bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Never Been Kissed, Mengulang Masa SMA

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 22 Mei 2021

Film yang rilis tahun 1999 silam ini menjadi film romansa komedi super manis dengan jalan cerita yang relate sekali dengan kehidupan SMA. Si cantik Drew Barrymore dipilih menjadi tokoh utama bernama Josie Geller, seorang editor di sebuah surat kabar ternama yang diminta untuk menyamar menjadi anak SMA untuk mendapatkan sebuah berita.

Film ini menutup keuntungan sebanyak $ 84.6 juta dari seluruh penayangannya di seluruh bioskop. Dengan keuntungan sebanyak itu juga menjadikannya sebagai film berpenghasilan tertinggi dari karya sutradara Raja Gosnell. Yuk simak sinopsis dan ulasannya berikut ini!

Sinopsis

Never Been Kissed_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Romance, Comedy
  • Produksi: Fox 2000 Pictures
  • Sutradara: Raja Gosnell
  • Pemain: Drew Barrymore, David Arquette, Michael Vartan

Josie Geller adalah seorang wanita berumur 25 tahun yang bekerja di Chicago Sun-Times sebagai editor. Suatu kali, sang pemilik kantor berita tersebut, Rigfort (Garry Marshall) sedang gencar-gencarnya untuk menggali informasi tentang kenakalan anak muda seperti anak-anak SMA. Maka dari itu, Rigfort meminta untuk melakukan riset atas isu tersebut dengan menyamar menjadi anak SMA.

Rigfort lantas meminta Josie untuk melakukan riset tersebut. Mengetahui bisa kembali ke masa SMA membuat Josie bersemangat. Ia benar-benar senang sekali, bahkan langsung mengabari kakaknya yang bernama Rob (David Arquette).

Rob lantas menjadi khawatir kalau kakaknya itu tidak akan berhasil menyelesaikan misi penyamaran tersebut karena Josie memiliki masalah dalam bergaul saat SMA. Tarik mundur, ternyata Josie bukanlah siswi yang bisa bergaul dengan para anak populer di sekolahnya, meski straight-A student, penampilan Josie yang ‘amburadul’ menjadikan dirinya jadi bahan lelucon untuk siswa lainnya.

Seketika itu juga Josie sadar bahwa tugas yang akan ia emban bukan hal mudah, namun ia sudah terlambat untuk mundur sehingga Josie tetap menjalankan misi penyamarannya.

Dibantu dengan puluhan artikel di majalah, mencoba bagai jenis rambut, mengganti mobil sedan bagusnya dengan sedan butut milik Rob agar terlihat lebih ‘muda’ dan mengenakan pakaian yang ia anggap hype akhirnya dilakukan.

Apa yang terjadi? Josie gagal total. Selain mobil sedan butut Rob ‘meledug’ di parkiran, pakaian Josie pun dianggap terlalu kuno dan memaksakan. Atasan putih, jeans putih, riasan muka bak putri salju, rambut blonde dan syal bulu ayam membuat Josie jadi bahan lawak dan tertawaan semua orang-orang di kelas.

Josie yang sudah kebal dengan hal seperti itu menanggapinya dengan santai, namun saat seorang murid pria bernama Guy (Jeremy Jordan) masuk dan saling tatap; membuat Josie hilang konsentrasi karena muka Guy sekilas mirip dengan muka cinta pertamanya di SMA dulu yang suka menyakiti hatinya.

Ternyata hari pertama Josie menyamar jadi anak SMA, semua perlakuan tidak baik ia terima. Ia hanya memiliki 1 teman seorang geek bernama Aldys (Leelee Sobieski) dan menaruh rasa pada seorang guru sastra bernama Sam Coulson (Michael Vartan); hal-hal kecil itulah yang membuat Josie tetap bertahan.

Suatu kali, Josie melakukan kesalahan kedua kalinya. Ia yang tidak mendapatkan berita sama sekali dan kena maki Gus, lantas mencoba untuk ikut gaul dengan nekat pergi ke klub tempat dimana geng anak populer nongkrong. Di sana Josie tak sengaja memakan kue ganja yang membuatnya heboh sendiri sehingga keesokan paginya, Josie kembali jadi bahan olok-olok.

Mendengar kalau Josie terpuruk, Rob langsung ikut menyamar juga menjadi anak SMA. Dalam sekejap, Rob bisa menarik perhatian semua orang; bukan hanya di kelas, tapi 1 sekolah!

Ia lantas memberitahu pada murid-murid populer di sekolah kalau Josie itu sebenarnya anak yang keren sehingga Josie menjadi dikenal. Ditambah lagi Josie sudah lebih pintar menyesuaikan diri dengan semua make up dan pakaian yang modis.

Josie semakin tenar ketika dia memilih tema baru untuk homecoming dance yang sempat dicontek sekolah lain. Ia kini dikenal seluruh sekolah seperti Rob dan bergabung dengan Kristen (Jessica Alba), Gibby (Jordan Labb) juga Kristin (Marley Shelton) yang dikenal pilih-pilih teman. Hal tersebut malah membuat hubungannya dengan Aldys yang selalu menemani Josie jadi jauh. 

Homecoming dance pun dimulai; semua orang datang berpasangan mengingat temanya adalah ‘Pasangan Abadi Sepanjang Masa’, Josie mendapatkan kesempatan untuk jalan bersama dengan Guy ke tempat pesta, sedangkan Rob sudah memiliki pasangan yaitu teman sekelas Josie.

Pesta dimulai menyenangkan sampai Kristen, Gibby dan Kristin mulai merencanakan untuk membuat guyon dengan menumpahkan makanan anjing ke baju Aldys. Josie yang melihat itu lantas ngamuk besar, ia bahkan mengaku kalau dia adalah wanita berumur 25 tahun dan Rob adalah Kakaknya.

Semua yang dilakukan untuk membuat berita. Hal itu sontak membuat semua orang kaget, bahkan Sam yang menyukainya langsung mundur meski sebenarnya mereka seumuran. Josie benar-benar lelah untuk menjadi terkenal supaya bisa diterima.

Kejadian di atas membuat semua teman Josie sadar dan semua cerita tentang kehidupan Josie, lantas ia tulis menjadi berita hingga menjadi headline news dimana-mana. Salah satu ceritanya adalah minta maaf pada Sam. Ia meminta maaf pada Sam dan menawarkan untuk datang ke pertandingan baseball dan mencium Josie sebagai ciuman pertamanya selama ini.

Cerita Ringan

Never Been Kissed_Simple Story (Copy)

Seperti yang kita baca di atas, jalan cerita film Never Been Kissed sama sekali tidak berat. Ceritanya juga relate dengan kehidupan sehari-hari khususnya para gadis; dimana seorang gadis ‘buruk rupa’ mencoba untuk menjadi ‘angsa’ agar dikenal dan disukai banyak orang. Fenomena yang sama yang kerap kali ditemukan di kota-kota besar bukan?

Meski ringan dan tidak menampilkan cerita dengan klimaks yang bisa bikin penontonnya nangis bombay, akting Drew Barrymore lah yang membuat ceritanya menjadi hidup.

Pilihan Raja Gosnell untuk menggaet Drew sebagai tokoh utama menjadi pilihan bijak, bahkan Roger Ebert, si kritikus film mengatakan film ini memiliki cerita yang ‘umum’ namun kehadiran Drew membuat keseluruhan film menjadi ceria dan menarik untuk dinikmati. 

Menyindir Kehidupan Anak SMA

Never Been Kissed_HS Life (Copy)

Mungkin tidak semua anak-anak SMA seperti ini, tapi nyatanya lewat film ini kita bisa melihat bagaimana anak baru yang tidak bisa bergabung ke dalam circle tertentu bisa jadi bulan-bulanan sekelas bahkan satu sekolah. Beruntung bagi mereka yang memang bisa stand up untuk dirinya sendiri, tapi bagaimana dengan anak-anak yang memang tidak bisa melawan?

Hal ini dialami Jessica Alba si aktris yang memerankan tokoh Kristen; salah satu ‘sahabat’ Josie yang awalnya tidak suka padanya. Ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menginjak bangku SMA; karena dia sibuk menjadi aktris dan model.

Sampai ketika ia masuk sekolah lagi, Jessica sama sekali tidak memiliki teman. Semua malah menjauhi dan mencemoohnya karena dia adalah seorang selebriti. Ia harus berteman dengan dirinya sendiri supaya bisa tetap kuat.

Best Quotes

Never Been Kissed_Quotes (Copy)
*Source: AZ Quotes

Film bagus pasti punya banyak kutipan bagus juga kan? Nah di film Never Been Kissed ini saya menemukan beberapa quotes manis loh;

“That thing, that moment, when you kiss someone and everything around becomes hazy and the only thing in focus is you and this person and you realize that that person is the only person that you're supposed to kiss for the rest of your life, and for one moment you get this amazing gift and you want to laugh and you want to cry...” - Josie Geller

“I’ve been beating my brains out trying to impress you people” - Josie Geller

“Somebody once said, “To write well, you have to write what you know” - Josie Geller

"There is a big world out there... bigger than prom, bigger than high school and it won't matter if you were the prom queen, the quarterback of the football team, or the biggest nerd in school. Find out who you are and try not to be afraid of it" - Josie Geler

Never Been Kissed bisa banget jadi salah satu rekomendasi film kalian untuk akhir pekan ini. Kalian akan dibawa masuk ke dalam dunia seorang Josie sebelum dan sesudah dia bisa berdamai dengan dunia SMA nya. Kalian juga akan dibawa dengan cara Josie dan Sam yang saling curi pandang dan waktu untuk bisa terus dekat.

Saat ini kalian bisa menonton film ini di salah satu layanan film berbayar Disney+ , namun mungkin ada juga di portal film legal lainnya mengingat film ini termasuk film lawas tapi berkualitas! Selamat menonton!

Never Been Kissed
7.5 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram