bacaterus web banner retina

Sinopsis & Review Encanto, Kisah Keluarga Magis Madrigal

Setelah sukses dengan film Frozen dan Moana, kini rumah produksi Disney Pictures kembali lagi menghadirkan satu film animasi keren lainnya yang sukses besar hingga mampu meraup keuntungan sebesar $ 228.7 juta dari penayangannya di seluruh dunia. Film ini juga menjadi film animasi kedua dengan pendapatan tertinggi di tahun 2021 silam setelah film Sing 2 yang tayang di banyak bioskop

Menceritakan tentang keluarga besar Madrigal yang hidup dengan kekuatan magis, salah satu anggota keluarga yakni Mirabel Madrigal tidak mendapatkan kekuatan apapun di saat anggota keluarga lainnya memiliki hal tersebut untuk mendukung kehidupan di desa Encanto, penasaran, Mirabel akhirnya mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga: Sinopsis & Review Film Disney Frozen

Sinopsis

Encanto_Poster (Copy)

Dahulu kala, Nenek Abuela (María Cecilia Botero) dan suaminya yakni Kakek Pedro memiliki 3 anak kembar yaitu; Julietta (Angie Cepeda), Pepa (Carolina Gaitán) dan Bruno (John Leguizamo). Saat-saat bahagia itu harus pupus setelah desa tempat Abuela dan Pedro diserang sehingga hampir seluruh penduduk desa mengungsi untuk mencari tempat baru guna dihuni.

Naas, saat mereka dikejar, Pedro berniat untuk mencegahnya namun malah terbunuh; meninggalkan sebatang lilin besar untuk Abuela mencari jalan.

Begitu melihat Pedro tewas, Abuela merasa terpukul dan ketakutan namun tiba-tiba saja, lilin yang ditinggalkan Pedro membuat sebuah keajaiban besar, lilin itu membuat wilayah di sekeliling Abuela menjadi dinding batu besar sehingga keluarga Abuela dan penduduk lain selamat dari kejaran orang jahat yang menghancurkan desa mereka.

Belum lagi rumah-rumah pun langsung terbentuk dan mampu berkomunikasi dengan para penduduk. Rumah besar Madrigal paling besar dari antara yang lain dan dinamakan The Casita.

Mirabel kecil yang mendengar itu takjub dan menuruti perintah Nenek Abuela untuk terus membuat keluarga Midragal bangga terhadapnya. Bertahun-tahun setelah itu, Mirabel tumbuh menjadi gadis remaja cantik dan enerjik; orang-orang menyukainya. Satu hal yang ia sembunyikan dari orang-orang; yaitu mengenai kekuatan yang ia punya. Tidak ada. Mirabel tidak memiliki kekuatan seperti anggota keluarga lainnya.

Ibu Mirabel, Julietta, mampu menyembuhkan orang sakit sekeras apapun hanya dengan makanan, Kakak Pertama Mirabel, Isabella (Diane Guerrero) dianggap paling sukses. Kekuatannya adalah membuat seluruh flora bermekaran, lantas Kakak Kedua Mirabel yaitu Luisa (Jessica Darrow) menjadi superhuman yang bisa mengangkat apapun dengan mudah. 

Bibi Pepa yang bisa mengendalikan cuaca, Para sepupu Mirabel yaitu Camilo (Rhenzy Feliz) yang bisa berubah bentuk menjadi siapapun dan Dolores (Adassa) yang bisa mendengar suara sekecil dan sejauh apapun juga Antonio (Ravi Cabot) yang merupakan anggota keluarga terakhir setelah Mirabel yang mendapatkan kekuatan untuk berbicara dengan binatang pada acara peneguhan.

Mengetahui semua anggota keluarganya ‘spesial’, Mirabel  (Stephanie Beatriz) setidaknya menjadi sedikit insecure, ia sempat disamakan dengan Pamannya yaitu Bruno yang menghilang karena kekuatannya dianggap sebuah kutuk oleh penduduk sekitar dan keluarga Madrigal sendiri.

Mirabel sedih bukan main. Begitu akan keluar dari acara peneguhan Antonio, Mirabel terkejut melihat rumah keluarganya tiba-tiba saja retak dan mulai hancur. Begitu Mirabel melaporkannya pada Nenek Abuela, semua tiba-tiba kembali seperti semula membuat Mirabel dicap sebagai pembohong.

Hal ini ia ceritakan pada Lusia, Mirabel ingin mencari tahu kenapa Paman Bruno hilang dan apa alasan sebenarnya kenapa ia disamakan dengan Paman Bruno. Awalnya Luisa enggan membantu adiknya tersebut, namun karena iba, akhirnya Luisa mengatakan bahwa jawabannya mungkin ada di menara tempat Paman Bruno dulu tinggal.

Nekat, Mirabel pun masuk ke dalam kamar Paman Bruno yang menyimpan sejuta misteri; adanya pecahan penglihatan dari Paman Bruno yang menggambarkan Mirabel ada di depan kastil keluarga yang hancur.

Hal tersebut diketahui oleh Ayah Mirabel, Agustin (Wilmer Valderrama) dan Kakak sepupunya, Dolores yang bisa mendengar apapun. Dolores lantas memberitahu hal itu secara berantai hingga terdengar oleh Nenek Abuela yang saat itu sedang menjadi saksi dari pertunangan Isabella dengan pria baik bernama Mariano Guzman (Maluma). Alhasil, kabar itu membuat semua jadi kacau. Retakan makin terlihat dan rumah pun kini bergetar hebat.

Kekuatan magis dari lilin pun mulai redup; semua anggota keluarga Madrigal mulai kehilangan kekuatannya satu per satu. Mirabel merasa sangat bersalah; sebelum ia kena semprot Nenek Abuela, Mirable melarikan diri dan menemukan jalan masuk misterius di balik dinding, begitu ditelusuri ternyata lorong itu terhubung pada tempat tinggal Paman Bruno yang sudah dianggap hilang bertahun-tahun lamanya. 

Tidak membuang waktu, Mirabel pun menanyakan tentang penglihatan Paman Bruno mengenai ramalan akan dirinya dan The Casita yang retak. Saat berusaha melanjutkan penglihatannya kembali, Paman Bruno menemukan bahwa Mirabel harus berbaikan dengan Isabella.

Mendengar hal itu ia tidak membuang waktu lagi; ia mencoba mendatangi kamar kakaknya itu dan minta maaf. Meski sempat adu mulut, mereka akhirnya berdamai dan Mirabel tahu akan rahasia besar mengenai kakaknya itu; bahwa Isabella sebenarnya tidak ingin menikah. 

Saat The Casita mulai membaik, Nenek Abuela marah besar pada Mirabel karena mengganggu Isabella yang akhirnya ‘berubah’ menjadi gadis yang Nenek Abuela tidak harapkan. Mendengar hal itu, Mirabel murka dan membuat The Casita luluh lantak setelah Mirabel mengatakan bahwa semua anggota keluarga Madrigal tidak akan pernah terlihat cukup di depan Nenek Abuela.

Terperanjat, Nenek Abuela langsung tertegun. Ia introspeksi diri saat itu juga. Mirabel pergi dari Encanto membuat semua orang khawatir, seharian menghilang, Nenek Abuela akhirnya menemukan Mirabel sedang menangis di depan sungai. Nenek Abuela lantas meminta maaf dan bercerita bahwa di sungai itulah Kakek Predo meninggal. Lantas Nenek Abuela mengatakan kalau selama ini ia takut kalau kekuatan magis hilang dan Encanto akan dalam bahaya.

Itu alasan Nenek Abuela selalu meminta yang kekuatan paling baik dari seluruh anggota keluarga. Mendengar hal itu Mirabel sadar akan sesuatu bahwa selama ini Nenek Abuel hidup dalam ketakutan dan mengemban tanggung jawab sebagai kepala desa seorang diri.

Hal ini juga membuat Mirabel mengerti kenapa Nenek Abuela selalu ingin yang terbaik. Akhirnya Nenek Abuela dan Mirabel berdamai, mereka kembali ke rumah, membangunnya bersama kembali tanpa bantuan magis. Saat itu lah Mirabel mendapatkan kekuatannya sebagai pemersatu keluarga.

Penasihat yang Baik

Encanto_Advisor (Copy)

Selama film ini berlangsung, satu kata untuk Mirabel; yakni dia adalah penasehat terbaik untuk banyak orang. Dimulai saat ia harus meyakinkan adik sepupunya, Antonio, yang saat itu ketakutan untuk menerima peneguhan dari Nenek Abuela.

Ia takut apabila dirinya tidak memiliki kekuatan seperti yang dialami oleh Mirabel, namun dengan rendah hati, Mirabel memberi advise bahwa ia tidak perlu takut karena dapat atau tidak dapat kekuatan, ia akan terus disayang oleh semua.

Nasehat lainnya pun terlihat saat ia membantu Luisa dan Isabella mengeluarkan isi hati mereka sebenarnya sehingga Mirabel tahu selama ini apa yang mereka lakukan itu untuk keluarga dan Nenek Abuela. Mereka tidak mau mengecewakan Nenek Abuela dengan mengenyampingkan ego masing-masing dan memprioritaskan apa yang bukan menjadi keinginan mereka sendiri.

Never Enough

Encanto_Oldies (Copy)

Encanto juga menjadi salah satu film yang ‘menyentil’ para orang tua yang menginginkan anaknya atau siapapun yang berada di bawah mereka untuk menjadi pribadi yang sempurna; meskipun mereka tahu kalau menjadi sempurna adalah tugas yang berat dengan dalil hal tersebut kudu dilakukan untuk kebahagiaan anak-anak kelak. Sebelum menjadi yang terbaik maka mereka tidak akan pernah terlihat cukup oleh orang tua.

Padahal, tidak selalu apa yang diinginkan oleh orang tua bisa diterima dan direspon baik oleh anak-anaknya mereka. Mereka malah terpaksa melakukannya demi kebahagiaan orang tua bukan kebahagiaan mereka. Relate sekali bukan bagi para anak-anak yang memiliki orang tua yang memiliki misi ‘menjadi sempurna’?

Keluarga Bahagia

Encanto_Happy Family (Copy)

Bukan film Disney namanya kalau film berakhir tidak bahagia. Film ini-sesuai ekspektasi-memiliki ending yang membuat kita dibuat senyum-senyum sendiri karena akhirnya kita tahu bahwa Mirabel memiliki kekuatan paling besar diantara semua yakni Pemersatu Keluarga, mereka juga akhirnya tahu kunci untuk bertahan hidup sebagai keluarga bahagia adalah saling bantu dan saling support meski tidak ada bantuan dari kekuatan magis.

Well akhirnya keluarga Madrigal yang sempat meleyot kembali sumringah dan menjadi satu pondasi kokoh untuk generasi keluarga Madrigal di kemudian hari. Wah keren sekali deh filmnya! Kalau sudah begini tidak heran bukan kalau film berdurasi 102 menit ini banyak menuai pujian dan berhak mendapatkan rating sebesar 3.6/5 dari Bacaterus!

Encanto
Rating: 
3.6/5
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram