bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Finding Nemo, Petualangan Ikan!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 29 Agustus 2021

Menjadi salah satu film animasi produksi Pixar yang saya suka, film berjudul Finding Nemo ini benar-benar ngasih saya pelajaran tentang kehidupan. Keren ya? Padahal hanya film animasi yang target marketnya untuk anak-anak, tapi pesan yang diberikan cocok juga bahkan pas sekali untuk kita-kita yang sudah beranjak dewasa alias tua.

Film besutan sutradara Andrew Stanton ini tayang di tahun 2003 silam. Ia menggandeng banyak artis ternama untuk pengisi suaranya, salah satunya si ratu tv shows Ellen DeGeneres. Menceritakan tentang petualangan seorang ikan badut yang mencari anaknya Nemo hingga ke benua lainnya. Simak terus keseruannya dalam artikel dibawah ini ya!

Sinopsis

Finding Nemo_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Animated, Family
  • Produksi: Walt Disney Productions, Pixar Animation Studios
  • Sutradara: Andrew Stanton
  • Pengisi Suara: Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould, Willem Dafoe

Di sebuah lautan lepas di Queensland, Australia, tepatnya di wilayah terumbu karang nasional, hiduplah sepasang ikan badut yang terdiri dari Ayah dan anak. Ayahnya bernama Marlin (Albert Brooks) dan anaknya bernama Marlin (Alexander Gould).

Sang Ibu sudah lama meninggal akibat serangan ikan barracuda yang bukan hanya menyebabkan sang ibu kehilangan nyawa namun juga anak-anaknya yang berusaha ia lindungi.

Hal tersebut membuat Marlin sangat protektif pada Nemo, yang merupakan satu-satunya anak mereka yang selamat. Marlin dengan sigap menjaga Nemo semampu yang ia bisa. Ini membuat Nemo yang awalnya mengerti karena masih kecil menjadi mulai terkekang. Apalagi tingkah Ayahnya yang berlebihan mulai dijadikan lelucon oleh teman-teman Nemo di sekolah.

Nemo malu bukan main; untuk membuktikannya bahwa ia bisa sendiri, ketika guru Nemo mengajak para muridnya semacam study tour mengenal berbagai macam dunia terumbu karang, Nemo bermain ke batas terumbu karang dan samudra luas. Ia dengan santainya naik ke permukaan laut dan memegang bagian bawah kapal boat. Hal itu disaksikan semuanya.

Marlin yang melihat hal tersebut murka bukan main. Ia meminta Nemo untuk segera kembali ke batas aman. Naas, begitu akan kembali, ada seorang penyelam yang sedang berenang di dekat terumbu karang dan Nemo ditangkap oleh penyelam tersebut, ia dimasukan ke dalam sebuah plastik dan dibawa pergi naik boat yang bagian bawahnya sempat ditepuk Nemo.

Marlin panik, ia dengan segera mengejar penyelam yang sudah naik ke atas perahunya, begitu akan mengikuti boat tersebut, Marlin terhempas baling-baling dan sulit untuk mengejarnya karena kalah cepat. Marlin menangis, ia bingung harus bagaimana dan tidak tahu harus minta tolong kepada siapa.

Tak putus asa, Marlin terus mencari upaya agar bisa bertemu dengan anaknya kembali. Marlin mulai berenang jauh dari terumbu karang tempat ia tinggal. Di perairan asing, ia bertemu dengan seorang ikan lain berjenis Blue Tang bernama Dory (Ellen DeGeneres). Marlin dan Dory bertabrakan sehingga membuat Marlin hilang kesadaran.

Begitu sadar, Marlin lantas meminta tolong Dory untuk memberitahu apakah ia melihat ada perahu yang lewat di sekitar perairan. Dory mengatakan melihatnya lantas mengajak Marlin pergi untuk mengejar, namun lama kelamaan Dory melakukan hal aneh. Dory menuduh Marlin mengikutinya sehingga Dory marah dan malah membuat Marlin bingung.

Saat dijelaskan, Dory mulai kembali sadar mengenai perahu namun akhirnya ia mengatakan pada Marlin kalau dirinya mengalami penyakit short-term memory loss sehingga ia kadang lupa apa yang ia kerjakan padahal ia lakukan belum lama. Marlin merasa ditipu, ia marah. Namun rasa marahnya harus ia lupakan setelah akan meninggalkan Dory, ia bertemu hiu, bernama Bruce.

Bruce dan teman-temannya ternyata hiu baik, mereka mengajak Dory dan Marlin mengobrol banyak. Sampai satu kali, Marlin melihat kacamata selam yang tak sengaja jatuh dari boat yang Marlin cari. Di sana ada alamat penyelam tersebut, namun karena rebutan dengan Dory, kacamata itu jatuh ke palung dalam sehingga mereka berdua harus mengambilnya.

Awalnya Marlin takut bukan main namun Dory memintanya untuk tetap berenang apapun masalahnya; sehingga mereka berdua berhasil masuk ke palung dan menemukan kacamata tersebut. Dory langsung menghafal alamat yang tertera dan kembali naik ke permukaan sebelum ada ikan ganas bawah laut yang menyerang.

Begitu sampai di permukaan, Marlin dan Dory bertemu dengan banyak ikan dan mereka menanyakan dimana letak Sydney karena disanalah anaknya berada. Ikan-ikan tersebut lantas memberitahu arahnya. Mereka diminta untuk mengikuti jalan lurus melewati celah tebing dan masuk ke dalam arus laut selatan untuk menuju Sydney.

Para ikan tersebut juga mengatakan bahwa harus terus jalan melewati lembah bukan naik ke atas lembah karena ada ubur-ubur pada Dory. Namun saat Dory memberitahu Marlin, Marlin tak percaya dan malah naik ke permukaan. Ini membuat mereka berdua terserang ubur-ubur. Dory dan Marlin pingsan, beruntung ada penyu yang membawa mereka ke dalam arus laut.

Di dalam arus laut, Marlin yang sudah sadar lantas memberitahu maksudnya dia ke Sydney untuk mencari anaknya Nemo. Cerita ini akhirnya menyebar ke semua mahluk laut lain hingga terdengar oleh seorang burung yang tahu dimana Nemo berada. Burung pelikan itu akhirnya menuju tempat Nemo. Nemo berada di sebuah akuarium seorang dokter gigi.

Setelah mendengar Ayahnya sedang dalam perjalanan untuk menemuinya, Nemo yang sempat melakukan percobaan untuk melarikan diri namun gagal, langsung memberanikan diri lagi. Ini dilakukan bukan hanya untuk kabur dari akuarium itu saja tapi juga untuk melepaskan diri dari keponakan si dokter gigi yang kejam apabila bertemu dengan ikan baru.

Berhasil! Nemo bisa kembali ke laut untuk bertemu dengan Ayahnya setelah melewati banyak drama. Itu semua berkat Dory juga yang tetap tinggal di dekat laut disaat Marlin kembali sendiri karena mengira Nemo sudah tewas.

Akhirnya mereka bertiga kembali ke Queensland dan hidup bahagia. Marlin juga sudah memberanikan diri untuk melepas Nemo untuk bisa berpetualang sendiri tanpa dirinya.

Cerita Menyentuh

Finding Nemo_Tounching Story (Copy)

Begitu cerita dimulai kok rasanya sudah sedih saja harus melihat si Marlin jadi duda dengan cara yang sakit sekali. Istrinya dan 400 telur yang akan jadi anak mereka habis dimakan oleh ikan barakuda dan hanya menyisakan 1 telur saja. Begitu lahir pun Nemo tidak sempurna, sayapnya cacat, berukuran kecil. Meski demikian Marlin, sang Ayah mencintainya setulus hati

Besarnya rasa sayang seorang Ayah pada anaknya bisa kita saksikan dalam cerita di film Finding Nemo ini. Meskipun anaknya sudah mengatakan dengan jelas ‘aku membencimu’, Marlin tetap terus menyayangi anaknya tersebut. Terharu sekali melihat perjuangan si Marlin untuk bertemu dengan anaknya kembali.

Gambar Super Bagus

Finding Nemo_Good Pic (Copy)

Film Finding Nemo memiliki kualitas gambar yang memang tidak terlalu canggih seperti animasi-animasi di tahun ini, tapi apa yang disajikan oleh Pixar Animation Studios benar-benar bagus sekali.

Pemandangan laut Australia, terumbu karang warna-warni, jenis-jenis ikan digambarkan dengan sangat detail. Tidak heran bukan film ini juga masuk ke dalam daftar 10 Film Animasi Terbaik yang Dibuat oleh Studio Pixar?

Tidak hanya pemandangan laut saja ya, pemandangan kota Sydney versi animasi pun terlihat keren di malam dan di siang hari. Anak-anak pasti suka dengan film ini karena begitu banyak warna cerah yang bisa sekalian dibuat belajar oleh anak-anak. Orang tua bisa sekaligus memperkenalkan nama warna, nama ikan dan bahkan mengajarkan kehidupan laut yang ada di film Finding Nemo.

Penuh Pesan

Finding Nemo_Messages (Copy)

Saya yakin film ini lebih ngena buat orang-orang dewasa yang masih harus belajar percaya pada kekuatan diri sendiri, tidak judgmental pada orang lain, belajar bahwa usaha tidak menghianati hasil, sabar, mau mendengar pendapat orang lain, tidak egois, jangan panik dan masih banyak lainnya.

Ini kenapa saya bilang pembelajaran dalam film ini ya kebanyakan lebih pas untuk diberikan pada kita-kita yang dewasa mengingat anak-anak kemungkinan besar masih belum terlalu paham dan lebih fokus pada gambar saja. Seriously, Andrew Stanton, you just made my day! Terimakasih sudah menyajikan cerita ini.

Meski termasuk ke dalam film lawas, film ini tetap oke kok jadi bahan tontonan kalian di akhir pekan bersama keluarga. Bacaterus memberi skor 4/5 untuk keseluruhan film Finding Nemo; mulai dari gambar, cerita, tokoh dan pesan yang diberikan.

Finding Nemo
Rating: 
4/5

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram