Sinopsis dan Review Insidious 2, Rahasia Hantu Wanita Jahat

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Insidious 2
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Josh yang berhasil membawa Dalton pulang setelah tersesat di further, rupanya ‘membawa’ sesuatu. Kematian Elise seperti petunjuk bahwa memang ada yang tidak beres dengan lelaki tersebut. Penyelidikan kembali dilakukan hingga Lorraine menemukan rahasia mengenai siapa sosok wanita bergaun pengantin hitam yang menempel terus pada Josh sejak dia kecil.

Penyelidikan tersebut juga membuka kenyataan bahwa ternyata selama ini tubuh Josh tidak dikendalikan oleh dirinya, melainkan sosok parasit tersebut. Lalu, siapa wanita mengerikan itu? Kemanakah ruh Josh yang asli? Pertanyaan Anda bisa terjawab saat menonton Insidious 2 apalagi sembari membaca sinopsis dan ulasannya di bawah ini. Sudah penasaran? Mari simak bersama!

Sinopsis

Sinopsis

Film dimulai dengan scene flashback memperlihatkan kehidupan Josh Lambert kecil (Garrett Ryan) di tahun 1986. Sang ibu, Lorraine (Jocelin Donahue) terlihat meminta bantuan kepada Elise Ranier (Lindsay Seim) agar menyelamatkan Josh yang kerap diteror oleh makhluk halus.

Lorraine mengetahui Elise dari temannya, Carl (Hank Harris). Sebelumnya Carl sudah berusaha membantu Josh tapi tidak berhasil. Oleh karena itu dia merekomendasikan Elise.

Lorraine kemudian bercerita bahwa Josh terus diikuti sesosok wanita berpakaian pengantin. Dia juga memperlihatkan foto-foto Josh pada Elise. Di sana terlihat sosok wanita tua tersebut yang semakin lama, tampak semakin mendekati Josh.

Setelah mendengar cerita dari Lorraine, Elise ingin bertemu Josh. Sang paranormal tersebut lantas menghipnotis Josh guna mengulik informasi terkait sosok wanita tua tersebut.

Dalam keadaan terhipnotis, Josh tidak merespon pertanyaan Elise mengenai keberadaan wanita itu, melainkan memperlihatkan raut muka ketakutan dengan mata tertutup. Elise lalu mulai berkeliling rumah untuk mengetahui sendiri keberadaan sosok tersebut.

Rupanya, ia bersembunyi di lemari pakaian Josh. Saat Elise mendekat, dia diserang olehnya sehingga Elise mengalami luka cukup parah. Selanjutnya Elise memberitahu Lorraine bahwa Josh memiliki kemampuan proyeksi astral yang dapat membuatnya pergi menjelajahi further.

Saat Josh menjelajah further ini lah, si sosok wanita menyeramkan tersebut melihat bahwa Josh masih hidup; ruh Josh hanya terpisah dari tubuhnya. Akibat hal itu tubuh Josh yang kosong menjadi incarannya.

Elise kemudian menyarankan Lorraine untuk menghilangkan atau menekan kemampuan Josh ini dengan cara menghapus ingatannya. Elise juga meminta Lorraine untuk berhenti memotret Josh agar buah hatinya tidak mengingat wanita tua itu lagi. Secara tiba-tiba, Josh terbangun dari hipnotisnya dan menunjuk ke arah sebuah pintu.

Pintu yang ditunjuk oleh Josh lantas terbuka dengan sendirinya. Melihat hal tersebut Lorraine ketakutan dan meminta bantuan Elise untuk menghapus ingaran sang putra, terutama ingatan di masa kecilnya. Selama proses tersebut dilakukan, tak lupa Elise merekam semuanya sebagai dokumentasi.

Cerita dalam film lalu berlanjut 25 tahun kemudian semenjak insiden Josh kecil. Pada adegan selanjutnya, Elise Ranier (Lin Shaye) terlihat tewas karena dicekik oleh Josh (Patrick Wilson). Setelah kejadian tersebut, Renai Lambert (Rose Byrne) dan Josh sendiri mulai menghadapi proses hukum. Keduanya diinterogasi di kantor polisi.

Pihak kepolisian mencurigai Josh karena pada jasad Elise ditemukan bekas cekikan tangan manusia. Polisi juga memperlihatkan foto terakhir yang diambil Elise. Mengerikan, dalam foto tersebut tertangkap sesosok wanita misterius berpakaian pengantin berwarna hitam; foto itu sempat dilihat Renai sebelumnya. Namun, Renai tidak percaya jika Josh, suaminya, yang membunuh Elise.

Renai yakin bukan Josh yang membunuh Elise, tapi pihak polisi juga tidak mau percaya begitu saja, apalagi mengenai keberadaan hantu. Mereka lebih percaya bahwa luka di leher Elise adalah ulah manusia. Selepas diinterogasi, Josh, Renai dan anak-anak mereka sementara pindah ke kediaman Lorraine karena rumah mereka sedang digeledah oleh polisi.

Malam pun tiba dan Renai mulai merasakan kejadian-kejadian mistis seperti piano yang berbunyi sendiri. Mendengar hal itu, dia segera memberi tahu Josh. Namun, tanggapan suaminya tidak memuaskan. Josh menganggapnya hanya berhalusinasi dan meminta Renai untuk tenang. Rupanya Renai bukan satu-satunya penghuni rumah yang diganggu, melainkan Lorraine juga. Dia diganggu oleh sesosok wanita berbaju putih.

Di tempat lain, Specs (Leigh Whannell) dan Tucker (Angus Sampson) pergi ke rumah Elise. Begitu memasuki rumah, keduanya melihat pintu ruangan pribadi Elise terbuka sendiri. Merasa penasaran mereka lalu masuk ke ruangan tersebut. Di sana Specs dan Tucker menemukan sebuah rekaman berisi peristiwa saat Josh dihipnotis.

Mereka lalu memutarnya dan melihat sesuatu yang aneh karena melihat seseorang berdiri di belakang Josh kecil. Selain itu Josh juga terlihat berbicara dengan sosok tersebut. Specs dan Tucker mulai bingung lalu mencoba untuk menyelidiki rekaman itu lebih lanjut.

Esok harinya, Renai dan keluarga memulai aktivitas mereka seperti biasa. Delton Lambert (Ty Simpkins) bercerita pada Renai bahwa semalam dia bermimpi melihat sesosok wanita berpakaian putih. Delton juga menceritakan dirinya melihat Josh berbicara dengan seseorang yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram