Sinopsis dan Review Navarasa (2021), Anthology 9 Perasaan

Ditulis oleh Dhany Wahyudi
Navarasa
2.9
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Navarasa adalah original film Netflix dalam format anthology yang terdiri dari 9 film pendek yang bercerita tentang 9 perasaan manusia. Tidak seperti film anthology Netflix dari India sebelumnya, Lust Stories (2018) dan Ghost Stories (2020) yang hanya menyajikan empat film pendek saja, maka film yang didukung penuh oleh indutstri perfilman Tamil ini dibentuk seperti serial, terpisah dalam 9 episode.

Disutradarai oleh 9 sutradara berbeda, keseluruhan produksinya di bawah arahan sineas yang dihormati di perfilman India, Mani Ratnam, yang di film ini bertindak sebagai produser dan membantu penulisan naskah untuk salah satu episodenya. Komposer India ternama, A.R. Rahman, dipercaya mengarahkan komposisi musik, terutama musik di opening title.

Dengan adanya Mani Ratnam dan A.R. Rahman ini, ekspektasi akan film anthology ini sangat tinggi? Apakah hasilnya bisa memuaskan? Simak review kami terlebih dahulu sebelum menontonnya.

Baca juga: Sinopsis dan Review Film India Bhuj: The Pride of India

Sinopsis

Sinopsis

Edhiri (Compassion)

Edhiri (Compassion)

Dheena mendatangi sebuah rumah dan menemui penghuninya. Istri sang pemilik rumah, Savithri, yang penasaran dengan kehadiran Dheena, mencoba menghampiri ruangan suaminya.

Seketika pintu terbuka dan dia melihat suaminya sudah tergeletak bersimbah darah berbarengan dengan Dheena yang pergi meninggalkan ruangan bersama istri dan anaknya untuk pergi ke rumah neneknya.

Sementara itu, putra dari Savithri pulang setelah mendapat kabar kematian ayahnya. Dia tidak bisa memaksa ibunya untuk mengakui siapa pelaku pembunuhannya demi membantu penyelidikan polisi.

Dheena berbicara dengan pria yang selalu mendengar ceritanya. Setelah beberapa kali berbincang, Dheena akhirnya mengakui jika dia membunuh orang itu karena rasa marah.

Perasaan itu hadir karena orang itu tidak menghargai dan selalu menghina kakaknya hingga membuatnya bunuh diri. Ternyata orang yang diajak berbincang ini tampak seperti reinkarnasi dari orang yang dia bunuh yang bilang bahwa dia adalah interpretasi dari kisah kelam di masa lalu Dheena yang selama ini mengendap dalam benaknya dan menjadi cikal-bakal pembunuhan.

Setahun setelahnya, Dheena sengaja mengikuti Savithri yang sedang bersembahyang di kuil. Bertemu di jalan, Dheena mengakui kesalahannya dan meminta maaf, tapi Savithri tidak bisa memaafkan juga tidak menghukum Dheena atas perbuatannya.

Summer of ’92 (Laugh)

Summer of ’92 (Laugh)

Velusamy adalah seorang komedian sukses yang diundang ke sekolahnya dahulu. Dia bercerita bahwa dia empat kali tidak lulus dari kelas 9. Semua kejadian yang menyebabkannya gagal naik kelas dia ceritakan, dimana semuanya karena ulah nakalnya kepada guru-gurunya yang akhirnya memberikan nilai buruk kepadanya hingga dia tidak naik kelas.


Baca Juga:

Di tahun kelima, Velusamy dipercaya oleh kepala sekolah untuk menjaga anjing peliharaan Lakshmi, gurunya yang merupakan putri dari kepala sekolah, selama acara perjodohan Lakshmi berlangsung. Velusamy menerimanya dan memberikan syarat supaya dia bisa naik kelas yang disanggupi oleh kepala sekolah.

Bersama teman-temannya, Velusamy membawa anjing itu ke atas gunung dimana disana terdapat sebuah kubangan dengan bau yang busuk. Tidak sengaja, anjing itu terlepas dari keranjang dan berlari. Mereka mengejarnya hingga anjing itu tercebur ke kubangan bau itu.

Setelah beberapa lama, anjing itu berhasil keluar dari kubangan dan berlari kembali ke rumah Lakshmi. Acara lamaran yang sedang berlangsung menjadi porak-poranda ketika anjing itu masuk ke rumah dan mengibas-ngibaskan badannya yang bau.

Di atas podium, Velusamy yang kini sudah sukses meminta maaf kepada Lakhsmi yang masih belum menikah juga. Lakshmi memaafkannya tapi dia bilang jika bau itu belum juga hilang hingga saat ini.

Project Agni (Wonder)

Project Agni (Wonder)

Vishnu adalah seorang ilmuwan yang meneliti tentang waktu dan masa depan. Dia mengundang Krishna, rekannya yang bekerja untuk pemerintah, datang ke rumahnya. Vishnu menerangkan kepada Krishna tentang teori ilmiah yang dikajinya yang kemudian mengarah kepada alat penemuannya yang diberi nama Drifter yang berfungsi seperti mesin waktu.

Ternyata perjalanan waktu ini memberikan efek kepadanya berupa kekuatan super. Di kali terakhir dia menggunakan alat itu, dia membuat sedikit kekacauan yang berefek kepada kehidupannya di masa kini, yaitu hilangnya istri dan anaknya.

Kekuatan super ini juga menimpa mantan asistennya, Kalki, yang dia pecat karena mulai terobsesi dengan kekuatan seperti “Tuhan” ini.

Vishnu menduga bahwa Kalki berencana membuat alat serupa tapi tidak bisa berfungsi tanpa “Solution A” yang hanya dimiliki olehnya. Vishnu menyerahkan koper dengan isi “Solution A” kepada Krishna untuk mengamankannya dari Kalki.

Setelah Krishna pergi, Vishnu hendak bunuh diri tapi dia mendengar ada tamu di pintu yang ternyata adalah Krishna dan keluarganya. Ternyata yang datang tadi adalah Kalki.

Payasam (Disgust)

Payasam (Disgust)

Seorang pendeta Brahmana melakukan sembahyang pagi di kuil ditemani istrinya. Dia mengeluh tentang Subburayan, keponakannya, yang hendak menikahkan putrinya dengan acara yang meriah.

Sebenarnya dia tidak ingin menghadiri pernikahan itu, tapi dia menuruti nasihat istrinya. Sesampai di rumah dia langsung dipakaikan pakaian yang bagus dan diminta segera ke tempat acara.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram