bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Film Final Destination 3, Ride to Die!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 16 Juni 2021

Film ini merupakan film lanjutan dari film Final Destination sebelumnya; yaitu Final Destination 2. Untuk segi cerita, kalian akan menemukan kisah yang sama yaitu tentang sekelompok orang yang mencurangi kematian akibat salah satu penyintas dari kelompok itu mendapatkan penglihatan akan kematian.

Menjadi film yang mudah ditebak mungkin membuat kalian bosan, namun untuk saya pribadi; bukan cerita tentang mencurangi kematiannya yang ingin saya lihat, melainkan melihat bagaimana cara malaikat maut mencabut nyawa kelompok yang selamat tersebut dengan hal yang sungguh sangat sepele bahkan kadang tak masuk diakal.

Sinopsis

Sinopsis & Review Film Final Destination 3, Ride to Die! 1
*source: Hungama
  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Horror, Mystery
  • Produksi: New Line Cinema
  • Sutradara: James Wong
  • Pemain: Mary Elizabeth Winstead, Ryan Merriman, Amanda Crew

Apabila kita bicara tentang film horror dan sutradaranya adalah James Wong maka jawabannya adalah kalian akan mendapatkan film horror paling keren sepanjang masa. Nah, salah satunya ya film Final Destination 3 ini. Menceritakan tentang sekelompok siswa SMA tingkat akhir yang sedang bermain di pasar malam namun berujung petaka.

Adalah Wendy Christensen (Mary Elizabeth), ia merupakan seorang gadis SMA yang sedang bermain bersama dalam acara senior SMA nya di sebuah taman bermain pasar malam. Wendy bersama teman dekatnya Kevin Fischer (Ryan Merriman), Carrie Dreyer (Gina Holden) dan kekasihnya Jason (Jesse Moss) menghabiskan waktu bersama.

Selang berapa lama berkeliling dan mengambil foto beberapa teman sekelasnya untuk dijadikan bahan buku tahunan, mereka memutuskan untuk menaiki sebuah roller coaster paling curam di taman bermain tersebut. Namun sebelum menaiki wahana tersebut, perasaan Wendy entah kenapa tidak enak dan Wendy tidak bisa menyembunyikannya.

Jason yang melihat tingkah Wendy lantas mencoba untuk menenangkannya. Saat tiba di depan roller coaster, Wendy meminta untuk duduk di belakang karena kalau dirinya berada di depan, dia akan ketakutan setengah mati. Hal tersebut membuat Jason, Carrie dan Kevin membuang undi yang kalah akan menemani Wendy duduk di belakang.

Kevin lah yang kalah dan akhirnya duduk berdua bersama Wendy di belakang. Wahana pun dimulai, roller coaster mulai melaju dan berputar meliuk mengikuti rel. Naas, salah satu teman Wendy yang super mesum, Frankie (Sam Easton) membawa kamera ke dalam roller coaster yang sebenarnya dilarang. 

Frankie berniat mengambil gambar seronok dari dua teman Wendy yang lain karena super seksi dan cantik yaitu Ashley (Chelan Simmons) dan Ashlyn (Crystal Lowe), namun niatnya itu malah mencelakakan semua.

Kamera Frankie jatuh dan nyangkut di rel lantas tergilas oleh coaster. Ini membuat coaster tersebut hilang keseimbangan karena rodanya lepas dan memutus kabel hidrolik sehingga sabuk pengaman penumpang terbuka.

Walhasil, semua orang panik dan kereta lepas satu per satu hingga lepas dari jalur menewaskan semua teman Wendy, sampai di akhir, kereta Wendy pun lepas dari jalur dan melempar Wendy jatuh ke dasar. Sebelum sempat jatuh, Wendy panik dan ‘terbangun’; semua yang ia lihat tadi merupakan sebuah peringatan untuknya.

Wendy histeris minta turun dari roller coaster sehingga menimbulkan keributan yang membuat 9 temannya yang lain juga turun. Sedangkan Jason dan Carrie yang berada di depan tidak diperbolehkan turun supaya tidak makin rusuh.

Wendy mencoba menjelaskan apa yang terjadi namun para petugas wahana tidak mengindahkannya, roller coaster tetap berjalan dan sedetik kemudian wahana itu terlepas dari jalurnya terjun bebas ke tanah.

Wendy terpukul, Jason dan teman baiknya meninggal. Kevin yang sadar akan sesuatu hal lantas mencari tahu apa yang terjadi pada Wendy dan menemukan hal yang mengejutkan.

Kevin memberitahu Wendy bahwa apa yang terjadi padanya, terjadi juga pada seorang siswa SMA Mt. Abraham yang selamat dari penerbangan 180 bersama beberapa temannya, lantas meninggal satu per satu setelahnya (Re: Final Destination)

Wendy yang awalnya skeptis akhirnya mau mendengarkan Kevin, bahkan Wendy juga sadar akan sesuatu, di setiap foto yang ia ambil dari teman-temannya seperti pertanda akan satu hal buruk; foto Jason di belakang roller coaster, Ashlyn dan Ashley yang terbakar, foto Frankie yang membelakangi kipas, foto Kevin yang kena flash kamera dan foto lainnya.

Dan benar saja, firasat buruk Wendy terhadap foto tersebut terbukti ketika Ashlyn dan Ashley ditemukan terbakar hidup-hidup di mesin penghitam kulit. Ini sesuai dengan foto Ashlyn dan Ashley yang terbakar, Wendy menganggap foto-foto tersebut memperlihatkan bagaimana teman-temannya berikut Kevin dan dirinya akan meninggal.

Mampukah Wendy memecahkan masalah tersebut dengan memperingati semua orang yang Wendy foto sebelum ajal menjemput? Akankah Wendy dan teman-temannya kembali mencurangi kematian untuk kedua kalinya? Saksikan keseruan dan kengerian filmnya di Final Destination 3 ya! Wajib nonton!

Cara Meninggal Paling Sadis

Sinopsis & Review Film Final Destination 3, Ride to Die! 3

As we know, film Final Destination sudah pasti menyuguhkan para penontonnya kematian dan cara bagaimana para penyintas yang mencurangi maut itu meninggal dengan cara cukup sadis. Namun kali ini, hampir semua cara kematian paling sadis ada di film Final Destination ini dan ini benar-benar bisa terjadi dalam kehidupan nyata! Ouch!

Dari beberapa cara kematian paling sadis dalam film ini ada satu cara kematian paling mengerikan untuk saya pribadi; yaitu cara kematian yang dialami Ashley dan Ashlyn.

Mereka berdua meninggal terpanggang hidup-hidup saat mereka ‘berjemur’ di tanning bed hanya karena minuman dingin yang mereka bawa membuat mesin tanning bed tersebut mengalami konslet. Parahnya, mereka berdua terkunci di dalam mesin tersebut!

Cara mereka berteriak dan meminta tolong ketika suhu dalam mesin tanning bed meningkat hingga ratusan derajat sehingga kulit mereka melepuh membuat badan saya meringkuk. Serius, adegan tersebut jadi mimpi buruk saya untuk berminggu-minggu ke depan setelah menontonnya.

Hilangnya si ‘Malaikat Maut’

Final Destination3_William (Copy)

Apabila kalian mengikuti film Final Destination dari pertama, kalian pasti kenal satu tokoh ini, bernama William Bludworth (Tony Todd). Will selalu ada dimana pun dan kapan pun kejadian mengerikan terjadi.

Dalam film Final Destination, dia bekerja sebagai pengurus jenazah. Karakternya yang misterius dan selalu tahu apa yang akan terjadi, layaknya dia adalah Malaikat Maut yang terus mengintai para penyintas yang datang padanya. 

Dalam Final Destination 3 ini, William Bludworth tidak ada lagi. Tokohnya was like pfft, hilang entah kemana. Padahal dia memegang peranan penting. Maksudnya, dia mengetahui apa yang akan terjadi dan bisa saja Wendy meminta bantuannya daripada harus capek menebak-nebak apa yang akan terjadi pada dirinya dan teman-temannya. 

Film Final Destination Paling Baik

Final Destination3_Best FD (Copy)
*Source: Filmaffinity

Menjadi film Final Destination paling baik selama ini! Film dengan budget $ 25 juta ini berhasil menutup keuntungan sebesar $ 118.9 juta dari seluruh penayangannya. Film ini juga mendapatkan rating B+ dari CinemaScore dan mendapatkan nominasi dan penghargaan dari Fangoria Chainsaw Award dan Saturn Awards.

So, siap untuk melihat kembali bagaimana ngerinya kematian menjemput para kelompok muda-mudi di atas? Oh iya, seperti yang selalu diperingatkan di tiap ulasan mengenai film Final Destination; film ini mengandung adegan gore, untuk kalian yang tidak terlalu suka darah. Just skip the scene ya! Selamat menonton guys!

Final Destination 3
8 / 10 Bacaterus.com
Rating

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram