bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film News of The World (2021)

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 21 Mei 2021

Aktor senior Tom Hanks kembali beraksi di film terbarunya, News of The World. Film ini disutradarai oleh Paul Greengrass yang sebelumnya pernah menggarap tiga film yang tergabung dalam rangkaian Bourne Series, yakni The Bourne Supremacy (2004), The Bourne Ultimatum (2007) dan Jason Bourne (2016).

Film berdurasi 1 jam 58 menit ini telah tayang di Netflix dan mendapatkan respon yang cukup baik. News of The World mendapatkan skor tomatometer sebanyak 88% di situs Rotten Tomatoes. Hmmm, kira-kira, seperti apa filmnya? Yuk, simak langsung saja sinopsis dan review film News of The World dari Bacaterus!

Sinopsis

Sumber: thesun.co.uk
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Produksi: Perfect World Pictures, Playtone, Pretty Pictures
  • Sutradara: Paul Greengrass
  • Pemeran: Tom Hanks, Helena Zengel, Elizabeth Marvel

Jefferson Kyle Kidd atau Captain Kidd (Tom Hanks) adalah seorang mantan prajurit di masa perang saudara yang melanda Amerika Serikat sepanjang tahun 1861 sampai dengan tahun 1865. Setelah perang saudara selesai, Captain Kidd kemudian menekuni profesi sebagai pembaca berita keliling.

Hampir setiap hari Kidd mengarungi satu kota ke kota lain untuk mendapatkan upah dari para penduduk yang ingin mendengarkan berita terbaru yang sedang happening di Amerika Serikat pada saat itu.

Saat dalam perjalanan menuju lokasi tempat dirinya akan membacakan berita, Captain Kidd melewati sebuah hutan, di mana ia menemukan mayat pria kulit hitam yang tergantung di atas pohon. Tak lama kemudian, Kidd mendapati seorang anak gadis berkulit putih pucat, berambut pirang dan bermata biru sedang bersembunyi darinya.

Kidd menemukan dokumen yang memuat informasi tentang anak gadis itu. Ia adalah Johanna Leonberger, seorang keturunan Jerman yang ditawan oleh kelompok Kiowa, yang merupakan penduduk asli Amerika Serikat. Kala itu, Johanna sedang dalam perjalanan menuju rumah paman dan bibinya.

Ia diantar seorang pria kulit hitam yang merupakan agen Indian. Pria tersebut diduga telah mati dibunuh oleh tentara Angkatan Darat Amerika Serikat. Mayatnya ditemukan tergantung di atas pohon, tak jauh dari kereta kuda rusak yang sebelumnya ia tumpangi bersama Johanna.

Belakangan, Kidd menemukan informasi bahwa orangtua Johanna telah tiada dan gadis itu diasuh oleh kelompok Kiowa yang menawannya selama lebih dari lima tahun. Tak heran, Johanna tak mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris ketika Kidd mengajaknya berbicara, karena Johanna hanya menguasai bahasa Kiowa dan Bahasa Jerman walau hanya sepatah dua patah kata.

Johanna akhirnya bersedia untuk ikut bersama Captain Kidd, setelah mereka bertemu dengan tentara Amerika yang meminta Kidd untuk membawa Johanna ke pihak yang berwajib agar ia bisa dikembalikan kepada paman dan bibinya di Castroville, Texas.

Sayang, ternyata agensi yang membawa Johanna baru bisa menjemputnya tiga bulan lagi. Kidd akhirnya membawa Johanna bersamanya. Ia bersedia mengantar gadis itu ke rumah paman dan bibinya, meski jalanan menuju Castroville sangatlah berbahaya.

Kedua orang ini menempuh perjalanan yang sangat panjang dan penuh halang rintang. Nyawa Kidd dan Johanna bahkan terancam. Akankah mereka berhasil sampai di tempat tujuan dengan selamat?

Chemistry yang Bagus Antara Pemeran Utamanya

Sumber: imdb.com

Tom Hanks selalu menyuguhkan akting yang luar biasa bagus dalam setiap film yang dibintanginya. Jika dalam film Saving Private Ryan (1998) kamu menyaksikan penampilan Hanks sebagai Kapten John H. Miller yang harus menyelamatkan prajurit bernama James Francis Ryan, di film ini kamu pun akan disuguhkan tentang perjuangan serupa.

Yap, Hanks lagi-lagi mendapatkan peran sebagai pahlawan dengan segala aksi heroik yang dilakukannya guna menjaga keamanan dan keselamatan Johanna Leonberger.

Chemistry yang dibangun Hanks dengan Helen Zengel berhasil bikin kami betah saat melihat penampilan mereka sepanjang filmnya berlangsung. Biasanya, rasa baper akan muncul saat melihat pasangan romantis dalam film atau drama. Tapi, saat menonton film ini, kami dibuat baper ketika menyaksikan kehangatan dan kedekatan Kidd dengan si cantik Johanna.

Omong-omong, Johanna dan Captain Kidd ini mengingatkan kami pada dua tokoh sentral dalam drama Anne with an E yang tayang di Netflix beberapa tahun silam.

Serial drama tersebut juga mengangkat kisah kedekatan bagai ayah dan anak antara seorang pria paruh baya bernama Matthew (R.H Thomson) dengan anak gadis yatim piatu bernama Anne (Amybeth McNulty) yang ditemukannya di sebuah stasiun kereta.

Unsur Dramanya Lebih Menonjol

Sumber: imdb.com

Dalam film ini, sesekali kamu akan disuguhi dengan beberapa adegan dari Captain Kidd yang membacakan berita pada warga yang haus akan informasi, namun banyak di antara mereka tidak memiliki kemampuan untuk membaca.

Sayangnya, nggak begitu banyak adegan yang membahas lebih detil tentang profesi Captain Kidd sebagai pembaca berita keliling ini. News of The World malah lebih memberatkan fokus ceritanya pada perjuangan Captain Kidd untuk mengantar Johanna pulang ke rumah paman dan bibinya. Dan tentu saja, ada banyak sekali adegan dramatis yang bisa kamu saksikan di film ini.

Diwarnai Adegan yang Menegangkan

Sumber: imdb.com

Meski film ini bukanlah film horor, ada beberapa adegan yang bikin kami tegang saat menontonnya. Salah satunya adalah, adegan tembak-menembak antara Captain Kidd dan para penjahat yang berlangsung saat ia dan Johanna sedang dalam perjalanan menuju Castroville.

Dalam film, kita juga akan disuguhi dengan beberapa adegan yang menunjukkan indahnya pemandangan sekitar jalur perjalanan yang mereka lewati. Meski begitu, jalanan menuju Castroville ini dikelilingi jurang dan lembah.

Kadang, kami yang menonton jadi terbawa tegang ketika melihat mereka kembali meneruskan perjalanan setelah beristirahat sejenak. Apalagi, saat ada adegan Captain Kidd dan Johanna yang saling kejar-kejaran dengan penjahat berkuda di tengah perjalanan, dengan kondisi jalan yang sempit dan berbahaya.

Adegan-adegan ini bisa dibilang menjadi bumbu pelengkap dalam filmnya. Apalagi, ketika film ini lebih kuat di sisi drama.

Rasisme, Perbudakan, dan Perdagangan Manusia

Seperti yang kita tahu, zaman dulu rasisme dan perbudakan, serta perdagangan manusia adalah hal yang lazim dilakukan di Amerika Serikat. Kebanyakan kasus-kasus seperti ini menimpa masyarakat kulit hitam.

Sebelumnya, sudah dikisahkan bahwa pria kulit hitam yang mengantar Johanna dibunuh oleh tentara AS yang berkulit putih. Belum cukup sampai di situ, di film ini kamu akan menyaksikan bagaimana para budak yang kebanyakan berasal dari warga kulit hitam dipaksa bekerja melebihi batas kemampuan mereka. Hal ini tentu membuat kami sebagai penonton merasa iba.

Selain rasisme dan perbudakan, perdagangan manusia juga merupakan hal yang lumrah dilakukan saat itu. Johanna pun tak lepas dari incaran para penjahat yang ingin menjualnya dengan harga murah.

Anak-anak kecil seperti Johanna bahkan dipaksa untuk bekerja kasar layaknya pria dewasa. Lewat film ini, kita dapat menyaksikan betapa kejamnya kehidupan di Amerika Serikat pada saat itu.

Yap, itulah pembahasan kita tentang sinopsis dan review film News of The World. Oh iya, sekedar info tambahan, film ini diadaptasi dari novel karya penulis asal Amerika Serikat, Paulette Jiles dengan judul yang sama.

Novel yang diterbitkan di tahun 2016 ini berhasil masuk dalam deretan finalis ajang National Book Award for Fiction di tahun yang sama. Dan untuk perannya sebagai Johanna Leonberger, aktris Helen Zengel berhasil masuk nominasi sebagai Best Supporting Actress di ajang Golden Globe.

Terlepas dari alur ceritanya yang lambat serta kurangnya informasi mengenai profesi unik yang dijalani Captain Kidd, film News of The World tetap worth it buat ditonton. Apalagi, kalau kamu penyuka film dengan tema cerita serupa.

News of The World
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram