Sinopsis & Review Film Horror Korea Gonjiam: Haunted Asylum

Ditulis oleh Gerryaldo
Gonjiam: Haunted Asylum
3.7
/5

Ini dia film horor Korea yang paling saya tunggu-tunggu! Penayangannya di Indonesia hanya di CGV dengan trailer yang super duper seram namun membuat saya pribadi jadi kepingin nonton. Masalah kabur dari studio di tengah jalan cerita itu urusan belakang, yang penting setidaknya saya sudah sempat nyicipin nonton film horor Korea yang disebut-sebut sebagai film paling seram di negeri ginseng tersebut

Jung Bum Shik benar-benar mampu membuat semua yang menonton film ini tahan nafas akibat kengerian yang ia ciptakan. Ia sengaja membuat film ini dengan cuplikan dari P.O.V. (Point of View) dari para tokohnya; membuat semuanya menjadi sekaan lebih hidup di depan mata. Seriusan, kalian kalau belum nonton film ini, segera stel filmnya!

Sinopsis

Gonjiam_Poster (Copy)

Film dimulai dengan cerita dua orang anak SMP yang hilang setelah mendatangi rumah sakit jiwa terbengkalai Gonjiam di Gwangju, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Dalam video klip yang beredar, mereka berdua mencoba uji nyali dengan mendatangi rumah sakit yang rumornya ditinggalkan begitu saja setelah kematian semua pasien disana dan mencoba untuk membuka ruangan ICU kamar 402 yang tidak bisa dibuka oleh siapapun. 

Layaknya konten horror di Youtube, sebuah kanal bernama Horror Times yang dibuat oleh 3 orang lelaki bernama Ha Joon (Wi Ha Joon), Seung Wook (Lee Seung Wook) dan Sung Hoon (Park Sung Hoon) ikut membahas mengenai misteri Gonjiam dan hilangnya dua anak SMP tersebut. Mereka bahkan mengajak 4 orang bintang tamu lainnya untuk berkunjung kesana guna melihat dan mencari tahu kebenarannya.

4 orang itu adalah Ji Hyun (Park Ji Hyun), Charlotte (Moon Ye Won), Je Yoon (Yoo Je Yoon) dan Ah Yeon (Oh Ah Yeon). Mereka bersama 3 tim ini Horror Times menuju ke rumah sakit jiwa Gonjiam yang terkenal super angker dan bahkan diakui oleh CNN dalam artikelnya berjudul “7 of The Freakiest Places on The Planet”.

Sesampainya di sana, mereka mulai mengeksplor ke seluruh tempat. Sung Hoon dan Seung Wook pergi terlebih dulu untuk memasang kamera di seluruh penjuru gedung; sedangkan yang lainnya menunggu di kemah dan melihat Ha Joon menyetel peralatan untuk streaming. Begitu Sung Hoon dan Seung Wook kembali, mereka semua menunggu hingga jam 3 pagi dimana aktifitas gaib dimulai.

Mereka bertujuh siap untuk mengunjungi terlebih dulu ruangan kepala RSJ Gonjiam (Park Ji A) yang rumornya adalah pelaku utama dari pembantaian sadis para pasien disana. Kabarnya apabila ada suara bola ping pong yang memantul, hantu dari kepala RSJ Gonjiam itu ada dekat dengan kita. Olahraga ping pong merupakan olahraga kesukaannya yang kerap dilakukan dengan beberapa pasien RSJ.

Belum lama berada di dalam lorong rumah sakit untuk menuju ruangan kepala RSJ, tiba-tiba pintu ruangannya malah tertutup dan terbanting secara cepat membuat semua ketakutan; perlahan menyelidiki dan berhasil masuk, mereka menemukan sebuah foto lama dimana kepala RSJ berfoto dengan semua pasien RSJ Gonjiam; ini merupakan petunjuk juga petaka pertama yang mereka terima sebelum akhirnya mereka menemui petaka-petaka lain yang lebih mengerikan lagi.

Ha Joon, Seung Wook dan Sung Hoon yang merupakan anggota inti dari Horror Times bekerjasama untuk menakut-nakuti para bintang tamu lainnya dengan memanipulasi keadaan seolah hantu di Gonjiam nyata; ini dilakukan mereka supaya rating naik dan jumlah viewer live streaming kanal mereka bertambah dengan begitu mereka akan mendapatkan keuntungan luar biasa.

Naas, perbuatan mereka malah membuat keadaan bak benang kusut dan membuat penunggu di Gonjiam benar-benar marah. Rumah Sakit Gonjiam yang memiliki 3 lantai tersebut malah menjadi seperti labirin, mereka jadi tidak bisa kemana-kemana dan hanya seperti berputar-putar di tempat yang sama membuat keadaan menjadi semakin mencekam.

Ditambah, para arwah Rumah Sakit Jiwa Gonjiam mulai bermunculan satu-satu dengan wujud menyeramkan. Ha Joon, Seung Wook dan Sung Hoon mulai sadar kalau ini semua bukan hanya lelucon. Ini nyata terjadi.

Mampukah mereka bertujuh menyelesaikan misi untuk eksplor seluruh penjuru RSJ Gonjiam dan keluar hidup-hidup tanpa membuat para penunggu di sana marah besar dengan apa yang sudah mereka lakukan? Sambut seluruh kengerian dari cerita seram tersebut dalam film Gonjiam.

Cerita Super Ngeri

Gonjiam_Scary Story (Copy)

Film ini menggunakan angle camera P.O.V. yang membuat semua menjadi tampak lebih riil. Waktu saya menonton film ini, satu studio CGV hanya diisi oleh 4 orang yang duduknya terpisah jarak, namun saat menit ke 10, kami semua malah jadi duduk dalam 1 baris yang sama karena saking takutnya. 

Awal fim saja sudah bikin saya bengek sendiri saat footage dari dua anak SMP yang ngide untuk membobol ruang ICU di rumah sakit jiwa Gonjiam beredar. Saya mikir mbok ya waras sedikit; kok ya rumah sakit jiwa yang udah lama terbengkalai malah dijadikan tempat main.

Saya pikir tim Horror Times juga pintar dengan TIDAK sama sekali mengunjungi tempat terkutuk tersebut, eh ternyata sama gilanya. Bak pucuk dicinta ulam pun tiba, ya arwah para penghuni RSJ Gonjiam dengan senang hati menyambut para pengganggu mereka.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram