bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Home Alone 4, Cerita Lanjutan McCallister

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 12 September 2021

Home Alone 4: Taking Back the House adalah angsuran keempat dari film Home Alone. Namun, untuk pertama kalinya, tidak ditayangkan di bioskop melainkan diproduksi sebagai film-televisi. Home Alone 4 perdana tayang di channel ABC (Amerika Serikat) pada November 2002.

Jika pada film ke-3 memiliki jalan cerita dan karakter yang sangat berbeda dari kedua film sebelumya, Home Alone 4 ini justru kembali mengikuti alur film ke-2 yang dulu masih dimainkan oleh Macaulay Culkin.

Jadi, film-tv ini menggunakan karakter keluarga McCallister, dan tentunya Kevin sebagai tokoh utama. Terus, penjahat legendaris kita juga kembali lagi, yaitu Marv. Sedangkan sisanya adalah karakter baru.

Tapi, walaupun menggunakan tokoh-tokoh lama, tentu yang memerankannya tidak sama seperti film ke-1 dan ke-2, karena semuanya sudah grew up. Walaupun kita diajak bernostalgia bersama keluarga McCallister, ada kabar buruk dari mereka.

Peter dan Kate (ayah dan ibu Kevin) berencana untuk bercerai. Dan, saat ini sang ayah sudah tinggal bersama kekasih barunya, Natalie. Peter mengajak ketiga anaknya untuk menghabiskan Natal bersama dengannya di mansion Natalie, tapi hanya Kevin yang ikut.

Tentunya bakal ada pencuri yang menyusup di mana tokoh Home Alone berada. Kali ini, penjahatnya tidak datang untuk mencuri melainkan menculik seseorang. Penasaran bagaimana sinopsis dan review Home Alone 4 dari Bacaterus? Scroll terus sampai bawah, ya.

Sinopsis

Sinopsis & Review Home Alone 4, Cerita Lanjutan McCallister 1
  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Comedy, Family, Crime
  • Produksi: Fox Television Studios
  • Sutradara: Rod Daniel
  • Pemeran: Mike Weinberg, French Stewart, Missi Pyle, Jason Beghe, Erick Avari, Barbara Babcock, Joanna Going, Clare Carey

Alur Home Alone 4 ini ternyata berlanjut dari kisah Home Alone 1 & 2, karena karakter keluarga McCallister dan beberapa tokoh lainnya kembali lagi. Sebenarnya selain McCallister family hanya salah satu dari penjahat kesayangan kita yang kembali.

Ialah Marv yang selalu menggunakan beanie (kupluk). Saat ini Marv sudah menikah. Dan istrinya, Vera, yang menjadi partner in crime-nya alih-alih teman lelakinya yang dulu, Harry.

Karakter Kevin McCallister di film Home Alone 4 diperankan oleh Mike Weinberg. Ia harus mempertahankan rumahnya dari Marv dan Vera. Cerita dibuka dengan informasi bahwa Peter McCallister, ayah Kevin, akan segera bercerai dari istrinya, Kate.

Saat ini Peter telah tinggal bersama dengan pacar barunya yang kaya raya, Natalie Kalban. Peter dan Natalie akan kedatangan keluarga kerajaan saat Natal, dan mereka mengajak Kevin, Buzz, serta Megan (anak-anak McCallister) untuk datang juga ke rumahnya, menghabiskan Natal bersama.

Pada awalnya, ketiganya menolak tawaran tersebut. Tapi, Kevin akhirnya mau datang karena dirundung terus oleh kakak laki-lakinya, Buzz. Kevin pun menikmati betapa mewahnya mansion Natalie selama beberapa hari sebelum Natal datang.

Keesokan paginya, Peter dan Natalie pergi keluar sementara Kevin ditinggal di mansion dengan pelayan Natalie, Mr. Prescott si kepala pelayan dan Molly si pelayan. Tak lama kemudian, Kevin menyadari kalau ada yang sedang mengintai mansion tersebut, dan salah satunya adalah musuh bebuyutannya, Marv Murchins!

Setelah gagal mendapatkan bantuan dari Mr. Prescott melalui interkom, Kevin akhirnya berhasil mengusir Marv dan satu penjahat lagi yang ternyata bernama Vera, dengan membanjiri mansion. Ketika Peter dan Natalie kembali, mereka menolak untuk mempercayai penjelasan Kevin, terutama karena Mr. Prescott mengaku tidak melihat apa-apa.

Kevin pun memeriksa kamera keamanan, namun ternyata telah dimatikan selama pembobolan. Kevin jadi curiga kalau Mr. Prescott selaku orang dalam yang bersekongkol dengan Marv dan Vera.

Untuk menghibur Kevin yang bete karena tidak didengarkan, Peter dan Natalie mengajaknya untuk mendekorasi pohon Natal. Walaupun setelahnya ditata ulang lagi oleh dekorator profesional atas perintah Natalie.

Mansion disiapkan untuk menyambut kedatangan keluarga kerajaan, Peter dan Natalie pun pergi menjemput mereka, sementara Kevin ditinggal di rumah. Ia menyadari kalau Marv dan Vera menyamar sebagai petugas katering.

Karena berpikir Mr. Prescott adalah dalang dari para penjahat, Kevin pun menguncinya di lemari es. Kevin lalu mendengar rencana Marv dan Vera untuk menculik pangeran dan meminta tebusan.

Namun, ternyata keluarga kerajaan tidak dapat menghadiri pesta Natalie, karena penerbangan mereka dibatalkan. Jadi Peter dan Natalie memutuskan untuk mengumumkan pertunangan mereka di pesta sebagai gantinya.

Sementara itu, Marv dan Vera kembali mengejar Kevin. Bocah itu pun tak sengaja merusak pesta karena menabrak para tamu dan menjatuhkan patung es yang ternyata merupakan Mr. Prescott yang membeku.

Marah, Peter meminta Kevin kembali ke kamarnya. Sang ayah juga menolak untuk mempercayai cerita Kevin dan menuduhnya mencoba menyabotase hubungannya dengan Natalie. Peter bahkan mengancam akan mengusir Kevin jika ia bertingkah buruk lagi.

Keesokan paginya, Peter dan Natalie pergi menjemput keluarga royal yang akhirnya bisa datang ke New York. Karena tidak ada yang mempercayainya tentang rencana penculikan pangeran, Kevin pun membuat jebakan seperti yang pernah ia lakukan sebelumnya untuk menangkap para penjahat.

Lagi-lagi Kevin menipu dan mengunci Mr. Prescott di ruang bawah tanah, hanya untuk menemukan fakta kalau orang dalam Marv dan Vera yang sebenarnya adalah Molly.

Ternyata, pelayan mansion tersebut merupakan ibu kandung dari Marv. Kevin akhirnya dikunci di ruang bawah tanah bersama dengan Mr. Prescott. Ia dan Kevin membersihkan kesalahpahaman di antara mereka dan mulai bekerja sama.

Kevin berhasil keluar dari ruang bawah tanah, kemudian Marv, Vera, dan Molly mengejar Kevin kembali. Terjadi 'pertarungan' singkat di antara mereka, namun Kevin dan Mr. Prescott berhasil meluluhlantakkan para penjahat itu dan menelepon polisi. Semua keluarga McCallister datang karena curiga ada yang tak beres, begitu pula Peter yang pulang terlebih dulu meninggalkan Natalie.

Setelah itu, Natalie dan keluarga kerajaan tiba. Rencana para penjahat untuk menculik pangeran pun terungkap, membuat Natalie sangat terkejut. Mr. Prescott mengundurkan diri karena tak pernah suka bekerja dengan Natalie, serta Peter juga memutuskannya dan kembali ke keluarga McCallister.

Keluarga royal berterimakasih pada Kevin karena telah berjuang mengagalkan rencana penculikan sang pangeran, sehingga memutuskan menghabiskan Natal bersama keluarga McCallister alih-alih bersama Natalie. Akhirnya semua bahagia kecuali Natalie yang syok.

Melanjutkan Cerita dari Home Alone 1 & 2

Sinopsis & Review Home Alone 4, Cerita Lanjutan McCallister 3

Walaupun cerita Home Alone 4 dikembalikan ke alur semula, ternyata ada yang tidak beres dengan keluarga McCallister. Kedua orang tua Kevin akan bercerai dan ia masih sering dirundung oleh kakaknya, terutama kakak laki-lakinya, Buzz.

Sepertinya cerita kedua orang tua Kevin berpisah, itu tidak hanya menghancurkan hati para anak-anak McCallister, tapi juga para penonton (terutama yang masih anak-anak).

Menurut saya, tema film-tv kali ini 'terlalu berat' untuk dicerna anak kecil. Dengan ayah Kevin yang sudah tinggal bersama kekasih barunya, serta kedua kakak Kevin yang menyalahkan dirinya atas perceraian kedua ortu mereka, itu sedikit kejam.

Seakan tidak peduli dengan masalah keluarga McCallister, alur tiba-tiba saja cerita berkembang pada Kevin yang lagi-lagi ditinggalkan sendirian.

Namun, kali ini Kevin tidak ditinggalkan di rumahnya sendiri, melainkan di rumah megah nan canggih milik Natalie sang pacar baru ayahnya. Walaupun sebenarnya ada dua orang lainnya, yaitu asisten rumah tangga dan pelayan mansion itu, tapi anggaplah Kevin 'sendirian'.

Film Home Alone dengan 50:50 Kritik Bagus & Buruk

Sinopsis & Review Home Alone 4, Cerita Lanjutan McCallister 5

Film-televisi Home Alone 4 mendapat tanggapan kritis, ada yang memuji ada yang mencaci. Ada yang beranggapan kalau cerita yang keempat ini seperti daur ulang yang tidak original.

Namun, ada juga yang menyukai film ini karena, bagaimanapun juga, tetap menghibur. Plus, penonton diberi 'kemewahan' dari mansion Natalie yang semua halnya bisa dikontrol lewat remot. Pada masa itu, tentu teknologi semacam ini terkesan sangat canggih, bukan?

Ceritanya Agak Tidak Masuk Akal

Sinopsis & Review Home Alone 4, Cerita Lanjutan McCallister 7

Bagaimana bisa keluarga kerajaan menginap di rumah orang biasa? Walau sekaya apapun orang tersebut, sepertinya keluarga royal tidak akan bisa sembarangan berkunjung apalagi menginap di kediaman seseorang, bukan? Dari situ saja sudah aneh banget.

Belum lagi di mana Kevin berada, di situlah rumah yang akan dimasuki penjahat. Seperti Doraemon saja, setiap kali planet lain ada masalah, selalu larinya ke Doraemon. Atau Detective Conan, di mana ada Conan pasti ada pembunuhan. Namanya juga cerita fiksi, ya.

Ending cerita ini juga terlalu dibuat-buat kalau menurut saya. Tiba-tiba saja sang ayah sadar kalau ia bersama Natalie bukan atas dasar cinta, dan ia pun kembali ke keluarganya. Touching, sih, tapi terlalu cepat. Natalie juga dibuat terlalu menderita. Memang, ia menyebalkan, tapi dibuat sengsara secara beruntun di akhir rasanya terlalu 'fiksi'.

Saya cuma terpukau pada scene mansion Natalie saja yang bisa memutar musik, menutup pintu, membuka jendela, semua dengan remote control. Saya juga cukup terhibur dengan adegan para penjahat yang dijahili Kevin. Tapi, sudah, itu saja yang menarik dari film-tv ini.

Untuk keseluruhan filmnya, saya memberi rating 5 untuk Home Alone 4. Apakah kamu setuju dengan statement saya atau mau berkomentar lain? Silakan tinggalkan jejak di kolom comment di bawah, ya.

Home Alone 4
Rating: 
2.5/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram