bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Hannah Montana, Superstar Pulang Kampung

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 31 Mei 2021

Siapa yang tidak kenal sama si superstar satu ini sih? Ya, Hannah Montana yang punya dua kehidupan berbeda. Bila di kehidupan nyata, ia bernama Miley namun saat di panggung ia dikenal dengan Hannah Montana. Meski demikian kehidupan nyata dan kehidupan panggungnya tidak pernah diketahui oleh banyak orang kecuali keluarga dan teman dekatnya.

Hannah Montana ini sebenarnya drama seri keluaran Disney yang sudah tayang dari tahun 2006 silam, dan akhirnya baru dibuatkan filmnya setelah 4 tahun penayangannya di televisi. Hannah Montana The Movie baru tayang pada tahun 2009 di bawah naungan rumah produksi Walt Disney oleh sutradara Peter Chelsom.

Sinopsis

Hannah Montana The Movie_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Family, Drama, Comedy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, It’s a Laugh Productions, Millar Gough Ink
  • Sutradara: Peter Chelsom
  • Pemain: Miley Cyrus, Emily Osment, Jason Earles

Hannah Montana sedang melakukan konser, tapi si konyol Miley as known as Hannah Montana sendiri malah tidak bisa masuk ke dalam gedung pertunjukan akibat terjebak bersama penggemar Hannah Montana lainnya yang berjejal membeli tiket pertunjukan. Miley bingung setengah mati karena tidak lama lagi ia harus ada di panggung sebagai Hannah.

Tak habis akal, Miley dan teman dekatnya Lilly Truscott (Emily Osment) lantas mencuri golf car untuk menerobos masuk ke dalam gedung pertunjukan. Di dalam gedung Ayah Miley, Robby Ray (Billy Ray Cyrus) sudah menunggu anaknya dengan cemas mengingat pertunjukan akan dimulai 10 menit lagi.

Miley berhasil masuk dan segera bergegas tampil di panggung menyanyikan lagu hits juga soundtrack utama Hannah Montana yang berjudul The Best of Both Worlds. Semua orang menikmati pertunjukan Hannah. Scene kemudian lompat ke cerita berikutnya dimana Hannah Montana kedatangan seorang paparazzi sebuah majalah gossip ternama bernama Oswald.

Oswald (Peter Gunn) hampir saja mengetahui rahasia Hannah (mengenai dia sebenarnya adalah Miley), namun beruntung ada manager Hannah, Vita (Vanessa Williams) yang berhasil mengusirnya sebelum Oswald mengetahui seluruh rahasia Hannah meski sudah memasang kamera tersembunyi di balik bantal.

Keesokan paginya, Hannah yang kembali menjadi Miley, seorang gadis biasa mendapat kabar dari Vita bahwa dirinya bisa tampil di sebuah pertunjukan musik beken. Jadilah si Miley ini berubah lagi menjadi Hannah untuk berbelanja keperluan untuk pertunjukan tersebut, padahal hari yang sama, sahabatnya, Lilly berulang tahun namun Miley berjanji akan hadir.

Janji Miley pun tidak bisa ditepati. Ia datang super terlambat setelah sebelumnya terlibat perkelahian akibat rebutan sepatu dengan si model Tyra Banks dan menghindari Oswald yang kerap membuntutinya.

Miley juga telat mengantar kakaknya, Jackson (Jason Earles) yang akan pergi ke Texas untuk berkuliah. Parahnya lagi, Miley datang ke pesta ulang tahun Lily sebagai Hannah Montana.

Akibatnya perhatian tertuju pada Hannah Montana, bukan pada Lily lagi. Ini membuat Lily kesal dan tanpa sengaja memberitahu dari mana asal si Hannah Montana pada Oswald yang mengendap-endap masuk dan menanyakan hal tersebut pada Lily. Pesta ulang tahun Lily makin berantakan setelah adanya miskom membuat kue ulang tahun Lily meledak. Lily sedih.

Berita perkelahiannya dengan Tyra Banks, kerusuhan yang dibuat di pesta ulang tahun Lily membuat Ayah Miley murka. Ia akhirnya membohongi anaknya tersebut untuk tetap bisa berangkat ke New York menghadiri pertunjukan musik padahal mereka berdua terbang ke Texas. Ke rumah neneknya yang sedang berulang tahun.

Miley kesal luar biasa. Saat sampai di Texas dan hendak ke rumah neneknya, Miley minta diturunkan di jalanan. Di sana ia bertemu kembali dengan kuda peliharaannya dan teman masa kecil Miley, Travis (Lucas Till).

Mereka akhirnya kembali ke kediaman neneknya Miley sembari bercerita banyak, salah satunya tentang kedekatannya dengan Hannah Montana yang sebenarnya dirinya sendiri.

Saat sampai di rumah nenek Ruby (Margo Martindale), Miley bertemu dengan semua saudara dan kerabat. Di sana mereka menyambut Miley namun Miley tidak terkesan, ia bahkan sempat mengomel pada Ayahnya di depan banyak orang. Namun Ayahnya juga Nenek juga saudara yang lain dengan cepat mengerti.

Hidup Miley yang serba mudah di kota sebagai Hannah, harus berubah menetap di pedesaan kecil. Di sana Miley belajar untuk lebih tetap santun, tidak sombong dan membanggakan diri akibat menjadi Hannah Montana. Sedikit demi sedikit Miley berubah menjadi baik. Ia dekat dengan Travis, neneknya dan segala di kampung halamannya tersebut.

Suatu kali seorang pengembang datang membuat kacau. Ia ingin merubah kawasan di tempat tinggal nenek Ruby dan dirinya menjadi sebuah mall besar dan menjadikannya kota modern.

Banyak pihak yang tidak setuju tapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak punya kuasa. Lantas Travis ingat bahwa Miley kenal dengan Hannah Montana dan segera mengajukan ide untuk mengumpulkan penggalangan dana dengan menggelar konser.

Miley, Ayah Miley, Nenek Ruby dan kakaknya panik bukan main. Namun sudah terlanjur akhirnya Miley mengiyakan bahwa ia akan mencoba menelepon Hannah Montana apakah dia bisa atau tidak untuk datang membantu.

Sialnya, Oswald yang sudah berada di situ beberapa hari setelah diberitahu oleh Lily mendengar hal tersebut dan dijadikan kesempatan. Akhirnya ‘Hannah Montana’ datang. Disini Lily menggantikan posisi Miley sebagai Hannah karena datang dari California.

Sesampainya mereka di rumah nenek Ruby, kerabat Ayah Miley, Lorelai (Melora Hardin) langsung mengajak Hannah (yang saat itu masih Lily) untuk makan siang bersama dengan walikota dan setuju tanpa tahu bahwa Miley yang juga Hannah Montana sudah punya janji dengan Travis untuk date membuat Miley bingung.

Akhirnya ia berusaha menjadi real Hannah Montana untuk makan bersama walikota dan bertukar peran menjadi Miley untuk makan siang bersama Travis di waktu yang sama.

Sialnya hal tersebut ketahuan oleh Travis dan membuatnya marah besar. Belum lagi acara makan siang dengan walikota jadi berantakan. Miley sedih bukan main. Hal ini juga berimbas dengan hubungan antara Ayah Miley dengan Lorelai yang awalnya mulai suka satu sama lain

Akhirnya konser tetap diselenggarakan. Di tengah-tengah pertunjukan, Miley mengungkapkan hal sebenarnya dan sempat akan disebarkan oleh Oswald namun tidak jadi karena Oswald dibujuk oleh Vita.

Hal baik pun terjadi, setelah Miley menjelaskan hal yang sebenarnya, semua orang di desa berjanji tidak akan mengatakan bahwa Miley adalah Hannah Montana. Semuanya pun senang, desa tidak jadi terjual dan bahkan Travis kembali ke pelukan Miley.

Banyak Pembelajaran

Hannah Montana The Movie_Lessons (Copy)

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ulasan di atas, film ini banyak memberikan pelajaran bagi para penontonnya yang terlebih adalah seorang superstar. Bagaimana seseorang harus terus rendah diri, baik dan sopan terhadap siapa pun, tidak suka show off dan hal baik lainnya. 

Apalagi di zaman sekarang banyak orang yang terkena star syndrom; menganggap dirinya di atas segalanya padahal belum menjadi apa-apa. Hal-hal seperti ini yang memang harus dididik sedari kecil, itu kenapa film Hannah Montana: The Movie suitable sekali ditonton oleh anak-anak dan para remaja yang sedang mencari jati diri.

Penuh Bintang

Hannah Montana The Movie_Taylor Swift (Copy)

Kalau kalian menonton film ini, kalian akan menemukan banyak sekali penyanyi dan bintang yang menjadi cameo di beberapa adegan.

Yang pertama adalah Tyra Banks, seorang selebriti yang rebutan sepatu dengan Hannah Montana di Beverly Hills, dilanjut dengan Taylor Swift yang menjadi salah satu penduduk desa yang menyanyikan lagunya sendiri berjudul Crazier di malam keakraban bersama para penduduk desa Crowley Corners lainnya.

Terakhir Rascal Flatts yang juga berperan sebagai salah satu penduduk desa yang sempat datang ke ulang tahun nenek Ruby dan menyanyikan sebuah lagu berjudul Bless The Broken Roads ketika malam menjelang ditemani beberapa kerabat dan sahabat dari Ayah Miley dan Nenek Ruby.

Soundtrack yang Bagus

Hannah Montana The Movie_Soundtrack (Copy)

Film ini menghasilkan banyak soundtrack bagus yang menjadi signature dari film ini. Selain The Best of Both Worlds, Hannah Montana: The Movie memiliki soundtrack lain yang tidak kalah dari theme song Hannah Montana loh. Miley Cyrus langsung memiliki single baru yang dinyanyikan solo dan dengan Ayahnya sendiri yang berperan sebagai Robby Ray.

Soundtrack tersebut antara lain Butterfly Fly Away, Hoedown Throwdown, The Climb, You'll Always Find Your Way Back Home dan lainnya.

Bahkan untuk beberapa lagu, seperti Hoedown Throwdown berhasil masuk ke dalam top 20 dalam Irish Single Chart, The Climb berhasil masuk ke dalam list Hot Adult Contemporary Tracks dan yang terakhir adalah You'll Always Find Your Way Back Home ke dalam urutan 81 dari 100 lagu Billboard. Keren kan?

Itu dia sinopsis dan ulasan tentang film Hannah Montana: The Movie. Seru bukan? CinemaScore memberi rating A loh untuk film ini, sedangkan Bacaterus memberi skor 8/10 dari segala segi. Film ini cocok sekali untuk ditonton bersama keluarga karena selain ceritanya seru, adegannya ramah untuk anak kecil sekalipun.

Hannah Montana: The Movie
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram