bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Fast & Furious 9, Hadirnya Musuh Baru!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 25 Juni 2021

4 tahun setelah film terakhirnya, kini franchise dari film Fast & Furious kembali menghadirkan jalan cerita baru dalam film serinya yang ke 9 ini.

Masih menceritakan tentang kehidupan si Dom Toretto yang sepertinya sudah ditakdirkan tidak bisa hidup tenang akibat desakan dari musuh atau tuntutan pekerjaan yang memang bikin hidup Dom jadi semacam Jumanji, penuh petualangan.

Fast & Furious yang ke 9 kali ini dipegang kembali oleh sutradara Justin Lin setelah sebelumnya dipegang oleh sutradara lain seperti James Wan dan F. Gray Gray. Hal ini membuat ciri khas Justin Lin kembali terlihat di tiap adegan seru dalam FF9. Mau tahu seberapa kerennya film ini? Simak sinopsis dan ulasannya di bawah ini ya!

Sinopsis

FF9_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: One Race Films, Original Film, Roth/Kirschenbaum Films, Perfect Storm Entertainment
  • Sutradara: Justin Lin
  • Pemain: Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson

Dom Toretto (Vin Diesel) baru saja menikmati hidup barunya bersama istrinya, Letty (Michelle Rodriguez) dan anaknya Brian. Seketika teman-teman seperjuangannya; Roman (Tyrese Gibson), Tej (Ludacris) & Ramsey (Nathalie Emmanuel) datang membawa berita yang tidak ingin Dom dengar atau bahkan berurusan dengan hal-hal mengenai misi berbahaya baginya.

Namun, baik Roman, Tej, Ramsey bahkan Letty sendiri berusaha membujuk Dom. Kehidupan Dom bukanlah kehidupan yang saat ini ia jalani.

Dom memang sudah ditakdirkan untuk banyak menyelesaikan misi; bukannya hanya duduk diam untuk otak atik kendaraan bermotor bersama anaknya, Brian. Belum lagi, Dom jadi paranoia akan segala hal yang datang secara tiba-tiba hingga menyembunyikan Brian ke tempat yang aman.

Meski awalnya tidak ingin berurusan dengan misi yang teman-temannya informasikan; akhirnya Dom memutuskan kembali bergabung dalam grup.

Misi ini datang dari Mr. Nobody (Kurt Russell) yang pesawatnya dibajak oleh seseorang bernama Cipher (Charlize Theron) akibat Mr. Nobody membawa sebuah potongan kubik bernama Aries yang memiliki akses untuk meretas data-data penting di seluruh dunia yang bisa mengancam keselamatan banyak negara.

Satu-satunya petunjuk yang ditinggalkan Mr. Nobody adalah koordinat pesawatnya yang terjatuh di sebuah pegunungan. Mengikuti petunjuk yang ada, akhirnya tim Dom bergegas ke sana untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Ternyata saat sampai di lokasi pesawat jatuh; petunjuk itu mengarahkan mereka ke sebuah brankas yang berisi potongan kubik yang dilindungi Mr. Nobody.

Begitu dibawa oleh Letty, militer yang sedang berpatroli di sana langsung menyerbu tim Dom akibat pelanggaran batas wilayah dan masuk tanpa izin. Alhasil, Dom, Letty, Roman, Tej dan Ramsey langsung kabur menyelamatkan diri.

Kejar-kejaran terjadi bahkan mereka sampai masuk ke dalam wilayah penuh ranjau. Seperti biasa, meski ledakan dimana-mana, tim Dom selamat.

Meski selamat, ada seorang misterius yang sempat mengambil kubik tersebut dari tangan Dom dan Letty. Pria tersebut adalah Jakob (John Cena).

Letty kaget bukan main karena Jakob adalah adik kandung dari Dom yang sudah lama sekali tidak pernah bertemu. Begitu juga dengan Dom, setelah melihat adiknya itu mengambil kubik, Dom malah terperangah tidak berbuat apa-apa.

Jakob bekerja untuk seorang miliuner bernama Otto (Thue Ersted Rasmussen) yang juga bekerja untuk Cipher (Charlize Theron) dalam mendapatkan kubik Aries. Apabila Aries jatuh ke tangan Cipher and the gangs, maka banyak orang jahat yang akan bekerjasama dengan Cipher untuk menaklukan dunia. Inilah yang ingin dicegah oleh Mr. Nobody dan Dom cs.

Setelah menjelaskan siapa Jakob pada tim lainnya, teman-teman Dom jadi bingung mengapa Dom dan adiknya sendiri bisa clash; bahkan Jakob sampai berada di kubu lawan.

Dom menjelaskan, kembali di tahun 1989, Ayah mereka yang merupakan pembalap Nascar tewas akibat kecelakaan yang ternyata disebabkan oleh Jakob. Dari situ Dom marah bukan main sehingga mereka berdua membuat kesepakatan.

Kesepakatannya adalah mereka akan bertanding balap mobil. Siapa pun yang kalah tidak boleh berhenti namun harus terus mengemudi meninggalkan kota. Di akhir pertandingan, Jakob lah yang kalah dan akhirnya menaruh dendam pada Dom. Ini yang menjadi awal pertikaian mereka dan kini mereka bertemu kembali sudah menjadi musuh.

Setelah mengetahui segala hal tentang Jakob; Dom dan teman-temannya yang lain mulai kembali misi mereka. Kini misinya adalah mendapatkan sisa potongan kubik yang ada di sebuah tempat projek di Edinburgh, Inggris, sebelum keduluan oleh tim Jakob.

Dom cs berburu waktu guna mendapatkan kubik tersebut, dia mendapatkan bantuan juga untuk menemukan Jakob dari Queenie (Helen Mirren).

Tej & Roman yang ditugaskan untuk mencari letak persis tempat projek itu berada terlibat adu jotos dengan beberapa anak buah Jakob. Jakob menggunakan perangkat magnet dengan kekuatan besar untuk mendapatkan kubik Aries tersebut. Di sisi lain, Dom yang berhasil menemukan lokasi Jakob juga akhirnya mengejar adiknya tersebut.

Di tempat lain, Letty dan Mia (Jordana Brewster) bertemu dengan Han (Sung Kang) yang ternyata masih hidup! Selama ini kematian Han ditutupi oleh Mr. Nobody atas sebuah misi. Dengan datangnya Han, kelompok Dom untuk menyerang balik Cipher.

Belum sempat menyerang, ternyata komplotan Jakob, Otto dan Cipher sudah menyerang duluan membuat Dom kalah jauh, mereka bahkan berhasil mendapatkan potongan lain dari kubik Aries sehingga kini kubik itu lengkap dan sudah bisa digunakan untuk meretas banyak sistem.

Dom yang sudah tahu akan rencana Cipher akhirnya meminta bantuan Tej & Roman untuk pergi menghancurkan satelit yang akan dipakai Cipher untuk menjalankan rencana buruknya.

Tej & Roman berhasil menghancurkan satelit tersebut sebelum Cipher berhasil menginstall seluruh sistem dari kubik Aries. Tej & Roman benar-benar ke luar angkasa menggunakan mobil roket hasil temuan 3 orang jenius Sean (Lucas Black), Twinkie (Bow Wow) & Earl Hu (Jason Tobin).

Hal ini membuat murka Cipher, ia akhirnya meminta Otto untuk menghabiskan Jakob karena sudah tidak berguna lagi. Melihat perlakuan Cipher yang akhirnya berkhianat pada Jakob, Jakob akhirnya sadar ia hanya jadi puppet sehingga Jakob kembali bergabung pada kelompok Dom untuk menyerang mantan pemimpinnya itu.

Keadaan semakin baik setelah Dom berhasil mengacaukan misi Cipher dan Jakob pun menjelaskan apa yang terjadi pada tahun 1989 silam membuat Dom juga sadar bahwa selama ini ia sudah salah pada adiknya sendiri. Film pun berakhir dengan ending khas dari film Fast & Furious. Makan bersama dengan semua kerabat juga ditambah Jakob. 

Fast & Furious 10

FF9_Plot (Copy)

Ending film ini menggantung; seperti menjadi clue bahwa akan ada film Fast & Furious 10 atau film spin off FF seperti Hob & Shaw. Pasalnya dalam akhir film, kita melihat satu adegan dimana Deckard Shaw (Jason Statham) tiba-tiba muncul sedang meninju seseorang yang dikurung dalam samsaknya.

Sedang asyik meninju, kediaman Deckard didatangi seseorang, yaitu Han. Nah kan? Ini sudah pasti menjadi cerita lanjutan untuk film lainnya dalam Fast & Furious Universe. Kira-kira film apa ya? Kita tunggu saja lanjutannya, entah tahun depan atau 2 tahun lagi. Bisa dipastikan tak kalah seru sih. Jason Statham cuy!

Cardi B is in The House

FF9_Cardi B (Copy)

Dalam film ini, Cardi B menjadi cameo loh. Jujur saya kaget, saya pikir itu hanya seseorang yang mirip saja dengan Miss Cardi B, nyatanya benar-benar dia. Dalam film, Cardi B memerankan tokoh bernama Lesya. Dalam cerita, Lesya sendiri adalah teman Dom yang pernah Dom bantu dulu dan kini Lesya juga gerombolannya berniat untuk balas budi.

Meski hanya punya dialog yang super dikit, namun Cardi B bisa menjadi dirinya sendiri tanpa terlihat sedang akting. Gayanya yang nyentrik harus tertutup penyamaran serba hitam. Namun demikian, dengan adanya Cardi menjadi seperti kejutan kecil untuk para pecinta FF Universe dan Bardigang.

Cerita yang So-So

FF9_Rocket Car (Copy)

Sepertinya film ini menjadi film yang paling ‘ramah’ dalam segi aksi. Padahal saya berharap adegan kejar-kejaran dan lainnya bisa makin menggila, lebih dari film FF sebelum-sebelumnya. Apabila dalam film Fast & Furious 8 kita bisa melihat kejar-kejaran di kutub dengan kapal selam, dalam film FF9 ini kejar-kejarannya hanya sama truk magnet doang.

Jalan ceritanya pun sepertinya standar, tidak ada yang mencolok atau jadi hal baru. Kecuali ya, mobil The Ferio keluaran tahun 1984 yang dimodifikasi sedemikian rupa jadi mobil super yang bisa menembus barisan atmosfer hingga ke luar angkasa. Ini sih yang menurut saya paling epik dan well, out of box banget. Mobil roket?

Seperti itulah sinopsis dan ulasan mengenai film Fast & Furious 9. Semoga terhibur ya! Bacaterus memberi nilai 7 untuk film FF kali ini. Nah bagaimana dengan kalian?

Apabila punya masukan lain mengenai film ini atau ingin memberi rating murni atas penilaian kalian, boleh loh tulis di kolom komentar. Overall, film ini sudah oke kok buat dijadikan rekomendasi film akhir pekan ini.

Fast & Furious 9: The Fast Saga
7 / 10 Bacaterus.com
Rating

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram