bacaterus web banner retina

Sinopsis dan Review Film The Final Destination 4 (2009)

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 22 Mei 2021

The Final Destination merupakan film ke 4 dari franchise film Final Destination. Film ini juga menjadi film Final Destination pertama yang mengusung teknologi 3D di dalamnya; sehingga experience para penonton untuk lebih ‘dekat’ dengan kematian semakin terasa riil; meski dijamin malah mual sepanjang menonton di bioskop.

David R. Ellis kembali didapuk sebagai sutradara untuk film kali ini. New Line Cinema menggelontorkan budget sebesar $40 juta untuk membuat film ini dan berhasil menutup keuntungan sebesar $186.2 juta atas penayangannya di seluruh dunia. Angka yang lumayan ya meski film ini mendapat kritik pedas habis-habisan.

Sinopsis

Final Destination 4_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Mystery, Horror
  • Produksi: New Line Cinema
  • Sutradara: David R. Ellis
  • Pemain: Bobby Campo, Shantel VanSanten, Mykelti Williamson

Nick (Bobby Campo) dan kekasihnya Lori (Shantel VanSanten) bersama teman mereka Hunt (Nick Zano) dan Janet (Haley Webb) sedang asyik menonton balapan Nascar di McKinley Speedway di saat istirahat semester mereka. Awalnya semua baik-baik saja, tidak ada yang aneh. Hanya beberapa perasaan tidak enak yang dirasa Nick namun ia acuhkan.

Seperti biasa, firasat sekecil apapun ternyata membawa petaka. Salah satu mobil Nascar yang sebelumnya sempat mengisi bensin melaju dengan cepat sambil membawa semacam sekrup yang tertinggal di bodynya. Saat berputar lintasan, sekrup tersebut lepas dan terinjak oleh mobil Nascar lain sehingga mengalami kecelakaan super buruk.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan banyak orang meninggal tak terkecuali Janet, Hunt, Lori dan Nick. Namun sesaat sebelum meninggal tertusuk baja, Nick kembali sadar dari penglihatannya.

Ia lantas memperingatkan teman-temannya itu namun malah berujung ricuh karena penonton lain merasa terganggu saat Nick histeris. Benar saja, belum lama mereka keluar dari arena, kecelakaan terjadi.

Korban pertama yang tewas adalah Nadia Monroy (Stephanie Honore). Ia tewas terhantam ban yang lepas dari mobil Nascar yang saling tumbuk di arena; kejadian ini sama seperti apa yang ada dalam bayangan Nick saat ada di dalam arena. Malaikat maut tidak melepaskan Naida begitu saja dan meski sempat keluar dari arena, ia tetap harus meninggal.

Rentetan kejadian buruk pun terjadi setelahnya. Nick selalu terbayang-bayang suatu hal yang seperti menunjukan bagaimana cara seorang akan tewas. Mulai dari air, koin, tabung gas, mata dan lainnya.

Satu per satu penyintas yang selamat dari kecelakaan di McKinley Speedway meninggal satu per satu. Dimulai dari Carter (Justin Welborn) yang tewas terseret truknya sendiri dan Samantha (Krista Allen) terhantam batu tepat di bola matanya.

Nick yang sadar bahwa hal ini aneh langsung mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi; dan betapa terkejutnya dia ketika tahun bertahun-tahun yang lalu kejadian serupa terjadi pada Penerbangan 180 dan Rute 23 (Re: Final Destination & Final Destination 2).

Ia segera memberitahu pada Lori, Hunt dan Janet namun apa yang disampaikan oleh Nick disangka sebagai lelucon buruk. Apalagi saat mengetahui kini giliran Hunt dan Janet.

Setelah kembali kecolongan atas kematian penyintas lain, yaitu Andy; kini Nick langsung bagi tugas dengan Lori dan George. Nick mencari Hunt sedangkan Lori dan George mencari Janet.

Mereka berharap supaya Hunt dan Janet baik-baik saja karena setelah Andy, kematian mengarah pada mereka berdua. Terlambat, Hunt keburu meninggal akibat tubuhnya terhisap saluran air kolam renang yang sedang terkuras.

Nick, Lori dan George kini harus menyelamatkan Janet untuk membuat rantai kematiannya kacau. Namun demikian, meski bisa menyelamatkan Janet, kematian akan terus menghabisi penyintas lainnya. Apalagi ternyata ada seseorang penyintas yang Nick lupakan membuat mereka semua salah perhitungan.

Mampukah Nick membuat semuanya baik-baik saja dan mematahkan seluruh kutukan tersebut? Atau Nick, Lori dan George akan mengalami hal serupa seperti para penyintas lainnya? Yaitu tewas bersama? Saksikan kisahnya dalam film The Final Destination a.k.a Final Destination 4 ini ya!

Kematian Mengerikan

Final Destination 4_Lori (Copy)

Setiap penonton yang suka sekali dengan film seri dari Final Destination; pasti menunggu adegan mengerikan yang terjadi, bukan pada saat kecelakaan saja namun pada cara kematian dari para penyintas yang mencurangi kematian dalam kecelakaan tersebut. Hal ini yang menjadi hal paling ‘menarik’ dalam film seri Final Destination.

Kali ini kematian paling mengerikan dipegang oleh Lori. Ia tewas dengan cara paling menyakitkan yaitu tergiling oleh mesin eskalator yang terbuka akibat hancur tertimpa pilar Mall yang saat itu jatuh akibat ledakan yang terjadi. Tubuh Lori tersangkut di mesin tersebut dan tergiling sampai lebur di depan mata Nick. Yaiks!

Akting yang kurang Meyakinkan

Final Destination 4_Act (Copy)

Dari semua film Final Destination yang saya tonton, film ini yang agaknya kurang. Baik dari segi akting dan sinematografinya. Akting Nick sebagai tokoh utama rasanya kurang pas.

Mulai dari rasa takut Nick, raut muka dan gesture-nya tidak seperti orang yang ketakutan. Malah menurut saya jadi seperti orang ling-lung. Mungkin kalian akan setuju setelah menonton filmnya.

Padahal Alex, tokoh pria yang mendapatkan penglihatan di dalam film Final Destination pertama sukses besar memerankan karakter seseorang yang ketakutan, stress sekaligus kebingungan dalam satu waktu.

Bukan Nick saja, namun beberapa tokoh yang ada di film ini juga aktingnya terkesan memaksa; entah karena mengikuti jalan cerita atau memang aktingnya tidak sebagus para pemain film Final Destination lainnya.

Kritik Pedas

Final Destination 4_Critic (Copy)

Bila semua mengomentari film ini sebagai film Final Destination paling buruk dari franchise Final Destination. Saya setuju 100%. Kecelakaan di awal film juga agaknya kurang ngeri. Kecelakaan di arena balap? Dan semua orang meninggal akibat tertimpa pecahan kendaraan dan reruntuhan arena balap?

Adegan ini bahkan disebut sebagai adegan murah oleh situs Den of Geek mengingat film Final Destination sebelumnya benar-benar all out dalam membuat kecelakaan sebagai pembuka cerita.

Bahkan ending dari film Final Destination 4 ini juga bisa dibilang sangat buruk. Adegannya hanya seperti film X-Ray. Menampilkan gambar rangka tengkorak yang remuk dilindas truk besar. Lagi-lagi, padahal film Final Destination lainnya menampilkan tayangan utuh, bukan bayangan, bukan animasi atau bahkan tampilan X-Ray. They’re out of budget or what?

Seluruh kejadian di atas akhirnya membuat rating film ini anjlok. IMDb memberi skor 5.2/10, Rotten Tomatoes 28%, Common Sense Media juga memberi skor rendah 2/5. Sedangkan Bacaterus harus memberi skor tidak jauh sama dengan ketiga situs tersebut.

5/10 sepertinya sudah cukup mulai dari segi cerita, sinematografi dan akting yang ditunjukan kepada para penontonnya. Rating paling rendah yang diterima New Line Cinema untuk seluruh franchise film Film Destination.

But hey, meski demikian film ini juga sudah ditunggu-tunggu oleh para penggila film Final Destination. Bagaimana dengan kalian? Apakah punya pemikiran yang sama atau punya tanggapan lain terhadap film ini. Let us know! Tulis tanggapanmu di kolom komentar setelah menonton filmnya ya!

The Final Destination 4
5 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram