bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Insidious 2, Rahasia Hantu Wanita Jahat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 11 September 2021

Josh yang berhasil membawa Dalton pulang setelah tersesat di further, rupanya ‘membawa’ sesuatu. Kematian Elise seperti petunjuk bahwa memang ada yang tidak beres dengan lelaki tersebut. Penyelidikan kembali dilakukan hingga Lorraine menemukan rahasia mengenai siapa sosok wanita bergaun pengantin hitam yang menempel terus pada Josh sejak dia kecil.

Penyelidikan tersebut juga membuka kenyataan bahwa ternyata selama ini tubuh Josh tidak dikendalikan oleh dirinya, melainkan sosok parasit tersebut. Lalu, siapa wanita mengerikan itu? Kemanakah ruh Josh yang asli? Pertanyaan Anda bisa terjawab saat menonton Insidious 2 apalagi sembari membaca sinopsis dan ulasannya di bawah ini. Sudah penasaran? Mari simak bersama!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal/Tahun Rilis: 13 September 2013
  • Genre: Horror, Mistery, Supernatural
  • Produksi: Blumhouse Productions, Stage 6 Films, Entertainment One
  • Sutradara: James Wan
  • Pemeran: Patrick Wilson, Rose Byrne, Ty Simpkins, Lin Shaye, Garrett Ryan

Film dimulai dengan scene flashback memperlihatkan kehidupan Josh Lambert kecil (Garrett Ryan) di tahun 1986. Sang ibu, Lorraine (Jocelin Donahue) terlihat meminta bantuan kepada Elise Ranier (Lindsay Seim) agar menyelamatkan Josh yang kerap diteror oleh makhluk halus.

Lorraine mengetahui Elise dari temannya, Carl (Hank Harris). Sebelumnya Carl sudah berusaha membantu Josh tapi tidak berhasil. Oleh karena itu dia merekomendasikan Elise.

Lorraine kemudian bercerita bahwa Josh terus diikuti sesosok wanita berpakaian pengantin. Dia juga memperlihatkan foto-foto Josh pada Elise. Di sana terlihat sosok wanita tua tersebut yang semakin lama, tampak semakin mendekati Josh.

Setelah mendengar cerita dari Lorraine, Elise ingin bertemu Josh. Sang paranormal tersebut lantas menghipnotis Josh guna mengulik informasi terkait sosok wanita tua tersebut.

Dalam keadaan terhipnotis, Josh tidak merespon pertanyaan Elise mengenai keberadaan wanita itu, melainkan memperlihatkan raut muka ketakutan dengan mata tertutup. Elise lalu mulai berkeliling rumah untuk mengetahui sendiri keberadaan sosok tersebut.

Rupanya, ia bersembunyi di lemari pakaian Josh. Saat Elise mendekat, dia diserang olehnya sehingga Elise mengalami luka cukup parah. Selanjutnya Elise memberitahu Lorraine bahwa Josh memiliki kemampuan proyeksi astral yang dapat membuatnya pergi menjelajahi further.

Saat Josh menjelajah further ini lah, si sosok wanita menyeramkan tersebut melihat bahwa Josh masih hidup; ruh Josh hanya terpisah dari tubuhnya. Akibat hal itu tubuh Josh yang kosong menjadi incarannya.

Elise kemudian menyarankan Lorraine untuk menghilangkan atau menekan kemampuan Josh ini dengan cara menghapus ingatannya. Elise juga meminta Lorraine untuk berhenti memotret Josh agar buah hatinya tidak mengingat wanita tua itu lagi. Secara tiba-tiba, Josh terbangun dari hipnotisnya dan menunjuk ke arah sebuah pintu.

Pintu yang ditunjuk oleh Josh lantas terbuka dengan sendirinya. Melihat hal tersebut Lorraine ketakutan dan meminta bantuan Elise untuk menghapus ingaran sang putra, terutama ingatan di masa kecilnya. Selama proses tersebut dilakukan, tak lupa Elise merekam semuanya sebagai dokumentasi.

Cerita dalam film lalu berlanjut 25 tahun kemudian semenjak insiden Josh kecil. Pada adegan selanjutnya, Elise Ranier (Lin Shaye) terlihat tewas karena dicekik oleh Josh (Patrick Wilson). Setelah kejadian tersebut, Renai Lambert (Rose Byrne) dan Josh sendiri mulai menghadapi proses hukum. Keduanya diinterogasi di kantor polisi.

Pihak kepolisian mencurigai Josh karena pada jasad Elise ditemukan bekas cekikan tangan manusia. Polisi juga memperlihatkan foto terakhir yang diambil Elise. Mengerikan, dalam foto tersebut tertangkap sesosok wanita misterius berpakaian pengantin berwarna hitam; foto itu sempat dilihat Renai sebelumnya. Namun, Renai tidak percaya jika Josh, suaminya, yang membunuh Elise.

Renai yakin bukan Josh yang membunuh Elise, tapi pihak polisi juga tidak mau percaya begitu saja, apalagi mengenai keberadaan hantu. Mereka lebih percaya bahwa luka di leher Elise adalah ulah manusia. Selepas diinterogasi, Josh, Renai dan anak-anak mereka sementara pindah ke kediaman Lorraine karena rumah mereka sedang digeledah oleh polisi.

Malam pun tiba dan Renai mulai merasakan kejadian-kejadian mistis seperti piano yang berbunyi sendiri. Mendengar hal itu, dia segera memberi tahu Josh. Namun, tanggapan suaminya tidak memuaskan. Josh menganggapnya hanya berhalusinasi dan meminta Renai untuk tenang. Rupanya Renai bukan satu-satunya penghuni rumah yang diganggu, melainkan Lorraine juga. Dia diganggu oleh sesosok wanita berbaju putih.

Di tempat lain, Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pergi ke rumah Elise. Begitu memasuki rumah, keduanya melihat pintu ruangan pribadi Elise terbuka sendiri. Merasa penasaran mereka lalu masuk ke ruangan tersebut. Di sana Specs dan Tucker menemukan sebuah rekaman berisi peristiwa saat Josh dihipnotis.

Mereka lalu memutarnya dan melihat sesuatu yang aneh karena melihat seseorang berdiri di belakang Josh kecil. Selain itu Josh juga terlihat berbicara dengan sosok tersebut. Specs dan Tucker mulai bingung lalu mencoba untuk menyelidiki rekaman itu lebih lanjut.

Esok harinya, Renai dan keluarga memulai aktivitas mereka seperti biasa. Delton Lambert (Ty Simpkins) bercerita pada Renai bahwa semalam dia bermimpi melihat sesosok wanita berpakaian putih. Delton juga menceritakan dirinya melihat Josh berbicara dengan seseorang yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Melihat hal tersebut Delton merasa ada yang salah dengan sang ayah. Ketika menceritakan hal ini pada Renai, sang ibu meyakinkan Delton bahwa ayahnya baik-baik saja. Padahal Renai sendiri juga merasakan keanehan pada diri Josh. Sementara itu Lorraine terlihat bertemu dengan Specs dan Tucker. Dia bercerita bahwa keluarganya masih diteror oleh makhluk jahat tersebut.

Lorraine tampak menaruh harapan dengan meminta tolong pada Specs dan Tucker untuk menangani masalah keluarganya ini. Kedua orang itu lalu bertanya mengenai kunjungan Elise yang pertama kali ke rumahnya. Sayang, Lorraine sudah melupakan kejadian tersebut.

Lalu bisakah keluarga Lorraine, terutama Josh lepas dari masalah ini? Bisakah Specs dan Tucker membantu mereka? Kekuatan jahat macam apa yang menghantui keluarga ini sampai-sampai menghilangkan nyawa seseorang?

Ungkap Rahasia Sosok Wanita Misterius

Ungkap Rahasia Sosok Wanita Misterius

Sebagai sekuel atau film lanjutan dari Insidious Chapter 1, film ini bermula dengan misteri kematian Elise yang sulit diterima akal. Elise yang membantu Josh menyelamatkan dan membawa pulang Dalton dari further justru tewas. Kematian Elise sudah cukup menjadi teror sendiri, bahkan sebelum cerita mulai memasuki klimaks.

Penonton yang dibuat penasaran mengenai penyebab kematian Elise dan siapa yang membunuhnya, akan menemukan jawaban di Insidious 2 ini. Jika Anda sempat menebak bahwa pelakunya adalah Josh, tebakan Anda bisa benar tapi juga salah. Pasalnya, pelaku sebenarnya adalah roh wanita berpakaian pengantin yang menghantui Josh saat kecil. Ia berhasil menguasai tubuh Josh dan meninggalkan ruhnya di further.

Menonton film ini Anda akan dibawa ke masa lalu yang dimiliki seorang karakter bernama Parker Crane, yaitu sebuah masa lalu mengerikan seorang anak laki-laki yang diperlakukan buruk oleh ibunya.  Dari sini pula Anda tahu bahwa ancaman yang terjadi pada keluarga Josh dilatarbelakangi dendam. Pengemasan cerita saat mengungkap identitas wanita misterius tersebut, patut diacungi jempol.

James Wan menggunakan latar cerita berbumbu psikologis saat menceritakan masa lalu seorang Parker Crane yang kelam hingga dia berubah jadi pembunuh mengerikan. Hal ini berhasil menambah kengerian karena entah bagaimana cerita tentang ketidakstabilan emosi yang dimiliki seseorang atau luka batin dan dendam, memang selalu mampu menciptakan suasana mengerikan pada sebuah film.

Masih Tentang Dunia Gaib yang Bisa Dimasuki Ruh

Masih Tentang Dunia Gaib yang Bisa Dimasuki Ruh

Perbedaan menonjol antara Insidious 1 dan Insidious 2 terletak pada pengungkapan rahasia sesosok wanita misterius yang menjadi parasite di keluarga Josh. Selain itu, film ini masih menggunakan formula yang sama; yaitu kembali menjelajahi further. Jika pada film pertama Josh yang harus menyelamatkan Dalton, di film kedua ini giliran Dalton yang menyelamatkan sang ayah.

Menariknya, pengambilan gambar di dunia makhluk halus tersebut mampu menularkan kengerian dalam film ini. Terutama karena tone dan kegelapan yang seperti tak berujung di sana. Belum lagi skenario tersesat yang ditambahkan James Wan juga mampu menambah rasa deg-degan pada para penonton. Membayangkan berada di ruangan penuh makhluk gaib saja sudah meneror, apalagi sampai tersesat di sana.

Risiko Dibandingkan dengan The Conjuring

Risiko Dibandingkan dengan The Conjuring

Perilisan Insidious 2 sebenarnya cukup berani karena ditayangkan beberapa bulan setelah kesuksesan besar The Conjuring. Jika tidak nampol dari segi cerita dan unsur-unsur horor, risikonya adalah babak-belur dibanding-bandingkan dengan karya James Wan tersebut. Benar saja, Insidious 2 habis dihujani ulasan negatif dan dianggap sama sekali tidak seseram The Conjuring.

Padahal dari segi cerita, film ini dibangun dengan cukup solid, mulai dari pengungkapan rahasia misterius sosok hantu wanita yang jahat, hingga penyelamatan Josh yang ternyata terjebak di further. Unsur horor pada film ini juga tidak seburuk itu. Ada beberapa kali titik kejut yang akan membuat jantung berdebar lebih kencang.

Unsur thriller pun tak kalah ditambahkan, terlihat pada scene ketika  Josh yang dirasuki roh wanita jahat dan berniat membunuh keluarganya. Dengan premisnya, berikut eksekusinya, Insidious 2 masih bisa dinikmati sebagai film horor yang lengkap.

Hanya memang, James Wan lumayan membuat bingung karena dua film ini menggunakan Patrick Wilson sebagai pemeran utamanya, sekaligus penggunaan nama karakter Lorraine yang juga ada di dua filmnya.

Lahir dari tangan sutradara terkenal piawai meramu cerita-cerita mengerikan, Insidious 2 punya teror tersendiri. James Wan tidak keluar dari ide awal film ini dan justru mengembangkan ceritanya jadi semakin menarik. Anda harus menontonnya sendiri untuk membuktikan hal tersebut. Sudah siap bertemu wanita mengerikan itu? 

Insidious 2
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram