamnya. Ia mengajak Mukesh Mehra untuk bekerjasama, di situlah Om meneror pria itu dengan menjadikan Sandy seakan arwah dari Shanti.

Om juga melakukan syuting dan premier film ini di gedung yang sama, saat Mukesh mengurung dan membakar Shanti di sana. Mukesh mulai terintimidasi, hingga kesalahan di lakukan Shandy yang membuat pria ini sadar bahwa arwah Shanti tidak pernah ada.

Apa yang akan di lakukan oleh Om untuk memberikan keadilan bagi Shanti, wanita yang dicintainya di masa lalu. Apakah ia berhasil menjatuhkan Mukesh dengan rencananya atau pria itu kembali bisa kabur?

Film Mewah yang Tetap Original, Meski Banyak Remake Scene

Film Mewah yang Tetap Original, Meski Banyak Remake Scene

Om Shanti Om (2007) merupakan salah satu film paling bergengsi di Bollywood, pasalnya ada banyak sekali orang ternama yang bergabung di sini. Meski hanya hadir sebagai cameo, nyatanya kehadiran mereka memang menjadi sensasi tersendiri bagi para fans.

Bahkan film ini juga sangat unik, karena bisa membawa berbagai remake scene dari banyak film Bollywood tapi tetap terasa originalitasnya.

Kenapa bisa begitu? Alasannya karena meski mengambil banyak adegan remake, mereka tetap berjalan di plot cerita awal. Remake scene dari film-film ternama Bollywood lainnya hanya sebagai insert, bahwa Deepika dan Shah Rukh Khan bekerja sebagai aktor.

Jadi seakan-akan Deepika dan Shah Rukh Khan adalah aktor yang berperan di film lawas tersebut di masa lalu. Hal ini mungkin ditujukan agar penonton bisa memahami bahwa film ini mengangkat kisah seorang pria yang bermimpi menjadi seorang aktor ternama.

Makannya Farah Khan memilih untuk memasukan banyak remake adegan dari film di tahun 60-an dan 70-an. Karena latar waktunya memang pas, ketika Om Prakash adalah seorang aktor junior di tahun itu.

Selanjutnya ceritanya dimajukan beberapa puluh tahun, pada reinkarnasi Om Prakash dalam kehidupan Om Kapoor. Pria ini diceritakan sebagai seorang aktor yang sangat berbakat dan terkenal di masa depan.

Plot mengenai reinkarnasi ini membuat ceritanya tetap terasa original, karena bisa menyatukan masa lalu dengan masa depan dengan baik. Plotnya cukup rapi ketika menceritakan Om Kapoor menyadari bahwa di kehidupan sebelumnya ia adalah Om Prakash yang meninggal dengan tragis.

Ceritanya berbalik saat ia berusaha membalaskan dendam Om Prakash pada seorang sutradara ternama bernama Mukesh Mehra. Pria yang sudah membunuh wanita yang dicintainya di masa lalu yaitu Shantipriya Kashyap.

Projek Besar Farah Khan yang Membutuhkan Banyak Effort

Projek Besar Farah Khan yang Membutuhkan Banyak Effort

Farah Khan memang orang yang menggarap film Om Shanti Om (2007), film ini menjadi salah satu film paling sukses di Bollywood. Banyak sekali pencapaian yang didapatkan film ini, mulai dari film berpenghasilan terbesar dan berbagai penghargaan bergengsi di dapatnya.

Hasil yang didapatkan akan filmnya, ternyata memang sebanding dengan perjuangan Farah dalam menggarap film ini. Pasalnya Farah Khan tidak hanya menjadi produser, ia merangkap sebagai penulis cerita sekaligus koreografer juga.

Setelah lebih dari 13 tahun berlalu, Farah Khan mengungkapkan kerja kerasnya untuk menggarap salah satu projek terbaiknya. Ia mengatakan tidak sulit untuk menemukan ide cerita dan membuat draft dialog untuk film ini, tapi setelah itu banyak sekali kesulitan yang datang.

Farah mengatakan ada banyak selebriti yang gagal untuk hadir di lagu Deewangi Deewangi, sebut saja Amir Khan, Amitabh Bachchan hingga Fardeen Khan. Makannya jumlah selebriti yang hadir di film ini hanya ada sekitar 31 orang, padahal seharusnya ada lebih banyak.

Bahkan mengundang banyak selebriti ternama Bollywood juga tidak mudah, karena setiap orang punya treatment yang berbeda. Seperti Rekha yang menghabiskan dua hari hanya untuk rehearsal, serta menghabiskan waktu enam hari untuk syuting satu lagu saja.

Kesulitan lainnya ia meremake banyak adegan dari film lain, seperti adegan Shanti yang terjebak dalam kebakaran di ambil dari kejadian asli di set Mother India (1957). Lalu film Dreamy Girl memang benar-benar ada, film tahun 1977 yang diperankan oleh Hema Malini.

Bahkan karakter Shanti Priya yang diperankan Deepika juga terinspirasi dari Hema Malini di tahun 70-an. Proses editing untuk lagu Dhoom Taana juga tidak main-main, karena menyatukan video original dengan insert Deepika di sana.

Shakira Hampir Jadi Pengisi Soundtrack

Shakira Hampir Jadi Pengisi Soundtrack

Bukan hanya diisi oleh bintang ternama dari Bollywood saja, Farah Khan juga tadinya ingin mengajak salah satu penyanyi terkenal ini lho!

Dalam salah satu wawancara, Farah Khan mengatakan bahwa seharusnya penyanyi Shakira berpartisipasi di film ini. Salah satu soundtrack yang berjudul “Dard-E-Disco” awalnya akan dilakukan dengan penampilan solo dari Shakira.

Kenapa bisa Farah Khan memiliki ide seperti ini? Jawabannya karena ia pernah bekerjasama dengan Shakira sebelumnya.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa salah satu penampilan ikonik Shakira di VMA merupakan garapan Farah Khan. Di tahun 2006 penyanyi cantik Shakira menampilkan penampilan yang memukau saat bergaya ala Bollywood.

Saat itu Shakira membawakan lagu Hips Don’t Lie kolaborasi dengan Wyclef Jean, seluruh koreografi yang di tampilkan di pilih oleh Farah Khan.

Dikutip dari The Times of India, Farah mengarahkan koreografi yang akan ditampilkan Shakira dan ia sangat tersanjung dengan kegigihan penyanyi asal Kolombia ini. ia menambahkan Shakira sangat antusias dan ia menggerakkan pinggulnya dengan sangat baik.

Sayangnya Farah gagal mengajak Shakira untuk tampil dalam lagu “Dard-E-Disco”, sayangnya jadwal penyanyi itu tidak memungkinkan.

Pasalnya saat itu Shakira sedang melakukan tur konsernya, alhasil lagu ini dikembalikan pada Shah Rukh Khan. Padahal Farah sudah sangat bahagia untuk bisa kembali bekerjasama dengan Shakira.

Inilah review saya setelah menonton film Om Shanti Om (2007), salah satu film terbaik pasangan Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone.

Film ini akan membuat kamu kagum dengan ceritanya, pasalnya terasa seperti storytelling yang penuh misteri. Jangan lupa untuk membaca review film lainnya, mulai dari K-Drama, C-Drama hingga film lainnya hanya di Bacaterus. 

Om Shanti Om
Rating: 
3.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram