bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Home Alone 1 (1990), Film Legendaris!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 12 September 2021

Home Alone adalah sebuah film ber-genre komedi dan keluarga yang rilis pada tahun 1990, sudah lama banget, ya? Walau dirilis tahun 1990, film ini baru masuk setahun kemudian ke Indonesia. Soalnya zaman dulu film luar agak susah susah untuk masuk ke Indonesia.

Dibintangi oleh Macaulay Culkin, film ini menceritakan tentang Kevin McCallister yang ketinggalan di rumahnya seorang diri, sementara semua keluarganya pergi berlibur di hari Natal. Ketika sedang bersenang-senang di rumahnya sendirian, ada dua orang pencuri yang berusaha membobol rumah Kevin.

Anak dengan segudang ide cerdik tersebut pun mengerjai para perampok dengan membuat aneka jebakan untuk mereka. Inilah sinopsis selengkapnya dan juga ulasan untuk film Home Alone dari Bacaterus.

Sinopsis

Sinopsis dan Review Home Alone 1 (1990), Film Legendaris! 1
  • Tahun rilis: 1990
  • Genre: Comedy, Family
  • Produksi: Hughes Entertainment
  • Sutradara: Chris Columbus
  • Pemeran: Macaulay Culkin, Joe Pesci, Daniel Stern, Catherine O'Hara, John Heard, Roberts Blossom, John Candy

Film berjudul Home Alone ini menceritakan tentang Kevin McCallister, seorang bocah lelaki yang tak sengaja tertinggal sendirian di rumahnya sementara seluruh keluarganya pergi berlibur. Di saat itu, ada dua pencuri yang telah mengincar kediaman McCallister. Mereka pikir rumah megah tersebut akhirnya kosong, karena semua orang tengah pergi. Mereka tak tahu kalau ada Kevin yang tertinggal di sana.

Film dibuka dengan keluarga McCallister yang sedang sibuk mempersiapkan liburan bersama keluarga besarnya. Lalu muncul Kevin si tokoh utama. Kevin adalah anak bontot di keluarga tersebut. Mungkin karena itulah ia menjadi 'bahan rundungan paling empuk' sepupu dan kakaknya. Orang yang paling sering menjahili dan mengambinghitamkan Kevin adalah kakak kandungnya, Buzz.

Buzz membuat ulah namun Kevin yang berhasil disalahkan. Untuk itu, Kevin dihukum untuk masuk ke kamarnya. Kevin sangat kesal dan berharap seluruh keluarganya untuk lenyap saja. Esok paginya, seluruh McCallister terburu-buru pergi karena hampir ketinggalan pesawat, sehingga melupakan Kevin. Mereka baru sadar Kevin tidak ada setelah sampai di Paris. Mereka berusaha untuk kembali ke rumah, tapi terdapat kendala.

Sementara itu, Kevin terbangun dan melihat rumahnya kosong. Ia berpikir permintaannya terkabulkan, dan ia sangat senang. Ia bisa melakukan apa saja, membuat kekacauan, makan junk food, hingga mengambil tabungan Buzz. Namun, kesenangan Kevin tidak berlangsung lama, karena ada dua orang pencuri (yang rupanya bernama Harry dan Marv) yang berencana membobol masuk ke rumahnya.

Mengetahui hal tersebut, Kevin ingin menangkap para pencuri itu sekaligus mengerjai mereka, sendirian. Menggunakan alat-alat yang ia temukan di rumahnya, Kevin membuat banyak sekali perangkap untuk menjebak pencuri-pencuri itu. Setelah itu, kita bisa melihat kekonyolan dari Harry dan Marv yang serlalu terkena jebakan Kevin.

Dengan sedikit bantuan dari Marley, kakek tua tetangga Kevin, akhirnya para penjahat itu bisa tertangkap. Saudara-saudaranya Kevin yang tadinya suka mengerjainya jadi respect karena bisa kuat sendirian melawan semua penjahat itu. Ibu dan anaknya juga merasa bangga pada 'anak nakal'nya itu, walau tentu mereka juga merasa khawatir.

Film Keluarga yang Masih Seru Ditonton Sampai Sekarang

Sinopsis dan Review Home Alone 1 (1990), Film Legendaris! 3

Home Alone adalah film yang seru, walau sebaiknya tidak ditiru. Apalagi dengan tema natal, Home Alone jadi tontonan wajib untuk liburan natal tiap tahunnya.

Home Alone mungkin terinspirasi dari perasaan anak-anak yang ditinggal sendirian di rumah karena berbagai alasan. Kadang sebagai anak kecil, tingkat fantasinya masih sangat tinggi, sehingga mendengar suara-suara aneh bisa membuat sang anak berpikir ke mana saja.

Tapi, alih-alih ketakutan dan meminta perlindungan dari pihak berwajib secara serius, tokoh utama dalam film ini yaitu Kevin malah 'memberantas' para pencuri itu sendirian. Nilai plusnya, anak ini sangat pemberani, tapi namanya juga film fiksi dan komedi, jadi jalan ceritanya tentu dilebih-lebihkan.

Jalan Cerita Kurang Realistis, Namanya juga Film Komedi

Sinopsis dan Review Home Alone 1 (1990), Film Legendaris! 5

Seorang anak sungguhan di dunia nyata mungkin akan lebih ketakutan daripada Kevin si karakter utama film ini. Anak itu mungkin akan menangis, mencoba menelepon seseorang, kenalannya, teman sekolahnya, gurunya, paman bibinya, kakek neneknya, atau meminta bantuan tetangga dan polisi.

Tapi, di dunia film yang dibuat-buat ini, satu-satunya orang yang bisa Kevin 'raih' adalah tetangganya yang seorang kakek tua tak berdaya. Apakah orang tuanya juga memangnya tidak bisa menelepon Kevin dan memintanya untuk menginap di rumah temannya?

Atau meminta kerabatnya menjaga Kevin di rumah? Kayaknya seharusnya bisa seperti itu jika benar kejadian di dunia real, ya. Tapi, kalau jalan ceritanya seperti itu, kita tidak akan mendapatkan film Home Alone yang kini sudah ada 5 angsuran film.

Kayaknya tidak ada orang tua yang bisa 'kelupaan' mengecek anak-anak mereka saat bepergian, deh. Kecuali anaknya ada 50 mungkin, kali, ya. Tapi, ini kan cuma beberapa anggota keluarga saja.

Se-hectic apa, sih, pikirannya sampai bisa tidak ngeh ada orang yang 'hilang' dari rombongan, dan itu adalah keluarga sendiri bukannya orang lain. Terus, kayaknya mereka kurang panik kalau menurut saya untuk jadi orang tua.

Saya berdoa semoga tidak ada anak kecil yang mengikuti keberanian Kevin McCallister memberantas pencuri sendirian. Ingat, ini adalah film lebih tepatnya film komedi, kalau kejadiannya benar ada di dunia nyata, sepertinya si anak kecil tidak akan berhasil.

Jadi, jangan coba-coba diikuti, ya. Tolong ingatkan anak-anak kecil yang menonton bersama kamu, jangan tiru Kevin. Kalau ada pencuri, bersembunyi, dan telepon kerabat juga pihak berwajib.

Akting Macaulay Culkin yang Sangat Baik

Sinopsis dan Review Home Alone 1 (1990), Film Legendaris! 7

Sebagai aktor cilik, Macaulay Culkin bekerja dengan sangat baik dalam peran-peran yang ia mainkan. Selain berlakon sebagai Kevin, Culkin juga pernah memainkan karakter Richie Rich yang sama-sama ikonik. Tapi, film Home Alone inilah yang mendongkrak nama Culkin sebagai aktor papan atas.

Sayangnya, karena karakter-karakter tersebut terlalu dikenang masyarakat, Culkin sedikit sulit keluar dari karakternya sebagai Kevin. Ia seperti mengalami krisis identitas hingga sekarang walaupun ia telah dewasa. Resiko menjadi orang terkenal, ya.

Itulah sinopsis dan ulasan film yang legendaris banget, Home Alone 1. Walaupun film ini sudah ada lima, tentu pemainnya berbeda di beberapa film karena para aktor dan aktrisnya telah beranjak dewasa.

Pasalnya tokoh utama film ini selalu anak kecil yang ditinggalkan sendirian di rumah. Tapi, menurut saya Home Alone 1 inilah yang paling ngena. Mungkin karena merupakan film yang pertama, ya.

Filmnya masih lucu, masih seru untuk selalu ditonton, tapi tetap untuk anak kecil yang menonton harus diberi bimbingan, ya! Untuk jalan cerita, alur, dan unsur komedinya, saya memberi rating 3.3/5 untuk film Home Alone (1990) ini. Bagaimana menurutmu tentang filmnya? Apakah hanya seru saja atau ada pesan yang bisa kamu ambil?

Home Alone 1
Rating: 
3.3/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram