bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Aftermath, Rumah Baru Misterius

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 9 September 2021

Satu lagi film horor di Netflix yang wajib banget kamu tonton, berjudul Aftermath. Film ini disutradarai oleh Peter Winther dan dibintangi oleh si cantik mantan member keluarga Cullen, Ashley Greene dan si tampan Shawn Ashmore. Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang baru saja pindah ke sebuah rumah yang menyimpan banyak misteri.

Eits, bukan hantu kok. Tenang saja. Film ini mengusung genre Horror-Thriller, pure perbuatan manusia yang sukses bikin kalian jadi ikut was-was sendiri saat menontonnya. Film ini diangkat dari kisah nyata loh! Untuk pembahasan lengkapnya, ikuti terus sinopsis dan ulasannya di bawha ini ya!

Sinopsis

Aftermath_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: The Productivity Media, RiverRun Entertainment, Winther Brothers Entertainment
  • Sutradara: Peter Winther
  • Pemain: Ashley Greene, Shawn Ashmore, Sharif Atkins

Film dibuka dengan kasus pembunuhan yang disertai kasus bunuh diri si pelaku. Seluruh kejadian itu dipercaya oleh polisi dilakukan oleh mendiang suami. Sang suami membunuh istrinya terlebih dulu lantas menembak dirinya sendiri dengan shotgun, sehingga mukanya bahkan tidak bisa dikenali lagi. Rumah mereka menjadi rumah dengan sejarah seram.

Kevin Dadich (Shawn Ashmore) berikut dua temannya, Dave (Jamie Kaler) dan Garrett (Travis Coles) yang menjadi petugas pembersih TKP, diberi tugas untuk membersihkan rumah tersebut dari noda darah dan hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan pembunuhan mengerikan itu.

Kevin melakukannya sebagai pekerjaan utama setelah sebelumnya drop out kuliah karena ada satu masalah dengan istrinya, Nathalie Dadich (Ashley Greene).

Nathalie sendiri merupakan seorang designer yang sedang mencoba untuk melebarkan sayap. Ia mendapat informasi dari teman baiknya; bahwa akan ada investor yang akan bekerja sama dengan Nathalie. Hal tersebut membuat Nathalie senang bukan main; ia tidak sabar untuk memberi kabar pada suaminya nanti sepulangnya ia ke rumah.

Nathalie dan Kevin akhirnya merayakan pesta kecil-kecilan yang berujung dengan beradu kasih, namun, Kevin tiba-tiba berhenti dan menjauh dari Nathalie membuat Nathalie kecewa.

Hal ini disebabkan karena Kevin pernah memergoki Nathalie sedang berselingkuh di depan matanya sendiri bahkan di tempat tidur mereka; sehingga perasaan kesal masih ada dalam dirinya. Nathalie sedih karena ia merasa belum sepenuhnya dipercayai oleh suaminya itu

Hal ini membuat mereka memutuskan untuk membeli sebuah rumah untuk mencari suasana baru, meski sebelumnya baik Kevin dan Nathalie bertengkar hebat karena rumah yang mereka akan tempat merupakan rumah mewah tempat terjadinya pembunuhan mengerikan yang pembersihian TKPnya dilakukan oleh Kevin.

Begitu pindah ke rumah tersebut, suasana tidak nyaman sudah mulai terasa. Nathalie yang dibantu oleh adiknya, Dani (Britt Barron) menaruh rasa penasaran terhadap sebuah ruangan kecil di bawah tangga yang dipercaya menjadi bekas tempat sembunyi sang istri penghuni rumah sebelumnya sebelum akhirnya tewas ditembak oleh suaminya.

Dani yang terus menerus menceritakan hal tersebut membuat Nathalie kesal dan memintanya untuk berhenti. Malam harinya ketika Nathalie dan Kevin sedang beristirahat, anjing peliharaan mereka, Odi, membuat gaduh.

Odi seakan melihat sesuatu selain tuannya, ini membuat Kevin keheranan. Baru saja masuk kamar kembali, Kevin dikagetkan dengan pernyataan Nathalie yang mengatakan bahwa ia melihat Kevin masuk ke kamar mandi, namun saat di periksa tidak ada siapapun disana.

Keadaan pun menjadi semakin membingungkan, paginya Kevin menerima majalah dewasa yang tak pernah ia beli, kunci mobil yang hilang dan kembali ke meja dalam sekejap, sampai bola milik Obi yang terjatuh ke kolong kasur namun begitu Nathalie akan mengambilnya, bola tersebut sudah ada di atas kasur yang membuat Nathalie menjadi semakin keheranan.

Mencoba untuk melupakan hal tersebut, Nathalie mencoba untuk fokus kembali pada pekerjaannya. Ia bertemu dengan calon investor yang berniat bekerja sama dengannya.

Nathaline kaget bukan main ketika mengetahui kalau calon investor besar itu adalah mantan selingkuhannya dulu, Nick Scott (Ross McCall). Nathalie kesal, karena kalau sampai Kevin tahu, hubungan mereka pasti akan kembali rusak lagi setelah mereka sudah mulai baik.

Suatu kali, Dani meminta Nathalie untuk bisa makan bersama dengan Ibunya yang tidak memiliki hubungan baik dengannya. Nathalie menolak keras, namun Dani terus membujuknya sehingga Natahalie menyerah dan menyutujui ajakan makan malam bersama.

Malam harinya saat acara makan malam dimulai, Dani lebih dulu mengunjungi rumah Nathalie untuk menyiapkan makanan, namun masalah dimulai. Dani diculik dan dibunuh di rumah Nathalie.

Nathalie yang mengira Dani tidak jadi ke rumahnya ngamuk bukan main, karena ia mengira kalau Dani meninggalkan ‘masalah’ dengan membiarkannya makan malam hanya berdua bersama Ibunya yang super tidak supportive.

Apa yang dikhawatirkan Nathalie terjadi, dia dan ibunya bertengkar hebat membuat Kevin jadi kebingungan. Belum selesai amarahnya, Nathalie dan Kevin dibuat terkejut saat mobil mereka dibakar tepat saat mereka masih makan malam.

Hal ini dilaporkan pada polisi dan langsung ditindaklanjuti, Richard (Sharif Atkins) yang menangani kasus ini memberitahu bahwa hal itu terjadi akibat adanya cuitan Kevin yang rasis; padahal Kevin tidak merasa menulisnya. Segalanya semakin membingungkan, ini membuat Nathalie datang ke penjual yang menjual rumah tersebut dan menanyakan mengenai perihal rumah, beserta sejarahnya. 

Nathalie kaget mendengar cerita dibalik rumah yang ia tempati sekarang. Ternyata kakak dari penjual rumah, merupakan pemilik rumah pertama; namun ia akhirnya dianggap sudah meninggal bunuh diri setelah mengetahui istrinya berselingkuh dengan pria lain.

Semenjak itu, kejadian aneh terus menerus menghantui rumah tersebut. Begitu akan pulang, Nathalie dicegat oleh suami dari penjual rumah tersebut dan mengatakan bahwa Nathalie harus menjual kembali rumah tersebut dengan nada sedikit mengancam membuat Nathalie semakin keheranan.

Beberapa hari setelah itu, kejadian mengerikan mulai terjadi beruntutan. Hingga puncaknya, Nathalie diserang hingga membuat dirinya terjun dari lantai dua dan membentur kolam renang. Namun begitu Kevin membuat laporan; CCTV tidak menemukan adanya orang yang menyerang Nathalie. Ini membuat polisi dan Kevin jadi sangsi akan kesaksian Nathalie.

Sampai satu waktu, semuanya terbongkar. Ternyata selama ini kakak laki-laki penjual rumah yang Kevin dan Nathalie tempati sekarang masih hidup dan bersembunyi di belakang tembok rumah; pria itu yang membuat kacau rumah tangga Nathalie karena cemburu melihat Nathalie bermesraan dengan Kevin.

Saat pria itu menyerang, Kevin dan Nathalie berhasil melumpuhkan pria tersebut hingga tewas sehingga semuanya bisa kembali normal.

Disiksa Psikis

Aftermath_Nathalie's Psych (Copy)

Dalam cerita, Nathalie disiksa psikisnya. Ini karena semua ancaman hanya terjadi pada Nathalie; sedangkan suaminya merasa semua baik-baik saja. Kevin bahkan sampai mengatakan itu hanya alasan Nathalie supaya bisa pergi dari rumah dan kembali pada Nick, mantan selingkuhannya. Ini membuat hubungan rumah tangga Nathalie kembali rusak.

Belum selesai masalah tersebut, Nathalie pun dituduh atas percobaan pembunuhan terhadap Kevin hingga membuat Kevin masuk rumah sakit akibat adanya senyawa kemikal di dalam darahnya yang berasal dari makanan yang diyakini dibuat oleh Nathalie.

Nathalie benar-benar sudah tidak bisa berpikir lagi karena ia sendiri pun mulai bingung dengan keadaannya diri sendiri. Apa yang dirasakannya benar atau memang orang-orang yang benar menilai dia halusinasi.

Melepaskan Karakter Alice Cullen

Aftermath_Ashley Greene (Copy)

Ashley Greene mendapatkan kutukan film Twilight. Ini membuat Ashley Greene yang memerankan tokoh Alice Cullen terus menyangkut pada dirinya; karena orang-orang mengetahui Ashley ya sebagai Alice. Namun Ashley akhirnya membuktikan bahwa ia bisa melepaskan ‘kutukan’ tersebut.

Ashley benar-benar totalitas memerankan tokoh Nathalie. Ia bisa melepaskan pandangan para penonton terhadap tokoh Alice yang selama ini ia terima dengan merubah penampilan, merubah karakter, merubah gerak tubuh yang ia gunakan dalam memerankan tokoh Nathalie.

Diangkat dari Kisah Nyata

Aftermath_Real Story (Copy)

Film Aftermath diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada pasangan bernama Jerry Rice dan Janice Ruther. Mereka membeli rumah di wilayah San Diego di tahun 2011 silam. Awalnya Jerry dan Janice merasa semua baik-baik saja sampai mereka mendapatkan informasi bahwa rumah yang baru saja mereka beli masuk ke dalam daftar rumah mewah yang dijual.

Percaya itu adalah human error, kejadian lain yang lebih disturbing kembali terjadi. Mulai dari mereka terdaftar sebagai pembeli tetap majalah hingga $ 1,000, seluruh tetangga perempuan di dekat rumah Jerry Rice mendapatkan surat Valentine atas nama Jerry yang tak pernah ia kirim, hingga yang lebih parah, nama Janice Ruther terdaftar sebagai nama salah satu wanita yang ada dalam situs dewasa. 

Setelah struggle hingga bertahun-tahun; mereka akhirnya bisa menangkap pelakunya, seorang wanita berusia 53 tahun bernama Kathy Rowe. Alasan Kathy melakukan hal tersebut karena ia menganggap bahwa rumah yang Jerry dan Janice beli itu merupakan rumah miliknya tidak peduli apapun.

Film horror Aftermath ini sukses sekali di pemutaran perdananya di aplikasi Netflix; khususnya wilayah Australia. Tidak heran apabila film ini berhasil merebut perhatian banyak penonton, ini disebabkan karena jalan ceritanya yang tidak mudah ditebak, memiliki plot twist dan memiliki vibes mengerikan. Bacaterus memberi skor 6,5/10 untuk film ini. Jangan lupa tonton filmnya ya!

Aftermath
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram