Sinopsis & Review Drakor Grid, Wanita Misterius dan Perisai Bumi

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
Grid
3.3
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Bagaimana jika sekelompok orang berhasil menciptakan perisai pelindung Bumi yang dapat melindunginya terhindar dari ancaman-ancaman matahari?

Bagaimana jadinya jika perisai itu gagal terhubung atau diaktifkan di detik-detik terakhir paling dibutuhkan? Ketegangan sebab membayangkan Bumi akan hancur pasti terus terlintas.

Beruntung sesosok wanita misterius membantu kesuksesan misi tersebut. Namun, belasan tahun kemudian sosok itu kembali muncul untuk menyelamatkan seorang pembunuh. Sosok yang bisa menghilang tersebut sudah dicari sejak belasan tahun silam.

Diduga dia adalah penjelajah waktu. Sementara itu seorang pemuda yang mampu membaca gerak bibir tampak punya sebuah misi rahasia. Drama terbaru Seo Kang Joon berjudul Grid (2022) hadir dengan premis menarik. Gabungan antara sci-fi dan thriller, Grid (2022) juga menawarkan tontonan yang segar.

Hanya sepuluh episode, drama yang tayang di Disney+ ini akan membuatmu sedikit bingung tetapi lebih banyak bikin penasaran. Seperti apa lengkapnya? 

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Korea The Silent Sea (2021)

Sinopsis

Sebuah fenomena mengerikan yang terjadi pada tahun 2005 siap menghancurkan Bumi. Beruntung Grid atau pelindung Bumi segera dapat diaktifkan.

Namun, keberhasilan itu rupanya tidak akan terjadi tanpa sesosok wanita misterius. Tahun 2021, sosok yang dicari-cari tersebut akhirnya muncul lagi. Kali ini dia justru melindungi seorang pembunuh. 

Episode 1

Episode 1

Juni 2005, ibu Kim Sae Ha bekerja sambil mendengarkan berita menggunakan headset-nya. Sayup terdengar berita bahwa setelah angin matahari bertiup kemarin merusak ionosfer, dunia saat ini menghadapi masalah seperti kegagalan komunikasi dan pemadaman listrik.

Menurut para ahli ledakan ini menyebabkan materi di permukaan matahari juga terlepas. Radiasi UV dan sinar-X yang kuat mungkin mencapai permukaan Bumi.

Masyarakat disarankan tidak keluar rumah. Di sela itu wanita tersebut mencuri waktu menelepon Sae Ha. Tepat sebelum ditegur atasannya, listrik di pabrik mati dan saluran telepon terputus.

Langit mendadak berubah warna. Anak-anak di sekolah, termasuk Jung Sae Byeok, yang sedang berkegiatan di lapangan, segera diminta masuk kelas oleh pihak guru.

Menghadapi situasi yang mengerikan, Grid Protector berusaha diaktifkan oleh mereka yang berwenang di Biro Administrasi. Misi pun sukses dan langit kembali cerah; Bumi berhasil dilindungi dari angin matahari.

Beranjak ke tahun 2021, Sae Ha kini sudah tumbuh menjadi pria dewasa yang bekerja di Biro Administrasi. Hari itu Sae Ha mampir ke sebuah minimarket.

Curiga dengan bercak darah di tangan dan barang yang dibeli, Sae Ha kembali ke toko dan menemukan jasad seorang kasir minimarket di satu ruangan.

Anggota kepolisian, termasuk detektif Jung Sae Byeok, tak lama datang dan langsung melakukan olah TKP. Sae Ha yang sekaligus piawai membaca gerak bibir dimintai keterangan sebagai saksi. Esok harinya di tempat kerja, Sae Ha dan dua rekan kerja lain memulai pekerjaannya.

Mereka melakukan pencarian dengan kata kunci: wanita, menghilang, misterius. Sae Ha terlihat memiliki kecurigaan pada atasannya, Choi Sun Wool.

Choi adalah satu dari beberapa orang yang berhasil mengaktifkan Grid saat peristiwa angin matahari terjadi pada 2005 lalu.

Sae Ha lalu menemukan laporan kehilangan yang ditulis Sae Byeok. Di sana tertulis Sae Byeok kehilangan pistol listrik saat berusaha menangkap pembunuh di minimarket yang diketahui bernama Kim Manok.

Hal yang mengejutkan Sae Ha adalah laporan Sae Byeok mengenai sosok misterius yang membantu pelarian Kim Manok.

Sosok tersebut berwujud wanita yang anehnya bisa menghilang. Sebelum hilang topi yang dipakai sosok itu terjatuh. Sae Byeok lalu membawanya sebagai barang bukti. Dia juga menemukan sehelai rambut di sana dan akan menggunakan itu untuk mencari tahu identitasnya.

Episode 2

Episode 2

Kim Sae Ha melaporkan laporan pembunuhan yang ditulis Jung Sae Byeok pada atasannya, Choi Sun Wool. Choi tampak tertegun membacanya dan meminta Sae Ha menghapus laporan tersebut.

Bersama tim Choi langsung menuju kepolisian dan akan mengambil alih semuanya. Termasuk hasil otopsi forensik yang tengah diambil Jung Sae Byeok.

Choi memerintahkan Sae Ha dan Song Eo Jin mengambil hasil tersebut dan memastikan tidak ada satu pun yang melihatnya, termasuk Sae Byeok dan petugas BFN. Sayang, hasil otopsi dari rambut milik wanita misterius itu sudah diketahui Sae Byeok dan peneliti.

Peneliti BFN mengatakan ada keanehan pada DNA yang dia teliti, yaitu tampak seperti DNA orang mati atau hampir mati. Sae Byeok bingung sembari melihat luka di tangannya yang dibuat wanita itu: sebuah luka dari goresan batu.

Di tempat lain Kim Ma Nok berusaha mencuri uang tapi anehnya gagal secara misterius. Ternyata wanita misterius atau hantu yang sempat menolongnya terus mengikuti Kim Ma Nok sampai membuat pembunuh itu ketakutan.

Sae Ha sendiri terlihat mencari-cari informasi di rumahnya. Malam hari dia mendatangi bekas persembunyian Kim Ma Nok. Di sana dia dikejutkan dengan kemunculan Jang Sae Byeok yang sama-sama merasa penasaran.

Sae Byeok mendengar kalau Sae Ha pernah bersinggungan dengan wanita misterius itu. Di kantor, Sae Ha, Eo Jin dan Chae Jong Yi diperiksa oleh petugas kontrol Grid.

Mereka dipastikan tidak lagi terlibat dalam proses penemuan wanita misterius itu. Selama ini ketiganya memang tidak pernah dilibatkan untuk penelitian lebih lanjut.

Mereka hanya bertugas menemukan informasi, duduk sembari browsing di internet dan mengklik tetikus. Jong Yi protes dan ingin dilibatkan.

Dia dan Eo Jin pun pergi bersama Choi, meninggalkan Sae Ha sendirian di kantor. Sae Ha memanfaatkan itu untuk mencari sesuatu sampai akhirnya terpergok oleh Choi.

Episode 3

Episode 3

Sae Ha berhasil lolos dari kecurigaan Choi Sun Wool. Dia juga berhasil mendapatkan sidik jari atasannya itu lalu meminta Sae Byeok menduplikasinya.

Sidik jari Choi yang dipalsukan akan dipakai masuk ke lantai 13 guna mendapatkan informasi rahasia milik wanita misterius atau Ghost yang disimpan di sana.

Walau awalnya menolak karena tindakannya tergolong ilegal, Sae Byeok mengikuti permintaan Sae Ha. Apalagi dia juga dijanjikan informasi mengenai Ghost, yang sama-sama membuatnya penasaran. Dengan sangat hati-hati Sae Ha mendapatkan data yang dia butuhkan.

Segera setelah keluar dari gedung Biro Administrasi tempatnya bekerja, pemuda itu memanipulasi rekaman cctv, sehingga dirinya tidak terekam kamera, melainkan tetap sosok Choi yang terlihat di sana. Sampai rumah, Sae Ha melihat semua video kemunculan Ghost yang dia dapat.

Satu video sangat membuatnya terluka karena itu adalah video yang menunjukkan detik-detik saat sang ayah dibunuh dengan cara dibakar tanpa alasan jelas oleh Ghost.

Video lain memperlihatkan kemunculan Ghost di berbagai negara dalam rentang waktu 10 menit saja. Sae Ha memperlihatkan video tersebut pada Sae Byeok tanpa menceritakan kalau lelaki yang dibunuh Ghost adalah ayahnya.

Video itu membuat Sae Byeok semakin penasaran dan bingung karena untuk apa Ghost membunuhnya sebab diketahui kalau Ghost membantu melindungi Bumi dari angin matahari pada 2004 lalu. Jika tanpa bantuannya 2/3  penduduk Bumi akan tewas saat itu.

Di tempat lain polisi masih terus mengintai Kim Man Ok. Saat itulah salah satu petugas dilumpuhkan oleh Ghost. Kim Man Ok berhasil melarikan diri dan tim kepolisian mengejarnya.

Ketika hampir tertangkap, Ghost mengembalikan Man Ok ke masa lalu, beberapa menit sebelum Man Ok tertangkap. Akibatnya pembunuh itu berhasil kabur. Man Ok lantas mengikuti Ghost tapi malah berakhir di dalam kurungan.

Episode 4

Episode 4

Setelah dihubungi ibu pemilik kedai, Sae Byeok segera menuju lokasi tapi di sana sudah banyak anggota kepolisan dan agen. Sae Byeok dilarang mendekat dengan alasan apa pun.

Dia hanya bisa melihat ambulance pergi dari sana sembari mengkhawatirkan nasib ibu pemilik kedai. Detektif wanita itu diinterogasi oleh Sae Ha dan Eo Jin terkait keberadaannya di lokasi.

Dia juga diingatkan untuk tidak ikut campur dengan masalah ini. Jika memaksa, Sae Byeok akan dihentikan dari tugas. Hubungan masa lalu Eo Jin dan Sae Byeok sebagai mantan suami istri diketahui Choi Sun Wool. Dia meminta Eo Jin keluar dari kasus ini.

Sementara itu Sae Byeok juga dipindahkan ke provinsi lain. Namun, dia masih belum mau menyerah dan kembali melalukan penyelidikan.

Dari obrolan bersama warga di sekitar kedai, Sae Byeok mengetahui kalau malam itu selain ibu pemilik kedai, ada satu agen yang terluka. Bersama Sae Ha dia memeriksa ke rumah sakit dan semakin yakin kalau agen itu terluka oleh Ghost.

Di tempat berbeda Kim Ma Nok berhasil kabur, tapi menggunakan kekuatannya Ghost bisa kembali menangkap penjahat itu, padahal Ghost terlihat dalam keadaan tidak baik.

Di sisi lain Choi Sun Wool tampak mencari informasi tentang anak petugas kebersihan yang tewas oleh Ghost beberapa belas tahun lalu.

Anak itu dia ingat bernama Lee Siwon. Dari info yang didapat Lee Siwon ternyata bukan anak kandung petugas yang diketahui bernama Lee Janghyeok.

Siwon juga meninggal pada 2015 lalu tapi Sun Wool meragukannya. Sae Byeok pun curiga atas hubungan Sae Ha dengan korban tewas oleh Ghost yang dia lihat di video.

Pasalnya Sae Ha seperti paham betul dengan luka yang disebabkan Ghost. Namun, kecurigaannya sejenak menghilang karena nama belakang Sae Ha bukan Lee melainkan Kim.

Sementara itu Sae Ha yang akan menemui Sae Byeok membatalkan rencananya karena melihat Eo Jin ada di sana. Keduanya terlibat pembicaraan yang profesional sekaligus pribadi. Sae Ha pun memilih pulang.

Sampai di rumah, dia tidak menyadari kalau Ghost menyamar menjadi petugas panggilan yang disewa untuk menjaga ibunya. Dia tampak mulai sadar begitu Ghost keluar dari apartemennya.

Episode 5

Grid Ep 5

Sae Byeok mencurigai kalau teleportasi sebenarnya bisa saja membuat tubuh Ghost sakit dan semakin melemah. Sae Ha menyangkalnya dengan berbagai alasan. Biro Administrasi mencari cara untuk menemukan Ghost. Eon Ji menyarankan agar menyebarkan gambar Kim Ma Nok dan Ghost ke masyarakat layaknya buronan.

Sae Ha tidak sependapat karena itu bisa berbahaya untuk masyarakat. Sae Ha lalu menyarankan agar Tim Pengendali Grid membuat skenario seolah-oleh Grid rusak. Sae Ha percaya kalau Grid bukan hanya dibutuhkan di masanya, tetapi di masa tempat Ghost tinggal. Sebagai pembuat Grid, Ghost pasti tak akan tinggal diam ketika mendengar ada kerusakan. Para petinggi pun merapatkan ide Sae Ha.

Hari pelaksanaan rencana penangkapan Ghost tiba. Semua orang bersiap termasuk kepala agen rahasia yang beberapa waktu lalu juga bertugas mengintai Ghost. Dia memerintahkan bawahannya menembak Ghost di bagian tangan dan mengambil alat teleportasi yang dimilikinya. Namun jika keadaan tidak terkendali, dia memerintahkan bawahannya itu untuk membunuh Ghost.

Gambar Kim Ma Nok dan Ghost sudah disebar ke berbagai penjuru negeri. Dengan imbalan sangat besar, kericuhan terjadi karena masyarakat berlomba-lomba menemukan keduanya. Seperti yang terjadi di stasiun hari itu.

Dua pria berandalan tampak mengenali Ghost dan berusaha menangkapnya, tapi ibu-ibu tenaga pembersih yang pernah dibantu Ghost, menolongnya. Sae Byeok lalu datang membantu ibu tadi, menghajar dua preman hingga kabur. Ghost berteleportasi menemukan dua berandalan itu dan "menghilangkan" mereka.

Sae Byeok mengatakan pada Sae Ha melalui telepon bahwa dia yakin ada tempat persembunyian di stasiun yang harus diperiksa. Sejurus kemudian Sae Ha mendengar teriakan dari seberang telepon. Rupanya ibu tadi menemukan tempat rahasia, tempat Ma Nok dipenjara oleh Ghost. Tanpa takut wanita tersebut membukanya dan sejurus kemudian Sae Byeok diserang.

Episode 6

Grid Ep 6

Kim Ma Nok akhirnya ditangkap kepolisian. Sebaran DPO yang disarankan Eo Jin membuahkan hasil karena info mengenai Ghost dari masyarakat sedikit-sedikit mulai didapat. Sementara itu Grid resmi diumumkan mengalami gangguan. Tim penembak sudah bersiap menunggu kedatangan Ghost. Tak lama sosok itu benar-benar muncul.

Saat ditembak di ruang kendali Ghost menghilang dan muncul kembali di lobby depan. Direktur Choi, Sae Ha, Eo Jin, Sae Byeok yang baru datang menjemput Kim Ma Nok dari kantor polisi kaget dengan kemunculannya. Sejurus kemudian beberapa tembakan dilepaskan. Ghost berhasil dilumpuhkan tapi Direktur Choi juga tewas tertembak.

Jasadnya segera dibawa ke rumah sakit setelah Sae Ha mengamankan senjata yang dipakai tim untuk melakukan penembakan. Ghost sudah berada dalam ruang penelitian. Sae Ha dan Eo Jin berhasil ikut masuk walau sebenarnya dilarang.

Menteri pun datang dan menerima laporan kalau ada chip di tubuh Ghost. Chip tersebut mengubah gelombang otaknya menjadi gelombang elektrik dan sebagainya. Sae Ha lalu memperhatikan gerak bibir sang menteri dan segera mengetahui kalau mereka berencana menghancurkan logam besi milik Ghost.

Lelaki itu langsung mengambil senjata yang sudah disiapkan di ruangannya. Sementara itu Eo Jin diminta menyuntikkan sesuatu ke tubuh Ghost agar sosok tersebut bisa diinterogasi. Ghost tampak kesakitan pada setiap suntikan itu diberikan. Ghost akhirnya buka suara dan mengatakan kalau dirinya berasal dari tahun 2091.

Di tempat lain Sae Ha begitu menggebu dengan rencananya. Sae Byeok coba menghentikan pria itu. Sejurus kemudian Sae Ha menerima pesan berisi rekaman video cctv di kamar ibunya. Di sana Ghost terlihat seperti sengaja menampakkan diri sembari menyuntikkan sesuatu ke tubuh ibu Sae Ha.

Episode 7

Grid Episode 7__

Sae Ha seperti hilang akal karena dia berlaku di luar kendali dengan mengancam tim peneliti untuk memasangkan chip milik Ghost ke tubuhnya. Dia sangat ingin kembali ke masa lalu dan mencegah kematian kedua orangtuanya.

Keinginan Sae Ha terwujud dan kini dia ada di tahun 1997, tepatnya di Institut Penelitian Radio. Dia melihat Ghost membunuh seorang peneliti bernama Kwon Suk Eun untuk mendapatkan tanda pengenal. Ghost butuh itu untuk mengaktifkan Grid. Sayang, Ghost terpergok oleh petugas kebersihan yang selama ini disebut sebagai ayah Sae Ha.

Petugas itu berusaha menghentikan Ghost hingga tanpa sengaja terbunuh tepat di depan Sae Ha. Sae Ha emosional dan mereka pun berduel. Ketika Grid belum sempat aktif secara sempurna, Ghost tiba-tiba melemah dan hilang.

Hasilnya, Grid gagal diaktifkan. Dari sini Sae Ha memutar kembali waktu ke masa lalu dan berhasil mencegah kematian Kwon Suk Eun serta pria petugas kebersihan.

Sae Ha lalu melakukan teleportasi ke tahun 2021 dan melihat kondisi tidak sama lagi. Semua orang tampak memakai baju pelindung yang rapat. Sae Ha lantas melanjutkan perjalanan waktu ke tahun 2005 untuk mencari sang ibu, Kim Min Seon, di pabrik tempatnya bekerja.

Sae Ha bahagia ketika mengetahui tidak ada karyawan bernama Kim Min Seon di sana. Sejurus kemudian angin matahari menerpa dan Sae Ha pun menyelamatkan para pekerja dari badai panas. Sae Ha lalu sudah ada di tahun 2021 dan bertemu dengan ibu serta ayahnya.

Sang ayah rupanya adalah peneliti bernama Kwon Suk Eun yang beberapa waktu lalu berhasil dia selamatkan dari kematian. Pada tahun itu, nama belakang Sae Ha adalah Kwon bukan Kim. Dia juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Jeongong Chemical Engineering, bukan pegawai Biro Administrasi.

Walau masih kikuk, keinginan Sae Ha untuk melihat kedua orangtuanya hidup lagi akhirnya tercapai. Namun, pikirannya berubah ketika melihat wajah seorang wanita mirip Sae Byeok terbakar sebelah. Sae Ha lantas kembali ke tahun 1997 untuk mengaktifkan Grid.

Sayang, Kwon Suk Eun memergoki dan mencegahnya. Duel ayah dan anak itu terjadi sampai-sampai Kwon Suk Eun tewas tidak sengaja oleh Sae Ha.

Episode 8

Grid Episode 8__

Setelah mengembalikan semuanya seperti semula, Sae Ha kembali ke masa kini. Sebelum itu dia sempat memeluk Sae Ha kecil yang hidup di tahun 2000. Sae Ha bertemu lagi dengan Sae Byeok, Eo Jin dan Ghost yang masih terikat di ruang penelitian. Di luar ruangan, tim sudah memasang peledak di bagian pintu.

Eo Jin yang kurang jelas mendengar peringatan dari Chae Yong Ji malah mendekat ke arah pintu. Dalam hitungan detik, ledakan besar terjadi. Eo Jin terkena dampak paling dahsyat. Namun, sebelum terlambat, Ghost menghentikan waktu dan memutarnya kembali ke masa lalu.

Semua dilempar ke waktu sesaat setelah keberadaan Kim Ma Nok bisa terdeteksi. Sae Byeok yang ingat kejadian di masa lalu menghubungi Eo Jin dan bertanya kabar dengan gelisah. Sae Ha sendiri kembali ke rumahnya dan mendapati ibunya masih hidup. Di sini dia bernama Kwon Sae Ha.

Sang ibu bercerita kalau Biro Administrasi berisi banyak ular. Para pekerjanya, termasuk Direktur Choi, mencurigai ayah Sae Ha sudah membunuh pekerja kebersihan, lalu bunuh diri. Menurut ibu Sae Ha, kematian sang suami yang merupakan pendiri Grid sebenarnya masih misteri.

Saat Sae Ha bercengkerama dengan ibunya, Sae Byeok dan tim Biro Administrasi yang lain tengah sibuk mengurusi jasad wanita petugas kebersihan stasiun. Wanita tersebut sebelumnya membantu Sae Byeok menunjukkan lokasi persembunyian Kim Ma Nok.

Wanita itu diduga dibunuh oleh penjahat tersebut. Kim Ma Nok sendiri berhasil melarikan diri untuk ke sekian kalinya. Setelah melakukan pencarian di banyak tempat, tim keamanan berhasil menemukan Kim Ma Nok yang tengah bersembunyi.

Episode 9

Review Grid Episode 9__

Sae Byeok rupanya ingat semua kejadian di kehidupan pertama sebelum mereka dilempar ke kehidupan kedua oleh Ghost. Fakta ini membuat Direktur Choi bingung. Di satu sisi, Direktur Choi akhirnya mengetahui kalau Sae Ha adalah sosok yang muncul di CCTV yang merekam kejadian tahun 1997 lalu.

Dia kemudian segera membawa Sae Ha menemui Kim Ma Nok yang berhasil ditangkap oleh tim. Direktur Choi memancing ingatan Ma Nok dengan memanggilnya menggunakan nama Lee Siwon. Dia juga sengaja mempertemukan Ma Nok dengan Sae Ha.

Pembunuh berantai itu seketika ingat kalau Sae Ha ada di tempat kejadian saat ayahnya tewas. Ma Nok langsung menyerang Sae Ha tanpa dilerai siapa pun karena Direktur Choi mencegahnya. Mereka lalu dibawa ke ruangan terpisah. Sae Ha diinterogasi soal pengalamannya melakukan teleportasi ke masa lalu.

Saat tim Biro Administrasi sedang dalam keadaan waspada, Sae Byeok datang untuk menemui Ma Nok. Pasalnya, detektif tersebut mendapat kabar dari tim forensik kalau dirinya, Ma Nok, dan Ghost memiliki DNA yang sama. Kesamaan DNA yang dimiliki lebih ia dan Ghost lebih tinggi dibanding kesamaan DNA Ghost dengan Ma Nok.

Namun, upaya Sae Byeok menemui Ma Nok tidak semudah itu. Dia bahkan hampir ditembak oleh tim keamanan jika Eo Jin tidak segera datang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram