bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film Homunculus Live Action (2021)

Diadaptasi dari serial manga yang berjudul sama karya Yamamoto Hideo yang dipublikasikan pada 20 Juli 2003 – 28 April 2011, film live action Homunculus (2021) ini memulai pembuatannya pada Desember 2019 hingga Januari 2020.

Film Homunculus (2021) mulai dirilis secara resmi pada 2 April 2021 di Jepang. Filmnya ditayangkan di seluruh dunia melalui situs resmi Netflix pada 22 April 2021.

Go Ayano berperan sebagai pemain utama dalam film ini. Meskipun banyak yang kurang menyukai film live action Homunculus (2021), tapi gak ada salahnya untuk nonton film ini. Berikut sinopsis dan review film live action Homunculus (2021).

Sinopsis

sinopsis_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Thriller, Psychological, Mystery, Drama
  • Produksi: Avex Pictures, Booster Project
  • Sutradara: Shimizu Takashi
  • Pengisi Suara: Go Ayano, Ryo Narita

Film live action Homunculus (2021) menceritakan kisah seorang tunawisma yang amnesia bernama Susumu Nokoshi. Hingga suatu ketika, ia mempunyai kemampuan untuk melihat luka lama atau trauma dari orang-orang sekitarnya. Lantas, bagaimanakah perubahan kehidupan Nokoshi setelah memiliki kemampuan tersebut?

Adalah Susumu Nakoshi, seorang pria berusia 34 tahun yang menjadi seorang tunawisma setelah kehilangan ingatannya. Kini ia hidup di dalam sebuah mobil. Suatu ketika, ia dijumpai oleh pria asing yang menawarkannya pekerjaan dengan menjalankan sebuah trepanation di dahinya.

Awalnya Nakoshi menolak penawaran tersebut, tapi pada akhirnya Nakoshi menerima penawarannya. Manabu Ito adalah nama dari pria asing itu. Ia merupakan seorang dokter yang masih magang.

Ito kemudian menjelaskan tentang homunculus yang bisa membuka semacam indra keenam. Untuk membuka indra keenam tersebut, harus melalui sebuah operasi yang dikenal dengan trepanation. Yaitu, sebuah operasi dengan cara mengebor kepala seseorang hingga terbentuk lubang kecil.

Menurut Ito, hal tersebut bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membantu kinerja otak semakin maksimal, sehingga bisa membuka indra keenam seseorang.

Setelah dijelaskan, Ito mulai melakukan prosedur trepanation di kepala Nakoshi. Semula, Nakoshi tidak merasakan apa pun, tapi suatu ketika saat ia menutup mata kanannya, ia melihat orang-orang yang ada disekelilingnya berubah dengan beragam bentuk.

Ketika Nakoshi panik, ia tidak sengaja bersinggungan dengan sekelompok Yakuza. Karena hal tersebut, bos Yakuza hampir saja memotong jari kelingkingnya.

Tapi disaat bersamaan, Nakoshi melihat bos Yakuza tersebut berubah menjadi robot dan memegang sabit. Bos Yakuza tersebut tiba-tiba menangis dan tidak jadi memotong jari kelingking Nakoshi, kemudian pergi meninggalkannya bersama dengan bawahannya.

Nakoshi lalu bertemu dengan Ito, memberitahu hal yang terjadi pada dirinya dan menceritakan gambaran yang ia lihat. Kemudian sesuai dengan permintaan Ito, Nakoshi pun melihat Ito untuk mencari tahu homunculus miliknya, namun Nakoshi tidak melihat apapun dan seolah-olah Ito menghilang.

Ito kemudian menjelaskan, bahwa yang Nakoshi lihat adalah homunculus yang merupakan gambaran dari rasa trauma setiap orang.

Keesokan harinya, Ito dan Nakoshi berada di sebuah kafe. Ito lalu menghampiri seorang gadis SMA. Dari Kejauhan, Nakoshi mencoba ‘melihat’ gadis tersebut dan nampak kalau gadis itu berubah menjadi pasir yang kemudian pasir tersebut terlihat seperti terserap oleh Ito.

Tiba-tiba, gadis itu pergi namun Ito secara diam-diam mengambil handphone milik gadis SMA dan memberikannya kepada Nakoshi.

Yukari adalah nama gadis SMA tersebut, lalu Nakoshi melihat isi dari handphone milik Yukari. Kemudian ia menemukan sebuah fakta yang cukup suram disana, tentang sesuatu yang Yukari sembunyikan dari orang lain.

Nakoshi yang sedang berada di dalam mobilnya, tiba-tiba dihampiri oleh beberapa orang yang kemudian dibawa ke tempat seorang Yakuza yang secara tidak sengaja pernah bertemu.

Sang bos Yakuza menanyakan apa yang Nakoshi lihat. Kemudian Nakoshi menjelaskan apa yang ia ‘lihat’ dan hal tersebut akhirnya membuka rasa trauma yang dialami oleh bos Yakuza. Hingga setelah pertemuan itu, bos Yakuza memutuskan berhenti menjadi seorang Yakuza.

Di hari yang berbeda, Yukari mendatangi Nakoshi untuk mengambil kembali handphone miliknya. Nakoshi kemudian ‘melihat’ kembali Yukari dari dekat, namun ternyata yang ia lihat bukanlah pasir, namun seperti kumpulan kata-kata yang menumpuk sehingga terlihat seperti pasir.

Saat Nakoshi ‘melihat’ semakin jauh, ia menyaksikan masa-masa kelam Yukari sampai terbawa suasana dan terjadi suatu hal yang tidak terduga diantara mereka.

Namun, setelah itu Yukari tidak terlihat lagi sebagai pasir. Nakoshi sudah lelah dengan ‘penglihatan’ itu karena homunculus yang ia lihat pada bos Yakuza dan Yukari berpindah pada dirinya. Ito menjelaskan kalau itu memungkinkan karena ada kesamaan trauma diantara Nakoshi dengan mereka.

Nakoshi meminta Ito untuk menutup kembali lubang di kepalanya. Ito mengatakan kalau masih ada beberapa hari tersisa dari 7 hari yang dijanjikan.

Suatu ketika, ia bertemu dengan seorang wanita yang mengingatkannya pada pacarnya yang bernama Nanako. Namun siapa sangka, ternyata Nanako tidak mengingat dirinya karena kehilangan ingatan.

Kemudian, Nakoshi mengajaknya ke suatu rumah yang pernah mereka tinggali. Di sana Nanako mengingat kembali suatu kejadian yang masih samar.

Nakoshi mulai tidak bisa ‘melihat’ lagi. Tapi karena masih ingin mencari tahu tentang masa lalunya, ia pergi ke tempat tinggal Ito. Namun Ito tidak ada di sana, kemudian Nakoshi nekat melakukan pengeboran sendiri ke kepalanya dan ia akhirnya bisa ‘melihat’ kembali.

Ito berbincang dengan Nakoshi melalui telepon. Ia memberitahu kalau sebentar lagi akan ada orang yang mengingat masa lalunya dan semua akan terbongkar.

Nakoshi lalu bergegas pulang menemui Nanako, namun Nanako berkata kalau ia bukanlah Nanako, melainkan Chihiro. Nakoshi melihat wajah Chihiro dan kemudian muncul-lah wajah Nanako yang sesungguhnya.

Nakoshi dan Chihiro mulai mengingat kembali masa lalu kelam mereka yang secara tidak sengaja pernah bertemu ketika keduanya mengalami kecelakaan. Di masa lalu, Nanako tertabrak oleh sebuah mobil yang dikendarai oleh Chihiro dan seorang laki-laki yang menyebabkan Nanako meninggal.

Alih-alih marah kepada Chihiro, Nakoshi memaafkannya atas kejadian yang pernah terjadi pada masa lalu mereka. Ternyata disana sudah ada Ito yang sedari tadi melihat kedua orang itu. Nakoshi lalu ‘melihat’ Ito dan menyaksikan trauma yang dirasakan oleh Ito.

Semula, Nakoshi menyadari kalau Ito menghilang, tapi ternyata Ito terlihat seperti air yang didalamnya ada seekor ikan kecil. Ito menangis ketika Nakoshi menjelaskan semua yang ia lihat dan membuat Ito pergi, lalu melakukan trepanation di dahinya sendiri.

Homunculus, Sebuah Gambaran Trauma di Masa Lalu

gambaran trauma_

Film dengan durasi 115 menit ini berpusat pada kisah Susumu Nakoshi (Go Ayano) yang kehilangan ingatan dan menjadi seorang tunawisma. Kemudian, hidupnya berubah ketika bertemu dengan Manabu Ito (Ryo Narita) dan menjadikannya seseorang yang bisa ‘melihat’ homunculus.

Konsep homunculus di film ini mengibaratkan bahwa setiap manusia memiliki rasa trauma atau luka di masa lalu. Trauma tersebut diubah menjadi sebuah gambaran yang sesuai dengan rasa trauma pada setiap orang.

Contoh yang diberikan pada film ini adalah bos Yakuza yang berubah menjadi robot, Yukari gadis SMA yang berubah menjadi sosok tumpukan kata yang terlihat seperti pasir dan Chihiro yang tidak memiliki wajah atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan nopperabo (manusia tanpa wajah). Ada pula Ito yang berubah menjadi air yang di dalamnya terdapat ikan kecil.

Akting yang Baik Go Ayano dan Ryo Narita

akting yang baik_

Mengingat kalau film ini diadaptasi dari sebuah manga yang biasanya menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk membawakan karakter yang ada di manga, tapi, akting dari Go Ayano dan Ryo Narita di film ini patut diacungi jempol. Keduanya bisa membawakan karakter dengan baik dan membuat tokohnya terasa hidup. 

Tidak hanya itu, perkembangan karakter dari masing-masing pemain juga baik. Contohnya, Nakoshi yang pada awalnya kurang bisa merasakan emosi dan berubah menjadi seorang yang memiliki emosi dengan pembawaan yang tidak berlebihan. Bahkan, perkembangan karakter keduanya menjadikan sebuah plot twist yang cukup mengejutkan di akhir cerita.

Tidak hanya akting dari dua pemain utama saja yang patut diacungi jempol, tapi akting dari aktor lainnya pun bagus, karena mereka bisa menggambarkan emosi yang harus disampaikan pada penontonnya. Sehingga, cerita secara keseluruhan terasa hidup dan tidak monoton.

Film dengan Konten untuk Dewasa

konten dewasa_

Di film ini terdapat beberapa adegan gore, vulgar dan terkadang membuat ngilu juga menjijikan. Sehingga, film ini memiliki rate untuk penonton 18+. Film yang mengusung tema thriller psychological ini juga tidak disarankan bagi yang tidak menyukai adegan berdarah-darah, ya. 

Dari segi visualisasinya, terutama ketika adegan homunculus muncul patut diacungi jempol juga. Karena menggunakan CGI, jadinya setiap perubahan homunculus terasa hidup dengan kualitas dan dieksekusi dengan baik di setiap adegannya. Selebihnya karena genre-nya juga, kesan suram dari film ini pun sudah digambarkan dengan baik.

Bagi yang mengikuti manga-nya mungkin akan membandingkan langsung dari segi alur cerita, penggambaran baik suasananya maupun tokohnya. Dan mungkin banyak yang akan kecewa juga jika sudah pernah membaca manga-nya. 

Tapi, bagi saya sendiri yang tidak mengikuti manga-nya, film ini layak untuk ditonton. Karena terdapat pesan yang bisa diambil dari film ini, seperti bagaimana kita harus menghadapi rasa trauma atau luka di masa lalu, meskipun itu sulit. 

Dan sebagai penonton tetap harus bijak ya ketika menontonnya, jangan menelan mentah-mentah begitu saja. Dan seperti sudah disinggung di atas sebelumnya, film ini disarankan ditonton bagi kamu yang sudah berusia 18+ dan tidak disarankan bagi yang tidak menyukai adegan berdarah-darah juga kekerasan lainnya.

Sekian sinopsis dan review film Homunculus (2021). Tertarik untuk menonton? Kalau ingin menonton film ini kamu bisa langsung melipir ke situs resmi Netflix, ya! Dan untuk mengetahui siapa saja pemain di film ini, jangan lupa juga membaca artikel pemain film Homunculus (2021).

Homunculus
Rating: 
3.3/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram