bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Mulholland Drive, Film Surealis Tentang Mimpi

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 13 September 2021

Setiap orang pasti pernah punya mimpi baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Mimpi sering diartikan sebagai bunga tidur karena terkadang berisikan sesuatu yang sulit diraih. Banyak orang bilang, hal-hal besar yang menjadi kenyataan selalu berawal dari mimpi. Tapi nggak semua orang bisa berhasil mewujudkan mimpi-mimpi mereka dikarenakan banyak faktor.

Salah satu mimpi yang dimiliki banyak orang adalah ingin menjadi aktor atau aktris. Malahan banyak yang bermimpi bisa bekerja di industri hiburan terbesar dunia yaitu Hollywood. Perjuangan bisa menembus Hollywood diceritakan dalam film Mulholland Drive yang ternyata menyimpan sisi gelap. Mari kita bedah sinopsis dan review filmnya!

Sinopsis

Sinopsis & Review Mulholland Drive, Film Surealis Tentang Mimpi 1
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Psychological Thriller, Neo Noir
  • Produksi: Les Films Alain Sarde, Asymmetrical Productions, Babbo Inc., Canal+
  • Sutradara: David Lynch
  • Pemain: Justin Theroux, Naomi Watts, Laura Elena Harring, Ann Miller, Robert Forster

Seorang wanita baru saja selamat dari kecelakaan mobil di Mulholland Drive, sebuah kawasan dengan jalanan berliku di wilayah Hollywood Hills. Dalam kondisi badan yang terluka, dia berjalan kaki ke Los Angeles dan menyelinap masuk ke sebuah apartemen. Kepala yang terbentur membuat wanita itu nggak menyadari apa yang baru saja terjadi, pun identitas dirinya sendiri.

Pada pagi hari, Betty Elms, aktris muda yang sedang berusaha menembus Hollywood, datang ke apartemen tantenya, Ruth. Ruth merupakan seorang aktris ternama, saat itu dia sedang menjalani syuting di Kanada. Hal itu menyebabkan Betty harus tinggal sendirian di apartemen bibinya yang sedang kosong itu.

Betty terkejut ketika melihat seorang wanita dalam kondisi terluka di dalam apartemen. Karena wanita itu mengalami amnesia, dia menyebut dirinya sebagai Rita setelah melihat poster film Gilda yang dibintangi oleh Rita Hayworth. Betty mencoba mencari petunjuk sosok Rita dari dompet milik Rita. Betty hanya menemukan sejumlah uang dan kunci berwarna biru.

Sementara itu, di sebuah kedai bernama Winkie’s, dua orang sedang berbicara. Salah satunya bercerita tentang mimpi buruk yang dialaminya. Di mimpinya, ada sosok mengerikan di belakang kedai. Karena penasaran, keduanya memutuskan untuk mencari ke belakang kedai. Sesampainya di belakang, mereka dikejutkan oleh sosok menyeramkan yang tiba-tiba muncul. Pria yang menceritakan mimpi buruknya pingsan karena ketakutan.

Di tempat lain, seorang sutradara bernama Adam Kesher sedang membuat film. Tapi karyanya itu mendapat desakan dari sekelompok mafia. Mereka mendesak Adam untuk menggunakan aktris bernama Camilla Rhodes sebagai pemain utama. Adam menolak permintaan mereka dan memutuskan pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, dia menemukan istrinya sedang berselingkuh.

Kesedihan yang dialami Adam bertambah karena kelompok mafia membuat bank menutup kartu kredit milik Adam. Adam menyetujui permintaan kelompok mafia untuk bertemu seseorang bernama The Cowboy. The Cowboy mendesak Adam agar memasukan Camilla ke filmnya demi kebaikan Adam. Sementara itu, seorang pembunuh bayaran mencuri buku telpon dan membunuh tiga orang.

Sinopsis & Review Mulholland Drive, Film Surealis Tentang Mimpi 3

Betty mencoba mencari tahu kecelakaan yang dialami Rita. Dia dan Rita pun datang ke Winkie’s. Mereka dilayani oleh pelayan bernama Diane. Rita tiba-tiba teringat sebuah nama Diane Selwyn. Mereka berdua kemudian mencari nama Diane Selwyn di buku telpon dan menelponnya. Sayangnya, panggilan mereka nggak dijawab.

Betty mengikuti audisi dan mendapat sambutan meriah. Seorang agen mengajaknya ke lokasi pencarian aktris untuk film The Sylvia North Story yang disutradarai Adam. Camilla yang mengikuti casting dinyatakan nggak mendapat peran karena kemampuannya nggak cukup bagus. Betty beradu tatap dengan Adam tapi memilih pergi dengan alasan sudah terlambat akan bertemu teman.

Betty dan Rita mendapat alamat Diane Selwyn dari buku telpon. Mereka pun mendatangi alamat tersebut. Kedatangan mereka disambut oleh seseorang yang mengaku tetangga Diane. Dia mengatakan bahwa dia dan Diane sudah bertukar apartemen. Mereka kemudian menyelinap masuk ke dalam apartemen.

Di dalam, mereka menemukan mayat perempuan yang terbujur kaku. Mereka berdua pun ketakutan dan kabur. Sesampainya di apartemen Betty, mereka berdua bercinta. Rita memaksa Betty untuk mengantarnya ke sebuah teater bernama Club Silencio. Sesampainya di sana, seorang pembawa acara membuka pertunjukan bahwa semua yang dilihat adalah ilusi.

Seorang wanita masuk ke panggung dan bernyanyi kemudian pingsan. Betty menemukan kotak biru di tasnya dan cocok dengan kunci yang didapatnya dari dompet Rita. Apa sebenarnya isi kotak itu? Apa hubungannya dengan Adam? Dan siapakah sesungguhnya Rita? Film ini memang terkesan rumit, tapi di balik kerumitan itu ada keseruan menanti!

Penggunaan Alur Non-Linear

Sinopsis & Review Mulholland Drive, Film Surealis Tentang Mimpi 5

Mulholland Drive menggunakan alur non-linear dalam menjalankan cerita. Cerita tentang kedatangan Betty ke Los Angeles bisa berpindah pada dua orang di Winkie’s. Kemudian berpindah lagi pada sosok Adam, lalu pencarian siapa Rita yang sebenarnya. Bagi yang nggak sabar mengikuti permainan sang sutradara, David Lynch, pasti akan mengatakan bahwa film ini aneh.

Di awal film, kita akan dikecoh dengan film akan menampilkan perjalanan Betty menembus Hollywood. Padahal secara keseluruhan, ada cerita yang lebih luas dan sureal. Sampai di akhir film, kita baru akan memahami mengapa film ini surealistis karena alur yang diacak serta menampilkan twist yang bisa membuat kita geleng-geleng kepala.

Ada beberapa barang yang mungkin terkesan nggak penting. Padahal detail-detail kecil itu dibuat Lynch menjadi penggerak cerita sekaligus pemecahan misteri yang dimainkannya. Kunci biru, kotak biru, pembunuh bayaran, Winkie’s, The Sylvia North Story dan Silencio Club akan mulai jelas korelasinya di akhir film.

Baca juga: Inilah 20 Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Satir tentang Hollywood

Sinopsis & Review Mulholland Drive, Film Surealis Tentang Mimpi 7

Hollywood seringkali dijadikan panggung terbesar untuk dunia perfilman. Bagi aktor atau aktris, bisa tampil memerankan film Hollywood merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Kehidupan glamor, uang berlimpah serta karya yang bagus merupakan buaiannya. Tapi nggak semua mendapat kesempatan emas tersebut dan menjadikannya hanya sebagai mimpi.

Sosok Betty di film Mulholland Drive menunjukkan bagaimana sulitnya menembus Hollywood. Bisa tampil cemerlang dalam audisi nggak serta-merta membuatnya bisa mendapatkan peran di film. Sedangkan Adam yang punya kesempatan menjadi sutradara justru ditekan oleh kelompok mafia. Lynch mencoba menunjukkan sisi kelam dari Hollywood.

Bermain-Main dengan Mimpi dan Kenyataan

Sinopsis & Review Mulholland Drive, Film Surealis Tentang Mimpi 9

Secara keseluruhan, Mulholland Drive membahas tentang mimpi dan kenyataan. Mimpi menjadi penggerak seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini digambarkan lewat karakter Betty yang sedang berusaha mendapat peran di film Hollywood. Dia rela mengikuti audisi serta bertemu orang-orang yang bisa memuluskan karirnya di industri perfilman terbesar di dunia itu.

Kenyataan yang dibahas di film ini diwakili oleh sosok Adam. Menjadi sutradara film The Sylvia North Story, membuatnya harus berhadapan pada kenyataan bahwa ada kelompok mafia yang campur tangan. Kehidupan personalnya jauh lebih pahit karena istrinya berselingkuh. Di balik sutradara yang karnyanya dikenal banyak orang, ada kenyataan-kenyataan pahit yang nggak terlihat.

Mimpi dan kenyataan menjadi dua kata kunci di film ini. Seperti pembawa acara di Silencio Club yang menyatakan bahwa semua yang dilihat adalah ilusi. Mimpi dan kenyataan jugalah yang akan menjadi penyelesai cerita tumpang-tindih karya Lynch ini menjadi sesuatu yang apik dan berbekas ketika bisa memahaminya.

Mulholland Drive merupakan film surealis yang butuh konsentrasi penuh. Detail-detail yang ditampilkan merupakan petunjuk yang punya peran besar untuk membuat kita mengerti cerita secara keseluruhan. Nggak mengherankan banyak yang menganggap film ini sebagai karya terbaik Lynch. Kamu sepakat nggak nih? Coba tuliskan komentarmu di bawah, teman-teman!

Mulholland Drive
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram