Sinopsis & Review Finding Dory, Film Animasi Pixar x Disney

Ditulis oleh Gerryaldo
Finding Dory
4
/5
PERHATIAN!
Artikel ini mengandung spoiler mengenai jalan cerita dari film/drama ini.

Setelah sukses dalam film Finding Nemo yang rilis di tahun 2003 silam, kini Pixar kembali lagi dengan film serupa dengan judul berbeda, yaitu Finding Dory. Agak suram ya harus hilang-hilangan seperti itu antara Nemo dan Dory, bikin pusing semua orang. Meski terpaut 13 tahun, kisah dalam film ini tak kalah bagus dari film sebelumnya.

Sang sutradara, Andrew Stanton akan membawa kita ke dalam cerita dari sisi Dory si ikan jenis blue tang yang ingin bertemu dengan Ayah dan Ibunya akibat terpisah sejak Dory masih kecil. Hal ini ia lakukan secara nekat, meski Dory tahu kalau dirinya punya penyakit short-term memory loss.

Sinopsis

Finding Dory_Poster (Copy)

Film dibuka dengan munculnya Dory kecil bersama Ayah dan Ibunya yang bernama Charlie (Eugene Levy) dan Jenny (Diane Keaton). Mereka bertiga sedang asyik bermain petak umpet hingga Dory hampir terbawa arus keluar dari tempat tinggal mereka di pusat penelitian biota laut Jewel of Morro Bay, California. Ayah dan Ibu Dory tidak berhenti mengingatkan anaknya itu untuk hati-hati.

Cerita akhirnya bergulir dimana tiba-tiba Dory kecil sudah seorang diri. Ia kebingungan dan ketakutan tidak tahu harus kemana. Ia sudah meminta tolong banyak ikan namun dia sendiri lupa dan tidak tahu dimana ia tinggal. Dory kecil akhirnya tumbuh dewasa, ia pun masih kerap menanyakan ke banyak ikan mengenai tempat ia tinggal.

Satu waktu, Dory yang sedang asyik berenang tiba-tiba tertabrak seorang ikan badut bernama Marlin yang sedang mencari anaknya. (Cerita ini merupakan cerita yang ada dalam film Finding Nemo). Setelah satu tahun bersama Marlin dan Nemo, Dory mulai memulai hidup barunya, ia tidak sendiri lagi. Ia merasa memiliki keluarga.

Perihal keluarga sebenarnya sudah mulai agak dilupakan oleh Dory, namun ketika ia diminta jadi asisten Mr. Ray, guru Nemo di sekolah ikan, teman-teman Nemo mulai menanyakan dimana Ayah dan Ibu Dory. Pertanyaan itu tidak bisa dijawab, sehingga Dory hanya bisa tertegun mengingat sekilas bayangan orang tua dan kata-kata yang ada relasinya dengan keluarga Dory.

Dory yang termenung melihat arus dari ikan pari yang bermigrasi sempat tertarik masuk dalam putaran arus dan pingsan. Berkat itu, ia malah jadi ingat akan sesuatu. Itu adalah Jewel of Morro Bay, California. Ia ingat di sanalah ia berasal dan di sana pula keluarganya berada. Penuh semangat, Dory pun mengajak Marlin dan Nemo untuk mencari keluarganya.

Mengetahui Dory meminta bantuan untuk ke California, Marlin awalnya menolak mentah-mentah. Itu disebabkan karena jarak antara tempat mereka tinggal saat itu di Queensland, Australia dengan San Louis Obispo, California sangat jauh dan harus menyeberang samudra raya. Meski demikian, Dory tetap mengajak dan memohon pada Marlin.

Marlin pun setuju untuk pergi dengan menumpang teman lama Marlin, yaitu Crush (Andrew Stanton) si penyu. Mereka bertiga menumpang di punggung para penyu dan masuk ke dalam arus laut California sehingga mereka bisa sampai di San Louis dengan cepat. Banyak sekali penyu yang mendoakan supaya Dory bisa kembali bergabung dengan keluarganya.

Sesampainya di lautan California, Dory yang terlalu bersemangat memanggil dan berteriak mencari Ayah Ibunya. Namun teriakan Dory malah memancing sebuah sotong besar untuk memakan mereka. Dengan cepat, Dory, Marlin dan Nemo berenang menyelamatkan diri. Beruntung mereka bisa lepas dari cengkraman si sotong meski Nemo hampir terbunuh.

Marlin kesal bukan main dengan Dory yang sudah diperingati berulang kali tapi tetap ngeyel. Marlin meminta Dory untuk diam saja, itu membuat Dory kaget dan berniat membantu meskipun badannya terlilit sampah plastik yang membuat ia susah bergerak. Naas, begitu naik ke permukaan, ada dua orang petugas dari tempat perlindungan biota laut melihat Dory.

Akhirnya Dory ditangkap untuk dirawat karena mengira ia tercemar dan terluka akibat limbah plastik. Ini membuat Marlin dan Nemo terpisah. Dory dibawa ke penangkaran untuk dimasukan ke dalam tangki dimana ikan-ikan lain diselamatkan sebelum akhirnya dilepas kembali ke laut. Di tempat penangkaran itu, Dory bertemu dengan si gurita bernama Hank (Ed O’Neil).

Hank yang berniat untuk pergi ke Cleveland, akuarium besar tempat biota laut sakit dirawat selamanya meminta Dory yang tidak sakit untuk memberikan sebuah tag identitas sebagai hewan laut yang sakit. Ini dilakukan Hank karena ia tidak mau kembali ke laut karena punya kenangan buruk. Sebagai gantinya ia mau membantu Dory menemukan orangtuanya.

Berangkatlah mereka berpetualang mengelilingi area The Marine Life Institute untuk mencari orang tua Dory. Hank sempat terpisah dengan Dory akibat ikan blue tang itu nyemplung ke sebuah ember tempat ikan yang akan diberikan untuk makanan sebuah paus hiu besar. Dory akhirnya ikut masuk ke dalam akuarium paus hiu itu. Ternyata paus itu teman pipa kecil Dory

Paus itu bernama Destiny (Kaitlin Olson) yang tinggal bersebelahan dengan paus Beluga bernama Bailey (Ty Burrell). Berkat bantuan Destiny dan Bailey, Dory bisa bertemu kembali dengan Marlin dan Nemo yang berhasil masuk ke dalam akuarium berkat si burung loon bernama Becky (Torbin Xan Bullock).

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram