bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Mimi, Ibu Pengganti Jadi Ibu Kandung

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 19 September 2021

Bollywood tidak hanya memanjakan kita dengan berbagai film romantis dengan bubuhan komedi yang bikin baper dan tertawa terbahak-bahak. Bollywood juga menyajikan berbagai film yang membuat kita semakin terbuka dengan fenomena-fenomena yang ada. Mimi (2021) adalah film yang mengangkat mengenai salah satu topik sensitif di kalangan masyarakat.

Mengangkat kisah mengenai seorang gadis muda yang memilih menjadi ibu pengganti untuk pasangan suami istri yang tidak bisa mendapatkan anak.

Ibu pengganti memang bukan hal yang aneh, tapi hal ini masih sangat awam untuk diketahui tentang resikonya. Bahkan Mimi memiliki plot twist yang membuat para penonton terenyuh hingga menangis untuk endingnya yang luar biasa.

Sinopsis

Film Mimi_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Family, Drama
  • Sutradara: Laxman Utekar
  • Pemeran: Kriti Sanon, Pankaj Tripathi, Sai Tamhankar
  • Produksi: Maddock Films, Jio Studios

John dan Summer adalah sepasang suami istri yang tidak bisa memiliki anak, akhirnya mereka mencari ibu pengganti untuk mengandung anak mereka. Pasangan Amerika ini kebetulan sedang mengunjungi Rajasthan sambil mencari calon ibu pengganti yang cocok dengan kriteria mereka. Sempat putus asa, Bhanu si supir taksi menawarkan bantuan mencari wanita yang cocok.

Bhanu membawa mereka bertemu dengan Mimi, sejak pertama bertemu pasangan ini langsung merasa cocok. Mimi terlihat sangat sehat, tubuhnya semampai dan ia dapat menari dengan energik dan sangat baik. Melihat reaksi kliennya, Bhanu berusaha membujuk Mimi agar bersedia menjadi ibu pengganti dengan bayaran 20 lakh rupee.

Awalnya mimi mengira ia harus tidur dengan John agar bisa hamil, setelah diberi penjelasan Mimi mulai memikirkan hal ini. Ia membutuhkan uang untuk menggapai cita-citanya menjadi aktris ternama, tapi ia bingung bagaimana menyembunyikan perutnya selama kehamilan. Dengan pemikiran yang matang, Mimi akhirnya menandatangani perjanjian dan mendapatkan banyak uang.

Mimi tinggal di rumah Shama selama kehamilannya, tapi kejadian tidak terduga datang ketika bayi yang dikandungnya didiagnosa terkena down syndrome. John dan Summer mendengar hal ini langsung memutuskan kerjasama dan tidak mau bertanggung jawab. Mereka kembali ke Amerika meninggalkan Mimi dengan anak yang dikandungnya sendirian.

Suasana makin runyam ketika keluarga Mimi akhirnya mengetahui hal ini, bahkan Bhanu disangka menjadi ayah dari bayi itu. Mimi dan Bhanu tinggal bersama, tapi Bhanu merasa sangat takut karena ia memiliki ibu dan istri di rumah. Setelah bayi Mimi lahir semua orang merasa aneh, karena bayi yang dilahirkan memiliki fisik yang sangat berbeda dengan mereka.

Ketika istri Bhanu datang untuk meminta suaminya kembali, disitulah Mimi akhirnya jujur mengenai anak yang ia lahirkannya. Saat itu semua orang menyesali apa yang dilakukan Mimi, tapi mereka menerima anak yang dilahirkan mimi. Setelah empat tahun berlalu, Mimi dan putranya Raj hidup bahagia berdampingan dengan keluarga Bhanu dan Shama.

Ketenangan ini berakhir ketika John dan Summer tiba-tiba datang ke rumah Mimi dan ingin membawa Raj. Penolakan keras datang dari Mimi dan seluruh keluarga, hingga mereka rela mempertaruhkan harta benda untuk melawan di pengadilan. Mimi sadar mereka kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan Raj, dengan pemikiran panjang akhirnya ia merelakan Raj.

Tapi keajaiban muncul saat Mimi mengantar Raj ke pada John dan Summer, pasangan ini akhirnya menyerahkan Raj pada Mimi sebagai ibunya. John dan Summer paham bahwa anak mereka tidak akan bisa hidup tanpa Mimi di Amerika. John dan Summer memutuskan mengadopsi seorang anak perempuan dan membawanya ke Amerika.

Plot Twist di Akhir Membuat Kagum

Premis Dan Plot Twist Di Akhir Membuat Kagum_

Mimi (2021) menjadi salah satu film yang bisa memberikan dampak pada banyak orang yang menontonnya. Karena premis yang diangkat kemungkinan masih dianggap sangat tabu, meski hal ini bukan berarti tidak ada. Fenomena ibu pengganti pasti sudah sering terdengar, tapi masih jarang ada orang yang menceritakan hal ini.

Saya sendiri mengenal dan mengetahui tentang ibu pengganti setelah beberapa kali menonton drama medis dan crime. Dari sinilah saya mengenal bagaimana proses dan resiko kepada para wanita yang melakukan proses ini. Sayangnya, Mimi tidak menceritakan secara rinci mengenai bagaimana proses dan perjanjian dari proses ini.

Meski begitu, film Mimi akan sangat berdampak pada banyak wanita, terutama pada wanita muda di luar sana. Dari sini kita bisa melihat Mimi merelakan masa mudanya untuk mendapatkan sejumlah uang dengan cara yang salah. Jika berjalan lancar, mungkin kisah Mimi tidak akan seperti sekarang ini yang harus menjadi single parent dan membesarkan putranya sendiri.

Tapi, plot twist di sini membuat saya merasa kagum. Saya pikir, Mimi akan mendapatkan kesulitan lainnya. Adegan ketika seluruh keluarga mengantarkan Raj ke keluarga kandungnya untuk dibawa ke Amerika membuat saya sangat tersentuh. Kekeluargaan mereka terlihat begitu sangat erat dan Raj menjadi pusat kebahagiaan mereka.

Meski saya mengharapkan adanya adegan perjuangan yang lebih emosional lagi di film ini, setidaknya apa yang diberikan untuk saat ini sudah cukup bagus dan tidak terlalu kentara kekurangannya. Sisi komedi, sinematografi dan durasi filmnya terasa pas, karena di pertengahan filmnya kita akan terbawa suasana hingga tidak memperdulikan durasinya dan lainnya.

Mimi membuat film yang bisa terlihat sara dan tabu, menjadi sebuah film yang menunjukkan kemanusiaan dan kekeluargaan yang tinggi. Film yang mahal ini memang patut di apresiasi, bahkan di India sendiri Mimi mendapatkan banyak kesuksesan dan penilaian positif, ditambah dengan plot twist yang apik di akhir. Kamu harus nonton!

Resiko Menjadi Ibu Pengganti

Sedikit Pelajaran Mengenai Resiko Menjadi Ibu Pengganti_

Seperti yang saya singgung di atas, Mimi (2021) tidak membahas isu ibu pengganti terlalu dalam. Tapi di sini hal yang paling krusial adalah bagaimana cara Bhanu meyakinkan Mimi. Sejujurnya saya cukup amazing dengan perumpamaan yang digunakan untuk menjelaskan peran ibu pengganti. Pasalnya penjelasannya begitu sederhana dan mudah untuk dipahami oleh banyak orang.

Bhanu mengucapkan “John dan Summer ingin panen tebu, tapi ladang mereka tandus, maka dari itu mereka menyewa ladang milik Mimi. John akan menanam benih dan Summer memberikan pupuk, setelah tebu siap panen Mimi hanya perlu menyerahkan pada mereka dan ia mendapat uang sewa”.

Dari penjelasan ini kata "tebu" digunakan sebagai kiasan untuk menunjukkan "bayi" yang akan dikandung Mimi. Penjelasan di atas sangat mudah untuk dipahami oleh siapapun, jika dipikir-pikir dari penjelasan ini terlihat siapa yang memiliki banyak keuntungan.

Tentu saja Mimi akan mendapatkan banyak keuntungan, apalagi di akhir akan mendapatkan penghasilan lebih banyak. Belum lagi latar belakang Mimi adalah anak yang tinggal di pedesaan dan tidak memiliki pendidikan yang tinggi. 

Saya sendiri tidak pernah berpikir perumpamaan yang sangat simpel bisa menjelaskan mengenai ibu pengganti sangat baik. Tapi Bhanu lupa menjelaskan resiko dari ibu pengganti ini, dimana letak hukumnya juga sangat cacat. Kecacatannya adalah ketika "tebu" yang dipanen berkualitas buruk, maka penyewa ladang bebas meninggalkan ladang sewaan tadi. 

Di kehidupan nyata hal ini memang wajar terjadi, ada banyak sekali kasus ibu pengganti yang pada akhirnya harus merawat anak kliennya. Bahkan beberapa ibu pengganti lainnya mengambil langkah ekstrim seperti menggugurkan kandungan. Tidak adanya kekebalan hukum bagi mereka sangat disayangkan, apalagi banyak wanita tertipu dengan iming-iming uang. 

Kriti Sanon Keluar dari Zona Nyaman

Kriti Sanon Keluar Dari Zona Dan Fakta Menarik Lainnya_

Kriti Sanon memang dikenal sebagai salah satu aktris Bollywood yang sangat cantik dan bertalenta. Saya sudah beberapa kali menonton film yang dibintanginya mulai dari film debutnya bersama Tiger Shroff Heropanti (2014) dan Dilwale (2015). Jujur saja akting dari Kriti Sanon memang tidak pernah mengecewakan, saya menyukai ketika ia berperan sebagai gadis yang periang dan aktif.

Hal ini masih terlihat dalam Mimi (2021), tapi ada yang berbeda dari karakter dan posisinya kali ini. biasanya kriti hanya menjadi second lead, kali ini dia menjadi pemeran utamanya. Akting kriti sebagai Mimi benar-benar membuat saya melihatnya sebagai Mimi yang sesungguhnya. Seorang gadis yang bercita-cita menjadi selebriti harus meninggalkan semuanya karena memiliki anak.

Terlihat bagaimana gadis ini begitu putus asa karena mimpinya yang didepan mata musnah begitu saja. Apalagi anak yang dikandungnya bukanlah darah dagingnya, melainkan anak orang lain yang dititipkan di rahimnya. Emosi yang diberikan kriti untuk adegan ini sangat luar biasa, bahkan pengembangan karakternya makin baik ketika ia menjadi ibu dari Raj.

Kriti Sanon seakan keluar dari “zona nyaman” untuk memerankan karakter yang lebih menantang. Selain itu ada fakta lain di balik film yang memiliki rating tinggi di IMdb ini lho. Mimi melakukan proses syuting yang cukup sulit, karena India juga sedang dilanda pandemi Covid-19. Syuting film ini sempat tertunda beberapa kali, apalagi mereka mendatangkan aktor dari luar negeri.

Untungnya seluruh proses syuting film bisa terlaksanakan dengan baik dan berakhir pada bulan Mei 2021. Sayangnya film Mimi justru harus mengalami kesialan lain, dimana film ini mendapatkan pembajakan karena kesalahan produksi.

Netflix dan JioCinema mendistribusikan film yang direncanakan akan tayang pada 30 Juli 2021. Tapi JioCinema merilis beberapa menit filmnya lebih awal pada tanggal 26 Juli 2021, akhirnya pembajakan terjadi.

Mimi (2021) menunjukkan bahwa ibu pengganti bisa menjadi ibu yang dibutuhkan untuk seorang anak. Karena ibu yang sesungguhnya bukan hanya wanita yang mengandung dan melahirkan, melainkan ia yang merawat dan menyayanginya sepenuh hati.

Mimi
Rating: 
4.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram