bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Seobok, Kehidupan Manusia Abadi

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 30 September 2021

Kali ini film beken yang tayang di pertengahan tahun 2021 datang dari negeri ginseng alias Korea. Film ini merupakan film sci-fi yang super apik dengan plot cerita yang blowin’ up dan tidak membosankan meski ada beberapa film yang sudah lebih dulu mengusung plot yang sama.

Film ini seharusnya tayang di bulan Desember 2020 kemarin; namun karena pandemi, film ini akhirnya baru tayang di bulan April 2021. Seobok adalah nama dari seorang manusia kloning yang mempunyai kemampuan yang luar biasa hebat.

Namun akibat kemampuan itulah, Seobok malah jadi rebutan banyak pihak untuk digunakan sebagai sesuatu yang jahat. Beruntung ada seseorang yang menaruhkan nyawanya untuk melindungi Seobok. Penasaran dengan cerita lengkapnya? Ayo simak terus!

Sinopsis

Seobok_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Produksi: CJ Entertainment
  • Sutradara: Lee Yong Joo
  • Pemain: Gong Yoo, Park Bo Gum, Jo Woo Jin

Seiring pesatnya kemajuan teknologi yang ada di bumi; maka banyak orang yang melakukan penelitian untuk membuat bumi lebih baik. Mulai dari menanam tumbuhan langka yang mampu menyelamatkan bumi suatu hari nanti bahkan membuat spesimen yang mampu menyembuhkan seluruh penyakit yang ada di manusia.

Spesimen tersebut merupakan seorang pemuda bernama Seobok (Park Bo Gum). Seobok adalah manusia hasil kloning dan memiliki intelegensi yang sangat hebat berada di sebuah lab di bawah perusahaan teknologi paling mutakhir bernama Seoin.

Seobok dianggap bisa menjadi ‘dokter’ yang tidak bisa mati dan bisa membantu manusia untuk sembuh dari segala jenis penyakit. Ini akibat rangkaian DNA yang sudah dimodifikasi sekompleks mungkin oleh para peneliti.

Naas, Seobok malah jadi incaran banyak pihak. Pihak Lab harus segera memindahkan Seobok ke tempat yang aman; supaya meminimalisir kemungkinan proyek mengenai Seobok bocor ke publik yang bisa menambah resiko incaran terhadap Seobok semakin tinggi. Akhirnya Perusahaan Lab tersebut meminta bantuan seorang mantan agen terbaik di Korea yang sudah pensiun muda bernama Ki Hun (Gong Yoo).

Ki Hun bingung bukan main. Kenapa ia harus dipanggil dan terlibat lagi dalam sebuah misi? Namun karena memang kebutuhannya yang harus dicukupi apalagi dengan kondisinya sekarang yang mengalami kanker otak, Ki Hun akhirnya menerima tawaran pekerjaan itu apalagi setelah mengetahui spesimen yang harus dilindunginya adalah spesimen berharga yang bisa menyelamatkannya juga.

Ki Hun akhirnya segera berangkat untuk memindahkan Seobok; namun di tengah perjalanan, mobil mereka diserang oleh penembak jitu. Ki Hun yang kalah jumlah dan persediaan senjata yang tak memadai akhirnya tertangkap dan digiring ke sebuah gudang. Mereka berdua di sekap. Namun berkat kekuatan Seobok dan kepintaran Ki Hun; mereka berdua berhasil lolos.

Mereka segera kabur menggunakan truk dan melanjutkan perjalanan ke sebuah rumah ‘aman’ milik perusahaan Lab Seoin. Selama perjalanan, Seobok melihat-lihat banyak hal baru di luar laboratorium dan menyukainya. Ki Hun merasa aneh. Dia lantas bertanya pada Seobok mengenai kegiatan apa saja yang ia lakukan selama di dalam lab. 

Seobok menjawab kalau dirinya hanya diam memikirkan apa tujuannya dia dibuat. Dia selalu dirawat oleh ibunya yang juga adalah dokter dan salah satu peneliti Lab di Seoin bernama Dr. Lim Se Eun (Jang Young Nam).

Dirinya tidak bisa keluar dari fasilitas karena harus terus diawasi dan dimonitori. Setiap hari ia disuntik semacam obat untuk mengendalikan kekuatannya. Ini membuat Ki Hun yang awalnya galak pada Seobok jadi melunak.

Meski sempat berulang kali bertengkar, Seobok tetap tidak bisa ditinggal; begitu juga Ki Hun yang tidak bisa melepaskan Seobok begitu saja; karena Ki Hun menganggap bahwa Seobok adalah token hidupnya. Apabila projek yang dikatakan oleh Lab Seoin berhasil, maka kanker otak yang ia derita akan segera sembuh dan ia bisa hidup normal.

Naas, belum lama berada di rumah ‘aman’ milik Lab, Ki Hun dan Seobok diserang oleh pihak Lab sendiri atas perintah atasan Ki Hun yang mempekerjakan dirinya untuk melindungi Seobok, yaitu Chief Ahn (Jo Woo Jin). Ki Hun lantas menyerang balik dengan rasa bingung yang sangat besar.

Mengapa kini Seobok malah ingin dibunuh? Padahal tugasnya adalah menjaganya. Seobok pun mulai menggunakan kekuatannya untuk menyerang orang suruhan Chief Ahn.

Singkat cerita ternyata Chief Ahn ingin Seobok dibunuh agar transaksi gelap yang ia lakukan tidak bocor. Kini bukan Seobok saja yang menjadi incaran, namun Ki Hun juga menjadi incaran Chief Ahn karena membawa kabur Seobok.

Belum selesai masalah perburuan itu, kini Ki Hun juga dikagetkan dengan Seobok yang mulai muntah darah karena ia tidak diberi suntikan obat yang biasa ia dapatkan dari Lab.

Ki Hun menjadi serba salah, ia khawatir kalau kembali ke Lab ia dan Seobok ditangkap; mau kabur pun bingung harus kabur kemana. Di saat kebingungan melanda mereka, Seobok meminta Ki Hun menemaninya untuk pergi ke sebuah gereja yang lumayan jauh dari tempat mereka sekarang.

Di sana ada makam Seobok yang sudah meninggal. Ia ternyata sudah meninggal akibat kecelakaan mobil bersama Ayahnya, namun karena kehilangan yang mendalam, ibu Seobok yaitu Dr. Lim mulai mengkloning anaknya tersebut.

Masalah kini menjadi makin kusut setelah Ki Hun tahu bukan hanya Chief Ahn saja yang memburunya namun pemilik perusahaan dan Lab Seoin, Direksi Kim (Kim Jae Gun) pun mengincarnya. Ia ingin mengambil Seobok untuk dijadikan senjata dan keuntungan pribadi bagi. Sehingga ia bisa layaknya seperti Tuhan, memilih siapa yang bisa ia sembuhkan mana yang akan ia biarkan mati.

Ki Hun yang menyadari projek tanpa kendali Dr. Lim yang sudah meninggal akibat dibunuh oleh kaki tangan Direksi Kim; bukanlah penelitian berguna; namun menjadi satu hal untuk keserakahan guna menguasai dunia. Ki Hun tidak peduli lagi kalau dirinya harus meninggal akibat kanker otaknya; yang ia inginkan hanya menyelamatkan Seobok dari tangan-tangan jahat tersebut.

Saat akan menculik Seobok, spesimen itu sudah terlebih dulu bangun dari lab dan murka bukan main mengetahui ibunya meninggal dan ingin diawetkan guna bahan penelitian juga.

Seobok yang awalnya menurut kini menjadi marah besar. Ia menghabiskan seluruh orang yang menghalanginya dan memanfaatkannya. Ia bahkan meminta Ki Hun untuk membunuhnya; karena selama dia masih hidup, semua orang akan tetap ada yang mengincarnya.

Meski berat hati, akhirnya Ki Hun ‘menyelesaikan’ projek yang dibawa oleh Seobok dengan cara membuat Seobok meninggal. Seobok dan Ki Hun sama-sama tahu apa yang dilakukan. Seobok yang tidak pernah tertidur pun akhirnya tertidur selamanya. Rasa penasaran Seobok akan rasa tidur akhirnya terkabul. Tugas Seobok pun selesai.

Akting Park Bo Gum dan Gong Yoo

Seobok_Gong Yoo_Park Bo Gum (Copy)

Kalau ngomongin kemampuan Gong Yoo dalam berakting kayaknya sudah tidak usah diragukan lagi ya? Setelah berhasil berkali-kali memerankan tokoh di beberapa drama dan film, si ganteng Gong Yoo akhirnya didapuk kembali untuk memerankan tokoh bodyguard dengan segala komplikasinya. Hasilnya? BOOM! Gong Yoo alias Ki Hun sukses besar. 

Kita bisa jadi ikut merasakan rasa bingungnya, rasa sakitnya, rasa sayangnya dan rasa marahnya ketika berhadapan dengan Seobok dan orang-orang yang harus berurusan dengannya. Gong Yoo pintar sekali memainkan emosinya, apalagi kalau sudah adegan nangis. Aduh. Dijamin kalian bisa jadi ikutan nangis tanpa aba-aba; hanya karena melihat Gong Yoo nangis.

Tak hanya Gong Yoo saja, aktor segala bisa kelahiran tahun 1993 ini juga mampu mengimbangi level akting sang senior, Park Bo Gum mendapatkan banyak pujian atas aktingnya dalam film ini. Saya dibuat terkecoh dengan mukanya yang inosen. Saya tidak pernah menyangka, kekuatan yang Park Bo Gum punya saat memerankan tokoh Seobok kelewat dahsyat dan bisa ngamuk juga. 

Ekspresi Park Bo Gum saat marah benar-benar deh, wajah Park Bo Gum yang kelewat imut tiba-tiba berubah menjadi super garang. Mukanya merah padam, raut mukanya bengis, air matanya keluar menahan emosi. Bahkan urat di leher dan kepalanya terlihat semua. Park Bo Gum di sini keren banget deh.

Cerita Epik

Seobok_Epic (Copy)

Gak bosen-bosen buat ingetin kalian soal film Korea tuh engga melulu jenis film dengan genre romansa yang doyan bikin cringe saja. Korea juga bisa bikin film super keren! Setelah Train To Busan, The Tower, The Closet, Parasite dan kini Seobok. Sebenarnya film Korea dengan genre Sci-Fi sudah mulai banyak, dimulai dari Sectro 7, 11 A.M., Snowpiercer dan lainnya. 

Kedatangan film Seobok kali ini seperti membawa hawa baru. Cerita yang disajikan tidak cukup rumit sehingga bisa diikuti dengan baik. Rincian ilmu science yang diberikan juga bisa kita pahami.

Intinya, film ini menyuguhkan cerita baru yang kemungkinan bisa terjadi di masa datang. Lee Young Joo, lihai sekali mengangkat film Sci-Fi seperti ini. Film mengenai ilmu yang banyak disukai dan dicari oleh banyak orang. ‘Keabadian’.

Makna Hidup

Seobok_Life (Copy)

Lee Young Joo yang adalah sutradara sekaligus penulis cerita film ini menyelipkan banyak sekali makna tentang kehidupan. Saya benar-benar merasa tertampar dengan beberapa dialog antara Ki Hun dan Seobok saat Seobok menanyakan arti hidup sebenarnya. Sepanjang jalan cerita akhirnya saya mengangguk-angguk setuju, menanggapi obrolan mereka berdua.

Pertanyaannya padahal simple sekali. Seperti ‘tujuan hidup itu sebenarnya apa?’, ‘Mati itu tidur untuk selamanya?’, ‘apa maksudnya abadi?’, ‘Hidup ini indah’, ‘Aku terus bertanya mengenai bagaimana sebenarnya takdirku?’.

Seobok mulai menanyakan semua hal ini setelah ia berhasil keluar dari lab dan melihat dunia bersama dengan Ki Hun. Seobok bertanya apakah dengan hadirnya dia bisa berguna bagi orang lain. Duh, manusia buatan ini malah lebih manusiawi dari manusia pada umumnya. 

Ceritanya benar-benar bagus. Saya sangat merekomendasikan film ini untuk ditonton. Selain ceritanya yang bagus, akting para aktor dan aktrisnya yang oke dan efek CGI yang mumpuni; membuat film ini menjadi salah satu film yang paling ditunggu khususnya yang doyan sekali nonton film Korea.

Oh iya, film ini menjadi comeback dari Park Bo Gum yang baru saja menyelesaikan wajib militernya loh! Sekalinya kembali ke industri showbiz, Park Bo Gum berhasil memerankan tokoh Seobok dengan sangat baik. Penasaran sebagus apa filmnya? Tonton filmnya ya! Bacaterus memberi rating 4.3 / 5 untuk film ini.

Seobok
Rating: 
4.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram